4 Tips Menentukan Strategi Marketing Bagi Usaha Baru

Business, Marketing / 0 | | 0

Pemula wajib memperhatikan konsep pemasaran terbaik untuk memajukan sebuah usaha baru. Strategi marketing usaha baru memiliki lebih banyak tantangan namun bisa menghasilkan tingkat penjualan yang tinggi. Tentu strategi pemasaran yang dibentuk harus efektif dalam mendongkrak popularitas produk atau jasa yang ditawarkan. Nah, bagaimana tips memulai usaha bagi pemula dalam bidang strategi pemasaran ini? Berikut 4 hal yang wajib Anda perhatikan secara detail.

Baca Juga : Strategi Marketing : Pull vs Push

Tips Menentukan Strategi Marketing Bagi Usaha Baru

1. Memperkuat brand atau merek

Usaha baru yang tengah dirintis wajib memiliki nama atau brand agar bisa dikenal masyarakat secara luas. Membangun brand atau merek bisa menjadi langkah awal bagi pemula untuk mengenalkan produk atau jasa secara luas. Kalau Anda memiliki banyak modal, bisa mempertimbangkan logo, jingle atau tagline khusus yang bisa mengingatkan konsumen pada brand usaha Anda.

2. Mempelajari tingkat persaingan

Tips memulai usaha bagi pemula adalah mempelajari tingkat persaingan di pasaran. Hal ini bisa mendukung strategi pemasaran kalau Anda memiliki data seputar kelebihan dan kekurangan pesaing. Semakin Anda memahami lebih dan kurangnya pesaing, semakin besar kesempatan untuk mengembangkan usaha dari apa yang pesaing miliki dan apa yang pesaing tidak miliki.

Baca Juga : Tips Membuat Marketing Plan yang Baik untuk Bisnis

3. Aktif melakukan promosi

Lakukan promosi secara maksimal kalau ingin meningkatkan penjualan produk atau jasa. Promosi bisa dilakukan melalui media online sebaga sarana penjualan paling efektif dewasa ini. Anda bisa memanfaatkan semua media yang ada seperti sosial media, Youtube dan website. Pastikan memiliki konten positif agar para calon pelanggan tertarik membeli produk atau menggunakan layanan jasa Anda. Pastikan Anda bisa meningkatkan testimoni terpercaya dari para konsumen ya!

4. Mempelajari kebiasaan dan perilaku konsumen

Pemula wajib mempelajari kebiasaan dan perilaku konsumen untuk bisa melakukan inovasi usaha lebih baik lagi. Inovasi dan pelayanan yang berkualitas akan membuat konsumen Anda menjadi lebih loyal. Loyalitas konsumen akan membangun kredibilitas usaha dalam jangka panjang.

Baca Juga : Tips Mengefisiensikan Internet Marketing

Tips memulai usaha bagi pemula wajib diperhatikan secara maksimal agar bisa bersaing di tengah gempuran ekonomi yang semakin ketat. Selalu lakukan analisis SWOT sebelum menentukan jenis usaha yang akan Anda rintis. Perencanaan yang matang akan membuat usaha Anda bisa berkembang lebih baik dan meminimalkan risiko. Yuk, mencoba bisnis sejak usia muda!

 

Related Post :