Tips dan Trik Berbelanja Online Murah dan Untung di Tahun 2020

Business, Marketing / 0 | | 0

Salah satu cara berbelanja yang mudah tanpa perlu repot mengunjungi lokasi adalah dengan berbelanja online. Namun ada beberapa tips belanja online murah yang perlu Anda perhatikan sebelum membelinya. Hal ini agar Anda bisa mendapatkan harga yang murah namun dengan barang yang tetap berkualitas.

Seperti yang Kita ketahui, membeli barang lewat situs belanja online memang sudah menjadi tren tersendiri agi masyarakat Indonesia. Dengan begitu, setiap orang tidak perlu pergi ke tempat penjual untuk memperoleh barang yang mereka inginkan.

Hanya bermodalkan dengan internet dan smartphone Anda bisa membali barang tersebut. Hanya saja, kemudahan bertransaksi yang satu ini tidak cukup membuat konsumen merasa senang. Umumnya mereka menginginkan harga barang yang lebih murah sehingga merasa membeli secara online akan lebih untuk.

Untuk mendapatkan harga yang murah tersebut, pastinya ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Simak seperti apa tips belanja online murah di bawah ini!

 

Tips Belanja Online Murah Tahun 2020

Lalu seperti apa belanja murah secara online ini. Di bawah ini tips belanja online murah yang mungkin bisa membantu Anda:

 

1. Tentukan barang yang ingin dibeli

Tips dan Trik Berbelanja Online Murah dan Untung di Tahun 2020 | IDCloudHost

 

Sebelum membeli barang, ada baiknya Anda menentukan dahulu barang apa saja yang ingin Anda beli. Selain itu, Anda juga perlu menentukan berapa banyak jumlah barang tersebut. Dengan begitu tidak ada barang yang salah beli sehingga hanya akan menambah pengeluaran yang tidak penting.

Menentukan barang yang ingin dibeli juga dengan menentukan skala prioritas utama untuk barang barang yang Anda ingin beli secara online. hal ini juga akan membantu Anda juga untuk melakukan filter untuk dapat membandingkan dengan mudah untuk dibeli secara online.

Ada banyak sekali jualan online yang tersedia di internet khususnya untuk wilayah Indonesia, seperti marketplace maupun website official, nah Anda bisa juga membandingkan setiap penyedia tersebut untuk dapat menentukan harga terbaik dari apa yang ingin Anda beli secara online.

 

2. Tentukan juga budget yang dimiliki

Tips dan Trik Berbelanja Online Murah dan Untung di Tahun 2020 | IDCloudHost

 

Setelah menentukan barang yang ingin dibeli, tips belanja online murah selanjutnya Anda bisa menentukan pula budget yang dimiliki. Pasalnya, jika Anda tidak melakukannya Anda bisa saja mendapati pengeluaran yang melebihi budget dan pastinya bisa saja merugikan Anda.

Untuk itu, jangan sampai Anda menyesal karena salah perhitungan dalam menentukan budget tersebut. Untuk itu, Anda perlu mencatat dahulu mana barang yang memang benar-benar dibutuhkan. Kemudian jangan segan untuk mencoret barang yang memang tidak terlalu dibutuhkan. Dengan begitu Anda bisa sekaligus menekan pengeluaran.

 

3. Bandingkan harga dan spesifikasi barang

Tips dan Trik Berbelanja Online Murah dan Untung di Tahun 2020 | IDCloudHost

 

Ada baiknya Anda juga melakukan perbandingan harga dengan situs belanja online lainnya. Pasalnya, dengan melakukan perbantingan Anda akan lebih mudah dalam memperoleh harga yang jauh lebih murah. Seperti yang diinformasikan sebelumnya, Anda bisa membandingkan barang yang Anda ingin beli secara online dari marketplace yang satu dengan lainnya, juga membandingkan juga berdasarkan tokonya juga.

Tips dari kita jangan lupa juga lihat testimonial dan juga rating tokonya ya. Hal ini penting untuk Anda bisa lebih yakin terhadap toko yang Anda beli nantinya. Jangan sampai karena layanan yang tidak baik menyebabkan Anda rugi sendiri nantinya, dan yang paling baik perhatikan juga traction dari tokonya apakah mengecewakan atau tidak agar tidak merugikan Anda juga pastinya.

 

4. Anda bisa mendapatkan harga promo

Tips dan Trik Berbelanja Online Murah dan Untung di Tahun 2020 | IDCloudHost
 

Dalam tips belanja online murah ini sendiri, Anda bisa menggunakan fitur sort by price yang umumnya tersedia dalam setiap situs belanja online. Dengan memanfaatkan fitur tersebut Anda bisa mendapatkan harga yang termurah. Berhubung adanya musibah virus Corona ini, IDCloudHost akan tetap membantu bisnis anda. Diskon 50% untuk VPS dan harga Hosting yang murah dengan kualitas tidak murahan merupakan pilihan tepat untuk bisnis anda.

