5 Website Cek Grammar Gratis & Terbaik untuk Anda

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 2

Sebagai bahasa internasional, kemampuan menguasai bahasa inggris seolah sudah jadi hal wajib bagi semua orang. Agar kemampuan bahasa inggris makin sempurna, Anda butuh website cek grammar berikut ini. 

Kemampuan menulis dalam bahasa inggris memerlukan pengetahuan gramatikal yang mumpuni. Namun, mungkin beberapa dari Anda sering ragu apakah kalimat yang sudah dibuat benar secara grammar atau tidak.

Grammar adalah sesuatu yang tak boleh Anda abaikan. Bagi Anda yang penulis atau blogger, tentu ingin tulisan Anda dibaca banyak orang dari seluruh dunia.

Menulis dengan bahasa inggris menggunakan grammar yang baik akan membuat Anda mampu mewujudkannya. Struktur kalimat yang benar dan pengetikan yang rapi akan membuat pembaca lebih nyaman membaca konten Anda. 

Namun, tidak perlu repot memeriksa grammar satu per satu karena saat ini sudah ada banyak website cek grammar yang bisa Anda gunakan. Berikut 5 website terbaik yang sudah kami rangkum untuk Anda.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Meta Description dan Manfaatnya Bagi Konten

Fungsi Website Cek Grammar

website cek grammar

Fungsi utama dari website cek grammar adalah untuk memperbaiki struktur kalimat bahasa inggris dalam konten yang Anda tulis. Semua orang pasti menginginkan konten yang dipublikasikannya tampak sempurna, bukan? Terutama jika konten tersebut akan dibaca oleh orang lain, baik di blog, media sosial, atau media lainnya. 

Kesalahan tata bahasa memiliki dampak yang sangat fatal bagi brand dan penulis itu sendiri. Konten yang memiliki banyak kesalahan penulisan akan membuat penulis terkesan tidak profesional. Selain itu, pengunjung website juga tidak akan merasa nyaman ketika membacanya. Akibatnya, blog atau website Anda bisa ditinggalkan pembaca setia. 

Website cek bahasa inggris memudahkan tugas penulis untuk memeriksa grammar secara manual. Dengan menggunakan aplikasi atau webite berikut ini, proses penyuntingan konten secara otomatis jadi lebih cepat, mudah, dan akurat. Berikut adalah beberapa fitur yang biasanya ada  dalam website cek grammar:

Consecutive word 

Website cek grammar akan memeriksa kata yang terlalu sering muncul dalam konten. Biasanya, tools ini juga akan memberikan rekomendasi kata-kata alternatif agar konten lebih bervariasi. 

Plagiarism checker 

Untuk memeriksa persentase plagiarisme pada tulisan Anda, sehingga Anda bisa memperbaikinya agar tidak terlalu mirip dengan konten lain yang Anda jadikan referensi. 

Kalimat Pasif 

Dalam menulis konten, penggunaan kalimat aktif lebih nyaman dan jelas untuk menyampaikan gagasan. Anda tetap boleh menggunakan kalimat pasif, asalkan tidak berlebihan. Website cek grammar biasanya memperingatkan jika Anda sudah terlalu banyak menggunakan kalimat pasif. 

Spelling checker 

Fitur ini berfungsi untuk mengoreksi kesalahan penulisan dan tanda baca. Penggunaan tanda baca sangat penting untuk memahami makna konten. Sementara itu, kesalahan ejaan (typo) walaupun terlihat remeh tapi bisa mempengaruhi kenyamanan pengunjung saat membaca konten Anda.  

Baca Juga: Cara Membuat CV / Curriculum Vitae Berbahasa Inggris dan Contohnya

Rekomendasi Website Cek Grammar Terbaik

website cek grammar

Setelah menulis, tahap editing sangatlah penting sebelum menentukan konten tersebut dipublikasikan. Bahkan, beberapa penulis menghabiskan waktu lebih banyak untuk menyunting tulisan daripada proses menulis itu sendiri, lho. 

