Website Memperpendek URL (Shortlink) Terbaik dan Gratis

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

URL blog atau website Anda adalah salah satu aspek paling mendasar dari strategi SEO Anda. Namun, ini adalah hal remeh temeh yang seringnya tidak diperhatikan hingga diabaikan. Kemungkinan Anda pernah menemukan situs web yang URL-nya menunjukkan spam, tetapi ternyata itu hanyalah situs biasa.

Mungkin juga Anda belum meluangkan waktu untuk mengoptimalkan URL Anda sendiri dan memberikan kesan yang sama. URL Anda adalah salah satu hal pertama yang akan dilihat pengunjung situs web Anda yang meskipun tidak kentara, itu akan sangat membantu dalam membuat kesan pertama yang baik.

Disamping juga mudah dalam menyebarkannya jika Anda ingin berbagi alamat URL ke dalam perpesanan yang biasanya singkat dan padat. Di bawah ini beberapa alasan Anda ingin mempersingkat tautan dan mengoptimalkan struktur URL Anda dan menunjukkan cara melakukannya dengan mudah dan gratis.

 

Memahami Apa Itu Memperpendek URL (Shortlink)

Penyingkat URL adalah alat online yang membutuhkan untuk memperpendek URL yang panjang dan kuat serta menyediakan URL singkat yang mengarahkan pengguna ke tempat yang sama persis. Beberapa penyingkat URL juga dapat membantu Anda melacak dan memanipulasi tautan tersebut, dengan fitur seperti analitik klik, dukungan parameter UTM, dan penargetan ulang.

Sebuah penyingkat URL membantu Anda membuat URL yang lebih pendek dan lebih estetis, serta memanfaatkan fitur pelacakan dan penargetan ulang tersebut. Ada banyak penyedia layanan atau website memperpendek URL (Shortlink) terbaik dan gratis yang bisa Anda coba dalam mempersingkat alamat URL yang biasanya panjang.

 

Baca Juga  :   Cara Menghilangkan Iklan yang Tiba-Tiba Muncul di Laptop / PC dengan Aman

 

Manfaat Memperpendek URL (Shortlink)

Website Memperpendek URL (Shortlink) Terbaik dan Gratis
 

URL yang diperpendek tentunya mempunyai alasan tertentu. Alat ini membantu Anda membuat URL pendek dan dapat diklik yang dapat digunakan untuk melacak dan memantau metrik lainnya. Selain juga berfokus pada manfaat pembersihan dan pemendekan struktur URL yang ada, berikut manfaat yang akan diterima situs Anda bila Anda mempersingkat URL.

 

  • Meningkatkan peringkat di mesin pencari

    Struktur URL Anda akan mempengaruhi peringkat situs Anda. Ini bukan sinyal peringkat langsung, tetapi memiliki kualitas penting, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi peringkat Anda. Misalnya, dengan memasukkan kata kunci dalam URL Anda, Anda memberi Google dan pembaca Anda gagasan yang lebih baik tentang halaman Anda. tentunya Anda tidak ingin repot dan menjejali URL Anda dengan semua jenis kata kunci.
     
    Namun, dengan menggunakan kata kunci target Anda dalam URL yang dipersingkat, ini akan memberikan petunjuk kepada mesin telusur dan pengguna Anda tentang topik halaman Anda. Kemungkinan besar bahwa sebagian besar halaman peringkat di bagian atas Google akan memiliki kata kunci di dalam URL.

  • Meningkatkan kepercayaan pengguna yang lebih besar

    Situs yang memiliki URL panjang berisi karakter aneh terlihat seperti spam. Dengan URL yang bersih, situs Anda terlihat jauh lebih berwibawa dan dapat dipercaya. Usahakan agar semua URL situs Anda lulus uji keterbacaan dan baca kembali URL Anda dengan lantang. Apakah kedengarannya membingungkan atau apakah Anda secara umum dapat menebak tentang apa halaman tersebut? Ini juga termasuk meminimalkan penggunaan subdomain dan subfolder. Semakin bersih URL Anda membaca, semakin besar kemungkinan pengguna mempercayai situs web Anda.

  • Memungkinkan pertumbuhan situs

    Saat Anda terus mengembangkan situs, Anda mungkin akan memiliki lebih banyak kategori, halaman, dan bagian di dalamnya. Dengan memperpendek dan menyederhanakan struktur URL, Anda akan membuat navigasi dan perluasan situs Anda jauh lebih sederhana.
     
    Jika Anda memiliki URL yang panjang dan membingungkan, bot mesin telusur akan lebih sulit merayapi situs Anda, dan Anda akan lebih kesulitan membuat pengalaman situs web yang logis dan mengganggu. Maka adanya tautan URL pendek dan kategori sederhana dan URL memperluas situs Anda akan menjadi mudah.

  • Lebih mudah dibagikan

    URL singkat memudahkan pembaca Anda untuk berbagi konten Anda. Sejatinya jika Anda memiliki URL yang panjang dan membingungkan, link tersebut akan terlihat aneh saat dibagikan di Facebook, Pinterest, atau dalam email. Belum lagi fakta bahwa itu akan menjadi kurang berkesan dan mencurigakan.

