Apa itu Blogwalking : Sejarah, Pengertian, Manfaat dan Fungsinya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Anda sebagai pengguna blog mungkin sudah tidak asing dengan istilah blogwalking, istilah ini sering disebut namun sedikit sekali yang mengetahui makna dari istilah tersebut. Istilah ini lebih populer di Indonesia, meski istilah ini berasal dari kata blog dan walking dalam bahasa Inggris, namun justru tidak terlalu dikenal di luar negeri. Istilah blogwalking muncul saat para pengguna blog pemula mengunjungi situs blog orang lain dengan tujuan tertentu.

Tujuan-tujuan ini cukup beragam, tergantung pada kehendak pribadi para blogger. Blog sendiri ternyata berasal dari kata web log, blog merupakan aplikasi yang berisi tulisan-tulisan. Blog umumnya berisi tulisan pribadi semacam buku harian atau jurnal online yang diletakkan pada sebuah situs web, baik milik pribadi maupun milik orang lain. Konten blog biasanya berisi teks, gambar, video, hingga animasi dan lainnya. Karena sifat blog ada yang digunakan untuk pribadi, maka Anda sebagai pemiliknya bisa mengatur akses informasi yang bisa dibuka oleh pribadi atau bisa untuk publik.

Blog yang dibuat dengan akses publik tentu bisa dilihat dan ditemukan oleh siapa saja, bisa melalui tautan atau dengan mencari dengan kata kunci tertentu yang sesuai. Konten yang muncul sebagai postingan dapat dijangkau dalam satu atau lebih halaman dengan pengaturan format link judul postingan, kutipan, dan tag terkait. Semua postingan pada tampilan pembaca terlihat dalam urutan kronologis yang terbalik, konten terbaru akan muncul di atas sementara postingan terdahulu mengikuti di bawahnya.

 

Sejarah dan Pengertian Blogwalking

Apa itu Blogwalking : Sejarah, Pengertian, Manfaat dan Fungsinya
 

Media blog ini sudah lama ada, diperkenalkan pertama kalinya oleh Blogger(dot)com milik Pyra Labs sebelum yang kemudian diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2003 lalu dan menjadi sebuah platform yang diberi nama blogger. Platform blog ini memberikan kelebihan-kelebihan seperti kemudahan, aksesibilitas, dan gratis saat digunakan bagi para pembuat blog. Blogger sangat cocok bagi pembuat blog yang tidak ingin susah-susah menerbitkan sebuah artikel, tulisan, dan lain-lain. Ciri khas dari platform blogger ini yang banyak dijumpai para pengguna internet pada situsnya adalah penggunaan domain www(dot)blogspot(dot)com, lantas apa itu blogwalking?

Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog orang lain, kegiatan ini dimulai ketika blogger A mengunjungi blog milik blogger B dan meninggalkan jejak seperti berkomentar, mengikuti blog yang kemudian mendapatkan feedback dari Blogger B. Blogwalking dilakukan untuk saling berkunjung antar blog masing-masing. Aktivitas ini biasanya dilakukan seorang blogger dengan berbagai tujuan, namun biasanya blogwalking dilakukan oleh blogger saat ingin mencari ide baru untuk konten di blognya.

Langkah semacam ini berguna untuk membangun diskusi dengan pemilik blog atau bahkan ke pembaca lainnya, selain ilmu baru yang akan didapat, mereka yang melakukan blogwalking akan otomatis memperluas jejaring di kalangan blogger lainnya.

 

Baca Juga   :   Cara Menjadi Food Blogger Sukses Dengan Mudah dan Cepat untuk Karir Anda

 

Manfaat dan Fungsi Blogwalking

Seorang blogger yang selalu melakukan blogwalking akan berbeda dengan blogger yang tidak pernah melakukannya, blogger yang suka meluangkan waktunya untuk berkunjung dan meninggalkan komentar di blog lain akan semakin cepat berkembang blog yang dimilikinya. Popularitas yang blognya dapatkan lebih mudah naik ketimbang blog yang tidak melakukan blogwalking, hal ini tentu mempengaruhi blognya. Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat berikut.

 

  1. Memperluas Networking

    Setiap kita pasti menginginkan jaringan yang luas ini juga terjadi pada blogger pemula, minimal konten dalam blognya dikunjungi dan dibaca oleh orang-orang. Karena kepentingan inilah blogwalking menjadi salah satu jalan untuk memperluas jaringan, kegiatan mengunjungi blog orang lain dan meninggalkan jejak bisa membuat orang lain berniat untuk balik mengunjungi laman blog Anda.

  2. Mendapat Inspirasi Baru

    Blogwalking di samping memperluas jaringan, juga cukup ampuh untuk menumbuhkan isi konten dengan inspirasi baru. Pasalnya saat Anda mengunjungi suatu blog yang topiknya belum dibahas di blog milik sendiri, Anda menjadi tertarik untuk membahasnya dengan bahasa sendiri. Selain menambah topik konten yang lain, Anda juga bisa meninggalkan jejak sehingga orang lain juga berniat untuk mengunjungi blog Anda.

