Panduan Memilih Domain

Paduan Memilih Domain

Introduction

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan alamat suatu website. Seperti halnya sudah banyak domain gratis yang disediakan oleh beberapa website lain. Namun terdapat beberapa kelebihan yang akan dirasakan ketika kita menggunakan domain berbayar, seperti :

  1. Website akan terlihat lebih professional dibandingkan dengan yang gratis.
  2. Akan meningkatkan reputasi dari meningkatnya awareness dan interest dari pengunjung.
  3. Memudahkan mengingat alamat website.
  4. Reputasi yang tinggi oleh search engine.
  5. Lebih menarik para advertising dalam memasang iklan.

Dari beberapa hal tersebut sudah menggambarkan betapa lebih baiknya domain TLD. Namun dalam menentukan TLD yang akan digunakan, pasti akan membingungkan juga.

Berikut ini adalah beberapa daftar ekstensi domain yang ada di IDCloudHost :

Panduan Memilih Domain | Knowledge Base - IDCloudHost

 

Pilihan Domain

Domain *.ID

*.id merupakan domain khusus untuk negara Indonesia. *.id memang baru muncul beberapa tahun belakang. Untuk pengurusan domain sendiri, memang tidak sesusah domain ID yang lain. Seperti .co.id yang harus menyertakan npwp dan siup. Jadi *.id bisa dimiliki oleh siapapun. Untuk personal syarat utamanya adalah ktp. Meskipun untuk pengurusan tidak terlalu susah, namun untuk harga .id memang masih relatif mahal. Keuntungan menggunakan .id adalah kredibelitas domain yang sangat terjaga di mata pengguna. Adapun untuk beberapa persyaratan dapat dilihat pada halaman persyaratan domain *.id.

 

Domain *.COM

*.com memang sangat mendunia. Domain ini bisa dimiliki di negara manapun. Untuk pendaftarannya pun tidak memiliki syarat apapun. Namun justru itulah yang menjadi kekurangan dari .com, kredibelitasnya kurang terjaga dibandingkan domain .id. Penipu bisa saja menggunakan domain .com untuk lebih meyakinkan korbannya. Tetapi yang menjadi keunggulan .com adalah persepsi di benak orang-orang bahwa suatu website…ya .com.

Website = .com

Bukan hanya di Indonesia, di negara-negara lain pun juga sama. Ketika orang-orang mengatakan website, yang terbayang adalah .com

 

Closing

Setiap LTD memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri baik dari segi harga, tingkat kepercayaan maupun tingkat ketenarannya. Seperti domain *.id memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi karena melibatkan beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi. Sedangkan domain *.com memiliki tingkat ketenaran yang tinggi. Dan pada dasarnya beberapa domain selain *.id sebenarnya sama saja dengan domain *.com, hanya saja tingkat ketenarannya saja yang berbeda.

Related Articles

Cara Klaim atau Order Hosting Program Lailatul Imers 2019 di IDcloudHost
Akuisisi Dewabiz, Komitmen IDCloudHost Menjadi Perusahaan Web Hosting Lokal Berjaya
Panduan Cara Setting MX Record di Cloudflare
Cara Cek Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) Secara Online untuk Beasiswa IDCloudHost
Panduan Cara Order Domain dan Hosting Program Ekabima