Tips Melaksanakan Pembelajaran Secara Online untuk Sekolah dan Kuliah di Indonesia

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Di masa lalu, mendapatkan gelar sarjana berarti menghadiri kelas tatap muka secara fisik, yang sering kali menjadi tantangan bagi para profesional yang bekerja atau mereka yang memiliki jadwal yang rumit. Sekarang, berkat kemajuan teknologi, semakin mudah untuk menemukan program gelar yang menawarkan fleksibilitas yang Anda butuhkan, baik melalui kelas tatap muka tradisional, pembelajaran online, atau perpaduan keduanya.

Ada banyak keuntungan dari kursus online yang memungkinkan Anda untuk belajar kapan pun, di mana pun. Terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang ini yang masih melarang kegiatan pembelajaran tatap, maka kelas pembelajaran online menjadi jalan keluar yang lebih aman dan praktis.

Namun, kelas online juga dapat menghadirkan tantangan unik tersendiri mengingat sekolah dan kampus terutama para murid juga tenaga pengajar yang tidak siap hingga bahkan asing pada konsep belajar online. Tetapi jika Anda mengembangkan teknik pembelajaran online yang efektif, ini bisa menjadi cara belajar terbaik untuk saat ini. Berikut adalah beberapa tips agar Anda berhasil dalam melakukan pembelajaran online serta mendapatkan nilai maksimal dari kelas Anda berikutnya.

 

Memahami Konsep Belajar Online

Tips Melaksanakan Pembelajaran Secara Online untuk Sekolah dan Kuliah di Indonesia
 

 

Di ruang kelas tradisional, Anda sering belajar dengan mendengarkan, membaca, menulis, dan melakukan aktivitas lain yang dirancang oleh guru atau dosen Anda. Kursus online berbeda karena Anda tidak berada di lokasi yang sama dengan tenaga pengajar tadi atau siswa lain. Faktanya, ada beberapa kelas yang memang dilaksanakan secara online jauh sebelum pandemi membuat semua proses pembelajaran diarahkan secara online seperti sekarang ini.

Dalam kursus online, siswa menghadiri kelas dengan mengunjungi halaman web kelas mereka masing- masing. Para siswa akan menyelesaikan tugas sesuai dengan jadwal kelas yang ditentukan dan berkomunikasi dengan guru atau dosen dan teman sekelas menggunakan email dan forum diskusi online.

Format kelas ini sangat fleksibel untuk siswa yang mempunyai jadwal yang padat seperti mereka yang belajar sambil juga bekerja. Hanya saja berhubung ini adalah pembelajaran online maka keterampilan dan pengetahuan akan pemakaian komputer diperlukan agar berhasil. Siswa membutuhkan keterampilan keyboarding dan harus mampu menulis agar orang lain juga dapat mengerti.

 

Baca Juga :     Rekomendasi Aplikasi Absensi Online untuk Kebutuhan Usaha, Kantor, dan Sekolah

 

Kelebihan Pembelajaran Online

Mengingat saat ini dimana Indonesia dan negara di seluruh dunia masih berjaga- jaga akan pandemi yang merebak, tentunya belajar secara online adalah alternatif terbaik yang bisa dilakukan. Berikut kelebihan dan pembelajaran online yang sangat membantu ini :

 

  • Pembelajaran online itu nyaman dan memungkinkan siswa untuk menjalani kehidupan normal dan mempertahankan pekerjaan mereka sambil melanjutkan studi mereka (bagi siswa yang berkuliah paruh waktu).
  • Lebih terjangkau untuk belajar kursus online.
  • Sangat nyaman untuk orang dewasa yang memiliki gaya hidup yang sibuk, terutama bagi orang tua yang harus tinggal di rumah bersama anak-anaknya.
  • Anda dapat belajar dari mana saja di dunia, selama Anda memiliki koneksi internet yang stabil.
  • Anda bisa mendapatkan penghasilan sambil belajar. Tidak perlu keluar dari pekerjaan Anda untuk melanjutkan studi Anda.
  • Menghemat waktu dan uang Anda. Tidak perlu bolak-balik, atau mengeluarkan uang ekstra untuk bepergian ke kampus.
  • Anda bisa belajar dengan cara Anda sendiri.
  • Tidak semua jenis kursus tersedia online.
  • Tidak ada hubungan pribadi antara mahasiswa dan dosen.
  • Anda memerlukan koneksi internet yang stabil dan komputer yang andal untuk menyelesaikan studi online Anda.
  • Lebih praktis dan aman jika dibandingkan cara belajar tradisional tatap muka terutama di saat pandemi saat ini.

