Tips dan Trik Cara Membuat Business Plan Untuk Bisnis Online Bagi Pemula

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Rencana bisnis atau business plan lebih dari sekadar dokumen diatas kertas atau teori saja, ini adalah panduan yang membantu Anda menguraikan dan mencapai tujuan Anda. Selain juga merupakan alat manajemen yang memungkinkan Anda menganalisis hasil, membuat keputusan strategis, dan menunjukkan bagaimana bisnis Anda akan beroperasi, dan tumbuh. Singkatnya, jika Anda berpikir untuk memulai bisnis atau berencana untuk mempromosikan bisnis Anda kepada investor, menulis rencana bisnis dapat meningkatkan peluang keberhasilan Anda.

Menulis rencana bisnis itu sendiri tidak harus rumit tapi ini tentu akan bergantung pada jenis dan skala bisnis yang hendak dijalankan. Meski bisa terdengar menakutkan bagi sebagian orang, siapa saja sebenarnya mampu membuat rancangan business plan mereka masing-masing. Jangan khawatir, Anda tidak harus memiliki gelar bisnis atau akuntansi untuk menyusun rencana bisnis yang hebat.

Sebelum Anda mengetahui tips dan trik cara membuat business plan untuk bisnis online, Anda harus memahami makna dari bisnis online itu sendiri baik kekurangan dan kelebihannya serta tantangan dalam berbisnis online. Selain juga cara memahami cara mengoperasikan bisnis online, setelah itu Anda baru dapat mengetahui tips dan trik cara membuat business plan untuk bisnis online yang tepat dan efektif. Berikut ulasannya yang bisa Anda baca dibawah ini.

 

Memahami Apa Itu Bisnis Online

Tips dan Trik Cara Membuat Business Plan Untuk Bisnis Online Bagi Pemula
 

Bisnis online adalah kegiatan bisnis yang dilakukan di dunia maya dengan bantuan internet. Menjalankan bisnis online memerlukan media online sebagai wahana berbisnis seperti website, blog, jejaring sosial maupun toko online dapat dijadikan penggerak bisnis. Aktivitas pemesanan, transaksi, pembayaran, konfirmasi, konsultasi semua kini dapat dilakukan secara mudah dengan online. Secara umum bisnis online memiliki prinsip yang sama dengan bisnis offline atau tradisional.

Karena tetap harus ada barang maupun jasa yang nanti akan diperjual belikan, hanya saja dalam bisnis online berbagai kegiatan konvensional mulai digantikan dengan media online, seperti dalam hal pemasaran dan promosi . Kegiatan bisnis online dan offline berjalan saling mendukung dalam upaya mencapai tujuan usaha yang membuat bisnis online adalah bisnis yang dapat dijalankan oleh siapa saja yang memiliki niat dan semangat tinggi. Bisnis online adalah bisnis potensial yang dapat diaplikasikan pada setiap usaha mengingat kemudahan akses internet dan layanan media online gratis dapat dimanfaatkan oleh orang orang yang ingin memulai bisnis online.

 

Kekurangan dan Kelebihan Dalam Bisnis Online

Dari saat masyarakat mengenalnya, bisnis online telah tumbuh pada tingkat yang mencengangkan, dengan penjualan online sekarang terhitung sekitar seperempat dari total pasar ritel. Pengecer yang mengabaikan e-commerce dapat melihat perdagangan mereka berkurang karena pelanggan terus beralih ke memesan produk secara online.Namun Anda perlu berpikir hati-hati dan mempertimbangkan semua keuntungan dan kerugian jika ingin mengalihkan bisnis Anda menjadi online. Sama seperti panduan dasar setiap bisnis, begitu juga bisnis online harus didukung oleh riset pasar yang baik sebelum memutuskan untuk melakukan perdagangan online atau tidak. Berikut keuntungan dan kekurangan bisnis online yang harus Anda pertimbangkan lebih dulu.

 

Keuntungan Dari Berbisnis Online

Dengan adanya kemajuan internet yang membuat semua orang mulai beralih melakukan banyak hal secara online, membuat banyak sektor kehidupan turut mendapatkan pengaruh yang baik juga, termasuk jual beli bisnis online.

  • Akses mudah ke pasar

    Dalam banyak hal akses ke pasar bagi pengusaha tidak pernah semudah di zaman digital saat ini. Pasar online besar seperti eBay dan Amazon memungkinkan siapa saja untuk membuat toko online sederhana dan menjual produk dalam hitungan menit.

  • Mengurangi biaya overhead

    Menjual secara online dapat menghilangkan kebutuhan akan tempat ritel yang mahal dan staf yang melayani pelanggan, memungkinkan Anda untuk berinvestasi dalam pemasaran dan pengalaman pelanggan yang lebih baik di situs e-niaga Anda.

  • Potensi pertumbuhan yang cepat

    Selain itu menjual di internet berarti kendala tradisional untuk pertumbuhan ritel, misalnya mencari dan membayar untuk yang lebih besar bukan lagi merupakan faktor utama. Dengan strategi pemasaran digital yang baik dan rencana sistem pemenuhan pesanan yang ditingkatkan, Anda dapat merespons dan meningkatkan penjualan yang meningkat.

