Semua Hal tentang Server VPS Hosting yang Perlu Diketahui

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Kegiatan online yang kita lakukan selama ini sudah tidak perlu lagi diragukan kecanggihannya. Bahkan semuanya menjadi serba cepat. Kita bisa menjadi penikmat saja atau pelakunya. Ternyata dibalik semua itu, ada web hosting rahasianya. Seperti namanya, web hosting ini digunakan pada website atau blog. Tidak untuk media sosial. Bentuknya adalah berupa server. Server yang akan mengaitkan website dengan jaringan internet full time. Server yang diibaratkan nyawa bagi website yang digunakan untuk berbisnis.

Terkait dengan layanan web hosting, kita harus memahaminya dengan baik. Seluk beluk tentang hosting harus kita kuasai. Salah satunya adalah sistem dasar dari hosting ini. Di mana ada dukungan kuat dari sini yang bisa kita dapatkan. Pancaran jaringan dari server VPS ke server khusus yang kita miliki akan membentuk server terbaik yang bisa dijadikan acuan dan tumpuan untuk mengelola website kita.

Baca Juga : Perbedaan Domain, Hosting dan VPS

Mengenal Apa Itu VPS Hosting

Secara singkat, VPS hosting ini adalah servernya web hosting yang kita gunakan dalam website kita. Namun sebenarnya VPS ini adalah salah satu dari jenis-jenis hosting yang eksis. Di mana untuk jenis VPS ini adalah jenis hosting yang paling baru.
VPS hosting hadir sebagai generasi hosting yang paling baru. Web hosting satu ini adalah pelengkap dari jenis hosting yang pernah ah ada sebelumnya. Bisa dikatakan juga kalau VPS ini adalah hosting penyempurnaan jenis hosting lainnya. Saat membeli paket web hosting terbaru maka jenis hosting yang dipakai sudah VPS ini.

Walaupun ada shared hosting dan dedicated server hosting, banyak orang yang lebih memilih VPS ini. Tanpa pikir panjang, VPS ini bukan hanya menang popularitas saja, melainkan benar-benar berkualitas.

VPS atau Virtual Private Server ini bisa dihubungkan dengan banyak server. Prinsipnya tidak sama dengan server yang biasa kita ketahui. Biasanya, satu server fisik adalah untuk semua komputer atau jaringan. Tetapi server VPS ini justru bisa dihubungkan dengan server-server yang lainnya. Jadi kita bisa menggunakan server VPS ini walaupun kita sudah memiliki server sendiri. VPS ini semakin memberikan fungsi yang maksimal pada website yang kita kelola. Masa aktif dari website pun akan lebih lama karena bisa diperpanjang karena kita bisa memperpanjang masa aktifnya sekaligus dengan membeli paket web hostingnya.

Panduan Memilih Hosting yang Baik

Apa Saja Kelebihan VPS Hosting

Hampir semua web hosting menggunakan VPS hosting. Hal ini menjadi bukti bahwa VPS ini memang memiliki banyak kelebihan. Diantaranya adalah :

  1. Mudah untuk digunakan
    Walaupun kita masih awam, pihak pengelola akan memberikan bimbingan secara penuh, sehingga nantinya akan membuat kita sambil belajar. Tidak perlu mempelajari teori terlebih dahulu, karena kita bisa sambil praktek. Kemudahan menggunakan VPS ini bisa kita buktikan karena semua keperluan dan komponennya sudah disediakan langsung oleh pengelola. Kita tinggal menggunakan saja.
  2. VPS hosting mengijinkan kita untuk memiliki lebih dari satu server
    Semuanya akan berjalan lancar sesuai dengan tugas masing-masing. Tidak ada yang menghambat ataupun terhambat. VPS telah menyinkronkan semua server dengan rapi dan sempurna.
  3. Tidak repot memikirkan perawatan
    Sekali kita menggunakan paket web hosting dengan layanan VPS di dalamnya, kita sudah menjadi pelanggan. Pihak pengelola akan selalu mengontrol mesin servernya. Kita pun tinggal mengurusi usaha online di website kita saja. Bahkan untuk perawatan pun juga dilakukan langsung oleh pengelola.
  4. Hemat biaya
    Ini dikarenakan kita tidak membutuhkan banyak peralatan pendukung. Kita hanya cukup menyiapkan sesuai dengan rekomendasi dari pengelola. Bahkan semua peralatan disediakan oleh pengelola. Kita tinggal membayar harga pakaiannya.
  5. Banyak bonus pelayanan
    Kita bisa mendapatkannya dari paket yang kita beli. Beberapa bisnisnya adalah free access jaringan internet dengan ukuran GB. Bahkan ada yang limited selama satu bulan. Cocok sekali untuk menekan pengeluaran.
  6. Data klien terjaga dengan baik
    Pengguna VPS hosting dalam satu server ada ribuan jumlahnya. Tetapi semuanya berfungsi lagi dengan maksimal. Perbedaan data yang diakses tidak akan diketahui pengguna yang lain. Inilah keunggulan yang membedakan dengan web hosting lainnya. Terbukti bahwa VPS itu komponen yang kuat.
  7. Harga yang murah
    Walaupun termasuk web hosting kekinian, harga sewa VPS ini tidak mahal. Di mana kita pun bisa mendapatkan harga semurah Shared Hosting, namun kualitas tetap VPS
  8. Memiliki banyak fitur
    Berbeda dengan web hosting lain yang memiliki ruang lingkup fitur terbatas. VPS ini tidak memiliki batas fitur. Bahkan kita masih bisa menyisipkan banyak fitur yang sangat canggih. Imbasnya pun akan memaksimalkan fungsi website kita.
  9. Bisa digunakan untuk semua domain web hosting
    Operating system yang dinamis membuat VPS mendukung semua domain web hosting. Bahkan dari web biasa sampai dengan web khusus. Cocok juga untuk website-website perusahaan atau instansi-instansi.
  10. Banyak pilihan paketnya
    Bisa untuk paket biasa sampai dengan paket besar. Cocok untuk paket personal maupun kelompok. Semakin besar kebutuhan maka akan semakin besar juga kapasitasnya.
  11. VPS memberikan kontrol yang kuat terhadap server yang kita pakai
    Fungsi ini tidak akan kita dapatkan dari hosting yang lainnya. Kontrol ini harus dijadikan kesempatan emas untuk memaksimalkan kegiatan online kita. Mengumpulkan keuntungan sebanyak-banyaknya adalah hal yang harus segera kita lakukan. VPS akan mampu menyisihkan lawan-lawan yang kuat sekalipun.

Layanan VPS Murah Indonesia

Semua hal tentang VPS hosting memberikan kemudahan kita. Sistemnya pun maksimal, sehingga memberikan kemudahan dalam penggunaan. Website yang digunakan untuk jualan online pun menjadi lebih berkembang karena dukungan server terbaik dari VPS. Pilih web hosting berbasis VPS hosting yang berkualitas untuk usahamu yang maksimal.

Related Post :

popup image