SEO (Search Engine Optimization) dan Memahami Pengaruhnya Pada Konten

Business, Search Engine Optimization / 1 | | 0

Bagi para pemilik bisnis online, situs web maupun blog pasti sudah tidak asing dengan Search Engine Optimization (SEO). Singkatnya, SEO proses untuk dapat meningkatkan visibilitas situs web atau halaman web pada search engine results page (SERP) sehingga membuat situs web perusahaan lebih mudah ditemukan, sehingga mengarahkan lalu lintas dan penjualan. Ini juga merupakan teknik yang paling umum ditemukan dalam digital marketing dimana saja.

SEO adalah singkatan dari optimasi mesin pencari merupakan seperangkat aturan untuk mengoptimalkan situs web Anda sehingga dapat mencapai peringkat yang lebih tinggi dalam hasil organik mesin pencari. Ini adalah proses yang harus diikuti untuk meningkatkan visibilitas situs web Anda di mesin pencari dan mendapatkan lebih banyak lalu lintas.

Dalam praktiknya, SEO memiliki dua tujuan utama, yakni untuk membantu Anda memahami apa yang dicari pengguna secara online sehingga Anda dapat membuat konten berkualitas tinggi untuk memenuhinya. Tujuan keduanya adalah membantu Anda membuat situs web yang dapat ditemukan, di indeks, dan dipahami oleh mesin telusur. Selain itu, mengikuti praktik SEO yang baik adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kualitas situs web dengan membuatnya ramah pengguna, lebih cepat, dan lebih mudah dinavigasi.

 

Memahami Apa Itu Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan proses dalam mengambil langkah-langkah untuk membantu situs web atau bagian konten peringkat lebih tinggi di Google. Perbedaan utama antara SEO dan iklan berbayar adalah bahwa SEO melibatkan peringkat organik, yang berarti Anda tidak membayar untuk berada di peringkat teratas daftar pencarian. Maka jika dijelaskan dengan sederhana, optimisasi mesin pencari berarti mengambil sepotong konten online dan mengoptimalkannya sehingga mesin pencari seperti Google menampilkannya di bagian atas halaman ketika seseorang mencari sesuatu.

Dengan cara ini ketika seseorang mengetik sebuah keyword, contohnya cara membuat blog, ke Google, mereka kemungkinan mencari cara dan petunjuk cara membuatnya. Jika Anda menulis artikel tentang membuat blog, Anda ingin orang-orang menemukan tutorial yang Anda tulis. Bagi siapapun yang menemukannya, Anda perlu memberi peringkat di atas semua situs web lain dengan cara membuat blog juga. Ini tidak mudah, tetapi itulah yang dimaksud dengan pemasaran SEO yaitu bagaimana membuat konten Anda dikenali dan dimunculkan di mesin pencari.

 

Baca Juga  :     Sitemap : Hubungannya Dengan SEO, Manfaat dan Cara Membuatnya Dengan Mudah

 

Memahami Cara Kerja SEO

SEO (Search Engine Optimization) dan Memahami Pengaruhnya Pada Konten
 

Secara sederhana, SEO bekerja dengan menunjukkan kepada mesin pencari bahwa konten Anda adalah hasil terbaik untuk topik yang ada. Ini karena semua mesin telusur memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menampilkan hasil terbaik dan paling relevan kepada penggunanya. Mesin pencari memiliki kode yang disebut perayap atau crawler yang terus-menerus mengikuti tautan di internet dari satu situs ke situs lainnya. Saat crawler menjelajahi internet, mereka mengumpulkan data yang dapat digunakan untuk membentuk peta imajinatif.

Sebuah situs web yang memiliki banyak situs web lain yang terhubung dengannya akan seperti peta kota dengan banyak jalan yang saling menghubungkan dari seluruh dunia. Situs web yang kurang populer mungkin seperti peta kecil dengan hanya satu atau dua jalan menuju ke sana karena tidak populer. Ketika kedua situs menulis tentang suatu topik yang jika semuanya sama kecuali jumlah tautan yang menuju ke situs web, maka halaman web yang ditulis oleh situs yang seperti ini akan memiliki peluang lebih baik untuk peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian. Disamping itu, sebuah artikel baru juga akan ditemukan oleh crawler mesin pencari lebih cepat.

 

Baca Juga   :     Cara dan Struktur Penulisan Artikel SEO yang Baik dan Benar

 

Pengaruh SEO Pada Konten

Banyak pemasar menganggap SEO dan pemasaran konten sebagai strategi yang sama sekali berbeda, namun bertentangan dengan ini justru SEO dan pemasaran konten sangat saling berhubungan dan saling melengkapi. Tanpa konten berkualitas tinggi, Anda tidak dapat menyadari manfaat penuh dari SEO konten yang relevan dan bermanfaat di situs web Anda memotivasi pengunjung situs web Anda untuk tinggal lebih lama dan ini dapat berdampak positif pada peringkat pencarian Anda.

