Cara Membuat Website GRATIS dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Perkembangan dunia digital di era sekarang terjadi begitu masif. Pengguna internet bertambah dari tahun ke tahun dengan jumlah yang sangat fantastis. Menurut survei dari Hootsuite dan We Are Social terungkap bahwa pengguna internet di seluruh dunia telah mencapai angka 4,5 miliar orang. Angka ini menunjukkan bahwa jumlah pengguna internet yang ada dunia telah mencapai 60% penduduk di bumi. Penambahan pengguna internet sejalan juga dengan bertambahnya jumlah website yang dapat diakses. Menurut survei dari Netcraft terdapat lebih dari 1 Miliar jumlah website yang ada di dunia.

Tentu kedepannya penambahan itu akan terus berlanjut. Pada era sekarang memang peran sebuah website sangatlah penting. Website banyak digunakan oleh pengguna internet sebagai sumber untuk mencari sebuah informasi dan masih banyak lagi lainnya. Kebutuhan akan website memang tidak bisa dipungkiri. Selain sebagai tempat mencari informasi, website juga dapat digunakan oleh penggunanya sebagai media memperkenalkan diri. Banyak sekali sekarang orang-orang yang memiliki website pribadi. Entah itu digunakan sebagai portofolio, menghasilkan karya, menulis artikel, dan lain-lain. Banyak sekali manfaat yang diperoleh jika memiliki sebuah website.

Jika ingin memiliki sebuah website pribadi tidak perlu untuk mempelajari secara teknis membuatnya seperti melalui coding. Sekarang membuat website sangatlah mudah dan tidak perlu keluar biaya, tentu hal ini cocok bagi para pemula yang menginginkan sebuah website. Lalu bagaimana cara membuat website dengan mudah dan cepat? Berikut ini adalah artikel tentang cara membuat website dengan mudah.

 

Mengenal Apa itu Website

Cara Membuat Website GRATIS dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula
 

Website adalah sebuah halaman atau sekumpulan halaman yang berada di World Wide Web yang berisi informasi yang dikelola oleh orang atau entitas serta dapat ditemukan melalui URL (Uniform Resource Locator). Website pertama kali dibuat pada akhir 1980-an dan baru diperkenalkan secara online pada tahun 1991 oleh Tim Berners-Lee. Tujuan Tim membuat website adalah demi membantu pertukaran informasi antar peneliti dalam melakukan sebuah penelitian. Tanpa disangka penemuan tersebut pada kemudian hari berdampak begitu besar pada berbagai sektor kehidupan.

Terdapat 3 unsur utama yang melekat pada sebuah website yaitu domain, hosting, dan konten. Ketiga hal ini tidak dapat dipisahkan ketika berhubungan dengan yang namanya website. Domain adalah alamat website yang digunakan seperti sebuah tanda pengenal. Jadi, domain itu seperti sebuah nama untuk website. Kemudian domain inilah yang digunakan pencari untuk mengenal sebuah website. Setelah itu adalah hosting, wadah dari sebuah website yang layaknya server bagi sebuah website.

Seperti server pada umumnya, hosting digunakan untuk menyimpan basis data penting sebuah website. Selanjutnya adalah konten, konten adalah isi tampilan sebuah website. Konten sangat penting bagi website karena berpengaruh pada impresi pengunjung terhadap sebuah website. Jika memiliki konten yang bagus tentunya sebuah website akan mendapat feedback yang positif. Konten dalam sebuah website bisa berbentuk teks, gambar, dan video.

Baca Juga :     Apa Itu Website Dan Fungsinya Untuk Kehidupan Sehari-Hari/Usaha Online

 

Tips-Tips Membuat Website Bagi Pemula

Sebelum masuk ke dalam cara membuat website secara gratis bagi pemula. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan sebuah website yang bagus dan berkualitas. Tips-tips ini seperti cara menentukan domain yang sesuai, memilih hosting sesuai dengan kebutuhan, dan menentukan konten yang akan dipublikasikan. Berikut ini adalah tips-tips membuat website bagi pemula.

