Tutorial Cara Mendaftar Akun Instagram dengan Mudah dan Cepat

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Popularitas Instagram saat ini telah banyak mengalahkan platform media sosial lainnya mulai dari Facebook sebagai pemain media sosial terbesar hingga Twitter sekalipun. Instagram adalah layanan jejaring sosial berbagi foto dan video Amerika yang dimiliki oleh Facebook, Inc. Layanan ini dibuat oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger, dan diluncurkan pada Oktober 2010 di iOS. Versi untuk perangkat Android dirilis pada April 2012, diikuti oleh antarmuka situs web terbatas fitur pada November 2012, aplikasi Fire OS pada 15 Juni 2014 dan aplikasi untuk tablet dan komputer Windows 10 pada Oktober 2016.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah foto dan video, yang dapat diedit dengan filter dan diatur dengan tag dan informasi lokasi. Posting dapat dibagikan secara publik atau dengan pengikut yang telah disetujui sebelumnya. Pengguna dapat menelusuri konten pengguna lain dengan tag dan lokasi, dan melihat konten yang sedang tren. Pengguna dapat menyukai foto (like) dan mengikuti (follow) pengguna lain untuk menambahkan konten mereka ke umpan.

Instagram pada awalnya dibedakan dengan hanya mengizinkan konten untuk dibingkai dalam rasio aspek persegi (1: 1) dengan 640 piksel agar sesuai dengan lebar tampilan iPhone pada saat itu. Pembatasan ini diubah pada 2015 dengan adanya peningkatan hingga 1080 piksel. Layanan ini juga menambahkan fitur olah pesan, kemampuan untuk memasukkan banyak gambar atau video dalam satu posting, serta “Story” yang mirip dengan pesaing utamanya Snapchat yang juga memungkinkan pengguna untuk mengirim foto dan video ke umpan berurutan, dengan setiap posting diakses oleh orang lain selama 24 jam masing-masing. Pada Januari 2019, fitur Stories ini sendiri digunakan oleh 500 juta pengguna setiap harinya.

 

Fitur- fitur Instagram

 

Meski terlihat dengan interface atau antarmuka yang sederhana dan tidak terlalu banyak melakukan perubahan yang dramatis, namun inilah yang menjadi daya tarik bagi banyak peminatnya. Berikut ini adalah fitur- fitur yang bisa Anda coba dari akun Instagram Anda.

  1. Hashtag

    Pada Januari 2011, Instagram memperkenalkan tagar untuk membantu pengguna menemukan foto dan satu sama lain yaitu Hashtag (#). Instagram mendorong pengguna untuk membuat tag spesifik dan relevan, daripada menandai kata-kata umum seperti “foto”, untuk membuat foto menonjol dan menarik pengguna Instagram yang juga mempunyai minat yang sama.Pengguna di Instagram telah membuat “tren” mereke sendiri melalui hashtag dan pada Desember 2017, Instagram mulai memungkinkan penggunanya untuk mengikuti hashtag, yang menampilkan sorotan relevan dari topik dalam umpan mereka.

  2. Explore

    Juni 2012, Instagram memperkenalkan fitur “Explore”, sebuah tab di dalam aplikasi yang menampilkan foto-foto populer, foto yang diambil di lokasi terdekat, dan yang muncul pada pencarian. Tab ini diperbarui pada Juni 2015 untuk menampilkan tag dan tempat yang sedang tren, konten yang dikuratori, dan kemampuan untuk mencari lokasi.

  3. Filter foto

    Instagram menawarkan sejumlah filter fotografi yang dapat diterapkan pengguna ke gambar atau foto mereka. Februari 2012, Instagram menambahkan filter “Lux”, efek yang dapat memberi efek mencerahkan bayangan, menggelapkan highlight, dan meningkatkan kontras. Sedangkan Desember 2014, Slumber, Crema, Ludwig, Aden, dan Perpetua adalah lima filter baru yang telah ditambahkan ke dalam filter Instagram.

  4. Video

    Awalnya layanan berbagi foto di Instagram hanya mampu mengunggah 15 detik video pada Juni 2013. Pada Agustus 2015, Instagram menambahkan dukungan untuk video layar lebar yang diikuti dengan pembaruan Maret 2016 yang memungkinkan video berdurasi 60 detik.

  5. IGTV

    IGTV adalah aplikasi video vertikal yang diluncurkan oleh Instagram bulan Juni 2018. Fungsionalitas dasar juga tersedia dalam aplikasi dan situs web Instagram. IGTV memungkinkan unggahan berdurasi hingga 10 menit dengan ukuran file hingga 650 MB, dengan pengguna yang telah diverifikasi dan populer diizinkan untuk mengunggah video berdurasi hingga 60 menit dengan ukuran file hingga 5,4 GB. Aplikasi ini secara otomatis mulai memutar video segera setelah diluncurkan.

