Alat Riset Keyword Ubersuggest : Contoh Penerapan, Kelebihan dan Kekurangannya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Kata kunci atau keyword adalah dasar dari SEO (Search Engine Optimization) yang penting bagi kelangsungan semua situs web dunia. Karena jika tidak ada yang menelusuri apa yang Anda tulis, Anda tidak akan mendapatkan lalu lintas dari Google sama sekali. Untuk itu diperlukan mencari dan menggunakan kata kunci yang tepat yang umumnya dilakukan dalam proses riset keyword.

Riset kata kunci sendiri adalah proses memahami bahasa yang digunakan pelanggan target Anda saat mencari produk, layanan, dan konten Anda. Dari sini juga melibatkan menganalisis, membandingkan, dan memprioritaskan peluang kata kunci terbaik untuk situs web Anda. Proses pencarian kata kunci menjadi sangat penting karena ini adalah satu-satunya cara utama untuk mengetahui apa saja yang diketik orang di mesin pencari seperti Google.

Sebuah riset keyword dapat membantu Anda memberikan wawasan, data, dan informasi yang berharga tentang kueri yang sebenarnya dicari audiens target Anda di Google. Dari semua wawasan yang dapat Anda peroleh tentang istilah pencarian yang sebenarnya ini dapat membantu menginformasikan strategi konten serta strategi pemasaran Anda yang lebih besar. Banyak pemilik situs web membuat kesalahan sehingga laman situs web mereka tidak mendapatkan lalu lintas dari Google seperti laman web lainnya yang mempunyai riset keyword yang matang.

 

Mengenal Alat Riset Keyword Ubersuggest dan Fitur Terbaiknya

 

Awalnya disebut Ubersuggest.io, Ubersuggest adalah alat penelitian kata kunci gratis yang dibeli oleh pemasar ulung Neil Patel. Dimaksudkan untuk percobaan, Neil ingin mencoba mengembangkan bisnisnya tanpa bantuan pemasaran konten apapun selain menggunakan alat gratis. Ubersuggest sendiri memiliki banyak fitur berbeda untuk membantu penggunanya dalam menemukan ide kata kunci, data, dan menganalisis persaingan.

Sebagai alat riset keyword gratis, Ubersuggest cukup mumpuni dan akan sangat tepat jika digunakan oleh pemasar pemula yang tidak mempunyai budget pemasaran terbatas. Alat ini cukup lengkap untuk memandu pengguna pemula dalam mencari poin keunggulan mereka atas para pesaing, menggali dan menentukan strategi serta menemukan konten apa yang tengah populer dalam industri mereka dari waktu ke waktu. Alat Ubersuggest adalah alat SEO gratis untuk menganalisis dan meneliti area yang relevan dari optimasi mesin pencari ini menawarkan koleksi alat yang luar biasa luas, yang beberapa diantaranya adalah :

  • Riset kata kunci
  • Analisis kata kunci
  • Analisis Persaingan
  • Analisis Tautan Balik
  • Audit Situs
  • Konten Ide, dll.

 

Baca Juga  :    Pemahaman Dasar Riset Keyword Untuk SEO

 

Kelebihan dan Kekurangan Ubersuggest

Ada banyak alat yang bisa membantu dalam melakukan riset kata kunci bagi kebutuhan pemula salah satunya adalah Ubersuggest adalah alat SEO gratis yang mengkhususkan diri dalam menghasilkan ide kata kunci baru. Awalnya didirikan sebagai alat yang menghapus persyaratan Google Suggest, Ubersuggest yang diakuisisi oleh pengusaha Neil Patel telah memperluas set fitur secara signifikan. Namun begitu alat ini juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri yang harus dipahami oleh para pengguna.

 

Kelebihan Ubersuggest

  • Berbeda dengan alat lainnya, Ubersuggest adalah alat gratis yang tidak memiliki batasan sehingga penggunanya dapat menggunakannya sesering yang Anda inginkan.
  • Tersedia di internet dan dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja.
  • Ubersuggest dianggap jauh lebih baik daripada perencana kata kunci Google.
  • Memberi pengguna banyak ide kata kunci baru.
  • Menggunakan data berbasis lokasi yang sangat mudah untuk dicari oleh SEO.
  • Membantu pengguna dengan memberi mereka hasil yang cepat dan metrik yang disederhanakan.
  • Memberikan penggunanya informasi, data dan wawasan yang cukup berguna di atas informasi dasar karena menggunakan saran Google.
  • Berjalan sangat cepat dan menghasilkan ide kata kunci baru untuk situs Anda.
  • Sangat ramah pengguna yang setelah pengujian cepat membantu memberi Anda nilai bagus tanpa terlalu banyak usaha.
  • Data pada setiap kata kunci juga mencakup grafik dan statistik.
  • Memiliki cloud kata untuk membantu Anda memvisualisasikan kata kunci Anda.
  • Pengguna memiliki opsi untuk memilih bahasa apa pun yang mereka inginkan gunakan selain bahasa Inggris.

