Tutorial Cara Mendaftar Akun Twitter dengan Mudah dan Cepat

Serba Serbi, Tips & Tricks / 6 | | 0

Salah satu media sosial yang juga digemari banyak pengguna internet adalah platform microblogging Twitter yang sempat membuat jejak di dunia maya dengan postingan tweet 340 juta perhari di tahun 2012. Popularitas Twitter di tahun 2011 hingga 2015 setara dengan para peminat Facebook meski saat ini eksistensi Twitter mulai tergeser dengan terkenalnya di Instagram yang datang dengan konsep berbeda dengan platform media sosial lainnya.

Namun platform yang satu ini masih mempunyai penggemarnya sendiri yang tetap setia dengan fitur trending topic yang selalu menjadi pencarian orang- orang jika ingin menemukan dan menaikkan suatu hal atau berita. Terlebih lagi Twitter sudah banyak melakukan pembaruan dalam fitur- fitur dan opsi yang kekinian untuk mewadahi lebih banyak penggunanya.

Saat ini Twitter sudah memberikan fitur yang bisa menambahkan link dari sebuah situs web, Fleets yang sama dengan fitur Story dari Instagram, fitur mengikuti topik tertentu sehingga penggunanya akan mendapatkan informasi yang mereka inginkan secara spesifik, menjadwalkan tweet yang ingin di post pada waktu tertentu dan fitur lainnya.

 

Fitur- fitur dan penampilan Twitter

 

Berbeda dengan ide dan platform media sosial lainnya, berikut ini fitur- fitur dari Twitter yang perlu Anda ketahui sebelum memulai menggunakan Twitter :

 

  1. Logo dan Font

    Meski juga menggunakan warna biru, Twitter mempunyai logo bergambar burung sebagai ide utama untuk berkicau atau tweet dengan menggunakan font bernama Gotham.

  2. Tweets

    Tweet secara publik dapat dilihat secara default, tetapi pengirim dapat membatasi pengiriman pesan hanya kepada pengikut mereka. Pengguna dapat melakukan atau mengunggah tweet melalui situs web Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (seperti untuk ponsel cerdas), atau melalui Layanan Pesan Singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu.

  3. Isi konten

    Kebanyakan pengguna Twitter menggunakan platform ini untuk berbagi pengalaman pribadi mereka, berbagi atau menaikkan berita dengan penggunaan hashtag, wadah promosi pribadi, portal berita, percakapan atau komunikasi, spam dan lain sebagainya.

  4. Format

    Pengguna dapat mengelompokkan posting bersama berdasarkan topik atau jenis dengan menggunakan tagar kata atau frasa diawali dengan tanda “#”. Demikian pula, tanda “@” yang diikuti oleh nama pengguna digunakan untuk menyebut atau membalas ke pengguna lain. Untuk mengirim ulang pesan dari pengguna Twitter lain dan membaginya dengan pengikut sendiri, pengguna dapat mengklik tombol retweet dalam Tweet.

  5. Twitter Lists

    Pada akhir 2009, fitur “Daftar Twitter atau Twitter Lists” telah ditambahkan, memungkinkan pengguna untuk mengikuti daftar ad hoc dari penulis alih-alih dengan cara mengunjungi masing-masing penulis.

  6. Pembatasan karakter penulisan

    Pada tahun 2017, Twitter menggandakan batasan awal sebanyak 140 karakter historis menjadi 280. Sejak 30 Maret 2017, Twitter berada di luar tweet itu sendiri, oleh karena itu mereka tidak lagi menghitung hingga batas karakter.

  7. Keterangan atau caption gambar

    Tahun 2016 Twitter juga memperkenalkan fitur baru untuk membantu meningkatkan aksesibilitas orang- orang atau pengguna tunanetra. Teks dengan panjang hingga 420 karakter dapat ditambahkan ke setiap gambar dalam bentuk opsional.

  8. URL yang dipendekkan

    t.co adalah layanan pemendekan URL yang dibuat khusus oleh Twitter. Fitur ini hanya tersedia untuk tautan yang di posting ke Twitter dan tidak tersedia untuk pengguna umum. Twitter berharap bahwa layanan ini akan dapat melindungi penggunanya dari situs jata dan dapat melacak klik pada tautan dalam tweet.

