logo Mengenal Fedora: Manfaat dan Berbagai Versinya - IDCloudHost

Mengenal Fedora: Manfaat dan Berbagai Versinya

Mengenal Fedora: Manfaat dan Berbagai Versinya

Apakah Anda pernah mendengar orang-orang bercerita tentang Fedora pada sistem komputer mereka?  Dan Anda merasa kurang memahami istilah tersebut. Hal ini wajar karena saat ini Linux hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja, terutama di Indonesia. Padahal, Linux menawarkan banyak pilihan distro yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

OS ini berbasis Linux open source yang tersedia secara bebas. Selain itu, ternyata OS ini juga merupakan salah satu distro Linux paling populer setelah Ubuntu. Dengan demikian, pada artikel ini akan dijelaskan beberapa hal tentang distro Linux satu ini yang perlu Anda ketahui. 

Apa Itu Fedora?

apa itu fedora

Fedora adalah distribusi linux yang disponsori oleh Red Hat dan merupakan sistem operasi open-source dengan general aplikasi. Distro Linux ini dikenal dengan teknologi mutakhirnya, perangkat lunak terbaru, dan pembaruan yang secara berkala. Lebih lanjut, OS ini adalah platform yang terbuka untuk berbagai perangkat keras, cloud, dan kontainer dan memungkinkan pengembangan perangkat lunak dengan keterlibatan anggota komunitas.

Semenjak diluncurkan pada 2003, Fedora telah memiliki tiga versi yaitu versi dekstop yang berfokus terhadap personal komputer, versi server, dan versi cloud computing. Distro Linux ini telah memancing banyak pengguna untuk  menggunakannya dengan menawarkan sistem operasi yang gratis namun menyediakan layanan terkini dengan kekuatan server yang mumpuni. 

Sejarah Fedora

Sejarah Fedora

Fedora diluncurkan pada 6 November 2003 ketika Red Hat Linux dihentikan. Pada tahun 2002, Warren Togami yang merupakan seorang siswa melakukan pengembangan projek terhadap Fedora Linux dengan tujuan membuat Red Hat Software tersedia untuk umum yang memungkinkan pengguna mengembangkan dan menggunakan perangkat lunak yang terkait dengan sistem operasi ini.

Awalnya distribusi ini dinamakan “Fedora Linux” kemudian berganti menjadi “Fedora Core” hingga akhirnya hanya “Fedora” saja. Versi awal OS ini adalah pihak ketiga untuk Original Red Hat Linux, sementara versi keduanya adalah versi gratis dari Red Hat Enterprise Linux yang dikelola komunitas. Sesuai dengan perkembangannya, Fedora menjadi upstream dari Red Hat Enterprise Linux yang didanai oleh Red Hat dengan tujuan menjadi software yang terpercaya serta terbaru dari aplikasi open-source lainnya. 

Kenapa Harus Menggunakan Fedora?

Kenapa Harus Menggunakan Fedora?

Setelah memahami pengertian dan sejarahnya, Anda tentu ingin tahu kenapa sistem operasi ini cukup handal dan patut Anda perhitungkan.

  • Open-source

Fedora merupakan sistem operasi yang bisa diinstal oleh semua orang terhadap komputernya dengan tanpa biaya sedikitpun. Dengan demikian, sumber daya yang Anda perlukan adalah belajar sehingga mampu memahami untuk melakukan penginstalan terhadap komputer Anda.

Secara umum, OS ini open-source sehingga setiap kode software yang dipublish dapat diakses oleh semua orang dengan tanpa biaya. Hal tersebut dikarenakan ia memiliki distro Linux yang banyak sebagai bagian dari open-source Linux. 

  • Aman

Fedora adalah open-source Linux sehingga dianggap memiliki keamanan yang mumpuni bahkan melebihi Windows dan MacOS. Hal tersebut dapat terjadi dengan pengkodean yang dapat diakses secara gratis sehingga ada banyak bekerja dalam projek, menambah fitur, menyelesaikan berbagai permasalahan dan bugs yang mungkin terjadi. 

  • Kemudahan dalam Menggunakan

Software center dalam OS ini menawarkan berbagai akses terhadap aplikasi populer seperti Slack, Steam, Firefox, dan sebagainya. Lebih lanjut, ketika Anda tidak menemukan suatu aplikasi, maka Anda melakukan penginstalan melalui RPM Files. 