 

  • Memilih Konten Untuk Website

    Pemilihan sebuah konten adalah suatu hal yang penting sebelum membuat sebuah website. Konten apa yang ingin ditampilkan pada sebuah website, apakah berisi informasi pribadi, artikel-artikel, kumpulan karya, tutorial, dan masih banyak lagi. Penentuan konten ini nantinya juga berdampak pada struktur dari sebuah website itu sendiri. Konten dari sebuah website juga harus berkualitas karena hal ini akan berpengaruh pada impresi dari pengunjung website. Jika konten dari sebuah website bagus dan dapat memberikan manfaat bagi pengunjung maka bukan tidak mungkin jumlah pengunjung akan bertambah.

  • Mendaftarkan Domain Website

    Domain ibarat alamat atau tanda pengenal website. Penentuan nama website juga sangat penting. Struktur sebuah domain terdiri dari 2 yaitu nama domain dan ekstensi. Ekstensi yang umum digunakan pada sebuah website yaitu .com, .net, .xyz dan masih banyak lagi. Mengenai sebuah nama domain yang akan digunakan untuk sebuah website upayakan singkat dan mudah diingat. Syarat lainnya untuk sebuah nama domain adalah nama tersebut belum digunakan oleh pihak lain. Untuk mengetahui nama sebuah domain belum pernah digunakan sebelumnya bisa langsung mengetahuinya lewat registrar domain.

  • Menentukan Web Hosting Untuk Website

    Hosting sebagai sebuah wadah bagi website cara menentukannya juga tidak kalah penting. Cara menentukan web hosting haruslah sesuai dengan kebutuhan dari sebuah website. Semakin besar kebutuhan dari sebuah website tersebut maka spesifikasi dari web hosting juga harus tinggi. Selain itu, dalam memilih sebuah website juga jangan mudah tergiur dengan harga yang murah. Ada 3 aspek yang perlu diperhatikan saat memilih hosting di penyedia layanan hosting yaitu Uptime yang baik, keamanan, dan layanan support 24 jam non-stop.

  • Menentukan CMS Website

    Dalam membuat sebuah website di zaman sekarang sangatlah. Dengan menggunakan Content Management System membuat website dapat dilakukan dengan hitungan menit saja. Nah, dalam memilih CMS juga perlu diperhatikan. Banyak sekali CMS yang dapat digunakan seperti WordPress, Joomla, Drupal, Prestashop dan masih banyak lagi. Pada artikel ini direkomendasikan membuat website menggunakan CMS WordPress karena banyak sekali kelebihan yang dapat diperoleh pembuat menggunakan WordPress ini.

Adapun manfaat yang didapatkan dari penggunaan WordPress adalah layanan yang diberikan gratis dan bersifat open source. Walaupun gratis bukan berarti website hasil dari CMS WordPress biasa saja. Justru website dari hasil penggunaan CMS Website tidak kalah bagus kualitasnya dengan website buatan sendiri. Selain itu, WordPress memiliki fitur-fitur yang cocok bagi pemula. WordPress sendiri juga mempunyai komunitas-komunitas yang banyak di internet jadi apabila menemui masalah dalam pembuatan dan pengembangan website banyak resources yang dapat ditemukan dengan mudah.

Baca Juga :    Tips Menggunakan WordPress Hosting Gratis untuk Blog & Website

 

Cara Membuat Website Gratis Bagi Pemula

Cara Membuat Website GRATIS dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula
 

Bagaimana cara membuat website gratis bagi pemula? Jawaban dari pertanyaan ini adalah dengan menggunakan CMS WordPress. Dengan menggunakan CMS yang populer di dunia ini untuk membuat website tidak perlu memahami bahasa pemrograman atau coding. Dengan menggunakan WordPress membuat website bisa dilakukan dengan sangat cepat bahkan bisa dalam beberapa menit saja. Berikut ini adalah cara membuat website secara gratis dengan mudah dan cepat.

