Tips dan Trick Mendapatkan Domain Gratis dari IDCloudHost

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Jika saat ini anda ingin membangun bisnis online, anda pasti akan membuat sebuah layanan website untuk memudahkan pelanggan anda untuk memesan maupun melihat apa saja produk anda. Oleh karena itu, sanagat dibutuhkan tools yang dapat membuat website anda lebih maksimal.

Salah satunya ialah domain. Lalu, mengapa domain ini sangat penting untuk bisnis online anda? hal ini karena nama domain merupakan salah satu alamat website anda yang anda gunakan untuk berjualan online. Pemilihan nama domain ini juga harus unik, karena jika nama domain toko online anda sudah pasaran maka para pelanggan tidak tertarik untuk melihat website anda.

Itu artinya, anda harus terlebih dahulu melakukan riset nama toko online dan nama domain yang cocok untuk produk anda. Nah, bagamana jika anda mendapatkan domain gratis alias cuma – cuma ? tentu akan menghemat pengeluaran bisnis online anda. Penasaran bagaimana mendapatkan domain gratis? yuk, simak artikel berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu Domain ?

 

Nama domain adalah string identifikasi yang mendefinisikan ranah otonomi administratif, wewenang atau kendali dalam Internet. Nama domain digunakan dalam berbagai konteks jaringan dan untuk penamaan dan tujuan pengalamatan khusus aplikasi.

Secara umum, nama domain mengidentifikasi domain jaringan, atau mewakili sumber daya Protokol Internet (IP), seperti komputer pribadi yang digunakan untuk mengakses Internet, komputer server yang hosting situs web, atau situs web itu sendiri atau layanan lainnya dikomunikasikan melalui internet. Pada 2017, 330,6 juta nama domain telah didaftarkan.

Sebuah domain dibentuk oleh aturan dan prosedur Sistem Nama Domain (DNS). Setiap nama yang terdaftar dalam DNS adalah nama domain. Nama domain disusun dalam level subordinat (subdomain) dari domain root DNS, yang tidak bernama. Kumpulan nama domain tingkat pertama adalah domain tingkat atas (TLD), termasuk domain tingkat atas generik (gTLD), seperti com domain terkemuka, info, net, edu, dan org, dan kode negara atas -level domains (ccTLDs).

Di bawah ini domain tingkat atas dalam hirarki DNS adalah nama domain tingkat kedua dan ketiga yang biasanya terbuka untuk reservasi oleh pengguna akhir yang ingin menghubungkan jaringan area lokal ke Internet, membuat sumber daya Internet lain yang dapat diakses publik atau menjalankan situs web.

Registrasi nama-nama domain ini biasanya dikelola oleh pendaftar nama domain yang menjual layanan mereka kepada publik. Nama domain yang sepenuhnya memenuhi syarat (FQDN) adalah nama domain yang sepenuhnya ditentukan dengan semua label dalam hierarki DNS, karena tidak ada bagian yang dihilangkan.

Label dalam Sistem Nama Domain tidak peka huruf besar-kecil, dan karenanya dapat ditulis dalam metode huruf besar apa pun yang diinginkan, tetapi kebanyakan nama domain ditulis dalam huruf kecil dalam konteks teknis.

 

Tips Mendapatkan Domain Gratis 

 

1. Berburu Promo Domain Gratis

Anda pasti ingin sekali meminimalisir biaya bisnis online anda dengan mendapatkan domain gratis. Anda dapat meminta bantuan domain dari TLD seperti .co, .cc, .nr. Meskipun terdengar asing, ternyata domain TLD ini berfungsi sama seperti domain yang lain.

Domain versi gratis ini juga bisa dipakai untuk web dan membuat email atas nama domain anda sendiri. Namun, domain gratis ini memiliki kelemahan diantaranya ialah memiliki kredibilitas yang kecil daripada nama domain dari TLD yang premium, seperti .net atau .com.

Domain ini sering dianggap spam dan diblokir oleh pemerintah. Selain itu, karena reputasinya yang buruk, domain semacam ini biasanya tidak begitu memikat para pengiklan. Sehingga, dari pengalaman penggunanya sering merasa kesulitan untuk mendapat rangking atas dalam pencarian google.

Disamping itu, domain ini biasanya sulit didaftarkan pada Google Adsense. Dengan semua kelemahannya itu, maka kami tidak merekomendasikan menggunakan nama domain yang gratis seperti ini untuk kebutuhan blog pribadi. Namun, untuk yang masih pemula dan baru belajar, mungkin ini tidak masalah. Anda bisa memulainya dengna mencoba wordpress. Untuk mendapatkannya, bisa langsung gunakan dot.cf , freenom .com, my.ga , nl.gl , dll.

 

2. Cara Mendapat Domain secara Gratis dari Penyedia Hosting

Selanjutnya  anda bisa memanfaatkan sejumlah penyedia hosting yang mengadakan promo hadiah, berupa pemberian nama domain secara cuma-cuma. Sehingga, anda bisa mendapatkan nama domain secara gratis. Menariknya lagi adalah, nama domain yang diberikan biasanya sudah cukup populer.

Biasanya IDCloudHost setiap minggunya memberikan promo yang diundi berupa Domain gratis yaitu, co.id , .com. Maka dari itu, anda cukup mengikuti syarat dan ketentuan yang diberikan oleh IDCloudHost.

