Apa Itu Testimonial : Fungsi, Manfaat / Kegunaannya untuk Bisnis

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Apa pun bisnis yang Anda jalankan, Anda akan selalu ingin mendapatkan jaminan akan merek Anda sendiri. Anda dapat berbicara tentang seberapa efektif layanan Anda dan seberapa dapat dipercaya perusahaan Anda, tetapi apakah klien Anda akan merasakan hal yang sama? Bagaimanapun Anda memberikan klaim akan perusahaan atau produk Anda, namun apakah klaim ini faktual seperti yang dirasakan oleh pelanggan Anda?

Sayangnya, Anda tidak selalu akan mendapatkan klien baru hanya dengan memberikan kata-kata testimoni yang baik pula. Faktanya, ini bisa membuat merek Anda kurang menarik bagi mereka yang pernah tertarik dengan produk atau layanan Anda. Alih-alih memberi calon pelanggan alasan untuk melihat situs Anda, beri mereka dukungan yang diperlukan untuk berbagi klaim penggunaan mereka. Bukti apa yang dapat Anda berikan yang menunjukkan bahwa perusahaan Anda memang cerdas, dapat diandalkan, menarik, dan efisien?.

Testimoni yang bagus dari klien sebelumnya, itulah yang dapat mengangkat nama merek Anda. Memberi pembaca Anda bukti, testimoni, review, dan bentuk ulasan online ini adalah cara sederhana untuk mendapatkan kepercayaan calon pelanggan baru di awal hubungan bisnis Anda. Maka dari itu, sebuah testimonial, ulasan. Review dan apa saja perkataan customer akan produk Anda adalah hal yang penting untuk kelanjutan bisnis Anda.

 

Mengenal Apa Itu Testimonial

Testimonial sangat mirip dengan rujukan atau rekomendasi. Namun, perbedaan utamanya adalah testimoni biasanya membahas tantangan atau tujuan yang dimiliki bisnis, lalu menjelaskan proses yang dilalui agensi atau perusahaan untuk menerapkan solusi dan meningkatkan gambaran keseluruhan klien. Sebuah rekomendasi mungkin hanya mengatakan perusahaan atau orang ini hebat untuk diajak bekerja sama, sedangkan testimoni yang disusun dengan baik menceritakan kisah tentang tantangan bisnis dan jalur menuju hasil.

Sebuah testimoni yang efektif akan mencakup deskripsi spesifik dari proyek atau inisiatif yang Anda kerjakan untuk klien. Biasanya proyek dibingkai sebagai tantangan atau masalah. Kesaksian tersebut membagikan bagaimana pekerjaan Anda lebih dari sekadar pekerjaan dan itu akan memecahkan masalah dan menciptakan hasil. Testimoni harus menjelaskan secara singkat bagaimana ini dicapai dan bagaimana hal itu bermanfaat bagi klien atau calon costumer lain yang ingin membeli produk atau jasa serupa.

Dalam pemasaran, istilah testimonial digunakan untuk menggambarkan metode periklanan di mana seseorang memberikan komentar positif tentang suatu produk atau merek. Tujuan dari testimoni adalah untuk menciptakan kepercayaan dan memperkuat kredibilitas merek. Itulah alasan mengapa selebriti sering didekati untuk memberikan testimonial, tetapi orang lain juga dapat memberikan kontribusi yang berguna dalam bentuk pemasaran ini.

 

Baca Juga  :     Apa itu Influencer Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis Online

 

Manfaat dan Kegunaan Testimonial untuk Bisnis

Apa Itu Testimonial : Fungsi, Manfaat / Kegunaannya untuk Bisnis
 

Testimonial pada dasarnya adalah iklan yang menjual layanan Anda untuk Anda, mendorong klien potensial untuk bekerja dengan Anda tanpa harus bersusah payah dengan promosi penjualan dan kata-kata pribadi Anda yang baik. Testimoni yang bagus itu penting karena mempunyai manfaat atau kegunaan untuk :

 

  • Membangun kepercayaan dan kredibilitas

    Biarkan pelanggan lama Anda berbagi pengalaman mereka dengan perusahaan atau bran Anda, berbagi jawaban atas pertanyaan yang mungkin dimiliki klien potensial. Ini dapat mengisi kekosongan keraguan dan memberikan kredibilitas bisnis Anda sehingga menarik kepercayaan calon pelanggan baru.

  • Meningkatkan persuasif Anda

    Terhubung dengan klien Anda pada tingkat yang lebih dalam juga memberi Anda pengaruh yang lebih baik dalam membujuk mereka untuk berbelanja dan membeli produk atau jasa dengan Anda.

