AlmaLinux: Pengertian, Keuntungan, dan Penggunanya

Technology / 0 | | 2

Sebagai operating system yang diperuntukkan untuk kegiatan bisnis dan private user, AlmaLinux adalah varian free Linux yang semakin banyak digunakan dan diharapkan menjadi penerus dari CentOS Linux. Dengan demikian, dalam artikel ini akan dipaparkan kepada Anda mengenai Alma Linux, Kelebihan yang bisa Anda dapatkan, serta siapa yang bisa menggunakannya. 

Baca Juga: Windows vs Linux: Mana yang Lebih Unggul?

Apa Itu AlmaLinux?

apa itu almalinux

AlmaLinux adalah open-source 1:1 binary compatible fork dari Red Hat Enterprise Linux (RHEL). Alma Linux Foundation didirikan oleh CloudLinux dengan nilai investasi $1 Milliar dengan tujuan menyediakan versi operating system (OS) jangka panjang yang stabil.  

Adapun slogan pondasi dari Alma Linux adalah “for the the community, by the community”. Hal menjadi kelebihan AlmaLunix yang memungkinkan komunitasnya melakukan maintain dan melakukan pengembangan secara gratis. 

Alma Linux juga dipertimbangkan sebagai kompetitor pasar yang kompetitif dengan peluncuran yang dilakukan pada 2021 namun telah digunakan oleh banyak pengguna dan bahkan telah meluncurkan versi lainnya yakni Alma Linux 8.5.

Awal Penggunaan AlmaLinux

kelebihan almalinux

AlmaLinux adalah open-source yang sedang diminati oleh banyak pengguna. Kehadiran Alma Linux sendiri memiliki cerita tersendiri hingga akhirnya dapat menjadi open-source alternatif. Adapun penggunaan Alma Linux diawali dengan keterkaitannya secara tidak lanhsung terhadap CentOS. 

CentOS mengumumkan akan memberhentikan distribusi mereka namun hanya akan menawarkan CentOS Stream. Hal tersebut terjadi karena pada akhir 2020, sebagai pendukung CentOS, Red Hat memutuskan untuk tidak melanjutkan dukungan tersebut dan menggantikan dengan CentOS Stream. Adapun CentOS sendiri adalah Clone RHEL yang gratis dengan rating yang tinggi oleh banyak pengguna. 

Adapun CentOS Stream tidak memiliki compatibility binary dengan RHEL yang akhirnya membuat banyak pengguna mencari alternatif lain seperti CentOS. Pada akhirnya, Alma Linux hadir dengan ide dasar yang memiliki kesamaan dengan CentOS. 

Pada 1 Februari 2021, Versi Beta Alma Linux diluncurkan dan versi stabil diluncurkan pada akhir Maret 2021. Adapun tujuan AlmaLinux adalah sebagai distribusi Linux yang gratis dan binary compatible dengan versi RHEL. Saat ini banyak perusahaan yang mendukung Alma Linux seperti Microsoft, ARM, Equinix, dan sebagainya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Distro Linux untuk Pemula Terbaik 2022

Kenapa Penting Menggunakan AlmaLinux?

AlmaLinux adalah open-source yang sedang diminati oleh berbagai pengguna, namun ada beberapa hal yang menjadi pertimbagan Anda menggunakan operasi sistem AlmaLinux. Hal ini berawal dari adanya kekecewaan pengguna ketika CentOS menyatakan bahwa mereka tidak akan menyediakan lagi sistem operasi yang stabil namun berpindah terhadap sistem operasi via CentOS Stream. 

Hal tersebut membuat komunitas linux mencari pengganti CentOS dan akhirnya CloudLinux memutuskan menciptakan sistem operasi terbuka bernama AlmaLinux. Lebih lanjut, AlmaLinux menawarkan sistem operasi yang dioperasikan dan diatur oleh komunitas. Selain itu, AlmaLinux memberi pengguna Linux jalur peningkatan bebas lisensi yang kompatibel dengan versi stabil pra-CentOS Stream.

