Tips Digital Marketing Terbaik 2022

Business, Marketing / 0 | | 1

Pada era saat ini perusahaan besar, startup, atau bisnis kecil, membutuhkan digital marketing untuk kesuksesan bisnis. Banyak perusahaan sekarang mencoba merekrut digital marketer terbaik untuk membantu pesan brand, iklan, dan tingkat konversi mereka. Meskipun perusahaan Anda mungkin sudah memiliki beberapa strategi pemasaran yang hebat,Anda mungkin masih bertanya-tanya apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan inisiatif pemasaran online Anda.

Selain itu, ada perubahan besar dalam bisnis menuju digital dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun tren perusahaan digital meningkat setiap saat, Covid-19 memainkan peran penting untuk memulai evolusi pemasaran digital bagi banyak bisnis. Evolusi digital telah secara dramatis mengubah cara pelanggan berinteraksi dengan bisnis atau cara mereka menghabiskan hidup mereka. Belanja tradisional telah bergeser ke belanja online. Contohnya pemasaran media sosial di Tik-tok telah menjadi inspirasi bagi kaum muda, dan tentu saja ada YouTube, Instagram juga yang telah banyak menggantikan televisi. Oleh karena itu, memiliki pemahaman yang baik tentang tren terbaru akan membantu Anda mengekstrak strategi digital marketing yang efektif .

Tidak diragukan lagi setiap perusahaan membutuhkan digital marketing, dan sektor ini terus berkembang dari tahun ke tahun. Pengeluaran iklan digital global diperkirakan bernilai $495 miliar atau setara dengan lebih dari 7 kuadriliun rupiah pada tahun 2024, sehingga tidak heran mengapa banyak perusahaan mencoba merekrut digital marketer terbaik untuk memastikan bahwa mereka memiliki pemasaran online yang baik. Bahkan jika pemasaran Anda berhasil, Anda pun selanjutnya akan memikirkan bagaimana caranya agar dapat meningkatkan strategi yang ada. Maka dari itu, artikel ini akan memberikan tips-tips yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan tim digital marketing Anda mulai dari saat ini

 

Baca Juga :  Memahami Istilah Digital Marketing Untuk Bisnis Online 2022 (SEM, SEF, SERP, SEO, SEA, SMM)

 

Mengenal Apa Itu Digital Marketing

Tips Digital Marketing Terbaik 2022
 

Digital marketing adalah penggunaan Internet, perangkat seluler, media sosial, mesin pencari, dan saluran online lainnya untuk menjangkau konsumen. Beberapa pakar pemasaran menganggap digital marketing sebagai upaya yang baru yang membutuhkan cara baru juga untuk mendekati pelanggan, cara baru tersebut untuk memahami bagaimana pelanggan saat ini berperilaku dibandingkan dengan pemasaran tradisional. Digital marketing menargetkan segmen tertentu dari basis pelanggan dan bersifat interaktif. Digital marketing sedang meningkat dan mencakup iklan hasil pencarian, iklan email, atau tweet yang dipromosikan. Pemasaran ini bekerja dengan menggabungkan pemasaran dengan umpan balik pelanggan atau interaksi dua arah antara perusahaan dan pelanggan. Adapun jenis-jenis saluran digital marketing adalah sbb :

  • Pemasaran Situs Web

    Situs web adalah pusat dari semua kegiatan pemasaran digital. Web adalah saluran yang sangat kuat, tetapi juga lebih baik mengkolaborasikan pemasarannya dengan media lain untuk menjalankan berbagai kampanye pemasaran online. Sebuah situs web harus dapat mewakili brand, produk, dan layanan dengan cara yang jelas dan mudah diingat. Web juga harus cepat, ramah seluler, dan mudah digunakan.

  • Periklanan Pay Per Klik (PPC)

    Iklan PPC memungkinkan pemasar menjangkau pengguna Internet di sejumlah platform digital melalui iklan berbayar. Pemasar dapat mengatur kampanye PPC di Google, Bing, LinkedIn, Twitter, Pinterest, atau Meta (sebelumnya Facebook) dan menampilkan iklan mereka kepada orang-orang yang mencari istilah yang terkait dengan produk atau layanan. Kampanye PPC dapat mengelompokkan pengguna berdasarkan karakteristik demografis mereka seperti berdasarkan usia dan jenis kelamin, atau bahkan menargetkan minat atau lokasi khusus pelanggan. Platform PPC yang paling populer adalah Google Ads dan Meta Ads.