Konten adalah bagian yang sangat penting untuk SEO, tanpa itu mesin pencari tidak akan memiliki informasi yang cukup untuk mengindeks halaman Anda dengan benar dan membantu Anda menentukan peringkat. Jika Anda tidak memiliki strategi SEO yang solid, maka halaman di situs web Anda tidak akan pernah dilihat atau dibagikan. Situs web dan blog Anda hanya ada secara online tapi tanpa ada tujuan serta tidak ada pengunjung yang menyadarinya. Sebuah konten SEO yang berkualitas akan meningkatkan visibilitas Anda di mesin pencari yang mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda dan mendorong orang untuk membeli produk atau layanan Anda. Dengan berinvestasi dalam konten SEO, Anda dapat menambahkan nilai nyata ke bisnis Anda.

 

Baca Juga  :    Memaksimalkan Penulisan Meta Description untuk SEO Website / Blog

 

Tips Membuat Konten SEO yang Berkualitas

SEO (Search Engine Optimization) dan Memahami Pengaruhnya Pada Konten
 

Selama bertahun-tahun, algoritma pencarian Google terus berkembang. Perhatikan baik-baik perubahan ini, karena mereka memberi tahu Anda cara mendapatkan sisi baik Google dan membantu halaman Anda berada di posisi teratas di SERP. Konten SEO bukan sembarang konten mengingat konten yang dibuat dan ditulis harus berkualitas tinggi serta bermanfaat bagi pengunjung. Pengalaman pengguna merupakan faktor penting dalam cara Google memutuskan konten mana yang harus diberi peringkat di mesin pencari untuk posisi teratas.

Meskipun begitu, ada banyak konten buruk yang ditulis dan dibuat asal- asalan. Oleh karenanya buat konten Anda dengan memikirkan bagaimana pembaca dan audiens Anda akan mendapatkan keuntungan dari konten ini. Untuk menulis konten SEO, Anda perlu mengetahui beberapa dasar-dasarnya seperti :

  • Panjang isi konten

    Potongan konten yang lebih panjang setidaknya 1000+ kata telah terbukti memiliki peringkat yang lebih baik di mesin pencari. Namun, penting untuk menjaga paragraf tetap pendek dalam posting blog dan konten situs web lainnya. Triknya adalah Anda dapat memecah paragraf menjadi 1 – 2 kalimat atau paling banyak 3 hingga 4 kalimat.

  • Keterbacaan yang baik

    Google lebih menyukai konten yang memiliki tingkat membaca tertentu, sehingga pembaca lebih mudah memahaminya. Alih-alih menulis konten Anda sekedarnya, sebaliknya buat konten yang lebih terbuka kepada audiens yang lebih luas yang juga dapat menemukan nilai di dalamnya.

  • Nada suara penulis konten

    Menjaga nada suara yang konsisten dalam tulisan Anda membantu pembaca memahami perspektif dari mana Anda menulis yang mana faktor-faktor ini menjadi keterbacaan juga.

  • Format konten

    Cara Anda memformat tulisan Anda memainkan peran penting dalam SEO. Menggunakan tajuk utama di seluruh artikel membantu pembaca menavigasi konten dengan lebih baik. Menggunakan poin-poin tambahan memungkinkan daftar item yang lebih mudah yang harus diperhatikan pembaca. Pastikan Anda memiliki visual pendukung untuk membantu konten terlihat jauh lebih baik dan menarik.

  • Kata kunci/keyword

    Untuk menemukan kata apa yang paling banyak dicari oleh pengguna, cara yang paling diandalkan riset kata kunci. Kata kunci membantu mesin pencari memahami bahwa konten Anda adalah tentang topik tertentu. Selain itu keyword juga dapat memberitahu Anda apa yang harus ditulis secara khusus, jika ada volume pencarian yang lebih tinggi, itu berarti Anda akan memiliki peluang lebih baik untuk orang-orang membaca konten Anda.

  • Tautan/link

    Google telah mengatakan bahwa tautan internal ke halaman lain di situs web Anda dan tautan balik dari situs web lain juga dapat meningkatkan SEO. Ini juga memberikan kredibilitas pada konten Anda, karena Anda menyediakan lebih banyak sumber daya.

 

Baca Juga  :    Perbedaan Long Tail Keyword dan Short Tail Keyword dalam SEO

 

Kesimpulan dan Penutup

Perlu dipahami bahwa SEO adalah pekerjaan kompleks yang melibatkan banyak teknik, taktik, dan praktik terbaik yang berbeda. Selain itu, praktik terbaik ini selalu berkembang seiring perubahan perilaku konsumen dan pengguna web, seiring munculnya teknologi baru, dan saat mesin telusur mengubah algoritma mereka. Meskipun demikian, SEO masih merupakan hal yang paling penting untuk bisnis apa pun yang ingin terlihat online jadi upaya Anda dalam membuat konten sangat berharga.

Disamping membantu situs web dan konten untuk ditemukan, SEO juga dapat membantu bisnis mencapai sejumlah tujuan, termasuk yang melibatkan kesadaran merek, lalu lintas, konversi, pengalaman pelanggan, dll. Itulah mengapa sangat penting bagi pemasar digital untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang apa itu SEO, bagaimana hal itu dapat dilakukan karena SEO membantu mencapai tujuan, dan praktik terbaik yang paling mutakhir. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan kualitas konten Anda karena ini akan mempengaruhi SEO juga.

Related Post :