Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis Online yang Baik dan Benar

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Pelaku bisnis online di Indonesia mulai banyak bermunculan seiringnya zaman dan kemudahan digitalisasi. Inovasi-inovasi yang diciptakan pun beragam dan memiliki ciri khas tersendiri. Bisnis online ini banyak jenisnya seperti yang populer sekarang adalah dropshipper, reseller, content creator, online shop dan lain-lain. Mereka mengandalkan internet sebagai media penjualan utamanya yang tidak lagi bertumpu pada penjualan offline.

Saat ini tempat terjadinya bisnis online banyak mengandalkan website untuk menawarkan produknya. Pemilihan menggunakan website sendiri bukanlah tanpa alasan, salah satu alasan penjualan dilakukan melalui website adalah bisa diakses semua orang, barang atau produk yang ditampilkan juga banyak. Produk yang ditampilkan pada website juga dapat disertai keterangan untuk memudahkan pembeli mengetahui detail produk. Namun sebelum menjual produk tersebut Anda harus memiliki website dan nama domain untuk memulainya.

Nama domain sangat penting untuk memulai bisnis online melalui website. Domain berguna sebagai alamat untuk mengunjungi website bisnis tersebut. Tentunya domain yang baik adalah yang mudah diingat oleh pengunjung dan akan menjadi  image branding Anda disaat yang bersamaan. Berikut ada cara lain untuk memilih nama domain yang baik untuk bisnis online Anda.

 

Pengertian Istilah Domain

Domain adalah nama unik untuk mengidentifikasi sebuah jaringan tanpa menggunakan alamat IP. Jika sebuah domain menggunakan alamat IP berupa angka akan susah untuk diingat, maka dari itu menggunakan nama unik. Dengan kata lain domain adalah alamat untuk menuju sebuah website. Contoh penggunaan domain adalah www.idcloudhost.com.

Disini ‘idcloudhost’ ini adalah nama domain. Sedangkan (dot)COM adalah ekstensi domain. Ekstensi domain adalah akhiran dari domain. Terdapat 2 kategori untuk ekstensi domain. Pertama, terdapat ekstensi domain TLD (internasional) misalnya .com, .net, .org dll. Kedua terdapat ekstensi domain ID yang merupakan domain yang dikhususkan untuk regional Indonesia misalnya .id, .co.id, .or.id.

Baca Juga :    Cara Membuat Website GRATIS dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula

 

Macam-Macam Ekstensi Domain

Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis Online yang Baik dan Benar
 

 

Ekstensi domain adalah akhiran dari sebuah nama domain lengkap. Terdapat banyak ekstensi domain yang sering digunakan untuk alamat sebuah website. Ternyata ekstensi domain memiliki pengertian dan fungsi yang berbeda-beda. Ada juga domain yang jarang atau digunakan untuk website tertentu. Berikut macam ekstensi domain beserta pengertiannya :

 

  1. .com : digunakan untuk keperluan komersial
  2. .org : digunakan untuk keperluan organisasi
  3. .net : digunakan untuk keperluan internet/ network
  4. .edu : digunakan untuk keperluan pendidikan
  5. .info : digunakan untuk keperluan informasi
  6. .net : digunakan untuk keperluan internet
  7. .asia : digunakan untuk domain di asia
  8. .edu : digunakan untuk pendidikan
  9. .gov : digunakan untuk pemerintahan
  10. .id : digunakan untuk nama domain di Indonesia
  11. .sg : digunakan untuk nama domain di Singapura
  12. .us : digunakan untuk nama domain di Amerika Serikat
  13. .au : digunakan untuk nama domain di Australia
  14. .ac.id : digunakan untuk lingkungan akademik/perguruan tinggi
  15. .co.id : digunakan untuk kepentingan komersial
  16. .desa.id : digunakan untuk situs pemerintahan desa
  17. .or.id : digunakan untuk organisasi
  18. .net.id : digunakan untuk penyelenggara jasa telekomunikasi
  19. .web.id : digunakan untuk perseorangan maupun organisasi
  20. .sch.id : digunakan untuk sekolah
  21. .go.id : digunakan untuk instansi pemerintah
  22. .online : digunakan untuk website perusahaan, website startup, profil personal dan blog
  23. .tech : digunakan untuk membangun website developer, website company profile, website tentang produk yang berhubungan dengan teknologi, website lembaga kursus, website tentang event tertentu ataupun website untuk keperluan seminar inovasi dan teknologi
  24. .site : digunakan untuk membuat personal website ataupun bisnis online
  25. .press : digunakan untuk website berita, website surat kabar, website para wartawan, website asosiasi pers, website media massa, website organisasi/ lembaga, website jurnalistik, blogger bahkan website fotografi.
  26. .store : digunakan untuk website toko online, website bisnis lokal, startup yang berhubungan dengan ecommerce, website retail dan website-website yang berhubungan dengan toko online.
  27. .shop : digunakan untuk membuat toko online, ecommerce
  28. .online : digunakan untuk website perusahaan, website startup, website profil, website personal dan blog
  29. .website : digunakan untuk website pribadi atau blog

 

Dari sekian banyak ekstensi domain yang ada “.com” adalah ekstensi yang paling populer serta banyak digunakan oleh website apapun di dunia. Pemilihan ekstensi domain sendiri sebenarnya bisa sesuka hati tergantung pemilihan pemilik website. Harga yang ditawarkan pun cukup beragam tergantung oleh penyedianya.

