Memaksimalkan Penulisan Meta Description untuk SEO Website / Blog

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Menjadikan website Anda muncul di halaman pertama pencarian tentu sangat sulit, selain dikarenakan banyak saingan dari kompetitor algoritma ranking hasil pencarian pada Google juga sulit untuk ditebak. Sehingga jika ingin mendapatkan website Anda berada di halaman pertama mesin pencari, ada banyak hal yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan website Anda.

Salah satu cara untuk meningkatkan peringkat dan traffic website bisa dengan menggunakan Search Engine Optimization (SEO), menggunakan teknik SEO akan Anda temukan perintah untuk mengoptimasi meta tag. Sebelum masuk ke meta description, Anda perlu terlebih dahulu mengetahui istilah SEO itu sendiri. Berdasarkan sejarah, SEO hadir pada tahun 1997 melalui pesan spam yang di post di Usenet. Di zaman dahulu algoritma mesin pencari dalam menentukan peringkat berdasarkan meta tag dan kode HTML yang digunakan pada website tersebut.

Meta tag berisi informasi dalam suatu halaman website, di saat itu banyak pemilik dari website yang melakukan kecurangan dengan memasukkan kata kunci yang tidak sesuai. Hasilnya menjadi tidak sesuai SERP dengan yang dicari oleh pengguna, dari sinilah update algoritma dari mesin pencarian agar menampilkan hasil yang relevan menjadi perhatian para pengembangnya. Sehingga penghitungan peringkat pada Google saat ini merupakan hasil dari pengembangan tersebut.

 

Mengenal Meta tag Description

Meta tag description merupakan perintah dalam wujud kode html di template blog/web yang ada pada masing-masing halamannya. Meta tag description digunakan untuk memberikan gambaran umum mengenai isi dari halaman web teman-teman. Ukurannya biasanya tidak boleh lebih dari 160 karakter, dan usahakan agar description ini bisa menjadi kalimat-kalimat yang letaknya di awal halaman web page yang bersangkutan.Jadi fungsi dari meta tag description adalah untuk mengemukakan ringkasan informasi dari satu judul halaman postingan pada Search Engine dimana ringkasan tersebut Cuma muncul di halaman indeks pencarian.

Sebagai contoh hasil pencarian oleh spider google serta search engine yang lain hingga bisa dimengerti oleh user yang tengah melacak judul artikel tersebut serta relevan dengan yang mereka cari. Description yang relevan dengan judul artikel atau postingan lebih mempunyai peluang untuk mendapatkan banyak clickthrough (banyak di klik).

Biasanya ada yang disebut meta tag kata kunci yaitu keyword, keyword yang mewakili judul serta gambaran halaman menulis yang sedang dicari di search engine dan jika kata kunci nya cocok dengan judul serta gambaran menulis teman-teman, maka judul artikel teman-temanlah yang muncul di halaman index pencarian. Dalam kaitannya dengan search engine optimization (SEO), google lebih percaya meta description dan pada yahoo search lebih percaya tag atau kata kunci.

 

Baca Juga   :    Mengenal Apa itu SEO (Search Engine Optimization) ?

 

Cara Membuat Meta Description

Memaksimalkan Penulisan Meta Description untuk SEO Website / Blog
 

Cuplikan pada Meta Description sangat penting, pembaca juga pastinya melihat cuplikan ini pada hasil pencarian Google/SERP. Meta Description yang sesuai memiliki nilai tambah yang membuat pengguna akan melakukan klik pada halaman tersebut. dan yang terpenting sebagai pemilik bisnis online adalah dengan adanya cuplikan pada Meta Description akan menambah peluang pengunjung untuk mengunjungi website Anda. Berikut cara membuat meta description.

 

  • Berisi Kalimat Bukan Frase

    Meta description berisikan sekumpulan kalimat yang bisa anda manfaatkan untuk bisa mengajak pengguna mengunjungi website Anda. sehingga dibutuhkan informasi yang relevan atau bisa juga membuat kalimat yang menarik untuk menimbulkan action pengguna mengunjungi website Anda.

  • Perhatikan Keyword

    Hal ini penting karena pada Meta description merupakan salah satu bagian yang dideteksi oleh robot Google. Oleh karena itu anda perlu menyisipkan keyword atau kata kunci anda pada Meta description.