  • Pemasaran Konten

    Tujuan pemasaran konten adalah untuk menjangkau pelanggan potensial melalui penggunaan konten. Konten biasanya dipublikasikan di situs web dan kemudian dipromosikan melalui media sosial, pemasaran email, SEO, atau bahkan kampanye PPC. Alat pemasaran konten termasuk blog, ebook, kursus online, infografis, podcast, dan webinar.

  • Pemasaran email

    Pemasaran email masih menjadi salah satu saluran pemasaran digital yang paling efektif. Banyak orang mengacaukan pemasaran email dengan pesan email spam, tetapi bukan itu yang dimaksud dengan pemasaran email. Pemasaran email adalah media untuk berhubungan dengan pelanggan potensial Anda atau orang-orang yang tertarik dengan bran Anda. Banyak digital marketer menggunakan semua saluran digital marketing lainnya untuk menambahkan prospek ke daftar email mereka dan kemudian melakukan pemasaran email, marketer membuat saluran akuisisi pelanggan untuk mengubah prospek tersebut menjadi pelanggan.

Baca Juga :  Memahami Kegunaan Digital Marketing Bagi Bisnis Online

  • Pemasaran media sosial

    Tujuan utama dari kampanye pemasaran media sosial adalah kesadaran brand dan membangun kepercayaan sosial. Saat Anda masuk lebih dalam ke pemasaran media sosial, Anda dapat menggunakannya untuk mendapatkan prospek atau bahkan sebagai saluran penjualan langsung.

  • Pemasaran Afiliasi

    Pemasaran afiliasi adalah salah satu bentuk pemasaran tertua, dan Internet telah membawa kehidupan baru ke siaga lama ini. Dengan pemasaran afiliasi, influencer mempromosikan produk orang lain dan mendapatkan komisi setiap kali terjadi penjualan atau prospek diperkenalkan. Banyak perusahaan terkenal seperti Amazon memiliki program afiliasi yang membayar jutaan dolar per bulan ke situs web yang menjual produk mereka.

  • Pemasaran Video

    YouTube telah menjadi mesin pencari terpopuler kedua dan banyak pengguna beralih ke YouTube sebelum mereka membuat keputusan membeli, untuk mempelajari sesuatu, membaca ulasan, atau hanya untuk bersantai. Ada beberapa platform pemasaran video, termasuk Video Facebook, Instagram, atau bahkan TikTok yang digunakan untuk menjalankan kampanye pemasaran video. Perusahaan menemukan yang paling sukses dengan video dengan mengintegrasikannya dengan SEO, pemasaran konten, dan kampanye pemasaran media sosial yang lebih luas.

  • Pesan SMS

    Perusahaan dan organisasi nirlaba juga menggunakan SMS atau pesan teks untuk mengirim informasi tentang promosi terbaru mereka atau memberikan peluang kepada pelanggan yang berminat. Kandidat politik yang mencalonkan diri juga menggunakan kampanye pesan SMS untuk menyebarkan informasi positif tentang platform mereka sendiri. Seiring kemajuan teknologi, banyak kampanye text-to-give juga memungkinkan pelanggan untuk langsung membayar atau memberi melalui pesan teks sederhana.

 

Baca Juga :  Manfaat Menggunakan Digital Marketing Specialist Bagi Mendongkrak Laba Bisnis Online

 

Tips Digital Marketing Terbaik 2022

Tips Digital Marketing Terbaik 2022
 

Artikel ini mencantumkan beberapa tips untuk membantu Anda memperbarui strategi digital marketing agar dapat mencapai tujuan pemasaran perusahaan atau startup yang sukses di tahun 2022 ini.

  • Optimalkan pencarian suara

    Salah satu tren digital marketing yang diprediksi oleh agensi digital untuk naik di tahun 2022 adalah mengoptimalkan konten untuk pencarian suara. Pencarian suara semakin populer dari hari ke hari. Ketika ada pilihan yang mudah untuk mencari dengan suara, mengapa calon pelanggan membuang waktu dan energi untuk mengetik pertanyaan dan pencarian Anda? Oleh karena itu, sudah saatnya Anda mengadopsi pencarian suara di konten situs web Anda untuk menarik lebih banyak pengguna suara. Untuk menerapkan strategi ini, Anda perlu menerapkan long-tail conversation keyword dalam konten Anda dengan menganalisis pola pikir orang yang menggunakan penelusuran suara.

