Instagram for PC : Cara Download, Install, dan Menggunakannya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Generasi muda saat ini mungkin tidak mengerti betapa beruntungnya mereka. Pada 20 tahun yang lalu, orang- orang tidak memiliki banyak pilihan ketika kita berbicara tentang alat dan cara berkomunikasi. Memiliki ponsel pintar di zaman sekarang adalah suatu hal yang tidak pernah terbayangkan pada masa dulu, kalau tidak hanya sebatas angan- angan masa depans aja. Satu- satunya cara orang di zaman dulu dapat menghubungi orang lain adalah membuat panggilan telepon dengan mesin dan pesawat telepon yang tidak sepraktis dan sekecil sekarang.

Belum lagi jika hendak menghubungi teman dan kerabat yang berada jauh diluar kota atau negara, seringnya orang di zaman itu bahkan terlambat untuk mengetahui perkembangan di tempat lain. Munculnya internet adalah penemuan terbesar dan kemajuan yang sangat mendobrak gaya hidup masyarakat, tidak hanya mudah menghubungi orang yang jauh secara geografis, tetapi kita juga dapat mengunduh foto dan video keseharian kita.

Banyak platform media sosial yang juga bermunculan seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya. Salah satu yang paling populer saat ini adalah Instagram yang mewadahi banyak pembagian data dan informasi. Setiap orang kini dapat berbagi apa saja tanpa batasan melalui smartphone mereka, Instagram menjadi pilihan utama karena fitur- fiturnya yang menarik. Selain memang lebih sering diakses melalui smartphone, Instagram juga dapat diakses melalui PC atau laptop. Simak cara mendownload dan menggunakan Instagram selain di ponsel berikut ini.

 

Cara download dan install Instagram di PC

Ada beberapa pilihan yang dapat Anda coba untuk mendownload dan menginstal Instagram di PC atau laptop, yaitu melalui website browser dan aplikasi khusus Instagram untuk pengguna Windows. Simak caranya satu- persatu atau yang sesuai dengan kebutuhan Anda dibawah ini.

 

Download dan install Instagram melalui website browser.

 

Instagram sendiri juga memiliki official website mereka yang menantu mereka yang tidak mempunyai akses ke aplikasi Instagram namun ingin tetap mengakses foto, video dan aktivitas sosial lainnya. Oleh karena itu, Instagram menyediakan cara yang praktis ini dengan tetap memberikan tampilan yang menarik mirip dengan tampilan yang ada pada aplikasi yang biasa kita lihat melalui smartphone.

Pengguna yang memakai cara akses ini juga tetap dapat melakukan Like, Comment dan melihat story baik dari followers maupun orang- orang yang di follow. Sayangnya, website Instagram ini juga memiliki kelemahan yang cukup mengganggu, yaitu pengguna tidak dapat mengirim dan membaca Direct Message (DM) dan juga tidak dapat mengunduh atau memposting foto mereka.

Berikut cara untuk mendownload Instagram dari situs resminya secara langsung :

  1. Buka website https://www.instagram.com/
  2. Masukkan ID dan Password anda
  3. Anda dapat langsung terhubung dengan akun Anda

 

Kekurangan Instagram di browser :

  • Tidak dapat mengunduh, menambahkan atau memposting konten atau postingan baru.
  • Tidak dapat merekam dan memposting Story.
  • Pembatasan interaksi hanya pada kemampuan untuk melakukan Like dan Comment pada postingan yang sudah lebih dulu ada.

 

Kelebihan dari Instagram di browser :

  • Dapat dibuka dari PC dan laptop
  • Praktis dan tidak membatasi akses penggunaan atau akses masuk.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Kartu Prakerja: Manfaat, Syarat dan Cara Daftar Prakerja Indonesia

 

Download dan install aplikasi Instagram di Windows

 

Untuk para penggunanya yang memakai Windows sebagai Sistem Operasi (OS) mereka, maka Instagram juga turut menyediak cara khusus. Seperti Windows yang juga membuat dan merilis aplikasi mereka khusus untuk banyak aplikasi untuk dapat dibuka pada OS mereka yang salah satunya adalah Instagram.

Dengan cara yang dipermudah, pengguna cukup menginstal aplikasi Instagram tersebut ke dalam Windows dan memasukkan ID akun dan Password saja. Tetapi sebaiknya cek dulu kemampuan atau spesifikasi Windows Anda sebelum mengunduh aplikasi ini, karena Instagram memberikan sedikit persyaratan sebelum dapat menggunakan aplikasi mereka. Inilah syarat spesifikasi pengguna Windows sebelum menginstal aplikasi Instagram :

  • Memakai OS Windows 10
  • Mempunyai RAM sedikitnya 2 GB

 

Setelah syarat diatas terpenuhi, mari ikuti langkah download berikut ini :

  1. Unduh aplikasi Instagram untuk Windows
  2. Input ID akun dan Password Anda
  3. Aplikasi Instagram untuk Windows siap digunakan

 

Kekurangan aplikasi Instagram di Windows :

  • Hanya dapat digunakan pada OS Windows 10 saja.
  • Pembatasan interaksi hanya pada kemampuan untuk melakukan Like dan Comment.
  • Tidak dapat menambahkan postingan baru.

