Tips Membuat Website yang Menarik dan Userfriendly

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Sebuah website yang baik adalah yang layoutnya selaras dan seimbang dalam penggabungan dari beberapa elemen penting yang meliputi  desain, konten, navigasi, dan fungsional. Hal tersebut merupakan salah satu aspek penting dalam pembuatan website. Selain itu website juga  harus tidak terlalu rumit, menarik, dan tentunya user friendly yang akan meningkatkan kinerja website tersebut.

Sebelum mendesain layout website, baiknya kita mengenal beberapa elemen dalam pembuatan layout website :

  • Elemen Header : Elemen yang berisi judul dan penjelasan lain. Biasanya elemen ini diisikan dengan logo website, menu-menu global
  • Elemen Navigation : Elemen navigasi atau menu website yang berfungsi sebagai akses untuk mengarahkan ke halaman-halaman lain dalam web.
  • Elemen Sidebar : Elemen pendukung konten, bisa berupa fitur website, daftar konten lain, iklan, menu tambahan, atau lainnya.
  • Elemen Konten : Elemen terpenting dalam website sebagai isi utama sebuah website.
  • Elemen Footer : ELemen penutup dari website, bisa berisi informasi lain tentang website.

Berikut beberapa tips yang dapat digunakan untuk membuat website yang lebih bermanfaat , responsif, dan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung teman-teman:

Konten yang ringkas dan mudah dibaca. Konten adalah faktor yang paling penting untuk meyakinkan pengguna tetap di website. Menyampaikan konten yang segar, mudah dibaca dan interaktif, adalah batu loncatan untuk membuat website teman-teman lebih user-friendly.

Font yang mudah dibaca
Meskipun gaya yang rumit bisa menjadi lebih menarik, menggunakan font yang lebih dikenal dan mudah dibaca adalah keputusan yang lebih baik. Perlu diingat bahwa San serif font yang paling banyak diterima untuk desain online, dan font serif paling tepat untuk desain cetak. Juga menggunakan terlalu banyak font yang berbeda dalam desain yang sama akan membuat konten yang kurang scannable. Menggarisbawahi dan menebalkan kata kunci atau link untuk membuat mereka menonjol.

Hilangkan broken links
Link yang rusak akan membingungkan dan tidak profesional. Mereka membawa kesan negatif dan menurunkan kredibilitas konten. Pastikan teman-teman menguji setiap link, tombol dan halaman sebelum meluncurkan situs.
Meningkatkan Navigasi 

Navigasi yang efektif berarti menu yang disederhanakan. Memiliki navigasi yang jelas dan bebas kekacauan adalah hal terbaik yang dapat teman-teman lakukan sebagai penyedia jasa desain web untuk membuat website teman-teman ramah bagi pengunjung. Cobalah untuk membatasi jumlah item menu sejauh mungkin. Tidak membuat kerumitan yang berlebih, dan mengkonfigurasi navigasi tetap sama pada setiap halaman akan sangat memudahkan browsing situs.

Tempat yang strategis

Untuk memungkinkan pengunjung Anda dengan mudah melihat pilihan mereka untuk menavigasi melalui situs teman-teman, tempat terbaik untuk menemukan navigasi adalah di sisi atas atau kiri dari situs.

Speed Up Situs Anda

Manajemen waktu adalah hal yang penting. Pastikan bahwa waktu load website teman-teman dalam waktu 4 sampai 6 detik. Kecepatan yang tepat adalah fitur yang benar-benar penting dan juga salah satu alasan utama mengapa pengunjung akan berhenti mengunjungi situs teman-teman. Belum lagi fakta bahwa itu sangat mempengaruhi peringkat pada mesin pencari juga.

Batasi / hindari video dengan ukuran besar, foto, flash dan file lainnya
Tergoda untuk membuat website lebih menarik dengan menambahkan multimedia lainnya, kita mungkin mengabaikan fakta bahwa halaman menjadi berat dan lambat untuk memuat. Ingatlah hal ini sebelum mengintegrasikan file audio / video lain. Kompres untuk meminimalkan waktu buka
Untuk mempercepat website teman-teman, hal yang baik untuk dilakukan adalah untuk kompres gambar dengan menggunakan jenis file yang tepat.

 

Related Post :

popup image