5 Bahasa Pemrograman Untuk Pemula 2022

Web & Development / 0 | | 1

Pemrograman adalah bidang yang sangat populer belakangan ini. Alasannya adalah karena kebutuhan perusahaan akan software engineer semakin tinggi, sehingga karir di bidang ini semakin menjanjikan dari tahun-ke tahun. Sebagai pemula, Anda wajib mengetahui bahasa pemrograman untuk pemula berikut ini. 

Ada banyak alasan seseorang untuk belajar coding. Beberapa menjalaninya sebagai hobi, untuk menunjang karir, atau bahkan untuk mendapatkan pekerjaan baru. Bagi pemula, banyaknya bahasa pemrograman yang ada saat ini agak membingungkan. Manakah yang sebaiknya dipelajari lebih dulu? Temukan jawabannya dalam artikel berikut ini, ya. 

Baca Juga: Mengenal Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman Dart

10 Bahasa Pemrograman untuk Pemula 2022 

Tidak ada jawaban pasti tentang urutan bahasa pemrograman yang harus Anda pelajari. Memilih bahasa pertama akan tergantung pada jenis proyek apa yang ingin Anda kerjakan, untuk siapa Anda ingin bekerja, atau seberapa mudah Anda menginginkannya. Mudah-mudahan, panduan ini akan membantu Anda mempertimbangkan mana bahasa pemrograman yang cocok untuk Anda, ya. 

  1. JavaScript

bahasa pemrograman untuk pemula

JavaScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang merupakan salah satu teknologi inti dari World Wide Web, keseluruhan internet yang kia gunakan hari ini. Bahasa pemrograman yang satu ini banyak digunakan sebagai bahasa pemrograman sisi klien. Saat ini, 97,8 persen website di seluruh dunia dibangun dengan menggunakan JavaScript. 

Sekarang JavaScript juga digunakan untuk pemrograman dari sisi server dan membangun aplikasi non-browser web juga. Javascript dibuat pada tahun 1995 dan awalnya dikenal sebagai LiveScript. Namun, Java adalah bahasa yang sangat populer pada saat itu, sehingga diiklankan sebagai “adik” dari Java. Seiring dengan perkembangannya, JavaScript menjadi bahasa yang sepenuhnya independen. 

Saat ini, JavaScript sering disalahartikan sebagai Java, dan meskipun ada beberapa kesamaan di antara keduanya, kedua bahasa tersebut berbeda. Javascript adalah bahasa pemrograman paling populer di dunia dan sangat diminati oleh berbagai organisasi.

  1. Java

Java adalah bahasa pemrograman yang object-oriented dan memiliki banyak fitur, sehingga sangat diminati oleh programmer. Slogan Java adalah “Write once, run anywhere,” yang berarti bahwa bahasa ini dapat ditulis pada perangkat apa pun dan bekerja lintas platform.

Ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemrograman untuk pemula yang cocok dipelajari saat Anda baru berkecimpung di dunia pemrograman. Jadi, jika Anda ingin belajar bahasa yang akan membuat Anda mendapatkan karier yang menjanjikan, Java adalah salah satunya. Apalagi, bahasa pemrograman ini sudah banyak digunakan oleh programmer di perusahaan besar seperti Ebay, Amazon, dan IBM.

Selain itu, Java sering digunakan untuk pengembangan aplikasi Android dan iOS. Bahkan, sistem operasi Android sendiri dibangun menggunakan bahasa pemrograman Java, lho. Meskipun mungkin tidak semudah Python, Java adalah yang fleksibel dan cukup ramah pemula. 

Baca Juga: Pilih Java atau Kotlin dalam Membuat Aplikasi Android

  1. C/C++

bahasa pemrograman pemula

Meskipun bukan bahasa pemrograman yang paling mudah untuk dipelajari oleh pemula, namun mempelajarinya mungkin merupakan pilihan yang bijak. Tidak hanya memiliki banyak pengguna, tetapi memahami kompleksitas bahasa ini membuat Anda lebih mudah untuk mempelajari bahasa pemrograman lainnya.

C populer karena cepat dan handal, dan C++ populer karena merupakan akar dari begitu banyak bahasa pemrograman lainnya. C++ adalah versi terbaru yang sering digunakan untuk pemrograman komputer.  

Sebagai bahasa pemrograman untuk pemula, C dan C++ dapat Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan. C/C++ sering digunakan untuk membangun program yang kompleks dan memiliki grafis yang cukup berat. Contohnya, aplikasi edit foto, video, 3D, hingga video game. Bahasa pemrograman ini juga banyak digunakan untuk aplikasi mobile. 

  1. Phyton

Python adalah salah satu bahasa pemrograman paling populer saat ini dan cocok dipelajari oleh pemula karena mudah, cepat, dan sederhana. Selain itu, Python adalah bahasa pemrograman open-source yang gratis dengan banyak modul dukungan dan komunitas developer yang luas. 

Bahasa pemrograman ini juga mudah diintegrasikan dengan layanan web, memiliki struktur data yang ramah pengguna, dan aplikasi desktop berbasis GUI. Python adalah bahasa pemrograman yang populer untuk aplikasi machine learning dan deep learning. 

Selanjutnya, Python juga digunakan untuk mengembangkan aplikasi ilustrasi dan animasi 2D dan 3D seperti Blender, Inkscape, dan Autodesk. Python juga telah digunakan untuk membuat video game populer, termasuk Civilization IV, Vegas Trike, dan Toontown. Bahasa pemrograman ini juga digunakan untuk aplikasi sains dan komputasi seperti FreeCAD dan Abacus. 

Bahkan situs web dan aplikasi populer seperti YouTube, Quora, Pinterest, dan Instagram juga dibangun menggunakan Phyton. Menguasai bahasa pemrograman yang sangat fleksibel ini akan memudahkan Anda ketika ingin mendapatkan pekerjaan sebagai programmer atau developer. 

  1. Go

bahasa pemrograman

Go dikembangkan oleh Google pada tahun 2007 untuk API dan aplikasi web. Baru-baru ini, Go menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling cepat berkembang karena kesederhanaannya, serta kemampuannya untuk menangani sistem multicore dan jaringan serta basis kode yang besar.

Go, juga dikenal sebagai Golang, diciptakan untuk memenuhi kebutuhan programmer yang bekerja pada proyek-proyek besar. Bahasa pemrograman ini sangat populer di antara banyak perusahaan IT besar berkat struktur dan keakraban sintaksnya yang sederhana dan modern. 

Banyak perusahaan besar yang menggunakan Go sebagai bahasa pemrograman mereka termasuk Google, Uber, Twitch, Dropbox, dan lain-lain. Saat ini, Go juga semakin populer di kalangan data scientist karena cepat dan handal untuk mengolah banyak data. 

Baca Juga: Mengenal Fungsi Bahasa Pemrograman Populer Phyton

Penutup

Cara terbaik untuk belajar bahasa pemrograman untuk pemula adalah dengan mempertahankan konsistensi, dan rajin mencari materi yang up to date dengan kebutuhan industri. Saat ini, sudah ada banyak sarana belajar pemrograman yang dapat Anda akses melalui internet. Mulai dari video youtube, hingga berbagai kursus online. 

Sebagai programmer, Anda tentunya butuh layanan server yang handal untuk menghosting berbagai aplikasi yang sudah Anda buat. Gunakan Cloud VPS IDCloudHost yang memiliki performa handal dan fleksibel untuk berbagai kebutuhan Anda. Coba sekarang dan dapatkan free credit Rp 50.000,-. 

 

 

Related Post :

popup image