Cara Membuat CV / Curriculum Vitae Berbahasa Inggris dan Contohnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Ketika Anda memutuskan untuk melamar sebuah pekerjaan, ada beberapa persyaratan yang memang harus dipenuhi. Beberapa persyaratan tersebut biasanya dicantumkan pada pengumuman lowongan pekerjaan. Secara umum, selain kesesuaian kualifikasi dengan latar belakang pendidikan yang dimiliki, seseorang harus membuat surat lamaran yang dilengkapi dengan curriculum vitae bahasa Inggris.

Permintaan atas curriculum vitae Bahasa Inggris pada dasarnya tidak selalu diberlakukan pada semua industri atau pun perusahaan yang ada di Nndonesia. Dengan kata lain, hanya beberapa perubahan yang mengusung label internasional ataupun perusahaan yang bisa dibilang sangat besar. Selain itu, persyaratan penulisan curriculum vitae dalam bahasa Inggris juga diberlakukan pada beberapa pelamar yang ingin memposisikan dirinya untuk menempati jabatan tertentu di sebuah perusahaan.

Keberadaan curriculum vitae Bahasa Inggris sebenarnya akan menjadi tolok ukur pertama atas kemampuan berbahasa Inggris calon pegawai di perusahaan tersebut. Dengan mengetahui hal ini, seseorang juga sangat dimungkinkan untuk bisa diterima menjadi bagian dari perusahaan yang dilamar. Lagi-lagi, semuanya membutuhkan proses karena melihat curriculum vitae berbahasa Inggris tidaklah cukup sehingga perlu dilakukan wawancara untuk membuktikan kemampuan berbahasa Inggris.

 

Apa Saja yang Harus Diperhatikan dalam Menulis Curriculum Vitae Bahasa Inggris

Cara Membuat CV / Curriculum Vitae Berbahasa Inggris dan Contohnya
 

Untuk membuat sebuah curriculum vitae Bahasa Inggris tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Hal ini disebabkan bahwa penggunaan bahasa yang digunakan tidak seperti bahasa Indonesia yang sudah pasti Anda kuasai dengan baik. Dalam hal ini, ada beberapa aspek yang memang tidak boleh diabaikan demi menciptakan suatu curriculum siti yang menarik dan pastinya mampu membuat HRD sebuah perusahaan tertarik untuk memilih Anda menjadi kandidat selanjutnya untuk memperebutkan posisi yang ditawarkan.

Maka perhatikan poin- poin dalam menulis curriculum vitae yang baik berikut ini :

  1. Gunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas

    Salah satu hal penting yang memang harus diperhatikan di dalam membuat curriculum vitae bahasa Inggris adalah dengan tidak bertele-tele. Dalam hal ini, pastikan Anda memperhatikan pemilihan kata yang tepat dan sesuai dengan konteks. Pastikan juga curriculum vitae tersebut menggunakan bahasa yang padat singkat, serta jelas. Jangan sampai membuat sebuah kalimat yang ambigu.

  2. Hindari kesalahan penulisan kata

    Tidak kalah penting lainnya, dalam membuat curriculum vitae bahasa Inggris pastikan untuk menghindari berbagai kesalahan penulisan kata. Selain hal semacam ini menunjukkan kualitas bahasa Inggris Anda yang kurang mumpuni, hal ini juga bisa berdampak pada kesalahan pemahaman bagi HRD yang membaca curriculum vitae Anda. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengecek dengan teliti sebelum mencetak atau mengirimnya.

  3. Perhatikan mengenai format huruf yang digunakan

    Untuk membuat sebuah curriculum vitae bahasa Inggris yang mudah dipahami, selain memperhatikan penulisan kata Anda juga harus mempertimbangkan mengenai format huruf yang digunakan. Jangan menggunakan format huruf yang sulit dibaca sehingga membuat Anda gagal dalam melanjutkan ke tahap berikutnya. Sebagai referensi Anda bisa menggunakan format times new roman, arial ataupun verdana.

  4. Pertimbangkan format curriculum vitae yang menarik

    Curikulum vitae bahasa Inggris merupakan alat yang bisa Anda gunakan untuk menarik perhatian HRD. Hal ini tidak lain disebabkan oleh banyaknya informasi secara detail mengenai diri Anda yang kemudian akan dijadikan sebagai pertimbangan apakah Anda layak untuk menempati posisi yang ditawarkan. Oleh sebab itu, pastikan Anda membuat format curriculum vitae yang berbeda dari biasanya. Namun demikian, jangan abaikan sisi formalitas untuk menunjukkan sisi profesionalitas pada diri Anda.

Baca Juga :  Cara Membuat CV Lamaran Kerja Terbaru dan Paling Kreatif Tahun 2020

 

Poin- poin yang Perlu Dicantumkan dalam Curriculum Vitae Bahasa Inggris

Cara Membuat CV / Curriculum Vitae Berbahasa Inggris dan Contohnya
 

Dalam memberikan informasi detail mengenai data diri Anda, disebutkan bahwa dalam membuat curriculum vitae bahasa Inggris ada beberapa hal yang memang tidak boleh untuk ditinggalkan. Pasalnya, beberapa poin tersebut nantinya akan memberikan informasi tambahan yang nantinya akan dijadikan sebagai pertimbangan oleh HRD perusahaan. Berikut ini beberapa poin yang perlu untuk dicantumkan.

  • Personal information

    Salah satu poin penting yang perlu dicantumkan pada curriculum vitae bahasa Inggris adalah personal information atau yang lebih dikenal dengan informasi diri. Dalam hal ini, informasi diri terbagi menjadi beberapa hal yang diantaranya adalah nama, tempat tanggal lahir, kewarganegaraan, jenis kelamin hingga status perkawinan. Hal inilah yang menjadi pertimbangan awal mengenai data diri Anda.

