7+ Aplikasi Desain Grafis Terbaik untuk Pemula

Tips & Tricks / 0 | | 0

Belakangan ini, desain grafis menjadi suatu hal yang banyak diminati. Banyak orang mulai belajar desain, bahkan ingin meniti karir di bidang ini. Ada banyak aplikasi desain grafis yang dapat Anda gunakan, tapi manakah yang paling cocok untuk pemula?

Aplikasi desain grafis ini dapat Anda gunakan di smartphone maupun di PC. Beberapa di antaranya ada yang gratis, tapi ada juga yang berbayar. Pilihan aplikasi yang kami rekomendasikan berikut ini bisa membantu Anda merancang desain yang keren dan wajib dikuasai jika ingin berkarir sebagai desainer grafis. Berikut penjelasannya!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Desain Grafis Android Terbaik dan Gratis 2022

Rekomendasi Aplikasi Desain Grafis Terbaik 

Banyaknya pilihan aplikasi yang ada mungkin membuat Anda yang masih pemula bingung harus belajar dari mana. Berikut adalah pilihan aplikasi yang memiliki fitur lengkap dan populer karena banyak digunakan oleh para desainer grafis seluruh dunia!

  1. Adobe Photoshop

Walaupun belum mendalami desain grafis, Anda pasti pernah mendengar nama software yang satu ini. Adobe Photoshop adalah aplikasi desain grafis yang paling populer di dunia. Jika ingin melamar pekerjaan sebagai desainer grafis di sebuah perusahaan, biasanya Anda akan diwajibkan untuk menguasai software yang satu ini. 

Kepopuleran Adobe Photoshop adalah karena fitur-fiturnya yang lengkap dan tampilannya yang user-friendly, sehingga mudah digunakan dan dipelajari oleh pemula. Anda dapat menggunakan Adobe Photoshop untuk berbagai keperluan editing foto dan gambar. 

Untuk mempelajari aplikasi yang satu ini, Anda akan dengan mudah menemukan tutorialnya di internet, yang terpenting adalah sering mempraktekkannya secara konsisten. 

  1. Corel Draw

Aplikasi desain grafis kedua yang wajib Anda coba adalah Corel Draw. Software yang satu ini juga sangat banyak digunakan oleh para desainer terkemuka untuk merancang karya-karya mereka. 

Walaupun sama-sama populer, Corel Draw memiliki perbedaan signifikan dengan Photoshop, lho. Aplikasi yang satu ini memungkinkan Anda mendesain dengan basis vector. Sehingga cocok digunakan untuk membuat logo, poster, brosur, dan lain-lain. 

Corel Draw juga bisa membantu Anda mengimpor dan mengekspor file ke dalam berbagai format seperti JPG, PNG, AI, PSD, PDF, dan lain-lain. Fitur-fitur yang lengkap di Corel Draw dapat Anda nikmati di Windows dan Mac dengan membeli software ini atau berlangganan layanan tahunan. 

  1. Adobe InDesign

Aplikasi desain grafis yang dapat Anda coba selanjutnya adalah Adobe InDesign. Sama seperti Photoshop, Adobe InDesign juga dikembangkan oleh perusahaan Adobe. Software yang satu ini lebih berfokus pada desain majalah, tabloid, dan koran karena fitur-fiturnya banyak ditujukan untuk membuat layout. 

Adobe InDesign cocok bagi Anda yang ingin mendalami industri publikasi. Adobe InDesign mendukung banyak format seperti JPG, PDF, DOCS, PNG, PSD, dan lain-lain. Hal ini membuat Anda lebih mudah untuk mengkolaborasikannya dengan software lain. Sama seperti software desain lainnya dari Adobe, InDesign mengharuskan Anda membayar biaya berlangganan agar dapat menggunakan fitur-fiturnya dengan leluasa. 

Baca Juga: 20 Font Aesthetic untuk Desain Feeds Instagram Kamu

  1. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator adalah aplikasi desain grafis yang memiliki fungsi mirip dengan CorelDraw. Aplikasi ini berfokus pada desain berbasis vector, karena itu Anda bisa menjadikannya alternatif dari CorelDraw untuk membuat desain poster, logo, banner, dan lain-lain. 

Adobe Illustrator memiliki fitur yang lengkap dan mampu menghasilkan hasil karya beresolusi sangat tinggi. Variasi warna yang disediakan di aplikasi ini juga lebih lengkap dan presisi, sehingga Anda lebih leluasa dalam memadupadankannya. 

