Tips Personal Branding Sukses 2022

Business, Content Marketing / 0 | | 0

Saat mendekati akhir tahun 2021, satu hal yang jelas yaitu personal branding akan terus ada. Sebagian dari Anda mungkin mengira bukankah personal branding adalah sesuatu yang harus disediakan oleh selebritas atau influencer? Dulu mungkin, tapi sekarang segala hal dianggap sudah memiliki personal branding. Satu-satunya perbedaan adalah, sekarang seluruh dunia memiliki akses untuk menemukan personal branding Anda dengan pencarian online sederhana.

Ketika Anda mengambil keputusan untuk terus memanfaatkan digitalisasi yang berkembang ini, semakin banyak pula peluang untuk menarik klien ideal, menghasilkan prospek, menemukan karyawan yang tepat, dan bahkan calon investor yang tersedia untuk Anda. Sampai saat ini, rata-rata orang melihat personal branding sebagai sesuatu yang eksklusif untuk dunia bisnis. Namun, dalam beberapa tahun terakhir hampir semua hal dapat memiliki brand, mulai dari selebriti, hingga partai politik. Saat ini banyak orang yang sadar akan atribut dan reputasi pribadi untuk menciptakan personal branding.

Faktanya dalam lingkungan yang kompetitif saat ini, membangun personal branding sebagai profesional yang baik, sama pentingnya dengan membangun brand perusahaan. Untuk beberapa industri, personal branding Anda mungkin lebih penting daripada apapun. Karena bagaimanapun banyak konsumen modern yang ingin mengetahui cerita di balik para pendiri sebuah brand, konsumen mungkin ingin berhubungan dengan Anda dengan mendengar tentang perjuangan, kegagalan, dan kesuksesan Anda. Ini berarti Anda harus mulai menempatkan diri di luar sana dengan baik. Branding dan pemasaran diri Anda, sama pentingnya dengan memiliki strategi untuk bisnis. Artikel ini akan menjawab pertanyaan Anda tentang definisi personal branding serta memberikan tips personal branding yang sukses untuk tahun 2022.

 

Baca Juga :  Contoh Website Keren dan Unik untuk Personal Branding

 

Mengenal Apa Itu Personal Branding

Tips Personal Branding Sukses 2022
 

 

Personal branding adalah proses yang direncanakan dengan menciptakan dan mempengaruhi persepsi publik dari seorang individu atau sebuah brand. Hal ini dilakukan dengan memposisikan Anda sebagai otoritas dalam suatu industri atau membedakan Anda dari kompetitor dan meningkatkan reputasi Anda. Personal branding merupakan cara terbaik untuk menunjukkan keunikan, spesialisasi, dan nilai jual Anda. Ini mencakup semua cara dalam mempromosikan diri sendiri dan menciptakan persona publik untuk bisnis Anda.

Bukan lagi hanya selebriti papan atas dan pembawa acara talk show misalnya yang mendapat manfaat dari personal branding. Saat ini, siapa pun dapat memperoleh pengakuan secara online dengan mengembangkan personal branding. Masing-masing dari orang atau perusahaan pasti memiliki personal branding yang jelas dan jika dikembangkan dengan baik, akan mendapat pengakuan secara global dari semua orang. Sebagai contoh mungkin Anda tahu Oprah sebagai orang yang baik hati, Elon Musk sebagai pakar teknologi, dan Ellen sebagai pelawak. Anda bahkan mungkin merasa seperti Anda mengenal mereka secara pribadi. Paling tidak, Anda memperhatikan pekerjaan mereka selama ini.

Disisi lain cara terbaik untuk memantapkan diri Anda sebagai ahli dalam suatu bidang adalah dengan membangun personal branding. Hal ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan dari eksposur yang tinggi sehingga kemudian dapat menentukan langkah-langkah pada tujuan bisnis, nilai-nilai, hingga sasaran Anda. Memiliki brand yang profesional dan terkenal dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan bisnis baru. Semakin banyak pelanggan tahu tentang Anda, semakin besar kemungkinan mereka untuk membeli dari Anda.

Demikian pula, personal branding juga membangun kepercayaan, komitmen, dan komunitas di sekitar brand Anda. Ini dapat mengarah pada hubungan pelanggan yang lebih baik dan bisnis yang berulang. Sebuah artikel dari New York Times mengidentifikasi enam jenis utama personal branding :

 

Baca Juga :  Cara Sukses Branding Melalui Social Media Instagram, Facebook dan TikTok

 

  • Altruists

    Orang -orang ini dikenal karena membantu orang lain dan mendedikasikan waktu mereka untuk amal. Contohnya seperti Angelina Jolie, Dolly Parton, dan Bill Gates termasuk dalam kategori ini.

  • Careerists

    Brand-brand dalam kategori ini mengutamakan pencapaian mereka di atas segalanya. Brand disini dikenal karena berbagi informasi dan menjadi pemimpin di industri mereka. Kategori ini mencakup pemimpin seperti Elon Musk, Jeff Bezos, dan Simon Sinek.