Terutama dalam menulis konten berbahasa inggris, sangat penting bagi Anda untuk memastikan tidak ada kesalahan grammar dalam tulisan tersebut. Berikut adalah website yang bisa membantu Anda melakukannya lebih mudah dan akurat. 

  1. Ginger

website cek grammar

Website cek grammar yang dapat Anda gunakan salah satunya adalah Ginger. Tools ini mampu memeriksa kesalahan grammar dan spelling dengan akurat, serta mudah digunakan. 

Anda dapat menggunakan Ginger secara gratis melalui dengan memasangnya sebagai add-on pada browser. Selain itu, Anda juga bisa mengetikkan kalimat yang ingin dikoreksi melalui website resmi mereka.

Namun, website ini hanya bisa mengoreksi grammar per kalimat saja. Hal ini tentu menyulitkan jika Anda sedang menyunting teks yang panjang. 

Jika Anda ingin menikmati layanan dengan lebih leluasa, Anda bisa berlangganan paket Desktop. Dengan paket ini, Anda dapat menginstal aplikasi Ginger di komputer Anda, yang dapat membantu Anda mengoreksi dan memparafrase konten. 

Kelebihan Ginger ada di kamus dan thesaurus bawaannya yang lengkap, sehingga proses menyunting tulisan bisa jadi lebih akurat. Fitur menarik lainnya yang ada di Ginger adalah Personal Trainer. 

Dengan fitur ini, Ginger akan memberikan saran dan pembahasan pada kesalahan yang beberapa kali Anda lakukan. Hal ini bertujuan untuk membantu Anda belajar dan meningkatkan kemampuan bahasa inggris. 

Jika ingin berlangganan, Anda bisa menikmati layanan Ginger mulai dari 12 USD/bulan. Ginger juga tersedia untuk smartphone, yakni Ginger Keyboard yang dapat Anda nikmati dengan biaya berlangganan 6.99 USD/tahun. 

  1. Grammarly

website cek grammar

Fitur yang dimiliki Ginger dan Grammarly tidak jauh berbeda. Grammarly dapat mengoreksi grmamar dan memperbaiki kesalahan penulisan. Aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis dan mudah. 

Dibandingkan website cek grammar lainnya, Grammarly merupakan salah satu yang paling populer. Tools ini sudah digunakan oleh lebih dari 30 juta orang. 

Jumlah ini terus meningkat karena Grammarly dapat diintergrasikan ke Microsoft Office dan dipasang sebagai add-on browser. Software ini juga tersedia di smartphone dengan layanan Grammarly Keyboard. 

Selain gratis, Grammarly juga sangat mudah digunakan. Jika sudah dipasang sebagai add-on browser, aplikasi ini akan mengecek kesalahan grammar secara otomatis ketika Anda mengetik.

Grammarly masih punya layanan lainnya yang bisa Anda akses secara premium, lho. Salah satunya adalah Grammarly Text Editor yang cocok untuk pebisnis dan akademisi. 

Text editor ini akan memberikan saran tentang diksi dan ragam bahasa formal, serta mengoreksi cara penyampaian dalam konten agar lebih jelas dan padat. Layanan ini dapat Anda nikmati di Grammarly Premium dengan membayar mulai dari 11.66/USD per bulan.

  1. Hemingway

cek grammar

Salah satu website cek grammar terbaik yang bisa Anda coba adalah Hemingway. Tools ini bisa Anda gunakan dengan gratis dan praktis untuk mengoreksi berbagai kesalahan tata bahasan. Keunggulan Hemingway terletak pada tampilannya yang sederhana dan user-friendly.

Website ini bahkan juga memungkinkan pengguna untuk mengimpor file PDF atau Word ke websitenya. Jika sudah menggunakannya, Hemingway Editor dapat membantu mengoreksi dengan menggarisbawahi kesalahan yang terdapat dalam konten Anda.

Warna kuning untuk kesalahan grammar dan warna merah untuk kalimat tidak efektif. Untuk kata-kata yang berulang, Hemingway akan menggunakan warna ungu dan kalimat pasif ditunjukkan dengan warna hijau. 

