5 Pertimbangan Desain Infrastruktur untuk Cloud Computing

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Cloud Computing atau Komputasi Awan menjadi trend teknologi masa depan yang digunakan saat ini. Untuk mewujudkan suatu sistem Cloud Computing yang kompleks, tentunya perlu adanya kombinasi semua infrastruktur teknologi yang saling bekerja sama untuk memfasilitasi platform cloud computing itu sendiri.

Baca juga : Mengenal Teknologi Cloud Hosting dan Keunggulannya

Sebagai salah satu Web Hosting Provider dan Service yang menyajikan cloud Computing pada layanannya, IDCloudHost sebagai salah satu yang mengadopsi Cloud Computing harus selalu melakukan penelitian dan memastikan bahwa hal tersebut sesuai dengan kebutuhan para penggunanya. Tanpa infrastruktur dasar yang baik dan dengan perencanaan yang buruk, model awan benar-benar dapat menjadi penghalang dan menjadi sulit untuk mengelola, sehingga ada beberapa hal yang menjadi komponen infrastruktur yang paling penting dalam pengelolaan Cloud Computing. Diantaranya :

  • Hardware. Seperti yang kita ketahui bahwa teknologi Cloud Computing sendiri merupakan suatu komputerisasi virtual. Dalam menciptakan sebuah platform Cloud, perangkat keras yang digunakan menjadi faktor utama untuk kelangsungan suatu sistem platform cloud computing. Tentunya perlu adanya maintenance yang maksimal pada hardware untuk meningkatkan kualitas dan performa dari Cloud Computing platform.
  • Storage. Komponen utama dari solusi cloud adalah akan pentingnya suatu media penyimpanan. Dalam bekerja dengan penyimpanan, sangat penting untuk memilih platform yang tepat untuk suatu provider Anda, pengontrol penyimpanan dapat berakibat serius pada tidak ter-managenya beban kerja pada cloud. Tentunya untuk memaksimalkan kapasitas penyimpanan perlu adanya manajemen terhadap kapasitas penyimpanan yang ada pada infrastruktur yang digunakan.
  • Bandwidth. Bandwidth menjadi faktor lain dalam memberikan suatu produk cloud hosting yang berkualitas. Untuk bandwidth sendiri kebutuhannya tergantung dengan kebutuhan pengguna, administrator harus menyadari apa yang mereka memberikan, jarak yang harus perjalanan informasi, dan berapa banyak pengguna bersamaan akan mengakses infrastruktur sekaligus. sehingga alur serta manajemen bandwidth yang baik akan menjadi faktor utama untuk menjaga kualitas suatu performa platform cloud computing.

Baca Juga : Prediksi : Teknologi Web Hosting Masa Depan

  • Virtualization. Seperti disebutkan sebelumnya salah satu elemen inti dari platform awan virtualisasi. Ini bisa menjadi desktop, penyimpanan aplikasi, dan bahkan virtualisasi pengguna. Dalam Cloud Computing kita dapat memvirtualisasi semuanya dan tentunya peran dari administrator menjadi faktor yang sangat penting dalam melakukan manajemen terhadap suatu fungsionalitas sistem yang digunakan di platform cloud computing. Keindahan teknologi komputasi saat ini adalah bahwa semua komponen virtual dapat disampaikan melalui awan. Virtualisasi menciptakan lingkungan yang sangat lincah mampu penyediaan sumber daya yang cepat artinya virtualisasi sangat cocok untuk kondisi yang fleksibel.
  • Delivery methodology. Salah satu manfaat besar dari komputasi awan adalah fleksibilitas dengan titik akhir. Tim TI harus menyadari bahwa data, informasi dan beban kerja dapat dikirimkan ke hampir perangkat apapun dengan koneksi internet. Nah dalam hal ini perlu adanya metodelogi pengiriman yang tepat sasaran untuk keefektifitasan dan efisiensi penyebaran suatu informasi yang berada pada platform Cloud. Dengan Metode pengiriman yang tepat dan cepat tentu akan membantu dan mempermudah segala infrastruktur dalam melakukan manajerial terhadap alur suatu sistem yang berkerja cepat dan realtime.

Baca Juga : Pemenuhan Cloud Sebagai Jawaban Bagi UKM

Nah, dari semua infrastruktur yang disebutkan diatas menjadi faktor utama IDCloudhost dalam melakukan prioritas terhadap pengembangan dan pemberian layanan yang maksimal, tentunya masih banyak infrastrur pendukung lain untuk menjadikan cloud computing menjadi teknologi masa depan yang dapat digunakan oleh siapapun nantinya.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat 🙂

Related Post :

popup image