Tips Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca di PC, Laptop, dan Smartphone

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

USB Flash disk atau pen drive yang tidak dapat dibaca biasanya memiliki masalah korupsi atau corrupt. Ketika flash drive menjadi tidak dapat dibaca, Anda perlu menentukan terlebih dahulu apakah kendala itu disebabkan dari kerusakan logis atau kerusakan fisik. Sehingga kemudian Anda bisa menemukan permasalah yang membuatnya tidak dapat dibaca atau terhubung dengan perangkat komputer Anda.

Kerusakan USB flash drive akan menyebabkan masalah tidak dapat diaksesnya dan tidak dapat dibaca file yang berada dalam flashdisk tersebut. Ketika USB flash drive Anda menjadi tidak dapat dibaca, pertama-tama, Anda perlu menentukan apakah itu masalah fisik atau masalah logis.Bagaimana cara mengambil file penting yang ada di penyimpanan yang dapat dilepas, karena file tersebut tidak terbuka sama sekali?

Perangkat lunak pemulihan data pihak ketiga dapat digunakan jika hanya ada kerusakan logis pada flash drive. Sedangkan masalah kerusakan fisik jauh lebih kompleks, dan perangkat lunak pemulihan data jarang berfungsi dalam kondisi ini. Anda perlu meminta layanan pemulihan data manual untuk mendapatkan bantuan. Berikut ini cara memperbaiki drive USB yang tidak dapat dibaca dan cara memulihkan data dari flash drive yang tidak dapat dibaca. Program pemulihan data yang bisa Anda gunakan adalah EaseUS Data Recovery Wizard.

 

Cara Mengidentifikasi Masalah Korupsi USB Flashdisk

Tips Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca di PC, Laptop, dan Smartphone
 

 

Anda dapat mencoba untuk menentukan seberapa serius perangkat penyimpanan Anda telah rusak dengan mengamati gejala dan menggunakan alat pemeriksaan disk untuk mengecek kesalahan atau permasalahan.

 

  • Gejala yang menunjukkan korupsi yang logis

    Biasanya pada Master Boot Record (MBR) atau Partition Boot Record (PBR) atau kerusakan struktur direktori yang disertai dengan pesan kesalahan. Pada kasus ini seringnya Anda akan menemukan :
    a) Windows melaporkan disk tidak diformat terus menerus.
    b) Drive Anda muncul sebagai RAW, dengan sistem file RAW yang tidak valid.
    c) Partisi flash drive Anda telah hilang yang kemudian akan ditampilkan sebagai ruang yang tidak terisi.
    d) Windows melaporkan drive tidak dapat diakses, file atau direktori rusak atau tidak dapat dibaca.

  • Gejala yang menunjukkan adanya kerusakan fisik

    Sementara beberapa masalah korupsi fisik yang umum berasal dari batang dan konektor yang rusak, drive mati, sirkuit rusak atau gerbang NAND, dll. Dalam hal ini Anda akan menemukan lampu flash drive mulai berkedip, mengeluarkan suara bising atau suara berputar yang tidak lazim.

 

Baca Juga :      Cara Burn File ke CD / DVD dengan Mudah dan Cepat

 

Cara Memulihkan dan Memperbaiki File Flashdisk Tidak Terbaca

Sebelum Anda mulai memperbaiki flash drive USB yang rusak, tidak dapat dibaca, atau tidak responsif, sangat disarankan agar Anda mencadangkan semua data Anda saat ini di drive USB terlebih dahulu. Namun, kebanyakan orang tidak membuat cadangan biasa hingga mereka akan kehilangan file penting mereka. Karena Anda tidak diizinkan membuka flash drive yang tidak dapat dibaca, satu-satunya cara untuk mengambil data adalah menemukan beberapa perangkat lunak pemulihan file USB profesional untuk membantu.

Perangkat lunak pemulihan file EaseUS mendukung pemulihan data dalam skenario permasalahan yang paling umum, misalnya, drive penyimpanan telah rusak, menjadi RAW, diformat, atau bahkan seluruh partisi disk telah dihapus. Unduh secara gratis, instal dan jalankan dengan mudah, ikuti panduan di bawah ini untuk mengambil file dari drive yang dapat dilepas ketika Windows tidak dapat membacanya.

Ikuti langkah- langkah berikut ini :

 

  • Pilih flash drive untuk dipindai.

    Luncurkan EaseUS Data Recovery Wizard dan pilih flash drive tempat Anda kehilangan file penting. Klik “Pindai/Scan” untuk memulai.

  • Periksa dan pratinjau data flash drive yang ditemukan.

    Setelah pemindaian cepat dan lanjut, Anda dapat dengan cepat menemukan jenis file tertentu dengan menggunakan fitur Filter serta Pencarian. Filter sendiri adalah ara cepat ke file yang Anda inginkan sedangkan Pencarian (Search) misalnya digunakan untuk Nama file / ekstensi file.