 

  • Masuk Ke Dalam Control Panel

    Pertama yang wajib dilakukan adalah masuk ke dalam control panel web hosting. Control panel adalah tempat dimana semua hal yang berkaitan dengan pengelolaan website. Cara masuk ke dalam control panel bisa melalui berbagai caranya, salah satunya mengetikkan (namasitus)/cpanel. Untuk masuk ke halaman utama cpanel masukkan username dan password. Apabila sudah berhasil masuk maka halaman utama dari Control Panel akan muncul. Pada halaman ini banyak sekali tool yang dapat digunakan untuk mengelola website. Seperti Untuk tutorial kali ini tools yang digunakan adalah Softaculous Apps Installer. Caranya dengan mencari tools tersebut, Klik -> ketikkan WordPress, Anda akan melihat ikon WordPress dan klik pada ikon tersebut.

  • Melakukan Instalasi WordPress

    Langkah berikutnya adalah melakukan Instalasi terhadap WordPress. Cara menginstall wordpress ini mudah sekali cocok untuk pengguna yang masih pemula. Caranya adalah ketika sudah mengklik logo WordPress. Maka halaman langsung diarahkan pada halaman Install. Di halaman ini akan ada sedikit preview mengenai WordPress. Untuk melakukan penginstalan Klik Install Now.
    Sebelum instalasi dilakukan ada beberapa konfigurasi yang perlu dilakukan, yaitu mengisi nama dari situs web, deskripsi dari situs website, username dan password yang nantinya diperlukan untuk bisa masuk ke dalam WordPress. Pada konfigurasi sebelum install ini juga wajib memilih domain mana yang akan digunakan sebagai tempat template website dari WordPress. Klik Install pada bagian paling bawah halaman jika konfigurasi sudah selesai dilakukan.
    Dalam proses instalasi ini tidak memerlukan waktu yang cukup lama. Jika instalasi telah selesai dilakukan akan muncul halaman yang menandakan instalasi itu telah berhasil. Pada halaman ini juga akan diberitahu cara masuk ke dalam dashboard WordPress, yaitu dengan mengetikkan (namasitus)/wp-admin.

  • Melakukan Konfigurasi WordPress

    Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah melakukan konfigurasi pada website organisasi di dashboard WordPress. Cara masuk ke dalam dashboard wordPress dengan cara mengetikkan (namasitus)/wp-admin. Pada dashboard WordPress ini banyak sekali tools yang dapat digunakan untuk mengembangkan website. Pada tahap awal ini yang perlu dilakukan adalah memilih template website yang cocok untuk website organisasi. Klik Costumize Your Site. Selanjutnya halaman tempat dimana memilih dan mengatur template website untuk organisasi akan muncul.

 

Ada banyak sekali template website yang dapat digunakan sebagai website organisasi. Begitu juga dengan pengaturannya, pada halaman ini homepage, nama kalian, dan tagline dapat dicantumkan. Apabila sudah mengatur semua tampilan yang ada di template tersebut. Maka website dapat dipublikasikan dengan mengklik tombol publish dan website sudah dapat di luncurkan dan digunakan.

 

Baca Juga :    Kumpulan Template WordPress Perusahaan GRATIS dan Premium

 

Kesimpulan dan Penutup

Itulah tadi cara membuat website dengan mudah dan cepat. Website memerankan peran penting bagi pengguna internet di zaman sekarang. Manfaat website yang diberikan sangatlah banyak. Salah satu media informasi favorit bagi pengguna internet ini akan terus bertambah seiring banyaknya pengguna internet. Pembuatan website yang mudah dan cepat ini didukung karena banyaknya Content Management System.

Salah satu CMS yang paling banyak digunakan adalah WordPress. Dengan WordPress membuat website tidak membutuhkan waktu yang lama. Bagi pemula sangat direkomendasikan membuat website dengan bantuan WordPress ini.Demikianlah artikel tentang cara membuat gratis dengan mudah dan cepat untuk pemula. Semoga dapat membantu semua orang yang ingin membuat sebuah website.

Related Post :