Backlink vs Outbound Link: Mana yang Lebih Penting?

Backlink vs Outbound Link: Mana yang Lebih Penting?

Penerapan SEO dalam sebuah website menjadi strategi marketing yang penting. Namun ternyata untuk pembuatan konten pada website harus mengikuti berbagai tahapan sebelum akhirnya konten tersebut dipublikasi. Diantara tahapan tersebut, penggunaan backlink dan outbound link menjadi salah satunya. Professional SEO menyarankan agar menyematkan outbound link pada saat membuat konten artikel. Selain outbound link, juga ada istilah backlink. Agar istilah ini dapat Anda pahami, perlu untuk mengetahui perbedaan di antara keduanya. Berikut akan kami jabarkan apa saja perbedaan dari backlink vs outbound link pengertian, manfaat dan cara menerapkannya

Apa Itu Backlink?

Backlink adalah tautan yang menghubungkan satu halaman dengan halaman lainnya pada domain yang sama. Tautan ini memudahkan pembaca dan mesin pencari untuk menemukan konten di situs web Anda. Backlink biasa disebut juga sebagai tautan internal.  Pembaca menggunakannya untuk menjelajahi situs web Anda dan berinteraksi dengan konten. 

Search engine menggunakan backlink untuk memahami konteks struktur situs web Anda dan hierarki di antara halaman dan konten lainnya. Memiliki strategi backlink yang baik membantu mesin pencari memberikan nilai pada konten Anda. Hal ini juga menunjukkan kepada mereka kapan dan bagaimana merekomendasikan konten Anda kepada para pencari berdasarkan kata kunci dan kueri yang relevan.

Apa itu Outbound Link?

Outbound Link adalah ketika Anda menyertakan tautan ke situs eksternal di halaman blog atau situs  web Anda. Ringkasnya, link ini menjadi kebalikan dari backlink. Outbound Link  membawa pembaca dari satu domain ke domain lain, keluar dari situs web atau konten Anda. 

Tautan ini juga dikenal dengan nama external link. Ibarat sebagai sebuah “referensi” dalam konten, sebaiknya sertakan sedikitnya satu atau dua tautan keluar dalam konten blog Anda jika memungkinkan. Tautan ini harus mengarah ke sumber daya industri yang dapat diandalkan, artikel, atau situs web terpercaya. Saat Anda meneliti dan menulis konten, tautan eksternal memberikan pilihan kepada pembaca untuk membaca artikel lain tentang topik tersebut. 

Dalam penggunaan outbound link Anda harus memastikan untuk tidak menggunakannya terlalu sering. Selain itu pastikan tautan tersebut terhubung ke tujuan yang dapat diandalkan. Jika tautan tersebut mengarah ke situs web berkualitas buruk atau situs yang berisi spam dan iklan, maka tautan tersebut akan merusak SEO Anda bukan meningkatkannya. 

Baca Juga: Mengenal Hotlinking dan Cara Mencegahnya

Perbedaan Backlink vs Outbound Link

Backlink dan outbound link adalah dua hal yang berlawanan. Berikut adalah beberapa cara lain yang membedakan keduanya:

  • Kontrol

Tautan eksternal memberikan kontrol yang lebih besar dalam konten. Anda bisa bebas memutuskan di mana harus meletakkannya di setiap konten. Situs web, blog, atau sumber online apa pun dapat ditautkan kembali ke konten Anda. Mereka tidak memerlukan izin Anda untuk menautkan ke situs Anda, sama seperti Anda tidak memerlukan izin untuk menautkan ke situs orang lain.

Sementara backlink, mementingkan kualitas daripada kuantitas. Backlink dapat merusak posisi SEO Anda di Google dan mesin pencari lainnya jika banyak berasal dari sumber yang tidak dapat dipercaya. Anda mungkin lebih baik tidak memiliki backlink sama sekali.

  • Akuisisi

Peningkatan SEO yang Anda dapatkan dari tautan eksternal tidak memiliki bobot sebanyak yang Anda dapatkan dari backlink. Anda tentu ingin mendapatkan backlink secara alami. Maksudnya ialah sumber lain menemukan konten Anda melalui pencarian, media sosial, atau bentuk komunikasi lainnya. Ketika orang membacanya, mereka menganggap konten tersebut sangat berharga sehingga mereka ingin membagikannya kepada audiens mereka sendiri atau mengutipnya dalam penelitian mereka sendiri. Semakin banyak konten berkualitas yang Anda hasilkan, semakin banyak backlink yang Anda dapatkan.

  • Definisi Nilai

Tautan eksternal dan backlink sama-sama memiliki nilai untuk meningkatkan SEO Anda. Tetapi bagaimana para profesional mendefinisikan nilai tersebut sedikit berbeda. Google dan mesin pencari lainnya menentukan nilai backlink melalui domain yang memberi, atau sumber yang menautkan kembali ke konten Anda. Mesin pencari melihat peringkat otoritas domain tersebut, jumlah lalu lintas organik yang diterimanya, dan skor spam untuk menentukan apakah domain tersebut merupakan sumber yang kredibel.

Domain dengan otoritas domain yang tinggi, banyak lalu lintas organik, dan skor spam yang rendah mempunyai nilai yang tinggi. Nilai tautan eksternal berasal dari domain Anda dan hubungannya dengan situs lain. Jika konten Anda memiliki konteks yang sama dengan halaman lain, dan sumber lain tersebut dapat dipercaya, mesin pencari akan menganggap tautan eksternal tersebut berharga.