  • Memberi kesempatan untuk menceritakan kisah yang menarik

    Testimonial yang bagus tidak seperti esai yang dipotong dan dibagikan begitu saja. Sebuah testimoni dapat menceritakan sebuah cerita menggunakan karakter yang menghadapi masalah yang akhirnya diselesaikan dan menciptakan akhir yang bahagia saat cerita berakhir.

  • Bangun kepribadian perusahaan atau mereka Anda

    Pelanggan akan melihat bahwa perusahaan Anda terdiri dari orang-orang kuat dan pekerja keras yang memberikan reputasi pada bisnis Anda.

 

Baca Juga  :      Contoh Kata-Kata Promosi Bisnis Online Paling Efektif dan Sering Digunakan

 

Berbagai Jenis Testimonial

Apa Itu Testimonial : Fungsi, Manfaat / Kegunaannya untuk Bisnis
 

Anda tahu bahwa testimonial adalah alat yang ampuh, tetapi jenis mana yang paling cocok untuk berbagi kesuksesan pelanggan Anda? Ada begitu banyak cara untuk menceritakan kisah pelanggan yang menarik namun Anda harus memutuskan mana yang paling berhasil akan didasarkan pada jaminan yang Anda miliki, serta cara [penyampaian yang unik. Berikut adalah beberapa jenis testimonial yang umum untuk dipertimbangkan.

 

  • Kutipan testimonial

    Mungkin jenis yang paling disukai dan umum, testimonial kutipan adalah kata-kata langsung dari pelanggan yang puas dengan produk atau layanan yang mereka terima.

  • Testimoni rekan kerja

    Orang cenderung tertarik pada orang lain yang mirip dengan diri mereka sendiri. Ini disebut sebagai egoisme implisit, dan itulah mengapa testimonial rekan akan bekerja dengan baik. Pada dasarnya orang yang memberi kesaksian memiliki status yang sama dengan pelanggan dan tipe ini biasanya menyertakan visual dalam bentuk potret atau visual.

  • Testimoni media sosial

    Testimoni terbesar adalah yang tidak Anda minta dan di sinilah testimonial media sosial berperan. Saat itulah pelanggan secara sukarela menulis tentang pengalaman mereka dengan prpduk Anda melalui Facebook, Twitter, Instagram, atau outlet media sosial lainnya. Jenis ini sangat organik dan dapat menambahkan lapisan keaslian lain pada reputasi Anda sebagai merek, sebagai bukti sosial dari kesuksesan Anda.

  • Video testimonial

    Membiarkan klien Anda mengungkapkan kebenarannya dalam video adalah salah satu peluang paling autentik untuk testimonial. Ini adalah sesuatu yang sangat sulit untuk dipalsukan. Plus, jenis ini secara visual menstimulasi, menarik perhatian, dan dapat mempertahankan calon pelanggan di halaman Anda untuk jangka waktu tertentu.

  • Wawancara testimonial

    Wawancara dengan klien Anda adalah jalur otentik lainnya karena ini hampir seperti kesaksian tersembunyi dan jika semuanya berjalan lancar, tidak ada yang akan dipaksakan dan wawancara akan berbicara sendiri. Wawancara teks adalah sebuah pilihan, tetapi Tanya dan Jawab (Q&A) melalui video atau audio lebih menarik dan kredibel.

  • Testimoni influencer

    Bekerja sama dengan influencer selebriti atau media sosial untuk merek Anda adalah testimoni influencer, dan ini berhasil karena orang-orang ini memiliki nama tepercaya dan dapat membantu mendorong orang lain untuk membuat keputusan, sehingga mendorong mereka untuk mempertimbangkan produk dan layanan Anda.

 

Baca Juga  :     Tips membuat Caption Facebook yang banyak Like dan Share untuk bisnis

 

Kesimpulan dan Penutup

Adanya sebuah testimoni adalah elemen penting dari pemasaran konten yang dapat digunakan sebagai pengantar untuk perusahaan dan untuk membuat konteks tentang layanan dan hubungan perusahaan. Testimonial adalah alat penjualan, tetapi lebih dari itu, mereka memberikan bukti sosial karen digunakan untuk memamerkan kredibilitas sebuah merek, perusahaan dan reputasinya. Jika seseorang mencantumkan namanya pada testimonial, itu adalah cap persetujuan dan kepercayaan.

Seorang pemasaran konten mungkin menggunakan testimonial di banyak tempat. Kumpulan testimoni bisa diletakkan ke situs web; mungkin masuk ke dek penjualan, atau mungkin menjadi bagian dari studi kasus. Ini mungkin digunakan dalam kampanye periklanan. Bahkan bisa masuk ke komunikasi pemegang saham. Testimoni yang solid memiliki segala macam kegunaan potensial. Baik digunakan oleh merek, agensi, atau individu, testimonial memiliki tujuan yang sama yakni untuk meyakinkan dan mengubah dengan berbagi pengalaman dan hasil positif orang lain.

Related Post :

popup image