Apa itu Influencer Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis Online

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Berkembangnya dunia internet saat ini membuat para pelaku bisnis semaki jeli melakukan promosi. Salah satunya yakni dengan memanfaatkan influencer untuk mempromosikan produk yang mereka punya. Bagi Anda yang terjun di dunia bisnis, memanfaatkan influencer sepertinya sangat perlu untuk dicoba. Memangnya, apa itu influencer? Apa saja manfaat influencer dalam dunia bisnis?

Tentu saja, pebisnis yang memanfaatkan apa itu influencer memiliki banyak alasan mengapa memilih hal tersebut. Dengan influencer, pemilik bisnis akan lebih mudah mengenalkan dan menjangkau audiens sehingga cukup berpengaruhs ecara langsung pada keuntungan atau omzet penjualan mereka.

Dengan begitu, akan sangat sayang apabila Anda sebagai seorang pebisnis jika belum memanfaatkan apa itu influencer marketing. Untuk itu, Anda bisa mengetahui lebih dalam mengenai istilah tersebut pada penjelasan lengkapnya di bawah ini!

 

Apa Itu Influencer Marketing

Apa itu Influencer Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis Online

Kata influencer berarti seseorang yang memiliki pengikut dalam sosial media dengan jumlah yang cukup banyak. Seseorang influence memiliki pengaruh dan image yang kuat pada setiap pengikutnya sehingga bisa menggerakan mereka kepada maksud tertentu seperti membuat pengikut tadi membeli barang yang dipromosikan sang influencer. Beberapa contoh influencer yang sekarang ini sedang menjadi trend adalah selebgram, YouTuber, hingga public figure.

Seorang influencer ini tak hanya memiliki pengaruh yang cukup kuat saja, akan tetapi, mereka juga sangat dipercaya dan disukai oleh setiap followers atau penggemarnya. Itulah mengapa, sangat tepat jika Anda sebagai pemilik sebuah bisnis memilih influencer untuk mengenalkan sekaligus mempromosikan bisnis mengingat influencer dapat mempengaruhi atau menggiring pengikutnya kepada hal- hal tertentu, disini seperti dalam mempromosikan produk tertentu.

Lantas, apa itu influencer marketing? Influencer marketing merupakan cara promosi efektif yang dilakukan oleh seseorang untuk tetap bisa mempromosikan produk disaat kebanyakan orang zaman sekarang tidak terlalu menyukai iklan. Untuk itu, bagi Anda yang tengah menjalani sebuah bisnis, maka jangan ragu untuk memanfaatkan strategi promosi menggunakan influencer marketing satu ini. Dengan begitu, tidak sulit bagi Anda untuk memperoleh berbagai manfaat saat menggunakan apa itu influencer marketing. Ingin tahu apa saja manfaatnya untuk bisnis Anda? Di bawah ini selengkapnya.

 

Baca Juga :    Cara Menjadi Beauty Blogger/Vlogger yang Baik dan Benar di Indonesia

 

Manfaat Menggunakan Influencer Marketing

Saat ini, Anda bisa memilih banyak influencer dari berbagai kalangan. Seperti yang Kita ketahui mengenai apa itu influencer sebelumnya, mereka akan menginfluence atau mempengaruhi orang lain agar menggunakan produkl atau jasa yang Anda miliki. Dari situlah terdapat beberapa manfaat lain yang juga bisa Anda dapatkan saat menggunakan influence marketing.

Di bawah ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda menggunakan jasa influencer :

 

  • Brand produk/jasa Anda memiliki kepercayaan yang meningkat

    Manfaat pertama yang Anda dapat jika menggunakan apa itu influencer untuk promosi bisnis adalah terbangunnya kepercayaan konsumen. Umumnya seorang influencer memang sudah seperti seseorang yang memiliki daya pikat atau trendsetter tersendiri. Tak heran apabila ada banyak orang lain pula yang percaya apabila terdapat produk maupun jasa yang direkomendasikan oleh seorang influencer tersebut.
    Selain itu, kebanyakan mereka yang berprofesi sebagai influencer juga di idolakan oleh para konsumen yang ketika influencer tersebut bekerja sama dengan bisnis online Anda maka dijamin bisnis Anda pun akan lebih mudah mendapatkan konsumen dan peminat baru dalam waktu yang cukup singkat.

  • Menggunakan influencer marketing tidaklah mahal

    Siapa bilang menggunakan jasa influencer marketing dapat merogoh dana yang cukup dalam. Kenyataannya, jasa influencer mematok harga yang cukup terjangkau untuk keperluan promosi bisnis Anda. Jika dibandingkan dengan jenis iklan konvensional menggunakan influencer akan membantu brand mendapatkan kepercayaan lebih di mata konsumen, Anda juga bisa sekaligus menghemat dana promosi.

