Apa Itu Company Profile? Fungsi dan Tips Membuatnya

Startup & Bisnis / 0 | | 1

Ketika menjalin kerja sama bisnis, perushaan tentu membutuhkan company profile untuk perkenalan. Hal ini dilakukan oleh bisnis dari segala segmen, mulai dari UMKM hingga korporasi besar. Profil yang menarik dan ditulis dengan baik tentu berpengaruh pada citra perusahaan tersebut. 

Namun, jika Anda baru pertama kali menulis profil perusahaan mungkin Anda akan bingung memulai dari mana. Ada banyak informasi yang mungkin ingin Anda tulis tentang perusahaan tersebut, tapi tidak tahu susunannya seperti apa. Dalam artikel ini, Anda akan mengenal company profile dan tips membuatnya! 

Apa Itu Company Profile? 

apa itu company profile

Company profile adalah tulisan profesional yang mendeskripsikan bisnis Anda dengan rinci. Biasanya, profil perusahaan memuat visi dan misi, sejarah perusahaan, nilai-nilai, tujuan, produk, dan lain-lain. 

Company profile berguna untuk mengenalkan bisnis Anda kepada pihak lain. Salah satu contoh penggunaannya adalah untuk menarik minat investor atau klien. Jika demikian, profil itu baru dikatakan berhasil ketika mendapat respon baik dari orang yang Anda perlihatkan profil perusahaan Anda.

Jika Anda membuat company profile untuk perusahaan baru, mungkin Anda akan fokus pada ide dari startup yang Anda bangun dan bagaimana prospek perkembangannya di masa depan. Sementara itu, jika Anda membangun profil perusahaan untuk perusahaan yang lebih besar maka ada banyak hal yang bisa Anda masukkan.

Anda bisa menyertakan penghargaan, sertifikasi, portofolio klien, dan lain-lain. Intinya, company profile adalah kesempatan brand Anda untuk bersinar dan dikenal banyak orang. Karena itulah, profil perusahaan harus ditulis dengan baik dan menarik. 

Fungsi Company Profile

fungsi company profile

Setelah memahami apa itu company profile, Anda mungkin penasaran apa saja fungsinya. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya. 

  1. Sebagai Media Promosi

Dengan membuat company profile yang menarik, Anda bisa mendapatkan perhatian dari calon konsumen. Mereka jadi tertarik untuk mengenali perusahaan dan produk-produk yang Anda tawarkan. Hal ini tentunya mendorong bisnis Anda semakin berkembang karena penjualan meningkat. 

Fungsi profil ini salah satunya adalah sebagai alat promosi. Anda bisa memajangnya di website resmi perusahaan atau akun-akun media sosial bisnis Anda. Profil perusahaan dapat meningkatkan nilai positif dari perusahaan dan membuat Anda menonjol dibandingkan dengan kompetitor lainnya. 

  1. Meningkatkan Brand Awareness

Company profile yang baik akan meningkatkan brand awareness dari sebuah perusahaan. Hal ini karena dalam profil perusahaan terdapat berbagai kelebihan, pencapaian, value, serta sertifikasi yang dimiliki oleh brand Anda. Anda juga dapat memperkuat positioning pada profil perusahaan sehingga brand Anda lebih melekat di benak calon pelanggan atau stakeholder lainnya. 

  1. Menginformasikan Tentang Perusahaan

Company profile memuat brand story dari perusahaan, beserta visi misi, sejarah, dan detail produk atau jasa yang ditawarkan. Karena itulah, profil perusahaan dapat selalu Anda sertakan jika perusahaan diharuskan tampil di event-event, atau harus berdiskusi dengan stakeholder dan investor. Profil perusahaan yang baik adalah hal penting untuk memperkenalkan bisnis Anda, dan dapat berpengaruh pada citra dari bisnis itu sendiri. 

Susunan Company Profile

susunan company profile

Setelah memahami apa saja fungsi dari company profile, Anda tentunya ingin mulai membuat company profile untuk bisnis dan perusahaan Anda. Seperti tulisan resmi lainnya, company profile biasanya cukup panjang dan memuat elemen-elemen tertentu sebagai berikut. 

  1. Informasi Umum 

Company profile harus memuat informasi umum yang biasanya ada di sebuah perusahaan atau bisnis. Harus diingat bahwa selain sebagai media promosi, company profile juga berfungsi sebagai sebuah laporan yang mudah dibaca siapapun yang ingin mengenal perusahaan Anda. 

Karena itu, hal pertama yang harus ada di company profile adalah informasi umum perusahaan. Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu Anda sertakan: 

  • Nama perusahaan
  • Tanggal berdiri
  • Alamat kantor
  • Nomor telepon 
  • URL situs web
  • Alamat email
  1. Deskripsi Perusahaan

Informasi yang Anda cantumkan pada bagian ini dapat bervariasi, tergantung industri yang Anda geluti dan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Deskripsi perusahaan adalah bagian inti dimana Anda benar-benar menjelaskan apa yang ditawarkan perusahaan Anda, dan bagaimana prospek perusahaan Anda ke depannya. 