  6. Instagram Direct atau Direct Message

    Instagram Direct adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna berinteraksi melalui pesan pribadi. Pengguna yang mengikuti satu sama lain dapat mengirim pesan pribadi dengan foto dan video. Ketika pengguna menerima pesan pribadi dari seseorang yang tidak mereka ikuti, pesan itu ditandai sebagai ditangguhkan dan pengguna harus menerima untuk melihatnya. Fitur ini mengalami pembaruan dengan memungkinkan untuk mengirim tautan situs web melalui pesan, dan juga menambahkan dukungan untuk mengirim foto dalam potret asli atau orientasi lanskap tanpa memotongnya (cropping).

  7. Instagram Stories

    Sebuah fitur baru diluncurkan bulan Agustus 2016 yang disebut Instagram Stories, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto, menambahkan efek dan layer, dan menambahkannya ke cerita Instagram mereka. Gambar yang diunggah ke cerita pengguna akan berakhir atau kadaluwarsa setelah 24 jam.

  8. Instagram ads atau iklan

    Fitur baru yang satu ini lebih banyak diminati oleh akun- akun terverifikasi seperti merek dan brand besar yang ingin mempromosikan atau melakukan branding mereka lebih luas lagi. Iklan ini kini juga dapat digunakan oleh siapa saja dengan akun yang bersifat bisnis dan bukan akun pribadi.

Baca Juga : PeduliLindungi : Fitur, Keunggulan, dan Cara Kerjanya (Aplikasi Pelacak Virus Corona / COVID-19)

 

Cara Mendaftar Instagram Mudah & Cepat

 

Anda dapat mendaftarkan dan mendapatkan akun Instagram Anda melalui dua cara yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda.

 

Cara mendaftar Instagram melalui komputer atau PC 

  • Cara mendaftar akun Instagram melalui komputer atau PC
  • Buka situs web resmi Instagram di https://www.instagram.com/
  • Masukkan data pribadi Anda seperti nomor telepon atau email, nama lengkap, username dan password.
  • Klik Sign Up.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang dari Instagram tanpa Modal dengan Cepat & Mudah

 

Cara mendaftar Instagram melalui smartphone/HP

  • Sesuaikan pengundungan aplikasi mengikut perangkat Anda, Anda dapat menemukan aplikasi Instagram di Play Store bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iPhone.
  • Setelah mengundung, install aplikasi dan klik Sign Up dengan pilihan nomor telepon atau email.
  • Isi data pribadi dan Instagram akan mengirimkan kode konfirmasi
  • Klik Next dan lengkapi semua data Anda mulai dari username hingga password yang kuat.

Baca Juga : IPhone SE (2020) : Spesifkasi, Keunggulan, dan Harga di Indonesia

 

Kesimpulan dan Penutup

Setelah diluncurkan pada 2010, Instagram dengan cepat meraih popularitas dengan satu juta pengguna terdaftar dalam hanya dua bulan, 10 juta dalam setahun dan 1 miliar yang dicatat pada bulan Mei 2019 silam. April 2012 mencatat Facebook telah memperoleh layanan sekitar $ 1 miliar dalam bentuk tunai dan persediaan. Hingga Oktober 2015 lalu, lebih dari 40 miliar foto telah diunggah di aplikasi favorite ini.

Meskipun dipuji karena pengaruhnya, Instagram telah menjadi subjek kritik, terutama karena perubahan kebijakan dan antarmuka, tuduhan sensor, dan konten ilegal atau tidak pantas yang diunggah oleh para penggunanya. Rekor April 2020 menorehkan sejarah dengan orang yang paling banyak diikuti adalah pemain bola Cristiano Ronaldo dengan lebih dari 211 juta pengikut, dan wanita yang paling banyak diikuti adalah penyanyi Ariana Grande dengan lebih dari 180 juta pengikut.

Sedangkan rekor lainnya adalah 14 Januari 2019 yang datang dengan foto yang paling disukai di Instagram adalah foto telur yang di posting oleh akun @world_record_egg. Rekor terbaru ini mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh selebrita asal Amerika Serikat, Kylie Jenner dengan rekor foto yang disukai (like) sebanyak 18 juta. Pencatatan foto yang paling disukai saat ini telah memecah rekor sebanyak 54 juta like yang turut menaikkan aplikasi media sosial ini dalam 3 besar dunia berdampingan dengan Facebook dan Twitter.

Related Post :