5+ Tips Membuat CV Terbaik Agar Dilirik HRD

Startup & Bisnis / 0 | | 0

Bagi Anda yang sedang melamar pekerjaan, CV atau Curriculum Vitae pasti merupakan syarat wajib. Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan saat membuatnya, karena CV menjadi pertimbangan HRD untuk menilai calon karyawan. Untuk membantu Anda, simak tips membuat CV berikut ini. 

Dengan membuat CV yang baik, kesempatan Anda untuk lolos ke tahap interview juga semakin besar, lho. Namun, tahukah Anda bahwa HRD tidak butuh waktu lama untuk membaca CV dan menentukan Anda lolos atau tidak? 

Terkadang, mereka hanya butuh hitungan detik saja untuk menentukan. Karena itu, membuat CV yang menarik dan mampu mencuri perhatian HRD sangat penting bagi pelamar kerja. Bagaimana caranya? Apa saja yang harus Anda perhatikan agar CV dilirik HRD? Temukan jawabannya dalam artikel ini, ya. 

Baca Juga: 5+ Rekomendasi Website Buat CV Online Gratis dan Terbaik 2022

5+ Tips Membuat CV Agar Dilirik HRD

Dengan melihat CV, seorang rekruter dapat mengetahui tentang sosok calon karyawan. Di dalamnya, ada informasi tentang performa, pengalaman, hingga kepribadian pelamar tersebut. Tanpa adanya CV, akan sulit bagi rekruter untuk tertarik pada Anda dalam proses seleksi karyawan. Karena itu, tips membuat CV berikut ini sangat penting Anda terapkan dalam proses melamar pekerjaan. 

  1. Sesuaikan dengan Pekerjaan yang Dilamar

tips membuat cv

Saat membuat CV, Anda tentu ingin menuliskan pengalaman dan kemampuan sebanyak-banyaknya agar terlihat lebih unggul dibanding kandidat lain. Sebenarnya, CV yang menarik adalah yang memuat pengalaman yang relevan dengan posisi yang dilamar. Karena itu, penting bagi Anda untuk memilah pengalaman apa saja yang akan dimasukkan dalam CV tersebut.

Pengalaman tersebut harus sesuai dengan jabatan dan perusahaan yang Anda lamar. Contohnya, Anda ingin melamar untuk posisi Content Writer. Namun, sebelumnya Anda bekerja sebagai Customer Service di sebuah perusahaan. Anda juga pernah bekerja freelance sebagai penulis artikel di sebuah website. 

Dalam contoh ini, sebaiknya pengalaman yang Anda cantumkan adalah freelance penulis artikel saja. Pengalaman sebagai Customer Service tidak perlu dimasukkan dalam CV karena tidak relevan dengan jabatan Content Writer yang ingin Anda lamar. 

Memasukkan pengalaman yang relevan dengan jabatan dan industri akan membuat Anda tampak lebih unggul dari kandidat lain. Hal ini juga membuat CV Anda sukses dilirik oleh HRD dan mendapat nilai plus. 

Bagi Anda yang merupakan fresh graduate, mungkin belum punya pengalaman yang relevan dengan industri. Anda bisa memasukkan pengalaman magang, kursus, atau project selama kuliah. 

  1. Singkat, Padat, dan Jelas

CV yang baik adalah CV yang tidak membingungkan tim rekruter ketika membacanya. Karena itu, sebaiknya Anda membuat CV yang singkat, padat, dan jelas. Akan lebih baik menjelaskan tentang pengalaman dan kemampuan Anda secara ringkas agar mudah dipahami oleh orang yang membacanya

CV yang ideal biasanya terdiri dari 1 sampai 2 halaman. Usahakan CV yang Anda buat jangan lebih dari 2 halaman, terutama jika Anda belum memiliki banyak pengalaman kerja yang relevan dengan industri. Anda bisa membuat desain yang sesuai agar dapat memuat informasi ini dengan ringkas dan jelas. Masukkan data personal dan pengalamann Anda di kolom-kolom yang ada dengan penjelasan singkat yang tidak bertele-tele. 

  1. Cantumkan Kontak yang Aktif dan Profesional 

tips membuat cv

Kontak adalah salah satu elemen terpening dalam CV Anda. Informasi ini berguna bagi para rekruter untuk menghubungi Anda kembali jika lolos ke tahap interview. Selain itu, terkadang ada juga rekruter yang mengunjungi halaman media sosial atau portofolio Anda untuk mengetahui Anda lebih jauh. 

