Mengenal Pengertian dan Perbedaan Domain, Hosting, dan VPS

Apa itu Domain, Hosting, VPS

Introduction

Dalam pembuatan sebuah website, kita memerlukan beberapa komponen penting yang perlu dipersiapkan. Diantaranya adalah domain, dan hosting/VPS. Apa gunanya hal tersebut? Ibarat dalam membangun suatu gedung, kita memerlukan domain yang bertindak sebagai alamatnya dan hosting/VPS sebagai luas tanah yang dapat kita tempati.

 

Apa itu Domain, Hosting, dan VPS ?

Domain

Domain Murah Indonesia | Knowledge Base - IDCloudHost

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit pada introduction, domain berperan sebagai alamat dari sebuah website yang akan menuntun pengunjung untuk menuju website yang akan dikunjungi. Nama domain biasanya diikuti oleh ekstensi domain TLD (International) seperti .com, .net, .click, .info, .org, dan lain sebagainya. Ada juga domain khusus untu regional Indonesia seperti .id, .co.id, .sch.id, .or.id, .web.id dan .ac.id, untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat pada halaman domain.

⇒ Order Layanan Domain di IDCloudHost

 

Hosting

Hosting Murah Indonesia | Knowledge Base - IDCloudHost

Hosting merupakan tempat penyimpanan dokumen atau file-file web yang bisa diakses 24 jam nonstop. Jadi sebenarnya hosting adalah space yang kita gunakan untuk menyimpan file-file website. Hosting merupakan harddisk seperti pada computer biasa, hanya yang membedakan computer tersebut dipersiapkan sebagai hosting dan terkoneksi dengan internet dan hidup 24 jam tanpa mati, karena jika server mati maka halaman kita tidak akan bisa diakses. Untuk mengenal lebih dekat mengenai hosting, dapat mengunjugi halaman hosting.

⇒ Order Layanan Hosting di IDCloudHost

 

VPS

Virtual Private Server | Knowledge Base - IDCloudHost

Fungsi dari VPS tidak berbeda jauh dengan hosting, hanya saja untuk memberikan suatu keleluasaan akses dalam mengontrol penuh Server dan Control Panel Hosting yang dimana dapat membuat paket hosting sendiri dan memberikan akses hosting kepada member pengguna dengan pemberian username dan password yang berbeda-beda. Sehingga, VPS sangat cocok untuk digunakan bagi website dan aplikasi yang mempunyai trafik yang sangat tinggi dan keperluan khusus lainnya dengan support dari berbagai macam OS untuk mendapatkan performa yang maksimal. Untuk mengenal lebih dekat mengenai VPS, dapat mengunjugi halaman VPS.

⇒ Order Layanan VPS di IDCloudHost

 

Closing

Jadi pada dasarnya dalam pembuatan sebuah website kita tentunya memerlukan sebuah alamat untuk menunjuk tempat yang kita tuju (domain) dan juga suatu tempat penyimpanan yang dapat menyimpan file dengan berbagai bentuk file (hosting/VPS).

Related Articles

Tutorial Cara Install RunCloud di Server VPS
Panduan Tutorial Cara Install NodeJS di cPanel
Tutorial Cara Mendaftar dan Mengaktifkan Google G Suite for Education [Lengkap]
Tutorial Mengarahkan Domain ke Server (VPS/Dedicated Server)
Tutorial Cara Menggunakan XAMPP untuk Menjalankan PHP & MySQL
popup image