Keuntungan Menggunakan AlmaLinux

kelebihan almalinux

Sebagai pengganti CentOS,  maka kegunaan operating system akan diukur sesuatu dengan kebermanfaatan yang diberikan. Hal tersebut akan menjadi perbandingan apakah AlmaLinux memberikan kemudahan bagi penggunanya. Dengan demikian, berikut adalah keuntungan yang ditawarkan AlmaLinuz: 

  • AlmaLinux menerbitkan catatan rilis dan kode sumber mereka, sehingga orang dapat dengan mudah mengembangkan pembaruan dan kompatibilitas mereka sendiri.
  • Halaman web AlmaLinux menawarkan panduan cara untuk informasi yang diperlukan seperti menginstal berbagai perangkat lunak di Alma Linux.
  • Tata kelolanya bersifat publik, yang berarti Anda akan memiliki tingkat transparansi yang tinggi dengan OS.
  • Memiliki dukungan besar dari banyak aplikasi pihak ketiga yang sama dengan yang dimiliki CentOS sebelumnya.
  • Ini adalah sistem operasi yang stabil dengan dukungan finansial dari CloudLinux.
  • Transisi yang mudah dari CentOS ke Alma Linux dalam hal penyediaan dan kompatibilitas biner dengan RHEL, dan penggunaan secara umum.
  • Konsep komunitas dalam Alma Linux yang menjadi wadah dalam pengembangan dan peningkatan kualitas dan pelayanan.
  • Alma Linux adalah open-source gratis dan tidak memiliki lisensi sehingga tidak adanya fee tambahan.

Baca Juga: 5 Distro Linux Terbaik untuk Programmer

Kekurangan AlmaLinux

kekurangan almalinux

Meskipun AlmaLinux menawarkan sejumlah manfaat seperti yang dipaparkan di atas,  namun AlmaLinux adalah open-source yang juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui yakni sebagai berikut:

  • Alma Linux belum kompatibel dengan semua aplikasi pihak ketiga.
  • Alma Linux masih baru dan belum mengembangkan reputasi yang panjang dan solid.
  • Bersaing dengan Rocky Linux sebagai salah satu pengganti CentOS.

Siapa yang Bisa Menggunakan AlmaLinux?

apa itu almalinux

Pada dasarnya, AlmaLinux adalah sistem operasi enterprise yang ditujukan untuk organisasi atau perusahaan yang sedang mencari distribusi Linux yang stabil dan dan terkendali dengan baik. Lebih lanjut, Alma Linux juga digunakan pengguna untuk membangun arsitektur operasi yang aman dan dioptimalkan untuk aplikasi. Adapun detail pengguna AlmaLinux adalah sebagai berikut:

  • Setiap pengguna yang menginginkan perpindahan dengan sesuatu yang hampir sama dengan versi CentOS yang stabil.
  • Pengguna yang sedang mencari akses 24/7 yang mendukung sistem operasi mereka.
  • Pemilik bisnis yang menginginkan sistem operasi yang didukung oleh pengembang Linux terkemuka seperti CloudLinux.
  • Pengguna yang sedang mencari biaya yang lebih murah dan tidak perlu membayar REHL Lisensi. 

Baca Juga: Migrasi Ke AlmaLinux Dari CentOS 8 Menggunakan Almalinux-deploy Script

Penutup

Adanya penggunaan open-source yang teruji akan membantu dalam pengembangan bisnis Anda atau tujuan tertentu yang Anda miliki sebagai pengguna. Berdasarkan paparan di atas, maka AlmaLinux adalah sistem dapat menjadi alternatif sistem operasi Alma Linux Anda. Alma Linux adalah open-soure yang memungkinkan Anda memiliki sistem operasi pengganti CentOS.

Untuk memiliki pelayanan cloud server yang berkualitas, IDCloudHost menawarkan berbagai produk cloud yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Salah satu produk IDCloudHost adalah Cloud VPS yang memudahkan Anda menginstal AlmaLinux dan mendukung aktivitas aplikasi juga website Anda dengan resource yang fleksibel sehingga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Related Post :

popup image