Karena fungsinya yang krusial ini, sebaiknya Anda benar-benar memperhatikan informasi yang Anda tulis pada informasi kontak. Pastikan Anda mencantumkan kontak yang aktif. Sehingga, saat HRD dapat menghubungi dengan mudah karena nomor HP Anda senantiasa aktif, begitu pula dengan email. Selain itu, cantumkanlah kontak yang profesional. Misalnya, untuk email sebaiknya gunakan nama asli Anda agar terlihat lebih resmi. Hindari menggunakan nama-nama email yang aneh

Berikut contoh email yang sebaiknya Anda cantumkan:

[email protected]

 

Berikut contoh email yang sebaiknya tidak Anda cantumkan: 

[email protected]

 

Hal yang sama juga berlaku untuk media sosial. Usahakan untuk mencantumkan akun personal yang menggunakan nama Anda sendiri atau akun portofolio berisi karya-karya yang berkaitan dengan jabatan yang Anda lamar. 

  1. Gunakan Kata-Kata yang Powerful

tips membuat cv

Dalam membuat CV, kata-kata yang Anda gunakan memegang peran penting dalam menentukan kualitas CV tersebut. CV yang menarik biasanya menggunakan kata-kata yang powerful atau kuat. 

Walaupun sering disepelekan, penggunaan kata-kata yang kuat berpengaruh besar terhadap penilaian HRD terhadap Anda, lho. Misalnya, Anda bisa mengganti kata ‘tepat waktu’ jadi ‘berkomitmen tinggi’. Selain itu, Anda dapat menggunakan kata-kata seperti ‘meningkatkan’ atau ‘mencapai’ untuk menjelaskan pencapaian kerja Anda.

Baca Juga: Tips Membuat CV untuk Fresh Graduate yang Baik dan Benar untuk Melamar Kerja

  1. Perlihatkan Pemahaman Terhadap Industri

 

Cantumkanlah hal-hal yang berhubungan dengan industri dalam CV Anda. Hal ini akan membuat rekruter menilai Anda sebagai orang yang memahami industri mereka lebih dalam, sehingga Anda tampak lebih menarik daripada kandidat lain. 

Seorang karyawan yang memahami industri sangat penting bagi perusahaan, karena hal ini berarti lebih mudah untuk mengenalkan kayawan tersebut pada produk juga strategi bisnis mereka. 

Misalnya, Anda ingin melamar ke perusahaan teknologi. Dalam CV Anda, tunjukkanlah bahwa Anda benar-benar tertarik dengan bidang tersebut. Contohnya, pernah mengikuti kursus seputar teknologi, atau pernah mengerjakan project yang berhubungan dengan dunia IT, dan lain-lain. 

  1. Tata Bahasa yang Baik

tips membuat cv

Walaupun kadang luput dari perhatian, tata bahasa yang baik adalah salah satu kunci membuat CV menarik. Anda dapat membuat CV dalam Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Inggris. 

Namun, apapun bahasa pilihannya, pastikan tidak ada typo dan kesalahan grammar pada CV Anda. Membuat CV dengan tata bahasa yang baik menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang teliti dan profesional. Tentunya hal ini akan membuat Anda mendapatkan poin plus di mata tim rekruter. 

  1. Pemilihan Font yang Tepat 

CV yang baik adalah CV yang nyaman dibaca. Terkadang kita terlalu fokus pada desain CV yang menarik, sehingga ingin memasukkan banyak ragam icon dan font agar tampilannya tampak lebih indah. Namun, ternyata tidak semua font bisa dimasukkan ke CV, lho. Pilihlah font yang tampak profesional, rapi, dan mudah dibaca. 

Beberapa font yang dapat Anda gunakan untuk membuat CV adalah Arial, Helvetica, dan Calibri. Ukuran font juga tidak boleh terlalu kecil atau terlalu besar, sesuaikanlah dengan informasi yang Anda tulis. Pemilihan font yang baik akan membuat HRD lebih mudah membaca dan memahami isi dari CV Anda. 

Baca Juga: CV Kreatif dan Cara Membuat CV Kreatif untuk Lamar Pekerjaan

Penutup

Begitulah penjelasan tentang cara membuat CV yang menarik agar dilirik HRD. Yuk, terapkan tipsnya agar CV Anda semakin memikat di mata rekruter! Selain CV, hal lain yang perlu disertakan saat melamar kerja adalah portofolio yang menarik dan relevan dengan posisi yang Anda lamar. Anda bisa membuat website portofolio yang menarik dengan menggunakan WordPress Hosting IDCloudHost, buat website cepat dan mudah mulai dari Rp 5.000,-/bulan! 

 

Related Post :

popup image