Jika bagian ini dapat ditulis dengan menarik, maka company profile Anda pasti mendapatkan respon yang baik dari pihak yang membacanya. Berikut adalah beberapa informasi yang bisa Anda cantumkan untuk mendeskripsikan perusahaan Anda. 

  • Deskripsi bisnis, termasuk misi dan visi
  • Deskripsi produk
  • Deskripsi layanan
  • Sejarah, ekspansi, dan pertumbuhan
  • Hubungan masyarakat
  • Periklanan
  • Informasi industri
  • Kebijakan keselamatan, kesehatan, dan lingkungan
  • Detail tim inti
  • Portofolio klien
  1. Keunggulan Perusahaan

Pada bagian ini Anda harus mencantumkan hal-hal membanggakan dari perusahaan Anda. Tunjukkan pada pembaca apa saja yang membuat perusahaan Anda lebih unggul dibandingkan yang lainnya. Hal ini penting untuk membuktikan posisi perusahaan Anda saat ini. Anda bisa mencantumkan beberapa hal ini sebagai keunggulan perusahaan. 

  • Penghargaan
  • Sertifikasi
  • Program dan proyek khusus
  • Testimonial
  • Berita atau publikasi media
  1. Informasi Tambahan

Anda mungkin melihat item-item berikut ini di profil perusahaan lain. Jika Anda memiliki data atau silsilah untuk mendukung salah satu dari yang berikut ini, detail tambahan ini mungkin menarik bagi audiens Anda, terutama bagi calon investor.

  • Penjualan tahunan
  • Target keuangan
  • Jumlah karyawan
  • Mitra bisnis
  • Foto-foto dokumentasi

Tips Membuat Company Profile yang Baik 

tips membuat company profile

Jika sudah mengetahui apa saja susunannya, membuat company profile tentunya jadi lebih mudah. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda menyempurnakan profil untuk bisnis Anda jadi lebih baik lagi.

  1. Ringkas, Tepat, dan Padat 

Ingat, Anda tidak memberikan pelajaran tentang sejarah perusahaan kepada pembaca, oleh karena itu, tetaplah sampaikan poin-poin dalam company profile Anda dengan ringkas dan tepat jika Anda ingin membuat profil perusahaan yang baik. Hindari menggunakan kalimat panjang yang membuatnya membosankan. Pastikan informasi atau gambaran umum bisnis ringkas dan informatif.

  1. Pilih platform yang tepat

Tips penting untuk membuat company profile yang efektif adalah memilih platform yang tepat. Anda harus memilah ingin mempostingnya di mana saja aga. Teliti dan temukan platform yang menurut Anda akan terbukti terbaik untuk Anda. Simpanlah ke beberapa nomor sehingga Anda dapat terus mengawasinya dengan waspada.

  1. Target audiens

Pikirkan tentang target audiens Anda dan preferensi mereka. Salah satu fungsi company profile adalah untuk menarik minat mereka, jadi pastikan informasinya relevan dan dapat terhubung dengan target Anda.

Contohnya, jika Anda menjual produk sepatu wanita, tentunya Anda tidak ingin menargetkan audiens yang mencari pakaian. Begitu sebuah perusahaan mulai membidik target tertentu, akan lebih mudah untuk membuat profil perusahaan yang efektif.

  1. Buat daftar tujuan Anda

Ciptakan kesan yang baik dengan membuat daftar tujuan Anda sehingga pembaca dapat mengetahui apa yang diperjuangkan perusahaan. 

  1. Jadilah kreatif

Carilah kata kunci yang kreatif dan populer untuk mendapatkan momentum. Buatlah informasi yang relevan menjadi menarik dengan menambahkan grafik dan gambar karena ini akan membuat data-data yang Anda sajikan lebih mudah dimengerti oleh pembaca. 

  1. Tulislah informasi yang jujur tentang perusahaan

Sangat penting untuk jujur dalam informasi Anda jika ingin membuat company profile yang baik. Berbohong atau melakukan overclaim pada profil perusahaan akan membuat Anda kesulitan untuk membuktikannya di kemudian hari. Bersikaplah realistis dan tunjukkan nilai-nilai serta keunggulan perusahaan Anda secara jujur.

  1. Selalu update

Company profile harus selalu relevan dengan keadaan terkini perusahaan Anda. Karena itu, Anda harus terus mengupdatenya secara teratur. Apakah perusahaan Anda mendapatkan pencapaian baru? Menambah produk baru? Pastikan Anda mencantumkannya di profil perusahaan agar calon kosumen maupun investor semakin tertarik dengan produk Anda. 

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang company profile, susunan, hingga tips dalam membuatnya. Semoga membantu Anda untuk membuat profil yang menarik untuk bisnis Anda, ya! Jika Anda memposting profil perusahaan secara online, sangat penting untuk membuat desain web yang baik. Desain web yang baik, inovatif dan menarik akan membantu menciptakan kesan yang kuat. Selain desain, tentunya Anda juga butuh layanan hosting yang handal seperti Cloud VPS IDCloudHost agar website Anda bisa diakses dengan cepat dan lancar. 

Related Post :

popup image