Tips Sukses Menggunakan Social Media Untuk Promosi Bisnis

Business, Social Media Marketing / 0 | | 0

Kegiatan di media sosial bisa memberikan banyak manfaat bagi sebuah bisnis lokal yang mencakup meningkatkan brand bisnis dan juga memperkuat SEO dari website bisnis tersebut. Pada artikel ini tidak mengatakan bahwa dengan memiliki akun media sosial akan otomatis meningkatkan penjualan bisnis Anda, tapi dengan kehadiran bisnis Anda di dunia maya tentunya akan membuatnya menjadi lebih dikenal oleh orang banyak. Dan tentu saja orang-orang yang berada dalam network Anda akan menghubungi Anda bila mereka membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Mereka seperti sudah memiliki ikatan dengan Anda secara tidak langsung.

Berikut adalah beberapa situs social media yang banyak digunakan di Indonesia dan penggunaannya untuk kepentingan bisnis.

  1. Facebook
    Facebook masih menjadi social media yang paling banyak digunakan di Indonesia. Dikabarkan akhir tahun 2013 pengguna Facebook di Indonesia mencapai 60 juta orang lebih. Pengguna Facebook beragam mulai dari anak remaja hingga dewasa muda, pria dan wanita, serta hampir segala golongan social. Untuk keperluan promosi bisnis dianjurkan untuk membuat Facebook Fanpage daripada menggunakan profil pribadi.
  2. Twitter
    Twitter dan Facebook adalah aplikasi social media yang paling banyak diunduh di gadget Android dan iOS. Sebagian orang menganggap keterbatasan Twitter dalam menampilkan posting dalam 140 huruf sebagai kekurangan namun juga karakteristik Twitter dan keunikannya. Gunakan tweet singkat tersebut sebagai referensi link menuju halaman artikel atau landing page yang lebih informatif.
  3. Google+
    Pengguna akun Gmail sebetulnya secara otomatis telah mendapatkan akun Google+, karena seluruhnya tergabung dalam 1 akun Google yang sama. Sebenarnya Google+ bukan sekedar social media tapi sebagai platform yang terkoneksi secara luas dengan layanan Google lainnya seperti Google Maps, Gmail, YouTube, Blogger, dan sebagainya. Sayangnya di Indonesia jumlah pengguna aktif yang memanfaatkan Google+ masih belum sebanyak Facebook dan Twitter. Saat ini Google+ lebih banyak digunakan oleh kalangan techie dan profesional muda. Namun kedepannya potensi Google+ sebagai social media untuk promosi bisnis akan sangat besar melihat kapasitas Google dan integrasi Google+ dengan layanan-layanan Google lainnya.
  4. LinkedIn
    LinkedIn adalah social media yang berorientasi pada bisnis, karir, dan artikel berita. Sekarang LinkedIn banyak digunakan kalangan professional dan pekerja untuk saling memperkenalkan resume dirinya. Untuk kepentingan bisnis, situs ini sangat berguna dalam mencari partner kerja dan menjangkau klien baru. Karena segmentasi penggunanya tersebut, LinkedIn sangat bermanfaat untuk promosi produk yang sifatnya B2B.
  5. Instagram
    Belakangan ini Instagram menjadi situs social media yang sangat populer di kalangan anak muda, designer, dan penyuka fashion. Tentunya karena situs ini merupakan social media untuk berbagi foto dan video. Jika bisnis anda menjual produk atau layanan yang bersifat visual maka Instagram menjadi pilihan yang bagus untuk berpromosi. Contohnya adalah produk pakaian, mainan anak, kreasi design, makanan, dan sebagainya.
  6. YouTube adalah media online streaming video terbesar di dunia. YouTube menjadi media yang sangat baik untuk keperluan branding. Untuk melakukan promosi yang efektif di YouTube, buatlah konten video yang menarik dan kreatif. Dengan perkembangan teknologi sekarang, proses produksi video dapat dilakukan dengan mudah dan biaya yang sangat minim. Untuk meningkatkan audience dengan lebih maksimal dapat menggunakan iklan YouTube.  Banyak keunggulan dalam beriklan di YouTube dibandingkan dengan iklan broadcast di televisi, diantaranya hasil yang lebih terukur, engagement (hubungan) 2 arah yang lebih erat dengan pemirsa, demografi pemirsa yang bisa disegmentasikan, dan biaya yang relatif lebih efektif dan efisien.

Related Post :

popup image