  • Dapat membantu Anda mencapai target audiens lebih efektif

    Sebuah bisnis tentu perlu dikenal banyak orang agar bisa lebih sukses. Untuk itu, dengan memanfaatkan apa itu influencer marketing, maka bisnis Anda akan lebih efektif dalam mencapai target audience. Terlebih jika Anda pandai memilih jasa influencer yang memiliki latar belakang sama dengan bisnis Anda. Tentu saja target audiens yang mengenal bisnis Anda akan lebih mudah menaruh minat pada produk atau jasa yang Anda tawarkan.

  • Brand awareness Anda akan lebih mudah meningkat

    Manfaat lain saat menggunakan apa itu influencer marketing adalah Anda akan lebih mudah dalam meningkatkan brand awareness. Untuk itu, strategi promosi dengan memanfaatkan influencer sangat cocok diterapkan khususnya Anda yang sedang membangun sebuah bisnis baru.

  • Membuat Anda dan konsumen menjadi lebih dekat

    Saat Anda menggunakan jasa influencer, maka Anda akan lebih mudah dalam membangun kedekatan konsumen. Untuk itu, jelilah dalam memilih mereka yang memang memiliki target audiens yang cocok dengan produk maupun jasa Anda. Sedangkan dalam mendapatkan kepercayaan lebih agar konsumen bisa lebih dekat dengan Anda, caranya bisa dilakukan dengan memilih influencer yang memang benar-benar menyukai produk/jasa Anda. Dengan begitu, tidak akan sulit lagi saat Anda ingin menjalin kedekatan dengan konsumen.

 

Baca Juga :   Content Marketing : Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara Membuat Content Marketing

 

Cara Memilih Influencer yang Tepat

Apa itu Influencer Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis Online

 

Seperti yang kita ketahui, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan influencer marketing. Disini yang menjadi tanda tanya adalah bagaimana cara menentukan influencer marketing dengan tepat? Di bawah ini beberapa langkahnya :

 

  • Periksa followersnya

    Hal utama sebelum menentukan apa itu influencer marketing adalah dengan mengetahui follower dari influencer itu sendiri. Hal ini tak lain karena saat mereka memiliki banyak followers tentu akan banyak pula audiens yang mengetahui produk Anda. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui lebih cermat apakah follower tersebut asli atau justu fiktif, karena kadang susah untuk mengetahui apakah influencer tersebut mendapatkan banyak followers secara alami atau malah menggunakan jasa jual beli follower. Dengan Anda mengetahui keaslian followers maka Anda tentu akan lebih mudah dalam melakukan promosi produk.

  • Perhatikan engagement influencer dengan follower

    Selanjutnya, Anda juga perlu memperhatika engagement antara influencer dengan follower mengingat seorang influencer merupakan penyambung lidah dari produk Anda kepada mereka para follower sebagai calon konsumennya. Untuk itu, ada baiknya Anda memilih influencer yang memang memiliki engagement yang kuat dengan para followers mereka.
    Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihatnya pada jumlah like dan comment dari setiap konten yang dibagikan oleh influencer tersebut. Apabila influencer mempunyai jumlah like dan comment yang banyak, maka Anda bisa memilihnya untuk membantu mengenalkan dan mempromosikan bisnis yang Anda punya.

  • Ketahui riwayat feed influencer Anda

    Jika Anda sudah memeriksa engagement, maka Anda juga perlu memeriksa riwayat feed influencer tersebut. Periksa dengan brand mana saja influencer tersebut bekerja sama. Dengan begitu, Anda bisa memastikan lebih lanjut bahwa nantinya Anda tidak memiliki terlalu banyak kompetitor dari brand lain.

 

Baca Juga :     Contoh Kata-Kata Promosi Bisnis Online Paling Efektif dan Sering Digunakan

 

Kesimpulan dan Penutup

Itulah beberapa cara menentukan influencer marketing dengan tepat yang bisa Anda jadikan panduan dalam mencari influencer yang tepat untuk image dan brand Anda. Influencer marketing memang sangat cocok digunakan karena Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dan manfaat seperti yang sudah dijelaskan di atas. Untuk itu, jangan sampai Anda memilih influencer dengan sembarangan dan sesuaikan dengan jenis atau tipe bisnis Anda.

Pemilihan influencer sembarangan justru hanya akan merugikan Anda sendiri. Pastikan Anda memilih influencer dengan tepat yang memang sesuai dengan pemasaran dan tujuan dari bisnis yang Anda miliki yang nantinya akan membawa  lebih banyka kemudahan mendapatkan manfaat saat menggunakan jasa influencer marketing tersebut. Banyaknya manfaat yang bisa didapat dari penggunaan apa itu influencer tentu akan sangat sayang jika tidak didapatkan bukan? Untuk itu, Anda bisa mulai menggunakan strategi pemasaran dengan influencer marketing mulai dari sekaran untuk kemajuan bisnis online Anda sendiri.

 

 

Related Post :

popup image