Apa itu Google Keyword Planner?

Business, Search Engine Optimization / 1 | | 0

Google Keyword Planner merupakan salah satu aplikasi dari Google yang membantu para pengiklan Google Adwords dan pelaku SEO untuk dapat meriset kata kunci yang paling dicari oleh pengguna mesin pencari Google. Dengan menggunakan Google Keyword planner, tentunya pengguna tidak usah bersusah payah mencari kata kunci yang potensial untuk dijadikan kata kunci pada periklanan mereka.

Sering kali para pelaku advertiser dan pebisnis online melupakan salah satu fase utama dalam hal riset kata kunci, padahal dengan riset kata kunci akan membantu mereka dalam mencari berbagai peluang yang bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan pelanggan. Nah, Google Keyword Planner dibuat untuk mempermudah pengguna dalam melakukan aktifitas riset kata kunci dengan mudah. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat, salah satunya adalah bisa mengetahui kata kunci yang paling unggul dan dicari oleh pengguna Google, selain itu bagi pengguna Google Adwords juga bisa menentukan bid / harga yang diberikan untuk satu klik dengan mudah dengan memanfaatkan saran dari Google, selain itu juga bisa memantau kompetitor yang sering menggunaka kata kunci yang serupa.

Google Keyword Planner berbeda dengan Google Trend, keduanya bisa Anda kolaborasikan untuk saling bekerja sinergi satu sama lain. Dengan Google Trends, kita bisa mengetahui kata kunci yang dicari pengguna pada hari tersebut / realtime, dengan begitu Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda untuk meriset kembali kata kunci tersebut di Google Keyword Planner.

Google Keyword Planner disediakan secara GRATIS untuk Anda. Anda cukup mengakses Google Adwords / Halaman Google Keyword Planner, dan pada menu tools klik menu Google Keyword Planner. (Baca Juga : Trik Jitu Google Keyword Planner Untuk Tampil di Halaman Pertama Google)

Apa yang ditampilkan oleh Google Keyword Planner ?

  • Saran Kata Kunci yang relevan : Google menyarankan kata kunci yang relevan dengan kata kunci yang kita cari, sehingga akan menambah banyak informasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Penelusuran Bulanan rata-rata : Google menampilkan volume pencarian bulanan untuk kata kunci tersebut, sebagai saran untuk blog pemula bisa mencari trafik dengan volume rata-rata diatas 1000, selain itu untuk yang besar bisa menggunakan kata kunci dengan volume pencarian bulanan 9000
  • Persaingan : Google memberikan informasi mengenai persaingan kata kunci, Anda bisa melakukan riset kata kunci tersebut untuk mengetahuin persaingan kata kunci tersebut.
    Ada beberapa tingkatan persaingan, seperti :

    • High (Persaingan yang tinggi, banyak kompetitor yang menggunakan kata kunci serupa),
    • Medium (dengan tingkatan persaingan yang sedang), dan
    • Low (dengan tingkat persaingan yang Rendah)
  • Tawaran yang disarankan (BID) : Merupakan bagian dimana Anda bisa menggunakan BID minimal untuk budget iklan Anda di Google Adwords.
    dan beberapa Fitur lainnya.

 Tips Menggunakan Google Keyword Planner

Bagi Anda pebisnis online pemula, beberapa saran pengambilan kata kunci yang terbaik adalah

  • Penelusuran Rata-rata bulanan : +1000
  • Persaingan : Medium & Low

Bagi Anda pebisnis online yang sudah besar dan mempunyai budget marketing Google Adwords :

  • Penelusuran Rata-rata bulanan : +9900
  • Persaingan : Medium & Low

Hal itu bertujuan untuk menghemat budget marketing yang bisa Anda gunakan pada Google Adwords.

Dapatkan Saldo Google Adwords senilai $10000 khusus untuk NGO/Yayasan/Komunitas melalui program Google for NonProfits

Related Post :

popup image