Strategi Marketing : Pull vs Push

Business, Marketing / 0 | | 1

Pemasaran Internet adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa dengan menggunakan Internet sebagai medianya. Perkembangan Internet dari awal media ini terebentuk sampai sekarang sangatlah pesat. Yang mungkin sebelumnya kita hanya dapat bertukar informasi yang terbatas seperti text saja. Namun, sekarang hampir setiap multimedia yang lainnya seperti Video, Audio, Gambar, Dan lainnya dapat kita gunakan untuk bertukar informasi dengan media ini. Dan teknologi inipun dimanfaatkan sebagai landasan atau kendaraan untuk melejitkan pemasaran produk para pelaku usaha. Maka dikenal lah istilah e-Marketing, yaitu segala Teknik, Usaha, Metode berbasis digital yang digunakan untuk memperkenalkan, menjual, atau bahkan bertransaksi produk.

Baca Juga : Tips Membuat Marketing Plan yang Baik untuk Bisnis

Pemasaran digital sudah sangat pesat perkembangannya dan sudah sangat banyak jenis media atau Teknik yang digunakan untuk melakukannya. Namun, ada dua hal yang harus diperhatikan ketika anda sebagai pelaku usaha ingin memulai atau mengembangkan usaha anda dengan pemasaran digital, Dua hal tersebut adalah dua konsep strategi pemasaran digital, mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, simak berikut ini:

Tarik

Adalah suatu konsep pemasaran digital dimana posisi kita sebagai pelaku usaha adalah menugaskan pemasaran kita agar memancing konsumen untuk mencari, melihat, dan mengambil informasi secara langsung terhadap sebuah konten yang kita buat secara tetap.  Contoh: Website, Galeri Photo, Blog, Audio Steaming, Video Streaming, Graphic.

Kelebihan:

  • Hanya melakukan sebuah usaha atau tindakan yang satu arah. Tanpa harus adanya respons.
  • Tidak ada Batasan dari segi konten yang artinya dapat ditentukan secara bebas oleh anda sendiri.
  • Yang lebih banyak melakukan aktifitas hanyalah konsumen, kita hanya menyediakan.

Kekurangan:

  • Tidak ada personalisasi untuk menarik konsumen.
  • Bersifat pasif tanpa tindakan.

Dorong

Pemasaran digital ini menggunak sebuah usaha untuk menjaring onsumen dengan kita mengirimkan suatu konten atau bergerak aktif mendatangi konsumen secara digital. Contoh: SMS Marketing, Telemarketing, RSS, E-Mail marketing, Personal Chat.

Kelebihan:

  • Memiliki target secara khusus dan terarah.
  • Konten yang dikirim dapat disesuaikan dengan kondisi atau Behaviour konsumen.
  • Dapat mengetahui secara pasti target dan peluang konsumen yang potensial.

Kekurangan:

  • Butuh mekanisme dan Teknik yang baik.
  • Ada kemungkinan pesan tidak diterima atau ditolak konsumen.
  • Timbulnya rasa kebosanan atau terganggunya konsumen dengan pesan yang disampaikan

Baca Juga : Pentingnya Merancang Marketing Mix untuk Bisnis Online

Pada akhirnya dua konsep ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing dimana tiap konsep tersebut membutuhkan sebuah pendekatan yang efektif untuk dapat melakukannya dengan baik. Namun yang paling idealnya adalah bagaimana anda dapat menyeimbangkan keduanya antar push dan pull pemasaran digital usaha anda. Tapi pasti anda akan menemukan posisi ketika anda menggunguli pull dari pada push maupun sebaliknya. It’s depend in your opinion and your condition! Andalah yang berhak menentukan manakah yang lebih baik diunggulkan atau pun diseimbangkan.

Related Post :