  • User Experience

OS ini memiliki user interface (UI) yang baik dengan the GNOME desktop environment yang merupakan salah satu desktop environment terpopuler pada Linux Space. Adapun desktop environment adalah berbagai hal yang Anda lihat pada layar komputer Anda seperti animasi, icon, dan sebagainya.

  • Hemat Sumber Daya

Berbicara system resource consumption, menggunakan sekitar 1 GB sehingga memberikan ruang lebih dalam menjalankan aplikasi. Jika dibandingkan dengan Windows 11 yang mengkonsumsi dalam rentang 2.4 GB hingga 3 GB RAM. 

  • Banyak Opsi Bagi Pengguna

OS ini memberikan opsi lebih kepada Anda. jika Anda tidak menyukai GNOME maka Anda dapat menggunakan opsi lainnya yaitu Spins. Setiap Spins memungkinkan Anda untuk menggunakan desktop environment yang berbeda bahkan memungkinkan pengguna untuk memilih desktop environment sesuai dengan keinginannya. 

Informasi Spesifikasi Dasar Fedora

Fedora adalah sistem operasi yang memberikan pelayanan mutakhir kepada Anda. Berikut adalah informasi dasar mengenainya yang perlu Anda ketahui, yakni sebagai berikut:

 

Tahun Didirikan  2003
Base  Original
Desktop GNOME
Display Wayland
Audio Pipeware
Init System Systemd 
File System Btrfs
Packages RPM*, Flatpak, AppImage
Release Cycle Enam Bulan
Latest Release 5/10/2022
Latest Version  36

 

Perbedaan Versi dalam Fedora Linux

Berikut adalah lima versi dari Fedora Linux yang perlu Anda ketahui karena setiap versi menawarkan kegunaannya sendiri. Adapun versi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Fedora Workstation

Versi yang pertama dari Fedora adalah workstation yang merupakan versi yang berfokus terhadap penggunaan komputer secara personal. Selain itu, versi ini juga menambahkan interface dengan menggunakan GNOME untuk memperindah tampilan. Sistem operasi ini sangat cocok digunakan oleh programmers yang memiliki ketertarikan terhadap Linux.

  • Fedora Server

Versi ini merupakan versi untuk server dan dapat digunakan untuk versi software terakhir pada server. Meskipun demikian, versi ini tidak disarankan untuk server perusahaan karena stabilitasnya yang rendah dan kemungkinan kerentanan yang tinggi.

  • Fedora CoreOS

Versi yang selanjutnya adalah Fedora CoreOS yang berfokus terhadap Cloud Computing. Pada versi ini menawarkan minimal paket dasar dan versi ini menawarkan pembaharuan secara otomatis.

  • Fedora IoT

Versi ini memberikan dasar yang kuat untuk ekosistem IoT dan cocok untuk perangkat IoT.

  • Fedora Silverblue

Versi yang satu ini didesain untuk pengembangan perangkat lunak berbasis container. Versi ini berasal dari Fedora Workstation dengan desktop environment-nya yang tidak dapat diubah sehingga lebih stabil.

Siapa Saja yang Bisa Menggunakan Fedora?

Siapa Saja yang Bisa Menggunakan Fedora?

Dengan berbagai tools yang dimiliki Fedora membuatnya cocok digunakan oleh system administrator dan developers. Selain itu, OS ini juga sangat cocok digunakan programmers karena menawarkan sistem operasi yang kompatibel dengan kebutuhan mereka, mampu mengakses program dan software terbaru, dan menyediakan akses program baru untuk system administrators. 

Selain dari beberapa pengguna spesifik di atas, penggemar GNOME juga menggunakan OS ini sebagai satu-satunya distro besar yang mengirimkan versi terbaru dari Vanilla GNOME. Lebih lanjut, Pengguna Mac atau pengguna muda yang familiar dengan mobile device juga akan menyukai GNOME khususnya dengan adanya Wayland touchpad gesture. 

Penutup

Fedora adalah sistem operasi open-source yang kompatibel dan dapat menjadi pendukung komputer Anda. Dengan artikel di atas, diharapkan dapat menjadi informasi bagi Anda mengenai OS ini sehingga memudahkan Anda untuk memaksimalkannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

IDCloudHost memiliki layanan Cloud VPS yang memberi Anda keleluasaan dalam memilih sistem operasi untuk kebutuhan server Anda. Sehingga, cocok untuk Anda yang ingin mulai menggunakan Fedora. Tak hanya itu, Cloud VPS IDCloudHost juga fleksibel dan handal untuk memanajemen website maupun aplikasi Anda. 

 

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image