Website cek grammar ini dinamai berdasarkan penulis terkenal asal Amerika, Ernest Hemingway. Ia terkenal dengan kalimat-kalimat yang lugas dan efektif dalam berbagai tulisannya. Hal inilah yang kemudian menjadi tujuan pembuatan tool Hemingway ini. 

Kelebihan Hemingway adalah, tools ini tidak sekedar mengoreksi grammar saja. Namun, Hemingway juga membantu Anda memperbaiki tulisan secara keseluruhan sehingga Anda bisa membuat struktur kalimat yang lebih mudah dimengerti dan ide Anda tersalurkan dengan baik. 

  1. ProWritingAid

website cek grammar

ProWritingAid tidak hanya mampu memeriksa grammar, tapi juga memberi saran terkait gaya penulisan. Website cek grammar yang satu ini terintegrasi dengan berbagai platform, salah satunya Twitter. Jadi ketika Anda selesai mengoreksi grammar, Anda bisa langsung mempostingnya dalam tweet. 

Keunggulan ProWritingAid adalah tools ini memberikan laporan tentang kesalahan-kesalahan grammar yang Anda lakukan. Sehingga, Anda dapat belajar dari laporan tersebut dan meningkatkan kemampuan Anda. Jika kemampuan bahasa inggris meningkat, tentunya Anda akan semakin percaya diri dalam menulis, bukan?

ProWritingAid dapat digunakan pada sistem operasi MacOs dan Windows, maupun sebagai extension di browser. Layanan ini bisa digunakan gratis, tapi Anda harus berlangganan dan membayar untuk lebih leluasa menggunakan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Versi premium ProWritingAid bisa Anda dapatkan dengan biaya berlangganan mulai dari 70 USD/tahun. 

  1. After the Deadline 

aplikasi cek grammar

Kami merekomendasikan website cek grammar yang satu ini untuk Anda yang memiliki website atau blog menggunakan WordPress. After the Deadline dapat dipasang langsung pada WordPress, sehingga sangat membantu Anda ketika ingin menyunting naskah untuk blog. 

Tools ini bersifat open-source, sehingga dapat Anda gunakan secara gratis. Ketika Anda sedang mengedit tulisan di WordPress, After the Deadline akan secara otomatis mengoreksi grammar dan kesalahan ejaan Anda. 

Keunggulan After the Deadline adalah cara kemampuannya yang cerdas dalam mengecek grammar dan ejaan. Pengoreksian ini terbagi dalam pengecekan ejaan, penyuntingan tingkat lanjut, serta pengoreksian tata bahasa. 

Aplikasi ini sepenuhnya gratis, sehingga Anda dapat menggunakan semua fiturnya dengan leluasa tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Tidak hanya bisa digunakan di WordPress, tapi After the Deadline juga dapat Anda integrasikan ke Google Chrome, OpenOffice, dan Firefox. 

Baca Juga: Daftar Website Komik Online Berbahasa Indonesia yang Legal dan Ilegal

Penutup

Kesalahan tata bahasa merupakan hal yang wajar terjadi jika menuliskan draft awal. Terutama pada kita yang orang Indonesia dan menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. 

Namun, sangat penting untuk memastikan tidak ada kesalahan grammar saat konten tersebut hendak dipublikasikan. Karena itu, proses penyuntingan tulisan dan pengecekan grammar tak boleh luput dari perhatian Anda. 

Selain memeriksa kesalahan grammar dan ejaan secara manual, Anda juga dapat memanfaatkan website cek grammar yang sudah kami rekomendasikan dalam artikel ini. 

Selain konten yang berkualitas, untuk membuat website yang SEO-friendly dan mampu menarik banyak pengunjung Anda tentunya juga perlu layanan hosting yang powerful untuk menyimpan data-data postingan Anda. Yuk, coba Cloud VPS dari IDCloudHost yang handal dan dapat Anda kostumisasi sesuai kebutuhan Anda. 

Promo Cloud VPS

Related Post :