10 Rekomendasi Template Website Sekolah Terbaik di WordPress

Web & Development / 0 | | 1

Di era digital seperti saat ini, sekolah dan perguruan tinggi pasti membutuhkan website resmi. Website ini bermanfaat untuk mempermudah calon siswa yang ingin mendaftar untuk mencari informasi seputar sekoah tersebut. Untuk memudahkan Anda dalam mengelolanya, Anda harus memilih template website sekolah yang tepat. 

Memiliki website resmi akan membuat sekolah tampak lebih profesional dan kredibel, dan nantinya dapat mencerminkan kualitas akadmeik di sekolah tersebut. Terutama untuk sekolah swasta, keberadaan website resmi sangatlah penting untuk meningkatkan branding sekoolah dan membuat orangtua calon murid memberi kepercayaan pada sekolah yang Anda kelola. 

Website sekolah biasanya memuat profil sekolah, informasi pendaftaran dan promosi, dokumentasi kegiatan siswa, dan lain-lain. Karena itu, website sekolah biasanya memerlukan template khusus yang dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan ini. 

Memilih template website sekolah ternyata tak bisa sembarangan. Berbeda dengan template blog personal yang bisa menyesuaikan dengan selera Anda, untuk website sekolah tentunya Anda ingin memilih template yang lebih rapi dalam memuat konten-konten yang ada di dalamnya. 

10 Rekomendasi Template Website Sekolah Terbaik

WordPress menyediakan ribuan template untuk penggunanya, terkadang template tersebut menyesuaikan dengan kebutuhan berbagai website, salah satunya website sekolah. Berikut adalah beberapa rekomendasi template website sekolah yang dapat Anda pertimbangkan. 

1. Divi

Template website sekolah yang dapat Anda gunakan salah satunya adalah Divi. Tema WordPress yang satu ini merupakan salah satu yang paling populer digunakan untuk website edukasi. Divi memiliki tampilan yang menarik dan dapat menonjolkan informasi-informasi penting pada website Anda.

Tampilan Divi sangat fleksibel dan mudah untuk Anda sesuaikan. Template ini memiliki 20 layout yang dapat Anda gunakan secara langsung. Jika ingin memodifikasinya sesuai keinginan, Anda dapat melakukannya dengan mudah dengan konsep blocks pada tampilan Divi. 

2. Eikra

Seperti yang Anda ketahui, saat ini kebanyakan orang mengakses internet lewat smartphone. Eikra adalah template website sekolah yang tepat jika Anda ingin membuat website yang mobile-friendly. Tema WordPress yang satu iin memiliki banyak pilihan layout dan header untuk memudahkan Anda membuat website. 

Eikra juga mendukung berbagai platform SEO dan dapat Anda integrasikan dengan WPML. Hal ini tentunya sangat memudahkan Anda yang ingin membuat website sekolah Anda lebih mudah ditemukan oleh khalayak. Sementara itu, WPML berfungsi untuk mentranslasi bahasa dari konten yang ada di dalam website tersebut. 

3. Kingster

Salah satu template website sekolah terbaik yang bisa Anda coba adalah Kingster. Template ini memiliki fitur menarik yang sangat sesuai dengan website-website akademis. Tak hanya website sekolah, Anda juga bisa menggunakan tema ini untuk website universitas dan platform online course. 

Kingster memiliki fitur search yang sudah menjadi bawaan dan dapat dengan mudah Anda gunakan. Selain itu, template ini memungkinkan Anda untuk memfilter kategori postingan sesuai kebutuhan Anda. Tidak hanya baik secara fungsi saja, Kingster juga memiliki tampiran menarik dengan warna dan header yang beragam. 

4. Webify

Sebenarnya, Webify bukan template website sekolah seperti template lain yang ada dalam list ini. Webify didesain merupakan tema yang cukup versatile dan dapat Anda gunakan untuk berbagai keperluan website. Salah satu jenis website yang cocok menggunakan Webify adalah website pendidikan.

Keunggulan webify adalah fitur drag and drop serta konsep block yang memungkinkan Anda untuk mengkostumisasikan tampilan website dengan mudah. Karena itulah, tema ini sangat cocok bagi pemula yang ingin membuat website tanpa harus melakukan coding. Dalam template ini ada banyak pilihan layout, header, dan footer yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan website sekolah Anda. 

