Tutorial Cara Melakukan Ping dan Tracert Menggunakan CMD / Command Prompt

Development & Security, Web Security / 0 | | 0

Dalam membuat sebuah website, terkadang banyak sekali permasalahan yang terjadi. Mulai dari serangan malware, Hilangnya data, hingga website tidak dapat diakses lagi. Permasalahan ini tentu tidak asing lagi jika anda adalah seorang programmer.

Namun, jika anda adalah seorang pemula dan ingin mengecek apakah website anda mengalami permasalahan.anda dapat menggunakan Command Prompt. Sehingga anda dapat mengetahui apakah website anda mengalami masalah atau tidak.

Dalam artikel ini, nantinya anda akan diarahkan bagaimana cara memprogram command prompt di laptop anda. Tidak perlu harus mahir mempelajari program. Karea anda akan menggunakan program sederhana. Yuk, simak artikel berikut ini.

 

Fungsi Dari Perintah PING

 

Dalam dunia programming maupun awam pasti tidak asing dengan perintah PING dalam Command Prompt biasanya digunakan untuk menguji kemampuan komputer sumber untuk mencapai komputer tujuan. Misalnya anda ingin mengecek website anda apakah tidak ada masalah dengan website anda tersebut. Jika terdapat masalah dalam website anda maka akan muncul layar putih bertuliskan error dalam laptop anda.

Perintah ping biasanya digunakan sebagai cara sederhana untuk memverifikasi bahwa komputer dapat berkomunikasi melalui jaringan dengan komputer atau perangkat jaringan lain.

 

Fungsi Dari Perintah Tracert

 

Mungkin anda masih asing dengan Perintah tracert bukan? Nah, perintah Tracert ini merupakan sebuah  perintah Command Prompt yang digunakan untuk menunjukkan beberapa detail tentang jalur yang diambil sebuah paket dari komputer atau perangkat yang Kamu gunakan untuk tujuan apa pun yang Kamu tentukan.

Kamu mungkin juga terkadang melihat perintah tracert yang disebut sebagai perintah rute jejak atau perintah traceroute. Jika setelah anda menggunakan PING dan website yang anda tuju tidak membalasnya. Maka, anda dapat menggunakan perintah tracert ini untuk mengecek website anda bermasalah atau tidak.

 

Cara Melakukan PING pada Command Prompt 

Jika anda menggunakan Sistem operasi Windows bisa di lakukan Ping  dengan nama Domain yang anda tuju di Command prompt untuk langkah awal melakukan pengecekan pada permasalahan domain dan hosting anda.

 

1. Klik Start” –> Run

 

2. Kemudian muncul tampilan Command Prompt dengan layar hitam seperti ini.

 

 

3. Untuk mengecek koneksi website anda tidak ada masalah, anda bisa melakukan “PING -> (Nama Website Yang Anda Tuju)”.

 

 

4. Jika jaringan koneksi website anda stabil maka akan muncul tulisan Reply seperti diatas. Jika website anda dalam masalah, command prompt tidak akan membalas kode ping dari anda. Selesai!

Baca Juga : Cara Mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN di Google Chrome

 

Cara Melakukan Tracert Pada Command Prompt

Jika anda sudah menggunakan perintah ping dan belum berhasil menggunakan maka anda dapat menggunakan Tracert  dengan nama Domain yang anda tuju di Command prompt untuk langkah awal melakukan pengecekan pada permasalahan domain dan hosting anda.

 

1. Klik Start” –> Run

 

 

2. Kemudian muncul tampilan Command Prompt dengan layar hitam seperti ini.

 

 

3. Untuk mengecek koneksi website anda tidak ada masalah, anda bisa melakukan “Tracert -> (nama domain)”.

 

 

4. Jika website yang anda tuju tidak membalas  di ping dari anda. maka anda dapat melakukan pengecekan dengan tracert. Maka silahkan anda lakukan tracert domain, untuk melihat dimanakah domain tersebut tidak bisa resolve ke hostingnya. Dengan cara mengetik “Tracert  Idcloudhost.com (nama domain) “.

 

 

5. Selesai!

Baca Juga : Cara Agar Membuat Website Anda Lebih Aman

 

Kesimpulan dan Penutup

ada beberapa cara untuk mengecek apabila website anda ada masalah atau tidak, yaitu dengan melakukan perintah di command prompt. Command prompt merupakan sebuah kernel didalam sistem operasi windows yang dapat mengecek koneksi internet laptop anda maupun website anda.

Nah, maka dari itu disarankan bagi anda yang tidak terlalu mahir dalam programming maupun pemula. Dapat memanfaatkan Command prompt. Ada beberapa perintah dalam mengecek website anda dengan menggunakan command prompt.

Misalnya perintah PING, jika perintah ini diterapkan. Maka, biasanya akan dibalas dengan bacaan reply dari website anda yang tertera di command prompt. Namun jika perintah PING belum berhasil, anda dapat menggunakan perintah Tracert dan di iikuti nama website yang anda tuju. Selamat Mencoba!

 

 

Related Post :

popup image