  3. Mendapatkan Bantuan

    Meski kegiatan di blog adalah pekerjaan diri si pemilik blog, namun membangun hubungan baik dengan pengguna blog lain bukanlah sesuatu yang salah. Hal ini bisa berguna saat memiliki sesuatu dalam blog namun Anda tidak tahu solusinya, karena bisa saja orang lain juga mengalami masalah yang sama dengan Anda dan bisa membantu mengatasinya.

  4. Bahan Evaluasi

    Setiap blog yang ingin berkembang harus melakukan evaluasi, ini berguna agar blog tidak jalan ditempat. Evaluasi dilakukan dengan melihat bagaimana blog orang lain bergerak, sehingga Anda juga bisa menerapkannya dalam blog milik Anda sendiri. Mengganti setiap kekurangan yang ada pada laman blog, dan mengisinya dengan kelebihan-kelebihan yang sesuai. Bukan bermaksud untuk meniru secara keseluruhan, tetapi lebih kepada memberikan nilai pada blog sendiri.

  5. Media Promosi

    Menjadi media untuk mempromosikan blog Anda kepada orang lain secara gratis, menghemat biaya dan bisa dilakukan dengan mudah. Cukup dengan melakukannya secara niat dan serius, karena blogwalking yang iseng dan tidak niat bisa saja menjadi kerugian tersendiri untuk Anda.

 

Baca Juga   :   Belajar Membuat Blog : Pengertian, Tips, dan Langkah-langkah Membuat Blog

 

Tips untuk Melakukan Blogwalking

Apa itu Blogwalking : Sejarah, Pengertian, Manfaat dan Fungsinya
 

Setelah mengetahui bagaimana fungsi dan manfaat yang bisa didapatkan saat melakukan blogwalking, ada baiknya Anda memahami tips melakukan blogwalking yang tepat berikut.

 

  • Memberi Komentar yang Benar

    Komentar yang mengandung kekerasan dan hal negatif lain tentu bisa membuat orang lain tidak nyaman, hindarilah kalimat yang bisa membuat si pemilik blog merasa terintimidasi dan bersifat merugikan. Pelajari terlebih dahulu seperti apa blog yang Anda kunjungi dan gunakanlah bahasa yang baik dan relevan terhadap isi konten mereka, dengan begitu mereka juga merasa nyaman dan bisa tertarik ikut mengunjungi blog milik Anda.

  • Cari Niche yang Sama

    Mengunjungi blog yang serupa dengan konsep blog Anda adalah sesuatu yang sangat dianjurkan, ini bisa membuat Anda berkomentar sesuai dengan topik yang juga dibahas di blog Anda. Sehingga Anda bisa fokus pada apa yang ingin didapatkan dan tidak buru-buru untuk meninggalkannya.

  • Menggunakan Gravatar

    Foto profil juga sangat penting dalam profil blog sendiri, pasalnya gravatar akan muncul saat Anda meninggalkan jejak komentar pada laman blog orang lain. Foto profil yang baik dan sopan tentu menjadi nilai tersendiri, interaksi yang tercipta juga lebih lugas saat kita mengetahui akun tersebut milik blogger lain atau hanya komentar iseng belaka.

 

Baca Juga   :   Cara dan Tips Singkat Membuat Blog Bagi Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

Blog sudah ada sejak tahun 1994, berkembang hingga tahun berikutnya sampai saat ini. Orang-orang yang awalnya hanya iseng mengisi blog, bisa menjadi blogger profesional. Kunci untuk melakukannya diperlukan untuk memahami salah satunya pangsa pasar pembaca blog Anda, salah satu blogger profesional itu seperti Raditya Dika, Trinity Traveler, Anne Ahira hingga lainnya. Langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memulai sebuah blog bisa diterapkan, Anda juga perlu menciptakan konten yang berkualitas bukan hanya dari segi kuantitasnya.

Setelah memahami bagaimana membuat blog dan menjadi blogger profesional, Anda bisa menerapkan blogwalking sebagai langkah awal untuk bersilaturahmi dan menambahkan relasi ke blog sendiri. Blogwalking juga berguna untuk meningkatkan traffic pengunjung blog nantinya, hal ini tentu baik untuk perkembangan blog Anda kedepannya. Perlu Anda ingat dalam melakukan blogwalking, juga diperlukan untuk bersikap sopan. Melakukan spam komen yang bisa mengganggu bukanlah sesuatu yang disarankan dalam blogwalking, Anda bisa saja dilaporkan atau bahkan kehilangan para calon pengunjung blog nantinya. Tetap patuhi aturan dan tata cara blogwalking agar tidak merugikan blog Anda.

Related Post :