Apa itu E-Learning: Pengertian, Rekomendasi, Contoh, dan Cara Install-nya

Informasi, Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Siapa sangka pandemi yang melanda pada Maret 2020 lalu menjadi keuntungan tersendiri bagi beberapa sektor layanan pendidikan? Khususnya layanan belajar secara online, dari aplikasi yang ada sontak menerima kenaikan pengguna secara drastis. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pemiliknya, aplikasi yang mereka hadirkan menjadi sangat dicari di masa yang serba sulit bertatap muka.

Pembelajaran secara online memiliki kendala tersendiri dan beragam dari masing-masing penggunanya. Beberapa orang mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran yang diberikan guru atau dosennya yang juga mengajar secara online, sedang beberapa yang lain merasa cepat paham dengan pelajaran yang dilakukan secara online. Kesulitan-kesulitan yang dialami membutuhkan solusi yang bisa membantu mereka dalam pelajaran.

Faktor ini menjadi pendukung perkembangan layanan pendidikan secara online semakin meningkat, layanan pendidikan yang semula bersifat offline diubah menjadi serba online. Perkembangan lain yang bisa dilihat terdapat pada fitur-fitur yang tersedia semakin banyak di beberapa aplikasi, aplikasi yang awalnya hanya sebatas materi dalam bentuk teks, kini beralih ke bentuk suara dan video.

 

Pengertian E-Learning

Apa itu E-Learning: Pengertian, Rekomendasi, Contoh, dan Cara Installnya
 

Pembelajaran elektronik atau pembelajaran online yang disebut E-Learning adalah pembelajaran formal maupun non formal yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, sehingga pelajar dan pengajar melakukan proses belajar mengajar menggunakan media elektronik. E-Learning dilakukan dalam jaringan, siswa dan guru bisa mengaksesnya di mana saja dan kapan saja.

E-Learning yang sering ada biasanya berbentuk kursus online, seminar online, dan lain sebagainya. Umumnya E-Learning dilakukan melalui perantara internet berbasis web, semua materi, kuis dan bahan ajar bisa diakses pada web tersebut. Materi yang ada bisa berupa teks yang diformat menjadi bentuk file pdf, berbentuk suara, ada juga yang berbentuk streaming YouTube. Perkembangan ini bisa membantu Anda untuk lebih memahami materi yang diajarkan secara lebih detail.

 

Baca Juga    :   Metode Pembelajaran: Pengertian, Macam-Macam, Fungsi, dan Tujuannya

 

Rekomendasi E-Learning

E-Learning ada yang berupa situs dan aplikasi, sejumlah aplikasi yang ada juga menyediakan beberapa fasilitas yang tidak jauh berbeda. Aplikasi-aplikasi ini tersedia secara gratis dan beberapa fitur harus melakukan pembayaran terlebih dahulu untuk mendapatkannya. Beberapa di antaranya membutuhkan ruang memori yang tidak besar, Anda bisa mengunduhnya melalui App Store dan Play Store.

  • Ruangguru

    Menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan pendidikan. Ruangguru sudah memiliki lebih dari lima belas juta pengguna dan mengelola 300 ribu guru dan menawarkan layanan lebih dari seratus bidang pelajaran. Mengembangkan berbagai layanan berbasis teknologi yang meliputi layanan kelas virtual, platform ujian online, video pembelajaran berlangganan, pasar les privat, dan konten pembelajaran lain yang bisa diakses melalui web maupun aplikasi Ruangguru.

  • Quipper

    Merupakan perusahan penyedia konten edukasi berbasis digital yang menyediakan sistem pembelajaran daring, sehingga memungkinkan Anda untuk melakukan pembelajaran tatap muka dengan guru secara online dengan mudah. Quipper memiliki fitur bernama Quipper School, fitur ini bisa digunakan untuk guru menciptakan kelas virtual dan memberikan tugas kepada siswanya secara virtual pula. Dengan fitur ini, guru bisa memantau jumlah murid yang mengumpulkan tugas dan berapa nilai yang mereka dapatkan. Layanan ini bisa Anda dapatkan secara gratis.

  • Brainly

    Dengan kapasitas sepuluh Megabyte saja, Brainly bisa Anda unduh pada perangkat Android dan iOS. Selain aplikasi Brainly juga bisa diakses melalui website resminya, Brainly(dot)co(dot)id. Cara menggunakannya cukup mudah baik dengan aplikasi maupun melalui website, Anda bisa langsung mengetikan pertanyaan. Brainly akan memproses dan menampilkan jawaban sesuai dengan kata kunci yang Anda masukan, bisa berupa potongan dari kata kuncinya atau satu kalimat penuh.