  • Educational background

    Mengenai poin penting lain yang kemudian disarankan untuk dicantumkan adalah riwayat pendidikan. Dikenal dengan istilah educational background yang nantinya akan menjelaskan mengenai jenjang pendidikan yang telah Anda lalui. Seringkali para pelamar akan menuliskan jenjang pendidikan mulai dari SD hingga perguruan tinggi.

  • Training yang pernah diikuti

    Selanjutnya di dalam curriculum vitae bahasa Inggris, menyertakan berbagai pelatihan yang relevan terkait dengan posisi yang dilamar menjadi hal yang perlu dituliskan. Hal ini nantinya akan memberikan nilai plus tersendiri untuk kemudian akan dijadikan sebagai pertimbangan oleh pihak HRD. Bahkan yang demikian ini akan memperbesar peluang Anda untuk bisa diterima sebagai karyawan atau pegawai pada perusahaan yang Anda lamar.

  • Informasi kontak

    Tidak kalah penting lagi, dalam curriculum vitae bahasa Inggris pastikan Anda mencantumkan informasi kontak yang bisa dihubungi. Tindakan ini dilakukan untuk mempermudah pihak HRD yang ingin menghubungi Anda jika Anda memenuhi kualifikasi yang mereka dibutuhkan. Untuk informasi kontak Anda bisa mencantumkan nomor telepon, email atau jika perlu akun sosial media.

  • Skills yang dimiliki

    Untuk memperkuat curriculum vitae bahasa Inggris yang Anda buat, pastikan Anda tidak lupa mencantumkan skills atau kemampuan yang memang Anda miliki. Pastikan skills yang ada cantumkan sesuai dengan posisi yang saat ini sedang Anda lamar sehingga akan memunculkan suatu relevansi tertentu. Saat Anda lupa untuk mencantumkan bagian ini maka kemungkinan untuk bisa diterima di perusahaan yang Anda impikan cenderung menjadi lebih kecil.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Slip Gaji : Contoh dan Cara Membuatnya

 

Contoh Curriculum Vitae Bahasa Inggris

Cara Membuat CV / Curriculum Vitae Berbahasa Inggris dan Contohnya
 

Inilah contoh curriculum vitae bahasa Inggris yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan ketika Anda ingin melamar pada sebuah perusahaan tertentu. Pastikan Anda memperhatikan beberapa hal yang tersebut diatas mulai dari segi penulisan hingga format curriculum vitae. Hal ini dilakukan untuk membantu Anda dalam membuka peluang yang jauh lebih besar agar bisa diterima pada perusahaan yang saat ini sedang Anda lamar.

 

CURRICULUM VITAE

PERSONAL DETAILS

Name                         : Ahmad Arsyad
Date of Birth            : Blitar, October 10th 1992
Address                     : Jalan Teuku Umar No. 05 Penataran – Blitar
Nationality               : Indonesia
Height/Weight        : 165 cm / 59 kg
Marital status          : Single
Phone number        : 085853107134
Email                         : arsyad75@gmail.com

 

EDUCATIONAL BACKGROUND
1999 – 2005    SD Negeri Nglegok 1
2005 – 2008   SMP Negeri 1 Nglegok
2008 – 2011    SMK Negeri 1 Blitar, majoring in Electronics Department
2011 – 2015    University of Malang, majoring in English Education

 

WORKING EXPERIENCES/TRAINING
March 1st 2010 – May 19th 2010 Practical working in the field of electronics at UPJ-DL SMK Negeri 1 Blitar
November 1st 2014 – March 25th 2015 Teaching English and Bahasa Indonesia at Saniyatil Islamiyah School, Mueng, South Thailand

 

ORGANIZATIONAL EXPERIENCES
2005 – 2006 Member of OSIS at SMP Negeri 1 Nglegok
2008 – 2009 Member of Jurnalistic at SMK Negeri 1 Blitar

 

ATTENDED SEMINARS
August 31st 2008 Seminar on writing held by Forum Lingkar Pena Cabang Blitar at Aula PSBR Kota Blitar
November 21st 2014 International seminar by the theme “Perjalanan Sastra Nusantara” at University Rajabhat Yala, South Thailand

 

SKILLS/STRENGTH

  • Computer skills on Ms Office
  • Hard working
  • Discipline
  • Sense of responsibility
  • Speaking and Writing English
  • Teaching English

 

Baca Juga :   Tips dan Trick Melakukan Interview Pekerjaan yang Pasti Diterima

 

Kesimpulan dan penutup

Bayangkan saja jika Anda mengabaikan beberapa hal penting dalam penulisan curriculum vitae bahasa Inggris, terutama dengan banyak kesalahan grammar atau salah eja bisa saja berujung pada penolakan lamaran yang ada ajukan. Tentu saja kegagalan yang semacam ini kemudian harus diwaspadai sehingga Anda tidak akan kecewa dan harus terus meningkatkan skill berbahasa Anda.

Karena pada dasarnya tiap curriculum vitae yang di tulis terutama yang berbahasa Inggris akan merefleksikan kemampuan Anda dalam menguasai bahasa asing tersebut. Jika Anda tidak terlalu menggubris kesalahan awal Anda dan memperbaikinya, Anda akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang telah Anda impikan atau malah dalam mengembangkan potensi Anda. Untuk itu pastikan Anda melakukan yang terbaik dalam membuat curriculum vitae berbahasa Inggris.

Related Post :

popup image