  • Mengembalikan data flash drive.

    Setelah memeriksa dan menemukan file flash drive yang hilang, pilih file tersebut dan klik Pulihkan (Recover) untuk memulihkan data Anda. Anda harus menyimpan file yang ditemukan ke lokasi yang aman di PC Anda daripada ke flash drive Anda.

 

Baca Juga :    Cara Cek IP Address Komputer, Laptop, dan HP (Smartphone) dengan Mudah

 

3 Cara Memperbaiki Flashdisk USB yang Tidak Dapat Dibaca

Tips Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca di PC, Laptop, dan Smartphone
 

Setelah mendapatkan data dari drive USB Anda yang rusak, Anda sekarang dapat memperbaikinya dengan beberapa metode di bawah ini. Perhatikan bahwa metode yang diberikan adalah untuk pemeriksaan sendiri dan perbaikan sendiri, jika tidak ada kesalahan yang ditemukan sama sekali, Anda perlu memperbaiki stik USB yang rusak di halaman lain.

 

  • Cara memperbaiki kesalahan logis

    Windows memiliki alat perbaikan built-in tersendiri dan dapat memindai masalah kesalahan umum pada drive disk dan semoga memperbaiki kesalahan yang ditemukan. Adapun langkah- langkah yang bisa Anda terapkan adalah :
     

    a) Hubungkan flash drive ke sistem komputer Anda. Buka Komputer Saya / PC Ini.
    b) Klik kanan Removable Disk yang mewakili flash drive Anda, lalu pilih Properties.
    c) Di bawah tab Alat, klik Periksa. Ini kemudian akan memulai proses pemindaian.
    d) Setelah selesai, jika ada kesalahan yang ditemukan, Anda dapat melanjutkan dengan wizard untuk memperbaikinya
    e) Keluarkan flash drive dengan aman. Sambungkan kembali. Lihat apakah sekarang bisa dibaca.

  • Format Perangkat USB yang Rusak dalam Manajemen Disk

    Cara lain untuk membuat drive USB yang rusak atau tidak dapat dibaca berfungsi kembali adalah dengan memformatnya dengan langkah :
     

    a) Tekan tombol Windows + R untuk membuka kotak Run. Ketik: diskmgmt.msc dan tekan Enter
    b) Dalam Manajemen Disk, cari flash drive yang tidak dapat dibaca, periksa informasi disknya. Jika itu ditampilkan sebagai sistem file Raw, klik kanan padanya dan pilih Format
    c) Pilih sistem file seperti NTFS, FAT32 atau exFAT dan kotak centang Lakukan format cepat

  • Hapus dan Buat Partisi Baru di Perangkat USB yang Rusak

    Apakah file dan data Anda tidak dapat dipulihkan dari langkah- langkah diatas? Tenang saja, lanjutkan dengan metode ketiga, alat Manajemen Disk akan membantu Anda menghapus dan membuat partisi baru pada drive USB yang rusak, dan akhirnya mengembalikannya ke keadaan normal. Berikut caranya :
     

    a) Dalam Manajemen Disk (buka seperti yang diinstruksikan metode 2), cari drive USB yang rusak dan klik kanan di atasnya, pilih Delete Volume
    b) Konfirmasi untuk menghapus volume pada drive USB dengan mengikuti panduan di layar.
    c) Setelah drive USB menjadi ruang yang tidak terisi, klik kanan ruang yang tidak terisi dan pilih New Simple Volume
    d) Kemudian Ubah nama drive, atur sistem file ke NTFS atau FAT32 pada drive USB dan ikuti panduan di layar untuk membuat partisi baru pada drive USB. Setelah ini, Anda dapat menggunakan drive USB secara normal lagi.

 

Baca Juga :    Tips Jika Hardisk Tidak Terbaca dan Cara Mengatasinya Agar tidak Rusak

 

Kesimpulan dan Penutup

Kemalangan terjadi dengan semua disk dan drive USB tidak terkecuali. Apakah Anda flash drive tidak terbaca? File Anda menjadi corrupt hingga menghilang dari data Anda? Atau, mungkin Anda ingin memulihkan file dari flash drive yang tidak dapat dibaca? Ini adalah permasalahan umum yang biasa ditemukan dari pengguna Flashdisk.

Namun Anda tidak perlu kuatir, karena selalu ada jalan untuk memulihkan data dan file Anda. Bahkan Anda bisa sekalian membersihkan flashdisk Anda dari kemungkinan adanya virus atau malware. Terapkan langkah- langkah diatas jika Anda ingin mengatasi flashdisk yang tidak terbaca dan selalu periksa file Anda dari kemungkinan serangan virus secara berkala.

Related Post :