Persamaan Backlink dan Outbound Link

Terlepas dari perbedaannya, ada juga beberapa kesamaan antara tautan eksternal dan backlink, terutama faktor SEO-nya. Meskipun backlink memiliki bobot yang lebih besar dalam strategi SEO Anda, keduanya tetap mempengaruhi peringkat pencarian organik Anda dan seberapa besar keinginan Google dan mesin pencari lainnya untuk merekomendasikan konten Anda kepada orang lain. Mereka menilai tautan eksternal dan backlink dengan banyak faktor yang sama, termasuk:

  • Otoritas

Apa pun jenis tautan yang Anda hadapi, Anda harus memastikan bahwa sumber di sisi lain kredibel dan berwibawa. Ketika menautkan secara eksternal ke konten Anda sendiri, Anda harus memastikan bahwa sumber yang Anda tautkan valid. Sebagai contoh, menautkan ke lembaga pemerintah memiliki bobot yang lebih besar dan memiliki kredibilitas yang lebih tinggi dibandingkan menautkan ke artikel dari blogger yang tidak terkenal. 

  • Anchor Text

Memilih anchor text yang tepat untuk tautan eksternal Anda membantu mesin pencari memahami konteks konten Anda dan apa yang akan ditemukan orang saat mengikuti tautan ke domain lain. Saat menerima backlink dari sumber lain, terutama saat bekerja sama dalam kemitraan pembuatan tautan, Anda ingin orang lain menggunakan variasi kata kunci target konten Anda dalam teks jangkar.

  • Relevansi Topik

Menautkan ke sumber-sumber dengan topik yang sama dengan konten Anda menunjukkan bahwa Anda telah melakukan riset dan informasi yang Anda bagikan kredibel. Di sisi lain, saat Anda menerima tautan dari sumber yang membahas topik yang sama dengan konten Anda-apakah mereka memiliki otoritas domain yang lebih tinggi atau tidak-itu membantu Google memahami hubungan di antara konten. Mendapatkan backlink dari sumber yang ada di industri Anda memiliki bobot yang lebih besar dibandingkan backlink dari sumber yang tidak.

Manfaat dari Backlink dan Outbound Link

backlink vs outboundlink

Menyertakan tautan baik itu backlink dan outboundlink memiliki manfaat untuk konten yang Anda buat. Diantara manfaat tersebut ialah:

  • Menambah Kredibilitas Konten

Tautan eksternal membantu menambah kredibilitas konten Anda dengan cara menunjukkan bahwa Anda memasukkan informasi dari seluruh industri ke dalam konten Anda, bukan hanya berbicara dari pengalaman Anda sendiri. Ketika konten Anda lebih kredibel, kemungkinan besar akan menarik lebih banyak audiens. Hal ini menandakan kepada mesin pencari bahwa konten Anda berkualitas tinggi.

  • Meningkatkan Peringkat Halaman

Semakin banyak klik, keterlibatan, dan share yang Anda dapatkan menunjukkan kepada Google dan mesin pencari lainnya bahwa orang-orang menganggap konten Anda berharga. Semakin banyak nilai yang diberikan pada konten Anda, semakin besar peluangnya untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi pada halaman hasil mesin pencari (SERP). 

Hal ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik dan mengembangkan bisnis Anda. Semakin tinggi peringkat Anda, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan backlink dari konten Anda. Hal ini juga memberitahu Google dan mesin pencari lainnya bahwa konten Anda berkualitas tinggi. Hal ini meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dan bertahan di sana lebih lama.

  • Lebih Terpercaya

Tautan balik memberitahu mesin pencari bahwa sumber lain secara online menjamin konten Anda. Jika menurut mereka konten Anda bagus, pembaca dan pencari umum juga akan berpikir demikian. Ketika otoritas situs Anda dibangun dengan tautan eksternal, mesin pencari akan mulai memberi peringkat yang lebih tinggi.

Salah satu prioritas utama mesin pencari adalah memberikan pengalaman pengguna sebaik mungkin. Saat pembaca nyata dan sumber pengembangan konten lainnya merekomendasikan konten Anda, hal ini menunjukkan kepada mesin pencari bahwa domain Anda memberikan pengalaman pengguna berkualitas tinggi yang diharapkan.

Baca Juga: Cara Membuat Bio Link dengan Website Instan IDCloudHost

Cara kerja Backlink dan Outbound Link

Tautan eksternal dan backlink bekerja sama dalam arah yang berlawanan. Itulah mengapa konsepnya menjadi membingungkan. Ketika konten Anda menerima backlink dari sumber lain, tautan tersebut adalah tautan eksternal dalam konten lain. Ketika Anda menggunakan tautan eksternal dalam konten Anda, Anda memberikan sumber lain sebagai backlink.

Untuk memudahkan pemahaman Anda dapat menggunakan dua rumus ini untuk melihat bagaimana setiap jenis tautan berhubungan dengan situs web Anda, dan bagaimana tautan tersebut muncul untuk masing-masing tautan:

Tautan dari domain atau konten Anda → Domain lain = Tautan Eksternal

Tautan dari domain lain → Domain atau konten Anda = Tautan Balik

Baca Juga: Mengenal Backlink : Pengertian, Manfaat, & Cara Mendapatkanya

Penutup

Berdasarkan pemaparan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa backlink dapat memudahkan pembaca dan mesin pencari untuk menemukan konten di situs web Anda. Sedangkan melampirkan outbound link dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap website Anda. Kepercayaan menjadi sinyal baik untuk pengalaman pengguna.  Namun sebelum itu ayo seger daftarkan website Anda dengan menggunakan layanan hosting dari IDCloudHost. Selamat mencoba!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update