Rekomendasi Kampus di Indonesia Ini Menawarkan Program Kuliah Online

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Dalam 20 tahun terakhir, Internet telah berkembang dari yang nyaris tidak ada menjadi basis data informasi terbesar dan paling mudah diakses yang pernah dibuat oleh manusia. Maka dari itu internet telah dapat mengubah banyak hal dalam kehidupan terutamanya dalam cara berkomunikasi. Selain itu, sektor kehidupan lain pun turut berubah baik itu dari cara berbelanja, bersosialisasi, berbisnis bahkan cara manusia berbagi pengetahuan dan pembelajaran.

Istilah yang digunakan saat ini adalah digitalisasi dalam banyak sektor karena manusia mengandalkan internet dalam membantu mempermudah kehidupan mereka. Tidak mengherankan juga kalau cara pembelajaran konvensional seperti di ruang kelas dan interaksi antara tenaga pengajar dan para murid kini bisa dilakukan secara online saja. Ini tentunya membantu pendidikan untuk dapat lebih mudah diakses tanpa harus memikirkan kendala lokasi tempat tinggal.

Pendidikan online adalah suatu bentuk pendidikan dimana siswa menggunakan komputer rumah mereka melalui internet. Biasanya jenis kelas seperti ini lebih awam ditemukan di program kuliah online tingkat perguruan tinggi. Namun dengan berubahnya keadaan, banyak sekolah juga menerapkan pembelajaran online dengan konteks yang berbeda. Mari simak kampus- kampus Indonesia yang menyediakan portal pembelajaran online khusus untuk mereka yang tertarik untuk belajar dari jarak jauh.

 

Mengenal Program Kuliah atau Belajar Online

Rekomendasi Kampus di Indonesia Ini Menawarkan Program Kuliah Online

 

Pendidikan online adalah sistem penyampaian instruksional yang fleksibel yang mencakup segala jenis pembelajaran yang terjadi melalui Internet. Pembelajaran online memberikan kesempatan kepada pengajar untuk menjangkau siswa yang mungkin tidak dapat mendaftar di kursus kelas tradisional dan mendukung siswa yang perlu bekerja sesuai jadwal dan kecepatan pembelajaran mereka sendiri.

Jumlah gelar pembelajaran jarak jauh dan online di sebagian besar disiplin ilmu semakin meningkat dengan cepat. Sekolah dan institusi yang menawarkan pembelajaran online juga semakin banyak. Siswa yang mengejar gelar melalui pendekatan dan pembelajaran online harus selektif untuk memastikan bahwa kursus kuliah yang mereka pilih adalah melalui institusi yang dihormati dan dipercaya serta mempunyai kredibilitas dalam menyediakan pembelajaran online.

 

Kelebihan dan Kekurangan Program Kuliah Online

Hampir sama dengan program kelas biasanya, program kuliah online juga mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri, seperti :

 

  • Program kuliah online memiliki fleksibilitas dalam mengambil kelas dan bekerja dengan menyesuaikan kecepatan dan waktu dari siswa yang mengambil kelas ini
  • Kuliah secara online mengurangi banyak kerepotan untuk masuk kelas dengan jadwal waktu
  • Siswa dapat belajar bertanggung jawab atas pendidikan mereka sendiri dengan informasi yang tersedia di ujung jari mereka.
  • Para siswa dapat pengajuan tugas mudah dan nyaman
  • Mereka yang kuliah secara online lebih cenderung untuk menyuarakan pendapat mereka sendiri dan berbagi serta berdebat masalah dengan siswa lain, serta belajar dari siswa lain selama diskusi kelompok

 

Baca Juga :      Cara Membuat Pidato Perpisahan Sekolah dan Contohnya

 

Seperti dua sisi mata uang, maka kekurangan dari program kuliah online adalah :

 

  • Siswa mungkin melewatkan interaksi tatap muka dengan instruktur dan di antara siswa yang biasanya dapat menjalin networking.
  • Sebagian siswa mungkin lebih memilih menghadiri kelas tradisional dengan instruktur yang mengajar dan membimbing mereka melalui kursus
  • Tidak semua siswa dan tenaga pengajar mengenal cara melakukan akses ke teknologi yang menantang dan ketersediaan dukungan teknis terbatas sehingga bisa memicu kebingungan.
  • Para siswa harus mengatur jadwal mereka sendiri agar tidak ketinggalan jadwal kelas online.
  • Tidak semua siswa mungkin mempunyai laptop dan akses ke internet terus menerus.
  • Mata kuliah yang ditawarkan mungkin bisa saja terbatas dan tidak semua universitas menyediakannya.