5. WPLMS

WPLMS adalah kepanjangan dari WordPress Learning Management System. Tema ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menggabungkan LMS dengan website resmi sekolah. WPLMS memiliki banyak fitur yang mendukung berbagai kebutuhan terutama saat di masa pandemi saat orang-orang banyak melakukan sistem pembelajaran jarak jauh.

Template website sekolah ini dikembangkan oleh WordPress secara resmi dan dapat terintegrasi dengan Zoom. Selain itu, WPLMS memiliki fitur lain yang mendukung kegiatan belajar jarak jauh seperti ruang kelas online, pemberian materi, evaluasi, dan penilaian. 

6. Lectura

Lectura memiliki tampilan modern dan professional, sehingga cocok untuk website SMA atau universitas. Sebenarnya, template WordPress yang satu ini dibuat khusus untuk jenjang universitas, tapi tidak menutup kemungkinan Anda dapat menggunakan Lectura untuk sekolah di jenjang lainnya seperti SD, SMP, dan SMA. 

Desain Lectura yang terkesan rapi sangat fleksibel dan mudah untuk Anda kostumisasikan tampilannya sesuai citra yang cocok dengan sekolah Anda. Keunggulan yang menarik dari tema WordPress satu ini adalah ia dapat terintegrasi dengan Elementor, Beaver Builder, Brizy, dan plugin lainnya. Selain itu, terdapat pengaturan menu mobile yang membuat website Anda mudah diakses melalui smartphone. 

7. Univero

Univero adalah template website sekolah yang cocok untuk Anda gabungkan dengan website LMS yang berfokus pada pelatihan atau kursus. Dengan tampilan yang responsif dan fleksibel, template yang satu ini dapat Anda gunakan untuk sekolah dari berbagai jenjang pendidikan.

Dari segi desain Univero sudah mendukung WPBakery Page Builder, Revolution Slider, Monitor Admin, dan lain-lain. Tema yang satu ini juga cocok digunakan jika sekolah Anda memiliki halaman blog.

8. Kallyas

Kallyas adalah template serbaguna yang dapat Anda gunakan untuk berbagai keperluan website. Tak hanya website sekolah saja, tema yang satu ini juga cocok untuk website perusahaan, bisnis, portofolio, bahkan blog pribadi. Fitur keunggulan template website sekolah ini adalah pada fleksibilitasnya.

Terdapat ratusan elemen yang dapat Anda gunakan untuk mengkostumisasi halaman website Anda sesuai keinginan. Kallyas juga responsif dan dapat loading dengan cepat sehingga cukup SEO-friendl

9. Educlever

Educlever adalah tema yang dirancng oleh Bearsthemes. Tema yang satu ini memiliki tampilan yang clean, modern, dan pastinya user-friendly. Educlever memang dirancang khusus untuk website pendidikan, sehingga layak menjadi pilihan Anda untuk tampilan website sekolah.

Tema ini dapat Anda integrasikan dengan LearnPress untuk mendukung kegiatan e-learning. Selain itu, Educlever juga terintegrasi dengan berbagai pilihan header dan style yang dapat Anda pilih.

10. Person College – ASTRA

Tema terakhir dalam rekomendasi kami adalah ASTRA. Tema ini sudah digunakan oleh jutaan website di seluruh dunia, bahkan tema ini termasuk yang paling populer digunakan di Indonesia. 

ASTRA adalah template website sekolah yang mengedepankan performa maksimal. Sehingga tak hanya menarik, website Anda juga dapat diakses dengan lancar oleh user. ASTRA memiliki template khusus untuk sekolah yang bernama Pearson College.

Pearson College sangat user-friendly dan responsif. Menariknya lagi, tema ini bisa Anda gunakan secara gratis karena sifatnya yang open-source dan bebas dikembangkan di GitHub. 

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang template website sekolah yang cocok untuk Anda gunakan. Memilih tema untuk website memang tidak bisa sembarangan, lho. Karena tema yang tepat akan sangat berpengaruh dengan branding sekolah dan performa website Anda. 

Namun, yang tak kalah penting adalah memilih layanan hosting yang handal agar website sekolah Anda selalu mudah diakses oleh pengguna. Gunakan Cloud VPS IDCloudHost yang powerful, cepat, dan memiliki sistem pembayaran pay-as-you-go yang fleksibel. Tak hanya itu, berbagai aplikasi pendukung sekolah bisa Anda install dengan mudah melalui fitur App Catalog. Coba sekarang juga dan dapatkan free credit Rp 50.000,-

 

Related Post :