 

3. Cara Mendapatkan Domain Gratis dengan Email

Agar anda mendapatkan domain yang gratis dengan email, maka anda bisa memanfaatkan email .edu. Ini adalah sebuah email khusus untuk mahasiswa dan staff pengajar di universitas atau sekolah yang ada di AS. Banyak kelebihan dari email .edu karena potongan harganya disertai dengan voucher yang dapat dipakai untuk semua produk digital.

Misalnya saja, seperti Digital Ocean, Google Drive, Azure, dll. Biasanya dengan email .edu inilah anda bisa mendapat domain secara gratis dengan ekstensi berupa .me dan .tech. Namun sayangnya, email .edu ini hanya bisa dimiliki warga AS saja.

Namun, kini anda masih bisa memilikinya dengan cara membelinya dari forum online atau di sosial media. Mengingat saat ini ada banyak penjual domain ini yang bisa ditemukan secara online.

 

4. Berburu Promo Domain Gratis

Selain untuk mendapatkan domain gratis, alternatif terbaik lainnya adalah anda bisa menunggu saat ada promo domain gratis. Jadi, beli saja nama yang premium. Untuk domain berakhiran .com umumnya biayanya tidak begitu mahal.

Sehingga, akan lebih baik bila membeli domain premium saja yang lebih jelas dan punya kredibilitas yang tinggi agar mudah didaftarkan di Adsense dan ada full supportnya.

 

Promo Domain Gratis IDCloudHost 

 

Lalu, Bagaimana cara mendapatkan domain gratis dari program CSR IDCloudHost ini ? Berikut ini adalah beberapa informasi penting terkait Program Domain Gratis :

 

  1. Anda Wajib melakukan Share dan Like fanspage IDCloudHost.
  2. Pastikan Anda mengisi Formulir dengan benar.
  3. Pengguna dapat melakukan submit lebih dari 1 kali dengan domain yang berbeda. Jika pengguna berhasil memenangkan lebih dari 1 domain maka hanya boleh memilih satu domain sebagai hadiah.
  4. Akan ada 5 Pemenang Domain Gratis setiap minggunya.
  5. Domain GRATIS hanya berlaku untuk 1 tahun.
  6. Domain yang diaktifkan adalah domain yang disubmit dan diumumkan saat menang, pemenang tidak boleh menukar domain dan jika ketentuan tidak dipenuhi akan menyebabkan hadiah hangus
  7. Khusus domain Web.Id harap melampirkan Persyaratan KTP/Identitas Lainnya. Sedangkan Co.Id Melampirkan 1. Kartu/Surat Identitas Penanggung Jawab yang masih berlaku (ex: KTP/SIM/Passport)  SIUP / TDP / NPWP PT/ [Akte Notaris (cover dan hal 1)] 3. Kepemilikan Merk (Apabila Ada) 4. Surat keterangan keterkaitan antara nama domain dengan nama perusahaan. (Apabila nama domain berbeda dengan nama perusahaan yang terdapat pada SIUP). Jika Persyaratan Domain tidak bisa diberikan, maka domain tidak bisa diganti dan tidak bisa diaktifasi
  8. Pengumuman pemenang diumumkan setiap hari Jumat, Pukul 13.00-15.00 WIB di Fanspage IDCloudHost dan halaman Program Domain Gratis.
  9. Tim IDCloudHost akan menghubungi Anda melalui email untuk klaim domain Gratis.
  10. Klaim Domain Gratis berlaku selama 1 minggu, jika lewat dari itu maka hadiah domain gratis akan hangus.

Baca Juga : Panduan Memilih Domain

 

Tips dan Trick Mendapatkan Domain Gratis IDCloudHost

 

Agar bisa mendapatkan domain gratis, Berikut ini adalah beberapa Tips agar Anda bisa mendapatkan Layanan Domain GRATIS Dari IDCloudHost :

 

  1. Pastikan Anda melakukan Like dan Share halaman Fanspage IDCloudHost sesuai dengan ketentuan pada Program Domain Gratis,
  2. Pastikan Domain Anda belum pernah digunakan, Anda bisa mengecek kesediaan domain pada halaman Layanan Domain IDCloudHost,
  3. Pastikan mengisi identitas dengan benar, terutama nama Domain Anda.
  4. Pastikan Anda sudah mempersiapkan perysaratan Domain (co.id : perusahaan | web.id : individu) – Lihat : Peryaratan Domain Indonesia

Baca Juga : Cara Order Layanan Domain

 

Kesimpulan dan Penutup 

Nama domain dalam sebuah situs bisnis online merupakan sebuah pendukung website yang penting. Bahkan, bila anda belum mempunyai domain, ada beberapa cara seperti mengikuti program yang ditawarkan oleh IDCloudHost untuk mendapatkan doamin gratis.

Bagi anda yang baru ingin memulai membuka bisnis online, ini merupakan sebuah kesempatan emas yang sayang anda lewatkan. Anda juga harus jeli melihat peluang pasar ketika ingin membuka bisnis online.Jangan sampai anda membuka bisnis online hanya untuk coba – coba saja tanpa melakukan riset terlebih dahulu.

Uang anda nantinya akan terbuang percuma tanpa adanya riset dalam membaca pasar. Teknologi yang memudahkan pelanggan dalam membeli produk anda juga menjadi [eran penting dalam mendukung kesuksesan bisnis online anda. Yuk, segera ikutan program domain gratis dari IDCloudHost ini.

Related Post :