 

Baca Juga :    Mengenal Manfaat Internet untuk Kegiatan Pembelajaran di Kampus/Sekolah

 

Tips Melaksanakan Pembelajaran Secara Online

Tips Melaksanakan Pembelajaran Secara Online untuk Sekolah dan Kuliah di Indonesia
 

Baik Anda mencoba kelas online untuk pertama kali atau mencari cara untuk memperkuat kebiasaan dan pendekatan perubahan cara belajar Anda saat ini, ada beberapa hal utama yang perlu dipertimbangkan untuk mempersiapkan diri Anda agar sukses dan memanfaatkan sepenuhnya semua pembelajaran online yang ditawarkan.

Berikut kiat dan strategi untuk membantu Anda sukses dalam perjalanan belajar Anda, seperti :

 

  1. Tetapkan tujuan dan jadwal harian untuk belajar

    Tanyakan pada diri Anda sendiri apa yang ingin Anda capai dalam kursus Anda setiap hari. Menetapkan tujuan yang jelas dapat membantu Anda tetap termotivasi dan mengatasi penundaan dan tujuan tersebut harus spesifik dan mudah untuk dilakukan.

  2. Buat ruang belajar khusus

    Lebih mudah mengingat isi pembelajaran jika Anda berada di tempat yang sama dengan tempat nyaman dan kondusif. Ciptakan ruangan khusus di rumah untuk mengikuti kursus online dapat membuat pembelajaran Anda lebih efektif dan singkirkan gangguan apa pun yang bisa merusak mood belajar Anda. Perbedaan yang jelas antara tempat Anda belajar dan tempat istirahat dapat membantu Anda lebih fokus.

  3. Jadwalkan waktu untuk belajar di kalender Anda

    Buka kalender Anda dan pilih waktu yang dapat diprediksi dan dapat diandalkan yang dapat Anda dedikasikan untuk menonton kuliah dan menyelesaikan tugas. Ini akan membantu memastikan bahwa kursus Anda tidak akan menjadi hal terakhir dalam daftar tugas Anda hari itu dan tugas dapat diselesaikan tepat waktu.

  4. Rajin membuat catatan

    Membuat catatan dapat mendorong pemikiran aktif, meningkatkan pemahaman, dan memperluas rentang perhatian Anda. Ini adalah strategi yang baik untuk menginternalisasi pengetahuan apakah Anda sedang belajar online atau di kelas. Jadi, ambil buku catatan atau temukan aplikasi digital yang paling cocok untuk Anda dan mulailah mensintesis poin-poin penting.

  5. Bergabunglah dalam diskusi

    Forum diskusi kursus adalah tempat yang tepat untuk mengajukan pertanyaan tentang tugas, mendiskusikan topik, berbagi sumber daya, dan berteman. Penelitian menunjukkan bahwa pelajar yang berpartisipasi dalam forum diskusi 37% lebih mungkin untuk menyelesaikan suatu kursus.

  6. Buat strategi belajar yang efisien

    Dalam lanskap pembelajaran modern, ada banyak sekali konten tentang hampir semua topik untuk ditonton, dibaca, dan didengarkan, yang berbeda dengan cara biasa di kelas. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari pembelajaran online, pastikan Anda mengembangkan pengetahuan dan keterampilan baru dengan cara yang dapat Anda pertahankan, terapkan berulang kali, dan beradaptasi dengan konteks baru ini.

  7. Manfaatkan jaringan Anda

    Kelas online terkadang membuat Anda merasa seperti sedang belajar sendiri, tetapi ini tidak benar. Sebagian besar kursus online dibuat berdasarkan konsep kolaborasi, dengan para profesor dan guru yang secara aktif mendorong siswa untuk bekerja sama menyelesaikan tugas dan mendiskusikan pelajaran.

 

Baca Juga :     Cara Mendapatkan Kuota Internet GRATIS dari Kemendikbud Ri (Kuota Belajar Kemendikbud)

 

Kesimpulan dan Penutup

Siswa yang belajar secara online mungkin memiliki lebih banyak kontak dengan sesama siswa secara online daripada di ruang kelas biasa. Ada banyak cara bagi siswa untuk berinteraksi secara online seperti papan diskusi, email, kegiatan kelompok, dll. Bertemu dan berinteraksi secara langsung memang menyenangkan namun belajar online sebenarnya juga tidak kalah menyenangkan.

Selain dapat memperluas pengalaman belajar Anda, belajar secara online juga menambah pengetahuan siswa dalam mengoperasikan komputer dan mengasah kemampuan menulis mereka. Siswa juga dapat menerima lebih banyak umpan balik pribadi daripada di ruang kelas tradisional. Rekan siswa Anda mungkin membaca dan menanggapi pekerjaan Anda dan para tenaga pengajar mungkin memberi Anda lebih banyak komentar  dan masukan baik formal maupun informal.

Related Post :

popup image