  • Perhatikan juga Jumlah Karakter

    Biasanya Meta description mempunyai batas saat anda memasangnya, sehingga manfaatkanlah batas tersebut dan buat jangan terlalu panjang dan terlalu pendek karena Anda bisa memanfaatkan spot kalimat tersebut untuk bisa mempengaruhi pengguna untuk mengunjungi website Anda melalui mesin pencarian.

 

Baca Juga   :    Mengetahui Fungsi dari Tag, Meta Tag, dan Meta Tag Description

 

Tips Menulis Meta Description

Memaksimalkan Penulisan Meta Description untuk SEO Website / Blog
 

Bisa dikatakan bahwa meta description adalah informasi yang ditampilkan pada hasil pencarian, metode ini memiliki peran yang penting untuk menentukan pengunjung akan melihat konten Anda atau tidak. Tulisan di dalam website yang menarik dan unik serta singkat akan mudah menarik pengunjung untuk membuka website Anda, sebelum menggunakan metode satu ini Anda perlu mengetahui beberapa hal. Berikut ulasannya.

 

  1. Bahasa yang Menarik

    Menggunakan bahasa yang menarik bertujuan untuk membuat website Anda dikunjungi banyak pengunjung, kemampuan menulis dan berpikir Anda harus dikeluarkan di sini. Disarankan untuk memulai menggunakan kata kerja yang membuat orang penasaran, seperti menggunakan kalimat ‘temukan di sini’, ‘cek di sini’, dan sebagainya.

  2. Tulisan Efektif dan Jelas

    Kalimat yang jelas dan efektif digunakan agar kalimat yang dibuat pada meta description bisa terbaca tanpa terpotong, sehingga disarankan untuk menuliskan meta description tidak lebih dari 155 karakter. Gunakan tools tertentu untuk melakukan pengecekan panjang karakter dari meta description Anda, mulailah awal kalimat dengan huruf kapital.

  3. Fokus pada Pelanggan

    Tips ketiga yang bisa Anda lakukan adalah dengan memfokuskan tulisan Anda pada pelanggan, tuliskan deskripsi produk yang dijualkan dengan kualitas yang baik dan alasan mengapa pelanggan harus memilih dan menggunakan produk Anda. Perlu bagi Anda untuk membuat tulisan yang relevan dengan para calon konsumen Anda yang lebih spesifik.

  4. Hindari Spam Keyword

    Menghindari spam keyword menjadi teknik yang penting dalam membuat meta description, jangan sampai pengunjung website Anda melakukan klik tombol back hanya karena konten tersebut dianggap tidak menarik. Karena meta description berhubungan dengan SEO, maka hindari untuk memasukkan spam keyword pada meta description. Banyak yang salah kaprah dan menganggap bahwa kata kunci yang dilakukan berulang-ulang bisa meningkatkan SEO, nyatanya hal ini justru berdampak buruk pada website Anda dinilai oleh search engine.

  5. Menggunakan Simbol dan Angka

    Membuat konten dan tulisan yang menarik tentu menggunakan beberapa cara, disarankan Anda bisa menggunakan angka dan simbol untuk membuat tulisan meta description yang menarik. Hal ini bisa menarik para pengunjung, seperti informasi promo.

 

Baca Juga   :    Mengenal dan Mengetahui Cara Membuat Meta Description

 

Kesimpulan dan Penutup

Untuk memaksimalkan website agar bisa tampil di halaman pertama mesin pencarian bukan sesuatu yang mudah, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar website atau blog Anda berada di peringkat pertama. Salah satunya dengan mengoptimalkan Search Engine Optimization website Anda, dalam SEO ada teknik yang dinamakan dengan meta description. Dengan teknik inilah Anda bisa mulai untuk mengoptimalkan website atau blog agar berada dalam rangking pertama halaman pencarian.

Membuat meta description bisa dilakukan dalam beberapa langkah, Anda bisa memahami artikel di atas dan mulai untuk membuat sendiri meta description pada website. Beberapa tips di atas bisa Anda perhatikan untuk membuat meta description, seperti dengan menggunakan simbol dan angka, menghindari untuk mengetikkan spam keyword, menggunakan bahasa yang menarik, dan lain sebagainya.

Related Post :