  • Buatlah siaran langsung lebih banyak

    Siaran atau acara langsung mendapatkan lebih banyak tanggapan dan popularitas dalam sistem pemasaran berbagai bisnis kecil dan besar. Live adalah salah satu cara terbaik dan interaktif untuk membangun kepercayaan dengan konsumen Anda. Ada berbagai opsi untuk mengadakan acara langsung di platform jejaring sosial untuk menjangkau audiens yang besar. Namun, salah satu cara terbaik adalah melalui webinar atau Live di media sosial yang populer kemudian dilengkapi dengan sesi tanya jawab untuk menunjukkan pengetahuan dan keahlian Anda kepada audiens.

  • Jangan berhenti menampilkan bukti sosial

    Menampilkan bukti sosial di situs web perusahaan Anda adalah salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen dan audiens. Cara paling populer dan ampuh untuk menampilkan bukti sosial di situs web Anda adalah melalui ulasan pelanggan. Sekitar 97% pelanggan lebih suka membaca ulasan sebelum membeli produk. Dan cara terbaik untuk mengumpulkan ulasan pelanggan adalah dengan membuat halaman Anda terbuka bagi pelanggan yang menggunakan produk Anda untuk secara langsung memberikan ulasan mereka tentang produk Anda dan mendorong mereka melalui pengoptimalan email.

  • Tingkatkan pemasaran influencer

    Jika strategi digital marketing Anda saat ini tidak termasuk dengan pemasaran influencer, inilah saatnya bagi Anda untuk mencobanya. Dalam beberapa tahun terakhir, pemasaran influencer terus meningkat dengan tren positif. Bagi Anda yang belum mengadopsi pemasaran influencer dalam strategi pemasaran saat ini, saatnya untuk menentukan influencer yang cocok dengan brand Anda serta dapat memberikan pengaruh yang signifikan sehingga penjualan jasa maupun produk yang Ada miliki dapat segera diminati pelanggan ataupun audiens yang melihat.

  • Buatlah konten yang dicari orang

    Lihatlah data SEO dan Google Analytics Anda untuk melihat topik dan kata kunci apa yang dicari konsumen di industri Anda. Buat blog dan sumber daya baru berdasarkan topik tersebut, atau perbarui blog Anda yang paling banyak ditelusuri saat ini untuk menyertakan informasi yang lebih bermanfaat dan relevan. Ingatlah untuk fokus pada human relationship daripada menjual produk Anda. Jika Anda membuat konten bermanfaat yang kuat, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan lebih banyak kredibilitas dan kepercayaan dengan calon pelanggan Anda.

  • Manfaatkan media berbayar

    Dengan semakin banyaknya orang yang tinggal dan bekerja dari rumah akibat pandemi, media digital menjadi media periklanan yang paling sedikit terpengaruh, dibandingkan dengan iklan radio, iklan cetak, dan papan reklame. Bisnis terus memotong pengeluaran mereka untuk pemasaran tradisional dan mengalokasikan anggaran pemasaran mereka untuk iklan media berbayar untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dan bersaing dengan bisnis lain yang sekarang berbagi platform digital yang sama.

 

Baca Juga :  Rekomendasi Aplikasi dan Alat/Tool untuk Digital Marketing

 

Kesimpulan dan Penutup

Lanskap pemasaran digital adalah hal yang selalu bergerak yang semakin luar biasa untuk diikuti. Saat Anda mempersiapkan sasaran dan kampanye pemasaran untuk tahun 2022, ingatlah untuk tetap lancar dan fleksibel. Ruang digital marketing dapat berubah dengan cepat. Dengan menggunakan analitik berbasis data yang terbukti, Anda dapat menggunakan tren pemasaran digital yang akan datang untuk keuntungan Anda, dan meningkatkan konversi, loyalitas brand, visibilitas, dan retensi pelanggan Anda.

Semoga artikel ini dapat memberikan beberapa ide bagus bagi Anda untuk memperbarui strategi digital marketing Anda untuk tahun 2022. Ini hanya saran awal, yang terpenting adalah untuk segera merencanakan dengan anggota tim Anda untuk mengadopsi strategi atau tips-tips yang paling efisien dan cocok untuk diterapkan di dalam bisnis Anda.

Related Post :