Trik Jitu Google Keyword Planner Untuk Tampil di Halaman Pertama Google

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 0

Kata kunci merupakan salah satu faktor utama keberhasilan suatu website. Tanpa pemilihan kata kunci yang tepat, sulit untuk mendatangkan traffik ke website karena memang cara kerja mesin pencari berdasarkan kata kunci.

Banyak orang-orang yang membuat artikel bagus, namun tidak memiliki traffik yang sepadan karena artikel yang dia buat tidak pernah dicari oleh orang-orang di search engine. Kenapa bisa begitu? Karena dia tidak melakukan riset keyword terlebih dahulu.

Baca Juga : Tips Mendaftar Google Ad grants | Google for NonProfits

Sebelum membuat artikel, pastikan artikel tersebut benar-benar di cari oleh orang-orang di search engine. Bagaimana caranya? Kamu bisa menggunakan keyword planner dari google. Berikut ini adalah cara penggunaan serta tips pemilihan kata kunci.

  1. Mendaftar di Google adwords
    Untuk dapat menggunakan google keyword palnner, anda harus memiliki akun google adwords terlebih dahulu. Caranya gampang kok, tinggal buka adwords.google.com. Jika sudah punya akun, silakan login
  2. Pilih Perencanaan kata kunci
    Trik Jitu Google Keyword Planner Untuk Tampil di Halaman Pertama Google 1
    Setelah masuk ke dalam google adwords, pilih ‘perencanaan kata kunci’ pada menu ‘alat’. Atau jika akun menggunakan bahasa inggris, pilih ‘keyword planner’ pada menu ‘tools’. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar.
  3. Masukkan kata kunci yang diinginkan
    Trik Jitu Google Keyword Planner Untuk Tampil di Halaman Pertama Google 2
    Selanjutnya pilih menu seperti yang dikotak biru pada gambar. Kemudian isikan keyword yang kamu inginkan. Cukup isi pada kolom keyword saja, yang lainnya biarkan kosong.
  4. Hasil
    Trik Jitu Google Keyword Planner Untuk Tampil di Halaman Pertama Google 3
    Nah disinilah strategi kita bermain. Pada contoh tersebut saya menggunakan keyword ‘golongan darah’.  Hasilnya ada sekitar 14.800 penelusuran setiap bulannya. Namun bukan hanya itu, google juga memberikan keyword yang relevan dengan keyword yang kita cari. Seperti ‘diet golongan darah o’, ‘diet golongan darah b’ dan semacamnya. Tipsnya adalah pilih keyword dengan penelusuran paling banyak, namun persaingan yang rendah. Kenapa? Karena kemungkinan kamu masuk halaman pertama google lebih tinggi. Jika kamu memilih keyword yang persaingannya tinggi namun ternyata SEO kamu tidak bagus, kamu akan kalah bersaing. Kecuali kalau SEO kamu memang sudah benar-benar bagus, why not?

Baca Juga : Perbedaan Google Adwords, Adsense, dan Admob

 

Related Post :