Adobe Illustrator juga memiliki banyak template yang dapat Anda unduh dan gunakan, sehingga sangat memudahkan Anda dalam proses belajar dalam menggunakan aplikasi ini. Software ini dapat Anda gunakan di PC dan mengharuskan Anda untuk membayar biaya langganan per tahun. 

  1. Inkscape

Aplikasi desain grafis selanjutnya yang dapat Anda coba adalah Inkscape. Software yang satu ini memiliki fitur yang lengkap dan tampilan user-friendly, sehingga cocok untuk pemula di bidang desain grafis. Inkscape merupakan software desain berbasis vektor yang dapat Anda gunakan untuk membuat logo, ilustrasi, poster, dan lain-lain. 

Dibandingkan aplikasi desain grafis lainnya, Inkscape cukup ringan tapi tetap mampu menghasilkan desain beresolusi tinggi. Keunggulan aplikasi ini adalah Anda bisa menggunakannya secara gratis! 

Inkscape adalah aplikasi desain yang open-source, sehingga bebas digunakan dan dikembangkan oleh orang banyak. Karena itu juga, Inkscape mengalami perkembangan yang cepat dan pesat, serta sering memberi update pada fitur-fiturnya. 

  1. GIMP

Aplikasi desain grafis terbaik yang dapat Anda coba adalah GIMP. GIMP sendiri merupakan singktan dari GNU Image Manipulation Program. Software ini memiliki fitur yang mirip dengan Photoshop dan dapat digunakan untuk mengedit foto atau gambar.

Bagi Anda yang menggunakan Linux, aplikasi ini cocok untuk Anda karena dapat diinstal dengan mudah di berbagai distro Linux. Namun, aplikasi ini juga bisa digunakan dengan OS Windows dan OS X. 

Karena ukurannya yang lebih ringan daripada aplikasi desain seperti Photoshop dan Illustrator, GIMP dapat diinstal di komputer yang memiliki spesifikasi terbatas. Sehingga, Anda tetap bisa belajar desain grafis walaupun tidak menggunakan laptop berspesifikasi tinggi. 

GIMP juga menyediakan berbagai tutorial di website resmi mereka, lho. Nantinya Anda bisa menggunakan tutorial ini untuk semakin mendalami aplikasi yang satu ini. GIMP merupakan software desain grafis yang gratis dan open-source, sehingga Anda bebas menggunakannya tanpa biaya.

Baca Juga: 10 Tips Untuk Desain Web Terbaik Tahun 2022

  1. Figma

Figma adalah aplikasi desain grafis yang berfokus pada vector dan prototyping. Hal ini membuatnya unik karena Figma biasanya digunakan oleh UI/UX designer dalam merancang sebuah produk. Software yang satu ini dapat Anda gunakan secara online dan diakses langsung melalui browser. Menggunakan Figma juga memungkinkan Anda untuk berkolaborasi dengan desainer lainnya dalam tim Anda.

Anda dapat menggunakan Figma di PC dengan sistem operasi Windows dan Mac. Figma juga memiliki software pendukung bernama Figma Mirror yang membantu Anda melihat tampilan prototype melalui smartphone. Jika Anda tertarik untuk berkarir di dunia UI/UX, software yang satu ini wajib Anda kuasai. 

  1. Canva

Canva adalah aplikasi desain grafis yang paling mudah digunakan dan sangat populer saat ini. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan membuat desain lebih inklusif dan dapat dijangkau semua kalangan, tak hanya desainer grafis profesional saja. Jika Anda adalah pemilik bisnis yang ingin membuat desain untuk media sosial atau kebutuhan promosi lainnya, aplikasi ini akan sangat membantu Anda. 

Canva memiliki ribuan template yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Dengan aplikasi ini, Anda bisa membuat kartu ucapan, postingan media sosal, brosur, infografis, presentasi, bahkan video. Canva juga bisa Anda akses melalui smartphone maupun PC dengan mudah. 

Baca Juga: Inpirasi Desain Header Website Bagus, Keren dan Terbaik untuk Bisnis

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang aplikasi desain grafis terbaik untuk pemula. Mana yang menjadi pilihan Anda? Setiap aplikasi yang kami rekomendasikan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Selain itu, tiap aplikasi memiliki fungsi spesifik yang berbeda. Misalnya, Corel Draw dan Illustrator yang berguna untuk desain vector, atau Photoshop dan GIMP yang cocok untuk retouch dan editing foto. Sebelum memilih software untuk dipelajari, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan Anda juga, ya! 

Related Post :

popup image