Windows vs Linux: Mana yang Lebih Unggul?

Technology / 1 | | 3

Pernahkah Anda mendengar nama Windows atau Linux? Bahkan saat Anda akan membeli sebuah laptop atau komputer? Apakah kedua nama ini terdengar asing ditelinga Anda? Dalam dunia komputer, nama Windows vs Linux tentu sudah tidak asing lagi. Keduanya sama-sama disebut sebagai sistem operasi atau Operation System (OS) yang menjadi komponen utama dalam setiap perangkat laptop atau komputer. Jadi, setiap komputer atau laptop wajib mempunyai sistem operasi.

Mengapa harus ada sistem operasi? Karena fungsi utama dari sistem operasi sebagai penghubung antara perangkat keras dan perangkat lunak dalam komputer atau laptop. Jika, tidak ada sistem operasi maka kerjasama antar perangkat tidak bisa berjalan dengan baik. Selain itu, jenis sistem operasi yang lebih dikenal adalah Windows dan Linux. Dalam artikel ini, Anda akan mengenal dua sistem operasi ini lebih lanjut,beserta perbedaannya. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini, ya!

Baca Juga: Pengertian Sistem Informasi, Fungsi, Komponen dan Contohnya

Apa itu Windows?

Sistem operasi yang menggunakan logo jendela, itu adalah Windows. Windows merupakan sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft Inc. Dari segi penggunanya, sistem operasi ini  paling populer dan paling banyak digunakan.

Dalam sejarahnya, Windows merupakan pengembangan dari Ms-DOS yang diluncurkan dengan PC yang dibuat oleh IBM tahun 1985 lalu. Setelah berhasil mengembangkan, muncul Windows 1.0 sebagai generasi pertama. Namun pada praktiknya, Windows 1.0 ini memiliki banyak sekali kekurangan sehingga membuatnya kurang laku dipasaran.

Meskipun generasi pertama Windows mengalami banyak kekurangan dibandingkan dengan sistem operasi yang lain. Microsoft semakin gencar untuk memperbaharui Windows per generasi, sehingga saat ini Windows telah mencapai generasi yang ke 11.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Jenis Virus/Malware dan Cara Menghapusnya di Komputer Windows

Apa itu Linux?

Linux atau yang lebih dikenal GNU/Linux ubuntu adalah sistem operasi yang diluncurkan oleh teknisi software. Tidak jauh berbeda seperti namanya, Linux diciptakan oleh Linus Torvalds pada pertengahan tahun 1990-an. Dengan sistem open source membuat Linux memiliki jutaan pengguna. Selain itu, jika Anda perhatikan, logo yang menjadi ciri khas dari sistem operasi ini adalah penguin yang sedang santai. Dari segi akses, Linux memberikan layanan gratis dan lengkap untuk para penggunanya. 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Distro Linux untuk Pemula Terbaik 2022

Windows vs Linux: Mana yang Lebih Unggul?

Sebelum membandingkan dua sistem operasi raksasa ini,tentu kita harus melihat dari beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada. Kedua sistem ini tentu memiliki karakteristiknya masing-masing, yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum menggunakannya pada komputer atau laptop Anda. 

Berbayar vs Gratis

Dari segi harganya, jika ingin menginstall Windows Anda harus membayar sesuai dengan generasi windows yang akan digunakan. Biasanya, berkisar antara 1-3 juta rupiah. Sebaliknya, jika ingin menginstall Linux Anda bisa melakukannya secara gratis tanpa khawatir berbayar. 

Privat vs Open Source

Dari segi aksesnya, Windows lebih privat jadi tidak semua pengguna bisa mengaksesnya kecuali bagi Anda yang sudah membayar sistem operasi ini. Meskipun perivat, Windows juga lebih mudah digunakan atau user friendly.

Hal ini didukung dengan fitur-fitur yang lengkap dan sederhana sehingga lebih mudah dipahami oleh penggun. Sebaliknya , Linux menyediakan layanan yang bisa diakses terbuka untuk siapa saja atau open source. Hal ini membuat pengguna dengan mudah menginstall tanpa khawatir berbayar.

Mudah Terserang Virus vs Aman Dari Virus

Dari segi keamanannya, Windows memiliki sistem keamanan yang bekerja tidak optimal sehingga membuat sistem operasi ini, mudah terserang oleh virus. Sebaliknya, Linux mampu menjaga sistem keamanan dengan banyaknya antivirus sehingga membuat sistemnya aman dari virus komputer.

Membutuhkan RAM Besar vs Lebih Ringan

Dari segi penyimpanannya, Windows membutuhkan kapasistas RAM yang lebih besar untuk menyimpan semua data-data. Tentu hal ini harus disesuaikan dengan spesifikasi dari komputer maupun laptop untuk menginstall. Sebaliknya, Linux tidak membutuhkan kapasistas penyimpanan yang besar karena lebih ringan. Sehingga tidak memerlukan komputer dengan spesifikasi tinggi, jika ingin menginstallnya.

Miliar Pengguna vs Jutaan Pengguna

Dari segi banyaknya pengguna, Windows lebih popular dengan miliaran pengguna yang menggunakannya dan akan terus bertambah. Sebaliknya, Linux saat ini memiliki jutaan pengguna diseluruh dunia. 

Sistem terjadwal vs Sistem kapan saja

Dari segi sistem update, Windows memiliki sistem yang terjadwal secara berurutan  sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Sebaliknya, Linux memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk melakukan system update kapan saja, tanpa rentang waktu yang ditentukan. 

Support Berbagai Jenis Komputer vs Support Driver 

Dari segi pendukung device , Windows lebih mendukung semua jenis komputer atau laptop yang disesuaikan dengan generasi Windows tersebut. Sebaliknya, jika ingin menggunakan Linux harus menyesuaikan dengan driver yang lengkap untuk menginstallnya.

Tidak Dapat Dimodifikasi vs Mudah Dimodifikasi

Dari segi perubahan sistem operasi, pengguna Windows tidak dapat merubah atau memodifikasi sistem operasinya karena sistem yang ribet. Sebaliknya, Linux memberikan kebebasan memodifikasi sistem operasinya sesuai dengan keinginan pengguna.

Efisiensi Software Rendah vs Efisiensi Maksimal

Dari segi efisiensinya, Windows memiliki efisiensi yang berjalan cenderung kapasitas lebih rendah. Salah satu sebabnya adalah kurang teliti dalam melakukan scan antivirus. Sebaliknya, efisiensi yang dimiliki Linux berjalan secara maksimal didukung dengan keamanan dari virus. 

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Command Prompt atau CMD Pada Windows

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang Windows dan Linux.  Kedua sistem operasi ini sama-sama populer dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Bagi Anda yang ingin membeli komputer dan laptop, yang terpenting adalah mengenali sistem operasi apa yang cocok Anda gunakan untuk komputer atau laptop Anda. Pastikan sesuai dengan kebutuhan ya!

Related Post :

popup image