 

Baca Juga :     Jurusan Populer untuk Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia

 

Rekomendasi Kampus Program Kuliah Online di Indonesia

Rekomendasi Kampus di Indonesia Ini Menawarkan Program Kuliah Online
 

 

Mulai dari program diploma, sarjana hingga master, berikut ini beberapa rekomendasi kampus- kampus program kuliah online di Indonesia yang resmi dan mempunyai program pembelajaran yang cukup banyak dan beragam.

 

  • Universitas Terbuka (UT)

    Universitas Terbuka adalah universitas negeri ke-45 di Indonesia dan menerapkan sistem pembelajaran terbuka dan jarak jauh atau open and distance learning (ODL) untuk memperluas akses pendidikan tinggi bagi seluruh warga negara Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di pulau-pulau terpencil di seluruh negeri maupun di berbagai daerah bagian dunia. Universitas ini sendiri telah memiliki total siswa lebih dari 460.000 orang.
    Kampus ini juga memberikan biaya pendidikan yang cukup terjangkau dengan program diploma dan sarjana untuk para siswanya baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Adapun program dan fakultas pembelajaran yang bisa Anda pilih adalah :
    a) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    b) Fakultas Ekonomi
    c) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    d) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • London School of Public Relations (LSPR)

    LSPR adalah universitas swasta yang cukup mumpuni dan merupakan salah satu sekolah Ilmu Komunikas terbaik di Indonesia. Sekolah ini juga mempunyai kurikulum nasional dan internasional serta telah mendapatkan izin resmi untuk dapat menyelenggarakan kuliah dan pembelajaran online (E-learning) dengan sepenuhnya. Ini bermakna LSPR akan menerima siswa dari mana saja dan akan menyelenggarakan pembelajaran program sarjana (S1) Marketing Communications dan Public Relations.

  • Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB)

    Berdiri dibawah Yayasan Petra Harapan Bangsa di tahun 2002 silam, ITHB yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat ini adalah kampus yang bekerja sama dengan berbagai institusi pendidikan serta universitas di luar negeri. Menawarkan program kuliah online S1 jurusan Sistem Informasi dengan konsentrasi pada Data Science dan S1 Manajemen yang juga berfokus dalam peningkatan sumber daya manusia yang nantinya akan mampu bersaing secara global.

  • Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI)

    Dinaungi oleh Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al-Azhar, universitas ini berdiri sejak tahun 2000 yang menyediakan blended learning bagi mereka yang ingin mengambil kuliah S1 Akuntansi atau Manajemen. Disamping menggabungkan metode pembelajaran teori dan praktik, Al-Azhar juga menerapkan konsep pembelajaran yang religious.

  • Universitas Indonesia (UI)

    Meski tidak sepenuhnya menggelar pembelajaran online dan masih mengadakan campuran pembelajaran tatap muka, Universitas Indonesia sendiri telah lama menerapkan sistem kuliah online sejak 2002 lalu. Dengan mengusung konsep pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), siswa dapat mengambil kredit SKS secara online yang sesuai dengan perangkat belajar online yang telah ditetapkan oleh pihak kampus.

 

Baca Juga :    Rekomendasi Universitas Negeri dan Swasta Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia

 

Kesimpulan dan Penutup

Mengingat situasi dan kondisi saat ini, maka pengajaran online akan tetap ada. Banyak siswa lebih memilih ruang kelas online karena menawarkan fleksibilitas dalam jadwal sibuk mereka. Dengan perkembangan informasi dan pengetahuan, siswa pasti membutuhkan pembelajaran yang dapat mengakomodasi keinginan hingga jadwal mereka terutama bagi siswa yang juga bekerja sembari kuliah.

Maka pendidikan online memainkan peran penting dalam membantu individu mengakses pembelajaran yang mandiri dan fleksibel dalam hal waktu. Dengan perangkat lunak, perangkat keras, dan akses Internet yang ditingkatkan, lebih banyak pilihan untuk pendidikan online akan tersedia. Pendaftaran siswa yang meningkat lebih cepat daripada cara belajar di kelas biasanya.

Para siswa pun menjadi lebih mahir dengan teknologi, dan siswa yang mengejar pendidikan yang dapat memenuhi kebutuhan mereka membuat masa depan pendidikan online akan terus berkembang. Jadi tidak mengherankan kalau banyak kampus dan universitas membuka program kelas online lebih luas lagi. Program gelar seperti diploma atau sarjana online akan menjadi lebih diterima secara luas karena menjadi praktiknya yang kini lebih umum.

Related Post :

popup image