Anda juga bisa memanfaatkan berbagai Situs marketplace promo seperti cashback dan lainnya. biasanya disana banyak tersedia promo-promo yang disediakan oleh toko online, marketplace dan lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan harga yang lebih murah dan terjangkau.

Baca Juga : Diskon Hingga 50% Help Your Business, Save The World!

 

5. Pastikan mendapat lokasi penjual yang tidak jauh

Tips dan Trik Berbelanja Online Murah dan Untung di Tahun 2020 | IDCloudHost

 

Tips belanja online murah lainnya adalah usahakan mendapatkan penjual dengan lokasi yang tidak jauh dari tempat tinggal Anda. Hal ini agar dalam proses pengirima barang Anda tidak mendapatkan harga yang mahal. Selain itu, dengan memilih lokasi penjual yang dekat Anda juga akan lebih cepat menerima barang tersebut.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa melakukan pengiriman dengan bertemu langsung pada penjual di tempat yang sudah disepakati. Umumya hal ini disebut dengan COD atau Cash on Delivery. Keuntungannya, Anda bisa mengecek barang tersebut terlebih dahulu.

Baca Juga : Tips Memilih Web Hosting Terbaik di Tahun 2020

6. Manfaatkan Adanya potongan harga

Tips dan Trik Berbelanja Online Murah dan Untung di Tahun 2020 | IDCloudHost

 

Terkadang sebuah situs belanja online menawarkan harga yang lebih murah dari sebelumnya. Hanya saja harga khusus yang satu ini hanya ada pada waktu-waktu tertentu. Misalnya seperti saat lebaran, tahun baru, natal, akhir bulan, atau yang lainnya.

Anda bisa menunggu waktu tersebut sebagai tips belanja online murah. Agar mendapatkan informasi dengan lebih mudah, maka Anda bisa berlangganan newsletter pada situs-situs perbelanjaan tersebut. Dengan begitu, Anda menjadi orang yang lebih awal dalam mengetahui diskon atau potongan harga lewat newsletter.

Selain dengan berlangganan newsletter, Anda juga bisa follow akun sosial media penjual. Umumnya para penjual juga akan melakukan pengumuman pada sosial media mereka saat melakukan potongan harga.

 

7. Anda bisa gunakan voucher belanja

Tips dan Trik Berbelanja Online Murah dan Untung di Tahun 2020 | IDCloudHost

 

Menggunakan voucher belanja bisa jadi salah satu tips belanja online murah. Terkadang ada saja situs belanja online yang menawarkan potongan harga pada pelanggannya lewat voucher belanja. Hal ini juga memudahkan Anda saat berbelanja, khususnya belanja bulanan.

Ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan untuk memperoleh voucher belanja. Anda perlu melakukannya sesuai dengan pesyaratan yang ditentukan oleh masing-masing situs belanja online. Sebenarnya voucher belanja juga bisa didapatkan diberbagai marketplace penyedia voucher belanja yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

8. Belanja promo flash sale

Tips dan Trik Berbelanja Online Murah dan Untung di Tahun 2020 | IDCloudHost

 

Saat adanya promosi merupakan waktu yang paling tepat untuk berbelanja. Misalnya, seperti program flash sale. Anda bisa memilih salah satu brand yang memang mengadapakan promo flash sale agar tetap terjamin kualitasnya. Dengan harga yang lebih murah Anda tentu akan sangat diuntungkan saat membelinya.

Anda bisa mendapatkan tips belanja online murah dengan melihat update promo flash sale pada akun-akun sosial media milik penjual. Umumnya pada akun sosial media akan diumumkan promo-promo menarik agar para pelanggan dengan cepat mengetahui informasinya. Eith, untuk Hosting, IDCloudhost sering adain Promo Flash Sale loh!

 

9. Teliti dulu sebelum melakukan transfer

Tips dan Trik Berbelanja Online Murah dan Untung di Tahun 2020 | IDCloudHost

 

Umumnya untuk bertransaksi seorang penjual akan menyediakan kontak yang bisa dihubungi dengan mudah. Layaknya LINE, BBM, Whatsapp dan lain sebagainya. Di sana Anda bisa menanyakan seputar spesifikasi barang yang akan dibeli. Terlebih jika spesifikasi barang tersebut tidak dijelaskan pada caption produk.

Tips belanja online murah yang bisa Anda lakukan adalah dengan menanyakan detail ukuran, rincian bahan, warna yang tersedia, atau beberapa hal yang ingin diketahui lainnya. Selain itu, Anda juga perlu melihat dengan teliti pada gambar produk agar bisa mengetahui keaslian produk. Kemudian jangan lupa untuk senantiasa mengecek harga jual yang ada apakah sama dengan gambar atau tidak. Umumnya penjual akan memberikan harga murah pada versi kecilnya, misalnyya dalam produk skincare.