  • Memperluas jangkaun pasar

    Salah satu keuntungan utama dibandingkan pengecer berbasis lokal adalah kemampuan memperluas pasar Anda melampaui pelanggan lokal dengan sangat cepat. Anda mungkin menemukan permintaan yang kuat untuk produk Anda di negara lain yang dapat Anda tanggapi dengan pemasaran yang ditargetkan, menawarkan situs web Anda dalam bahasa yang berbeda atau bahkan mungkin bermitra dengan perusahaan luar negeri.

 

Baca Juga  :    Memahami Pentingnya Riset Pasar Dalam Membangun Bisnis Online

 

Kekurangan Dari Berbisnis Online

Meski dunia telah melihat dan merasakan keuntungan dari adanya internet dan kemudian online tanpa batas, kapan serta dimana saja, dunia internet juga mempunyai kekurangannya yang turut mempengaruhi bisnis online.

  • Biaya pembuatan/pemeliharaan situs web

    Dimulai dari perencanaan, perancangan, pembuatan, hosting, pengamanan, dan pemeliharaan situs web e-niaga profesional tidaklah murah, terutama jika Anda mengharapkan volume penjualan yang besar dan terus berkembang.

  • Biaya infrastruktur

    Bahkan jika Anda tidak membayar biaya tempat yang menghadap pelanggan, Anda harus memikirkan biaya ruang fisik untuk pemenuhan pesanan, pergudangan barang, berurusan dengan pengembalian dan staf untuk tugas-tugas ini.

  • Resiko keamanan dan penipuan

    Pertumbuhan pasar ritel online telah menarik perhatian elemen kriminal yang canggih. Reputasi bisnis Anda bisa rusak fatal jika Anda tidak berinvestasi dalam sistem keamanan terbaru untuk melindungi situs web dan proses transaksi Anda.

  • Biaya iklan

    Meskipun pemasaran online bisa menjadi cara yang sangat efisien untuk mendapatkan pelanggan yang tepat untuk produk Anda, hal itu menuntut anggaran yang besar. Ini terutama benar jika Anda bersaing di sektor yang ramai atau untuk kata kunci populer.

  • Kepercayaan pelanggan

    Mungkin sulit untuk membangun nama merek terpercaya, terutama tanpa bisnis fisik dengan rekam jejak dan interaksi tatap muka antara pelanggan dan staf penjualan. Anda perlu mempertimbangkan biaya atau menyiapkan sistem layanan pelanggan yang baik sebagai bagian dari penawaran online Anda.

 

Baca Juga  :     Rekomendasi Ide Bisnis Online dan Pilihan Strategi Bisnis yang Dapat Mendukungnya

 

Tips dan Trik Cara Membuat Business Plan Bisnis Online Bagi Pemula

Tips dan Trik Cara Membuat Business Plan Untuk Bisnis Online Bagi Pemula
 

Memulai bisnis online memang tidak mudah, tapi bukan hal yang mustahil. Setidaknya ada beberapa langkah utama dalam memulai dan belajar bisnis online. Berikut tips dan trik membuat business plan untuk bisnis online bagi pemula yang bisa Anda praktekkan :

  • Sesuaikan rencana bisnis Anda dengan target pembeli Anda
  • Teliti pasar Anda secara menyeluruh
  • Identifikasi pesaing Anda diceruk bidang penjualan yang sama
  • Perhatikan detail yang mungkin luput
  • Pertimbangka peluang yang bisa Anda tawarkan kepada investor
  • Jangan tinggalkan fakta penting dari produk/layanan, pelanggan, pesaing, tim manajemen, operasi, keuangan, tujuan dan strategi pengembangan
  • Dapatkan informasi keuangan Anda dengan benar dan terperinci
  • Carilah pendapat kedua dari penasihat bisnis profesional atau mereka yang ahli dibidang penjualan yang hendak Anda masuki
  • Terapkan rencana bisnis Anda dengan benar sesuai secara struktural dan bertahap

 

Baca Juga   :     Rekomendasi Bisnis Online Sampingan yang Menghasilkan Uang dengan Modal Kecil

 

Kesimpulan dan Penutup

Memulai bisnis online memang tidak mudah, tapi bukan hal yang mustahil mengingat potensi dalam berbisnis online memang cukup menarik dan berpeluang tinggi. Untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis online tentu diperlukan niat dan usaha anda. Anda juga harus menyiapkan mental dalam menjalankan bisnis online, banyak pesaing yang juga bergelut di bidang bisnis online maka dari itu anda harus berkembang pesat dalam mengadakan kegiatan pemasaran.

Sangat diwajibkan untuk membuat business plan terlebih dahulu sebelum memulai bisnis online. Karena jika Anda tidak mempunyai business plan atau rencana yang matang, bisnis Anda bisa gagal bahkan sebelum Anda memulainya. Oleh karena itu, jangan anggap remeh sebuah business plan yang matang karena itu adalah landasan dasar bagi sebuah bisnis yang sukses dan berhasil.

Related Post :