  • Zenius

    PT Zona Edukasi Nusantara sudah mengeluarkan aplikasi Zenius sejak 2004 lalu, aplikasi berpengalaman ini menghadirkan beberapa fitur penunjang pembelajaran mulai dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Fitur andalan yang ada pada aplikasi ini adalah simulasi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Zenius juga menyediakan materi Tryout yang bisa dikerjakan dan melihat sendiri hasil akhirnya. Aplikasi Zenius dinobatkan sebagai aplikasi terbaik pada 2019 lalu versi Google Play Store. Aplikasi ini bisa ditemui di App Store dan Play Store, Anda bisa mengunduhnya dengan kapasitas tiga puluh Megabyte.

 

Contoh Situs E-Learning

Ada beberapa contoh situs yang bisa Anda akses secara online untuk mencoba memulai pembelajaran online, situs-situs ini ada yang gratis dan juga berbayar.

  1. w3schools(dot)com

    Salah satu website E-Learning yang menyediakan panduan belajar coding bagi Anda penyuka IT, ada pelajaran Bootstrap, CSS, jQuery, web, dan sebagainya. Website ini juga menyediakan contoh dan tempat untuk Anda mencoba sendiri coding yang ada.

  2. Coursera

    Perusahaan teknologi pendidikan terbesar di Amerika Utara, coursera menawarkan kursus online diberbagai bidang minat dengan metode 100 persen online dan sertifikasi.

 

Baca Juga   :   Tips Melaksanakan Pembelajaran Secara Online untuk Sekolah dan Kuliah di Indonesia

 

Cara Install E-Learning

Apa itu E-Learning: Pengertian, Rekomendasi, Contoh, dan Cara Installnya
 

Menginstall aplikasi belajar online hampir sama dengan menginstall aplikasi pada umumnya, sedangkan untuk belajar online dengan website, Anda bisa langsung mencarinya di laman pencarian. Anda bisa mengunduh aplikasi yang diinginkan pada Play Store maupun App Store sesuai perangkat yang digunakan, lalu mendaftarkan diri agar memiliki username dan password untuk melakukan login di langkah selanjutnya.

Setelah Anda terdaftar sebagai pemilik akun di aplikasi tersebut, Anda bisa mulai mengunjungi tiap fitur yang ada di aplikasi tersebut. Sebelum Itu, Anda akan diminta untuk masuk sebagai pemilik akunnya. Data yang pada umumnya dibutuhkan adalah nama lengkap, alamat email aktif, nomor handphone, dan data pribadi yang lain.

 

Kelebihan dan Kekurangan E-Learning

Setiap hal memiliki kekurangannya sendiri sama halnya dengan E-Learning, kekurangan yang bisa dilihat berupa kurangnya tindakan sosial siswa dalam belajar karena tidak adanya tatap muka secara fisik. Pengembangan keterampilan komunikasi juga menjadi kekurangan tersendiri, namun ada beberapa orang justru lebih percaya diri saat berkomunikasi tanpa tatap muka langsung.

Namun ini adalah cara yang sangat efisien untuk menyampaikan kursus atau pembelajaran secara online. Karena kenyamanan dan fleksibilitasnya, sumber daya tersedia dari mana saja dan kapan saja. Setiap orang, yang merupakan siswa paruh waktu atau bekerja penuh waktu, dapat memanfaatkan pembelajaran berbasis web.

Beberapa keunggulan lain yang dimiliki oleh pembelajaran secara online adalah siswa diberi kebebasan untuk mengikuti pembelajaran online dimanapun sesuai kenyamanannya. Selain itu biaya yang dikeluarkan juga terbilang hemat, karena kendala geografis bisa diatasi dengan minimnya kebutuhan ruang kelas dan guru yang mengajar.

 

Baca Juga   :   Rekomendasi Kampus di Indonesia Ini Menawarkan Program Kuliah Online

 

Kesimpulan dan Penutup

E-Learning pada saat seperti ini menjadi alternatif paling dicari untuk membantu pemahaman belajar pada penggunanya, pelajaran yang diajarkan di sekolah atau di kampus tidak sepenuhnya dipahami oleh Anda. Sehingga dibutuhkan aplikasi maupun website yang bisa membantu Anda untuk memahami materi yang diajarkan. Aplikasi dan website yang ada bisa Anda temui di internet dengan memasukkan kata kunci yang sesuai. Dengan bantuan aplikasi dan website belajar online, Anda diharapkan bisa lebih memahami materi yang diajarkan agar tidak tertinggal dalam pelajaran di sekolah.

Anda bisa memilih aplikasi yang sesuai, sudah banyak aplikasi yang beredar, tapi perlu Anda tahu bahwa tak semua aplikasi yang ada itu berfungsi dengan baik. Anda perlu melihat rekam jejak pengguna lain yang memberikan pendapatnya terhadap aplikasi yang ada. Namun jika Anda tidak memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup, tidak perlu khawatir, Anda bisa menggunakannya di laman website resmi dari aplikasi tersebut. Karena beberapa aplikasi memiliki website yang bisa diakses tanpa harus memiliki aplikasinya terlebih dahulu, Anda akan diminta untuk login pada laman website dengan username dan password yang sudah terdaftar sebelumnya.

Related Post :