Yang terpenting tips belanja online murah adalah angan terburu-buru dalam melakukan pembayaran meskipun Anda sudah diberikan jumlah total harga yang pelu dibayarkan. Pasalnya, Anda perlu menghitung ulang harga barang dengan ongkos kirim kemudian potongan harga jika ada. Jangan sampai penjual melakukan kesalahan perhitungan sehingga Anda akan dirugikan.

 

10. Tanyakan jasa pengiriman sacara jelas

Tips dan Trik Berbelanja Online Murah dan Untung di Tahun 2020 | IDCloudHost

 

Selalu tanyakan jasa pengiriman apa yang digunakan situs atau toko online. Jangan lupa juga untuk meminta nomor resi kepada penjual dan tracking barang anda . Mungkin sejak awal kita bisa memilih hal ini, marketplace seperti tokopedia, shopee, dan lainnya biasanya juga menyediakan free ongkir untuk beberapa jasa pengiriman. Hal tersebut bisa anda manfaatkan untuk mempermurah belanja Anda.

Nah bagi yang berbelanja online manual, coba tanya opsi yang paling murah yang kira kira bisa Anda dapatkan, tentunya yang terbaik adalah yang bisa mengirim cepat dan pasti sampai. Jika Anda membeli layanan yang harus di asuransi tentunya Anda juga perlu mempertimbangkan sebagai jaminan agar barang yang Anda pesan secara online benar-benar sampai atau tidak ke alamat lokasi tempat pengiriman barang belanjaan Anda.

 

11. Cek kembali barang jika sudah diterima

Tips dan Trik Berbelanja Online Murah dan Untung di Tahun 2020 | IDCloudHost

 

Jika barang telah diterima, cek kembali apakah sesuai dengan yang anda pesan atau malah ada yang kurang. Jika tidak sesuai atau cacat, langsung ajukan ke penjual agar dapat ditukar atau pengembalian dana. Beberapa toko online banyak kok yang mempunyai kebijakan ini, sehingga Anda bisa meminta untuk komplain sesuai dengan solusi yang diberikan.

Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari, banyak juga loh yang sampai salah beli sehingga tidak bisa komplain, anda perlu juga melihat Term Of Service layanan untuk lebih details terkait barang yang anda beli jika dalam keadaan cacat, hilang atau hal terburuk lainnya.

 

12. Bersihkan data Cache PC atau Laptop Anda

Tips dan Trik Berbelanja Online Murah dan Untung di Tahun 2020 | IDCloudHost

 

Setelah digunakan untuk berbelanja online. Sebaiknya kamu bersihkan semua data yang telah anda input. Hal ini akan memudahkan proses inputan maupun transfer pada situs belanja online anda agar tidak hang. Namun juga terkadang Anda bisa juga dikejar-kejar iklan yang sama padahal Anda tidak membutuhkan lagi.

Namun, jika Anda rasa tidak perlu. Anda tidak perlu menghapus data cache pada laptop dan PC Anda. Anda bisa mengabaikan step terakhir ini untuk Anda bisa nikmati kedepannya. Dalam kondisi tertentu history belanja kita juga berguna untuk kita dapat lebih cepat dan mudah berbelanja kembali di toko yang pernah kita beli secara online.

 

Kesimpulan dan Penutup

Harga yang lebih murah memang terdengar sangat menggiurkan. Hanya saja, Anda juga harus lebih teliti dan berhati-hati saat belanja online tersebut. Anda perlu melihat kembali kualitas barang pada foto yang tersedia. Jika masih ragu, maka Anda bisa menanyakan seperti apa spesifikasi produk tersebut kepada penjual.

Umumnya sebuah olshop yang memang berkualitas akan menyediakan foto asli yang tidak jauh berbeda dengan barang aslinya. Kemudian jika Anda mendapati toko dengan gambar produk yang diambil dari internet, maka Anda perlu menanyakan kembali tentang keaslian produk tersebut.

Tips belanja online murah lain agar tidak tertipu yang bisa Anda perhatikan adalah dengan melihat kolom komentar. Umumnya, pada kolom komentar Anda bisa mengetahui secara langsung dengan melihat seperti apa saja pendapat pembeli terhadap barang yang sudah mereka miliki. Apakah negatif atau positif.

Dengan memperhatikan tips belanja online murah di atas, kini Anda tidak perlu lagi ragu untuk berbelanja secara online. Perhatikan ketelitian dan kehati-hatian agar Anda bisa mendapatkan harga murah namun dengan produk yang tetap berkualitas.

Related Post :

popup image