  • Hipsters

    Personal branding ini sering menggabungkan altruisme dan karier, tetapi lebih fokus pada berbagi informasi daripada mengambil tindakan. Personal branding di kategori ini akan hadir untuk semua hal baru dan yang sedang menjadi tren.

  • Boomerangs

    Personal branding boomerang berbagi konten untuk menciptakan kontroversi. Mereka mungkin tidak setuju dengan konten yang mereka bagikan, tetapi mereka suka menjadi provokatif. Ini dapat mencakup akun-akun gosip di sosial media Anda atau reporter berita.

  • Connectors

    Orang-orang pada kategori personal branding ini suka menyatukan orang dan bangga dalam membangun komunitas. Mereka sering kreatif dan menikmati validasi orang lain. Contohnya dapat berasal dari influencer atau selebgram.

  • Selectives

    Personal branding selektif hanya berbagi informasi dengan audiens tertentu. Mereka memiliki banyak ide untuk menghabiskan waktu mengumpulkan informasi bagi audiens mereka.

Memahami apa personal branding Anda dan bagaimana tindakannya adalah langkah pertama untuk meningkatkan citra agar melekat di pikiran orang-orang.

 

Baca Juga :   Mengenal Apa itu Branding dan Tips & Trick Branding untuk Bisnis Anda

 

Tips Personal Branding Sukses 2022

Tips Personal Branding Sukses 2022
 

 

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda mulai terapkan hari ini untuk memberi Anda permulaan di tahun 2022 dengan personal branding yang Anda miliki.

  • Pahami audiens

    Setelah Anda memiliki kejelasan tentang diri Anda dan memahami nilai unik diri, dapatkan informasi yang sangat terperinci dan spesifik dengan siapa yang membutuhkan produk atau layanan Anda. Kemudian hal penting lainnya adalah, pahami kebiasaan dari audiens Anda.

  • Perbarui foto profil

    Dapatkan foto profesional, karena ini adalah hal pertama yang dilihat seseorang saat mereka membuka profil online Anda. Foto yang mewakili citra diri dan bagaimana Anda ingin dikenal/dilihat orang. Pastikan profil Anda memiliki informasi terkini dan akurat tentang merek Anda.

  • Dikenal karena satu hal

    Pikirkan tentang seperti apa Anda ingin dikenal didalam industri Anda. Kata kunci apa yang Anda ingin seseorang gunakan untuk menemukan Anda secara online? Jika Anda memiliki kesempatan untuk berbicara di sebuah acara, apa topik idealnya? semakin spesifik Anda dengan personal branding, semakin mudah bagi orang yang tepat untuk menemukan Anda.

  • Pilih platform yang tepat

    Mari cari tahu di mana orang-orang kebanyakan berkumpul dan terlibat secara online lalu Anda dapat menemukan calon audiens disana. Kenali platformnya dan mulailah membuat konten untuk menambah nilai bagi perusahaan Anda. Sebuah personal branding yang kuat, selain mempromosikan kepemimpinan pemikiran dan keahlian dalam bidang tertentu, ini dapat membawa kembali perhatian orang-orang terhadap bisnis Anda.

  • Berkomentar dan kolaborasi

    Jangan hanya membagikan poster di platform media sosial Anda. Mulailah untuk memberi komentar, menyukai, membagikan, dan saling berkolaborasi. Mulai terhubung dengan audiens di seluruh platform Anda dapat membuat koneksi nyata yang menghasilkan peluang nyata juga untuk kolaborasi yang dapat dengan cepat memperluas jangkauan serta audiens Anda.

  • Jelas

    Luangkan waktu untuk melakukan evaluasi terhadap perjalanan personal branding Anda hingga saat ini. Apakah Anda jelas tentang siapa Anda sebagai individu? Apa nilai inti Anda? Apakah tujuan Anda selaras dengan pribadi Anda?

 

Baca Juga :  6 Keunggulan Website Sebagai Media Branding Usaha Anda

 

Kesimpulan dan Penutup

Anda mungkin tidak tahu semua yang akan terjadi pada tahun 2022, tetapi tentunya personal branding tidak akan berhasil dalam waktu yang singkat. Hal ini menjadi semakin penting, karena dengan meningkatnya permintaan bagi pengusaha, karyawan, dan CEO untuk memiliki brand pribadi yang kuat. Jangan menunggu hal-hal yang memberatkan untuk memulai, melainkan mulailah membangun personal branding yang lebih baik hari ini dari hari sebelumnya kemudian biarkan Google yang berbicara.

Personal branding  sama seperti professional branding Anda. Setiap orang yang Anda temui akan membentuk opini tentang Anda, dan jika Anda tidak secara aktif membentuk brand, maka Anda membiarkan opini yang asal tentang citra yang Anda miliki, Ambil lah kendali guna memastikan bahwa Anda adalah representasi terbaik dari diri Anda, dan yang terpenting adalah Anda juga bisa. Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan Anda mengenai bagaimana personal branding yang sukses untuk tahun 2022.

Related Post :