Apa Itu SEMRush? Fitur dan Manfaatnya

Apa Itu SEMRush? Fitur dan Manfaatnya

 

Di era digital ini, kehadiran website menjadi hal yang amat krusial bagi sebuah bisnis. Anda sebagai pemilik bisnis pun harus menerapkan berbagai strategi digital marketing yang mampu mengoptimalkan promosi produk/layanan yang dimiliki. Salah satu yang bisa Anda optimalkan adalah Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).

SEO dan SEM dapat Anda tingkatkan peringkatnya melalui platform SEMRush. SEMRush biasa juga dikenal sebagai tools “satu untuk semua”. Hal ini karena penggunaan SEMRush pun bisa dipakai oleh pemula. Berikut akan dipaparkan mengenai SEMRush lebih dalam agar bisa membantu Anda dalam pengoptimalan bisnis.

Apa Itu SEMRush

SEMRush adalah alat yang bisa Anda pakai untuk memperoleh analisis rinci mengenai apa saja kata kunci yang ditargetkan, iklan produk yang akan dipakai, serta berbagai strategi marketing lainnya yang bisa digunakan untuk bangun bisnis Anda. Sedangkan menurut Pakar SEO Anil Agarwal menyebutkan bahwa SEMRush tidak hanya berperan sebagai SEO tools, akan tetapi juga menyajikan pandangan 360 derajat mengenai detail website lain yang menjadi pesaing bisnis.

SEMRush telah dikembangkan sejak 2008 oleh Oleg Schegolev dan Dmitry Melnikov. Saat ini tools ini sudah mempunyai database lebih dari 46 juta domain dan 120 juta pencarian keyword. Ada banyak fitur yang disediakan oleh SEMRush agar bisa membantu Anda dalam optimalisasi dan analisis website bisnis di mesin pencarian. Dengan SEMRush, Anda pun bisa menerapkan strategi digital marketing yang baik.

Kemudahan penggunaan bagi berbagai kalangan, mulai dari pemula hingga profesional membuat SEMRush menjadi salah satu tools yang banyak dipakai oleh pemilik bisnis. Platform ini menyediakan berbagai pilihan paket berlangganan dengan harga yang bervariasi. Anda bisa memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Baca juga: SEO vs PPC Advertising: Mana yang Lebih Efektif? – IDCloudHost

Fitur SEMRush

semrush

SEMRush menawarkan banyak fitur yang bisa Anda pakai untuk pengembangan website bisnis. Dengan fitur tersebut Anda tentunya tidak akan kebingungan lagi dalam menganalisis apa saja kelebihan dan kekurangan kompetitor bisnis. Anda pun akan mudah untuk menentukan strategi apa yang akan dilakukan kedepannya. Berikut akan dijelaskan lebih lengkap mengenai fitur-fitur yang ada pada SEMRush.

1. Keyword Research

Ketika Anda menjadi seorang SEO Specialist, penggunaan SEMRush akan sangat membantu dalam penemuan kata kunci relevan dan mempunyai potensi untuk menghasilkan traffic tinggi. SEMRush akan menyajikan akses ke database keyword besar, sehingga Anda akan memiliki banyak pilihan kata kunci.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan SEMRush untuk membandingkan kata kunci yang Anda pakai dengan kata kunci yang diterapkan oleh para kompetitor. Anda pun bisa melakukan riset kata kunci untuk iklan berbayar, dalam hal ini berupa Google Ads. Dengan demikian Anda akan memperoleh keuntungan dari Cost per click atau CPC.

2. Audit Website

Fitur yang disediakan selanjutnya adalah audit website. Anda bisa melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap website bisnis. Dari pemeriksaan tersebut Anda bisa mengetahui masalah teknis yang dialami website, mulai dari masalah SEO, loading yang lambat, meta tag yang hilang, dan adanya broken link atau tidak. Anda juga bisa memastikan SEO mana saja yang telah dioptimalkan dan memperoleh pilihan judul halaman, konten, serta meta description.

3. Riset Backlink

SEO juga bisa ditingkatkan melalui penerapan backlink. Backlink adalah link konten website yang mengarahkan ke halaman website lain. Dengan demikian reputasi halaman website tersebut akan meningkat. Penulisan backlink pada website Anda tidak bisa dilakukan secara sembarangan, dalam hal ini Anda bisa menggunakan SEMRush untuk melakukan pemeriksaan link mana yang berkualitas dan tidak.