 

Baca Juga   :     Apa Itu Web Cache: Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya

 

Website Memperpendek URL (Shortlink) Terbaik dan Gratis

Website Memperpendek URL (Shortlink) Terbaik dan Gratis
 

Apakah Anda mencari pemendek URL terbaik untuk mengecilkan tautan situs Anda, menganalisis klik, menambahkan tag UTM atau membantu Anda menggunakan penargetan ulang? Berikut beberapa rekomendasi yang bisa Anda pertimbangkan.

 

Bitly

Bitly adalah alat yang ampuh dan populer)untuk mempersingkat URL. Layanan gratis ini memungkinkan Anda mempersingkat tautan menggunakan nama domain Bit.ly, sedangkan layanan premium memungkinkan Anda menggunakan nama domain kustom Anda sendiri. Bitly memiliki fitur seperti penargetan ulang tautan dalam versi berbayar. Anda dapat melacak tautan individu dan mendapatkan analitik terkait di dasbor Anda hingga bahkan mengukur kinerja kampanye pemasaran Anda untuk lokasi tertentu. Adapun fitur- fitur yang bisa Anda coba dari website ini adalah :

  • Menghubungkan domain kustom
  • Dashboard Analytics
  • Kecerdasan audiens
  • URL Kustom
  • Integrasi dengan Zapier dan TweetDeck
  • Sepenuhnya responsif
  • Di hosting di cloud
  • Penargetan ulang URL

 

IS.GD

IS.GD adalah penyingkat URL lain yang berguna saat Anda mencari alat cepat untuk membantu mempersingkat tautan Anda dan merupakan salah satu penyingkat URL tercepat di luar sana. Langkah singkat yang bisa Anda lakukan adalah memasukkan URL di tempat yang tersedia dan klik tombol “persingkat”, dan selesai. Anda juga dapat memeriksa statistik link dengan melihat pratinjau halaman Anda menggunakan fitur pratinjau.

Tautan menjadi permanen setelah dibuat, jadi Anda tidak perlu khawatir tautan itu menghilang. Kelebihan lainnya adalah Anda dapat menyesuaikan tautan di bagian akhir untuk membuatnya unik untuk mewakili merek atau identitas Anda. Selain membantu Anda mempersingkat tautan, alat ini memiliki kemampuan untuk membuat kode QR. Karena banyak ponsel cerdas yang memiliki kemampuan untuk membaca kode QR, ini dapat ditambahkan ke kartu bisnis atau iklan Anda, sehingga mereka yang tertarik juga dapat mengakses tautan Anda.

 

Baca Juga  :    Tips Cara Mengatasi Website yang Lambat Agar Bisa Diakses Lebih Cepat

 

Rebrandly

Rebrandly menawarkan teknologi pemendekan URL canggih yang dikemas dengan banyak fitur. Anda dapat menggunakan alat digital ini untuk membuat tautan khusus / bermerek dan lebih pendek yang mudah diingat. Anda dapat menggunakan penyingkat URL ini untuk membuat dan berbagi tautan pendek di berbagai jejaring sosial. Rebrandly juga memungkinkan Anda membuat ruang kerja terpisah dan rekan satu tim, yang mungkin menjadikannya penyingkat URL terbaik untuk tim, dan ini juga mencakup fitur-fitur canggih seperti dukungan penargetan ulang tautan. Adapun fitur- fitur yang bisa Anda coba dari website ini adalah :

  • Pembuatan tautan massal
  • Parameter UTM
  • Akses API
  • 100+ integrasi aplikasi
  • Emoji di tautan pendek
  • Kompatibel dengan GDPR
  • Server penskalaan otomatis yang cepat
  • Pelaporan pribadi
  • Laporan ubahsuaian
  • Pelacakan klik

 

TinyURL

TinyURL adalah solusi pemendekan URL terbaik untuk penggunaan anonim dan disini Anda dapat menyesuaikan string yang muncul di URL singkat Anda. TinyURL sepenuhnya anonim sehingga tidak perlu mendaftarkan akun. Namun, sisi negatifnya adalah tidak menawarkan analitik atau fitur lanjutan lainnya. Adapun fitur- fitur yang bisa Anda coba dari website ini adalah :

  • Pengalihan cepat
  • Pilihan untuk menyesuaikan URL yang dipersingkat
  • Penggunaan anonim
  • Mudah digunakan

 

Baca Juga  :     Apa Itu Deface Website : Pengertian, Ciri-Ciri, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

 

Kesimpulan dan Penutup

Pada dasarnya, penyingkat URL membutuhkan tautan yang panjang dan berat dan mengubahnya menjadi yang lebih pendek dan mudah dibagikan. Ini memungkinkan Anda untuk memberikan tautan yang mudah diingat dan dapat diketik pada kartu nama, iklan cetak, undangan wawancara online, formulir online atau situasi lain di mana seseorang tidak dapat mengklik hyperlink.

Penyingkat URL juga dapat berguna untuk mempersingkat tautan yang lebih panjang agar sesuai dengan batas karakter di media sosial dan aplikasi perpesanan, meskipun banyak platform yang mengurusnya untuk Anda. Twitter, misalnya, secara otomatis mempersingkat tautan apa pun yang dibagikan dengan layanan pemendekan t.co mereka. Jika Anda hanya mengirim sesuatu ke teman Anda, Anda hanya perlu khawatir tentang pemendekan URL jika Anda menggunakan SMS biasa.

 

Related Post :