 

Kelebihan dari aplikasi Instagram di Windows :

  • Dapat digunakan pada PC dan laptop
  • Pengguna dapat merekam dan menambahkan Story baru.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis dari PLN (Website & WhatsApp)

 

Download dan install Instagram dengan Emulator BlueStacks

 

Selain mendownload Instagram melalui aplikasi khusus Windows maupun melalui browser, cara yang dapat dicoba ada dengan menggunakan Emulator Android. Dari sekian banyak Emulator yang dapat Anda bisa gunakan, salah satunya adalah BlueStacks yang memungkinkan semua tampilan dan fitur yang ada sama persis dengan tampilan yang ada pada layar ponsel pintar Anda.

Emulator memungkinkan penggunanya mengunduh dan menginstal Instagram di PC mereka. Namun tentunya pengguna harus terlebih dulu mengunduh Emulator tersebut, maka mari ikuti langkah ini :

  1. Dowload dan instal Emoluator BlueStacks pada web resmi https://www.bluestacks.com/apps/social/instagram-on-pc.html
  2. Buka aplikasi yang telah terinstal dan buka Google AppStore
  3. Cari dan kemudian download aplikasi Instagram
  4. Lakukan penginstalan
  5. Masukkan ID akun dan Password seperti biasa

 

Kekurangan menggunakan Emulator :

  • Langkah atau step untuk memakai cara Emulator terbilang cukup sulit terutama jika Anda adalah pengguna tahap pemula.
  • Banyaknya Emulator yang tersedia mungkin akan membingungkan.

 

Kelebihan menggunakan Emulator :

  • Tampilan dan semua fitur dapat digunakan layaknya pada aplikasi Instagram di smartphone.
  • Tidak adanya tambahan biaya lain.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Kuota Gratis Dari Telkomsel, Indosat Saat Virus Corona

 

Download dan install Instagram untuk pengguna Mac

 

Selain aplikasi untuk Windows, browser dan juga menggunakan Emulator, Instagram juga mendengarkan mereka yang memakai MacBook. Khusus bagi produk keluaran Apple ini, Instagram dapat di download melalui aplikasi Flume dari website resmi mereka. Mengingat aplikasi ini dirancang khusus untuk pengguna Mac, maka aplikasi ini memberikan tampilan yang juga menarik dan mirip dengan tampilan Instagram pada smartphone biasanya.

Inilah langkah yang harus dilakukan oleh para pengguna Mac untuk mendapatkan Instagram di MacBook mereka :

  1. Buka website https://flumeapp.com/
  2. Download aplikasi Flume dan kemudian install
  3. Masukkan ID akun dan Password

 

Kekurangan aplikasi Flume :

  • Hanya dapat diakses dan digunakan oleh pengguna Mac saja
  • Tidak bisa diinstal pada Windows

 

Kelebihan aplikasi Flume :

  • Dapat menambahkan postingan secara langsung
  • Tampilan Instagram yang sama dengan yang ada pada smartphone

Baca Juga : Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen dan Sementara

 

Kesimpulan dan penutup

Populernya Instagram dibandingkan dengan platform media sosial saat ini adalah karena fitur- fiturnya yang semakin berkembang dan tampilannya yang sederhana namun dinamis dan canggih. Belum lagi fitur Story dan IGTV yang disematkan di dalamnya juga semakin menjadikan aplikasi ini semakin banyak di unduh dari waktu ke waktu.

Disamping untuk penggunaan berbagi data secara pribadi, Instagram juga menjadi salah satu format penjualan online efektif yang mencatat 78% bisnis yang berhasil membuat image branding dan mengenalkan produk dan jasa layanan mereka lebih global lagi. Ini didukung dengan visualisasi yang juga menarik dan aestetika karena orang- orang lebih memilih menonton video ataupun terlibat dengan gambar- gambar yang ada di Instagram.

Bahkan selain keperluan bisnis resmi, Instagram juga dipenuhi oleh banyak influencer yang berbagi pengalaman mereka dan mendorong orang- orang pada tren tertentu. Mengingat banyaknya ketertarikkan diatas dan peluang yang terbuka lebar, Instagram juga turut menggandeng para penggunanya tidak hanya melalui smartphone saja. Semoga artikel diatas dapat membantu Anda yang ingin membuka Instagram lebih dari hanya smartphone saja.

Related Post :