4. Analisis SEO Mendalam

Tidak hanya mencari kata kunci, SEMRush akan membantu dalam melakukan analisis SEO mendalam. Mulai dari memantau peringkat kata kunci dan pemeriksaan SEO yang komprehensif. Anda bisa terus memeriksa perubahan peringkat kata kunci SEO tiap waktunya, dengan demikian Anda bisa terus memperbaiki dan mengevaluasi strategi kedepannya.

5. Analisis Pesaing

Tak kalah penting, Anda juga bisa memperoleh gambaran menyeluruh mengenai performa SEO website lain. Analisis kata kunci yang dipakai oleh pesaing dan sampai mana tingkatan SEO pesaing tersebut. Dengan demikian, Anda bisa menyeimbangkan bahkan melebih performa dari website pesaing bisnis Anda.

Baca Juga: Mengenal Keyword Density dalam Istilah SEO

Manfaat SEMRush

Dengan banyaknya fitur yang disediakan oleh SEMRush tentunya ada pula manfaat yang dirasakan oleh penggunanya.Terkhusus bagi Anda yang ingin mengoptimalkan visibilitas online website bisnis. Berikut akan disajikan lebih lengkap mengenai manfaat SEMRush yang dapat Anda rasakan.

1. Menemukan Kata Kunci

Fungsi utama dari SEMRush tentunya adalah untuk menemukan kata kunci yang akan mendukung pengembangan website bisnis. Dengan demikian, visibilitas website akan meningkat melalui pemilihan kata kunci relevan dengan target audiens. Traffic akan menjadi tinggi dan konversi penjualan menjadi lebih besar. Bisnis Anda pun akan mendapatkan keuntungan yang semakin banyak.

2. Pembanding dengan Pesaing

Fitur analisis pesaing yang disediakan oleh SEMRush akan amat membantu Anda dalam mempelajari dan mengevaluasi bisnis Anda dibandingkan dengan website bisnis pesaing. Anda bisa membandingkan performa website pesaing dengan website Anda, mengetahui apa saja kekurangan mereka dan menghindarinya, serta mengetahui kelebihan mereka dan menerapkan teknik amati, tiru, dan modifikasi atau ATM. Ketika Anda terus mengawasi perkembangan website bisnis pesaing, maka Anda bisa dikatakan selangkah lebih maju dari mereka.

3. Memahami Kinerja Situs Website

Analisis mendalam yang disajikan oleh SEMRush akan membantu Anda dalam melakukan identifikasi masalah SEO yang bisa saja menghambat performa website bisnis. Anda bisa melacak tiap saat performa website dari masa ke masa, sehingga Anda bisa tahu bagian mana saja yang perlu diperbaiki dan dievalusi agar lebih baik kedepannya.

4. Mengawasi Traffic Situs

SEMRush akan memberikan informasi mengenai dari mana pengunjung Anda berasal dan apa saja jenis konten yang akan mereka minati. Dengan demikian strategi SEO dan SEM Anda akan menjadi lebih baik. Anda bisa menentukan apa saja konten yang sekiranya berkualitas dan menarik para audiens.

5. Memperoleh Referensi Backlink

Anda harus memastikan backlink yang ada pada website Anda berkualitas. Setelah Anda menggunakan fitur analisis backlink SEMRush, maka Anda akan mendapatkan referensi backlink apa saja yang bagus untuk dipakai di dalam konten website. Penggunaan backlink tidak hanya akan meningkatkan SEO Anda, tetapi juga akan membantu Anda dalam membangun hubungan dengan pemilik bisnis lainnya. Hal ini karena dengan penyertaan link website lain, maka Anda dan pemilik website lainnya akan saling membantu dalam pengembangan bisnis.

Baca juga: Backlink vs Outbound Link: Mana yang Lebih Penting? – IDCloudHost

Penutup

Demikianlah penjelasan lebih dalam mengenai SEMRush. Banyaknya fitur dan manfaat yang ditawarkan oleh SEMRush tadi, maka Anda dapat meningkatkan visibilitas website dan bisnis pun akan memiliki keuntungan yang amat besar. Tingginya traffic website Anda tidak hanya ditentukan oleh SEO, akan tetapi ditentukan pula oleh hosting apa yang Anda pakai pada website bisnis tersebut. Hosting akan membantu Anda dalam melakukan pengelolaan server dan melindungi website bisnis Anda. Nikmatilah Layanan Cloud VPS IDCloudHost dan dapatkan full access serta scale up as you grow pertama di Indonesia.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update