 

Baca Juga  :    Apa Itu Keyword Stuffing : Pengertian, Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasinya

 

Kekurangan Ubersuggest

  • Sayangnya alat ini juga mempunyai beberapa keterbatasan pada target pasar jika dilihat dari ulasan pengguna yang menunjukkan bahwa sulit untuk menemukan hasil yang terkait dengan ceruk pasar tertentu.
  • Anda tidak akan menemukan aplikasi seluler apa pun di Ubersuggest dan tata letak seluler di situs web sedikit kurang sehingga mungkin akan menjadi kekurangan yang tidak bagus jika pengguna memerlukan opsi ini.

 

Baca Juga :    Perbedaan Long Tail Keyword dan Short Tail Keyword dalam SEO

 

Contoh Penerapan Ubersuggest

 

Gratis dan bertindak sebagai fasilitator yang hebat dan merangsang kreativitas Anda untuk mempromosikan konten yang dilakukan atau dilakukan oleh perusahaan Anda, , Ubersuggest menjadi cukup andal bagi pemula maupun mereka yang ingin mencari cara riset yang berbeda. Melalui informasi yang Anda berikan, Anda dapat membuat beberapa strategi untuk meningkatkan kehadiran online Anda dan meningkatkan kesadaran akan brand Anda. Berikut adalah beberapa contoh praktik Ubersuggest di bawah ini.

  • Membantu penerapan SERP

    SERP adalah singkatan dari Search Engine Results Page, yang dikenal sebagai halaman Google di mana semua tautan yang terkait dengan nama yang Anda masukkan ke dalam pencarian Anda muncul. Halaman ini juga berisi tautan sponsor, yang digunakan banyak perusahaan untuk memiliki visibilitas lebih dan tetap berada di puncak pencarian. Tautan yang disarankan pertama adalah yang paling dekat dengan pencarian Anda dan yang memiliki relevansi lebih pada subjek yang dimaksud.
    Melalui semua halaman ini, Anda dapat menganalisis bagaimana keseluruhan struktur teks digunakan dan jenis bahasa yang digunakan untuk dapat berbicara tentang subjek yang dimaksud. Sedangkan di Ubersuggest, Anda dapat memantau konten yang disebarkan pesaing Anda dan jenis kata kunci yang paling sering mereka gunakan untuk teknik SEO mereka. Ini akan sangat penting untuk mengetahui pasar yang menjadi bagiannya dan juga untuk melihat apakah Anda mendistribusikan konten dengan cara yang salah atau benar.

  • Mencari dan menemukan peluang

    Dalam menemukan dan melakukan riset kata kunci, jangan lupa untuk mengeksplorasi jumlah kata maksimum untuk konten yang diberikan dan kemudian memilih strategi SEO terbaik. Ini adalah cara untuk memunculkan ide kolaborasi tim Anda dan menjaga agar sektor yang paling aktif terus berupaya mencapai tujuannya. Selain juga dapat mendorong pembuatan kalender editorial untuk mendistribusikan artikel dan materi Anda deng efisien sehingga membuat Anda bekerja dengan perencanaan dan menjaga pikiran Anda pada pemikiran yang lebih strategis.
    Anda juga harus memperhatikan jenis konten yang Anda buat baik itu berupa visual, video atau artikel cara memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna dll, ini adalah poin penting yang harus Anda perhatikan juga. Poin penting lainnya adalah membatasi jumlah kata yang akan digunakan dalam konten karena ini akan berpengaruh pada keputusan pembaca nantinya. Jadi selalu bekerja dengan relevansi dan dengan bahasa yang tepat dalam membuat konten.

  • Membantu dalam memberi saran

    Salah satu fitur yang bisa diandalkan dari Ubersuggest adalah adanya bantuan saran kata-kata yang mirip dengan apa yang Anda riset yang dapat melakukan analisis mendalam dan bahkan mempertanyakan apakah kata kunci yang Anda gunakan cukup benar untuk memberikan pengembalian finansial.
    Dengan menghadirkan ide yang sangat dekat dengan kata kunci Anda, Anda dapat bekerja membangun konten untuk meningkatkan lalu lintas di situs web atau blog perusahaan/bisnis Anda. Anda juga dapat mengubah judul posting lama dengan menyelaraskannya dengan kata kunci yang akan memberi Anda pengembalian paling banyak nantinya.

 

Baca Juga :   Apa itu LSI Keywords / Latent Semantic Indexing Keyword ?

 

Kesimpulan dan Penutup

Secara relatif, tidak ada alat riset kata kunci terbaik karena itu akan bergantung pada preferensi masing- masing penggunanya. Kata kunci terbaik untuk strategi SEO Anda akan mempertimbangkan relevansi, otoritas, dan volume akun. Anda ingin menemukan kata kunci yang sangat dicari yang dapat Anda bersaing secara wajar berdasarkan tingkat persaingan yang Anda hadapi termasuk juga kemampuan Anda untuk menghasilkan konten yang melebihi kualitas peringkat saat ini.

Pengguna pemula mungkin masih kebingungan dalam menentukan alat yang sesuai dengan mereka terlebih lagi jika mereka terhalang budget. Karena Ubersuggest dan SEO Analyzer gratis, siapa pun yang meluncurkan situs web mereka sendiri dapat memiliki data yang sama dengan agensi terbaik. Alat ini juga bagus untuk pekerja lepas yang ingin masuk ke arena pemasaran digital, orang yang ingin belajar tentang SEO, dan bagi mereka yang bekerja di agensi media PPC (pay per click).

Related Post :