  9. Trending topics

    Sebuah kata, frasa, atau topik yang disebutkan pada tingkat yang lebih tinggi daripada yang lain dikatakan sebagai “topik yang sedang hangat”. Tren topik menjadi populer baik melalui upaya bersama oleh pengguna atau karena suatu peristiwa yang mendorong orang untuk berbicara tentang topik tertentu. Topik-topik ini membantu Twitter dan penggunanya untuk memahami apa yang terjadi di dunia dan apa pendapat orang tentang hal itu

Baca Juga : Mengenal Perbedaan Lockdown dan PSBB Selama Pandemi Virus Corona (Covid-19)

 

Cara mendaftar akun Twitter gratis

 

Anda dapat mendaftarkan dan mendapatkan akun Twitter dengan 2 cara tergantung pada perangkat yang Anda punya. Twitter dapat dibuka melalui browser pada laptop atau komputer begitu juga tentunya melalui smartphone. Simak cara mendaftar akun Twitter dengan mudah dan cepat berikut ini.

 

Cara daftar Twitter melalui laptop/PC

Berikut langkah- langkah mendaftarkan akun Twitter melalui browser di laptop/PC :

  1. Buka situs resmi sign up Twitter di www.twitter.com
  2. Anda dapat mendaftar dengan menggunakan email yang aktif atau nomor smartphone. Lalu klik “Next”.
  3. Pendaftar akan menemukan kolom mengenai “Term of Service” yang berisi penjelasan peraturan Twitter yang harus Anda baca. Kemudian klik “Sign Up” untuk meneruskan pendaftaran.
  4. Twitter akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS jika Anda mendaftar dengan nomor telepon atau email jika Anda mendaftar melalui email. Masukkan kode verifikasi, lalu klik untuk melanjutkan langkah selanjutnya.
  5. Selanjutnya Anda diminta untuk membuat username dan password.
  6. Pilihan selanjutnya yang bisa Anda coba atau lewati adalah pilihan sinkronisasi kontak.

Baca Juga: Tutorial Cara Melacak HP / Smartphone Dengan IMEI

 

Cara daftar Twitter melalui HP/smartphone

Cara berikutnya yang bisa Anda coba adalah bagi Anda yang lebih banyak menggunakan smartphone dan mobilitas tinggi.

  1. Unduh dan install aplikasi Twitter dari Play Store bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iPhone.
  2. Buka aplikasi dan “Create Account” untuk membuat akun baru.
  3. Isi nama dan nomor telepon atau email. Lalu klik “Next”.
  4. Twitter akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS bagi pendaftar dengan nomor telepon dan email bagi yang menggunakan email. Masukkan kode dan lanjutkan.
  5. Anda akan diminta untuk membuat password, buatlah kombinasi password yang kuat dan mudah diingat.
  6. Anda dapat meneruskan atau melewati ospi berikutnya yaitu sinkronisasi kontak.

Baca Juga : Fitur GoRide (GOJEK) dan Grabbike (GRAB) hilang dari Aplikasi karena Aturan PSBB

 

Kesimpulan dan penutup

Dengan popularitasnya yang masih dicari dan digunakan banyak orang, Twitter juga dipenuhi dengan berbagai macam jenis akun pribadi, terverifikasi maupun akun- akun portal berita online. Semuanya datang dengan ragam macam latar belakang dan alasan mereka tersendiri. Begitu pula semua tweet yang mereka unggah.

Tidak jarang para politikus atau bahkan Presiden Amerika Serikat yang juga menggunakan platform sederhana tetapi powerful seperti Twitter untuk mengeluarkan cuitannya yang sering mendulang kontroversi. Para pelaku seni tanah air dan internasional juga sering menggunakan Twitter untuk berbagi berita terbaru mau pun sekedar berinteraksi dengan para penggemar mereka.

Anda juga dapat menggunakan Twitter jika Anda ingin mengembangkan usaha Anda dengan menjadikan Twitter sebagai salah satu media penjualan dan membangun branding atau merek Anda. karena Anda tidak sendiri, banyak dari brand atau merek- merek raksasa yang telah terkenal juga menjadikan Twitter sebagai ajang promosi dengan gratis. Dengan hanya bermodalkan akun email atau nomor telepon saja, Anda dan semua orang sudah dapat mendapatkan akun  Twitter gratis dan berkicau bersama jutaan pengguna Twitter lainnya. Selamat mencoba!

Related Post :