Baca Juga :     Cara Membangun Brand Awareness yang Baik dan Benar [Perusahaan & Bisnis]

 

Tips Memilih Nama Domain Untuk Bisnis Online

Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis Online yang Baik dan Benar
 

 

Pemilihan nama domain untuk bisnis online ini sangat penting karena itu adalah salah satu faktor untuk kemajuan bisnis. Jika nama domain yang dipilih terlalu panjang dan ribet maka pembeli akan kesusahan untuk mencari. Tips untuk pemilihan nama domain yang baik untuk bisnis online Anda ada di bawah ini.

 

  • Gunakan Nama Domain yang Menarik

    Langkah pertama untuk memulai sebuah bisnis adalah menentukan nama yang cocok dengan produk yang nanti akan dijual. Tidak jarang sekarang yang menggunakan nama unik untuk produknya. Bukan tanpa alasan pemberian nama yang unik tersebut menjadikan pelanggan penasaran tentang produk Anda. Sebaiknya pemilihan nama ini tidak susah penulisannya agar mudah ditemukan oleh pelanggan. Bukan hanya menarik saja tetapi juga bermakna. Makna yang ada dibalik nama juga merupakan salah satu faktor bisnis dapat berjalan lancar.

  • Memiliki Brand Sendiri

    Nama domain tidak hanya sekadar nama, tetapi juga menjadi brand atau merek bisnis kreatif Anda. Brand atau merek adalah cara terbaik untuk mempromosikan karya-karya Anda. Contohnya adalah bisnis makanan yang dijalankan oleh putra presiden yaitu kaesang yang menamai produknya dengan “sangpisang” merupakan penamaan unik dengan mengganti kata pisang dengan kata yang lebih unik. Jika Anda adalah orang yang terkenal Anda dapat menyisipkan nama Anda untuk nama brand.

  • Penamaan Domain yang Singkat

    Secara teknis penamaan domain maksimal adalah 63 karakter. Tetapi lebih sebaiknya gunakan nama domain yang singkat terdiri dari 1 atau 2 kata di dalamnya. Nama domain ideal adalah yang singkat dan mudah diingat.

  • Pilih Ekstensi Domain yang Tepat

    Seperti yang sudah dijabarkan diatas mengenai macam-macam ekstensi domain yang memiliki banyak pilihan. Macam-macam ekstensi domain diatas hanyalah sebagian contoh saja namun sebenarnya ada sekitar 1200 pilihan ekstensi domain. Pilih ekstensi domain yang berkaitan dengan nama domain Anda. Yang paling sering digunakan adalah .id dan .com tetapi jika Anda ingin menggunakan yang lain juga diperbolehkan.
    Harga dari ekstensi domain ini beragam dengan pembayarannya dilakukan per tahun. Jika ingin mengganti nama domain dapat juga dilakukan dengan memilih fitur yang disediakan oleh penyedia.

  • Hindari Angka dan Tanda Penghubung

    Beberapa unsur yang perlu Anda hindari dalam penamaan domain adalah angka, tanda penghubung, dan akronim. Angka bisa membingungkan orang dalam ejaannya. Contoh yang baik adalah www(dot)kembartiga(dot)com bukan www(dot)kembar3(dot)com nah penamaan domain seperti ini sangat perlu diperhatikan. Begitu juga dengan tanda hubung.
    Tanda hubung membuat nama domain Anda sulit diingat. Oleh karena itu, sebaiknya hindari tanda hubung seperti strip (-) dan underscore (_). Tujuannya adalah apabila pelanggan mencari nama domain website Anda, tidak terjadi kesalahan pengetikan.

  • Riset Legal Trademark

    Hal ini bertujuan untuk kelanjutan bisnis Anda. Poin ini termasuk yang paling penting, karena hubungannya sangat erat dengan hukum. Salah langkah, Anda bisa berurusan dengan hukum.
    Periksa terlebih dahulu nama bisnis dan domain website yang Anda inginkan di website database merek dagang (trademark), misalnya seperti :
    a) USPTO.gov
    b) WIPO
    c) WIPO Indonesia
    d) e-Status HKI
    e) Dirjen Kekayaan Intelektual
    f) ASEAN TMView

 

Baca Juga :     Cara Memilih Hosting Tercepat, Terbaik dan Termurah untuk Bisnis Online

 

Kesimpulan dan Penutup

Di jaman modern yang serba menggunakan teknologi ini diperlukan adanya sebuah revolusi atau perubahan. Perubahan baik dilakukan agar suatu bisnis yang dibangun tidak hancur tergerus jaman. Pada masa sekarang banyak bermunculan bisnis online karena perkembangan internet yang memudahkan orang dalam hal berbelanja atau apapun melalui website. Penamaan website yang disebut dengan nama domain adalah hal yang penting agar pelanggan mudah untuk mengaksesnya.

Pengertian dan cara-cara yang disebutkan diatas dapat membantu Anda untuk memilih nama domain untuk bisnis online. Beberapa hal yang harus diperhatikan mulai dari yang hal sepele sampai yang penting untuk dilakukan. Semoga ulasan diatas dapat membantu untuk memajukan bisnis online Anda dengan pemberian nama domain untuk website.

 

 

Related Post :

popup image