Contoh Kata-Kata Promosi Bisnis Online Paling Efektif dan Sering Digunakan

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Mendapatkan konsumen yang banyak merupakan dambaan semua pengusaha tak terkecuali pelaku usaha online. Semakin banyaknya kompetitor pada usaha online ini, Anda sebaiknya menerapkan strategi-strategi yang jitu agar tidak tertinggal oleh kompetitor Anda. Sebaiknya usaha Anda harus selangkah lebih maju daripada yang lain. Jika usaha online Anda menawarkan sesuatu yang berbeda pastinya konsumen akan penasaran dan akhirnya tertarik untuk mencobanya.

Strategi yang digunakan adalah salah satunya dengan menghadirkan promosi. Tidak hanya sekedar promosi tetapi harus dapat menarik perhatian konsumen. Dengan menggunakan kata-kata promosi yang menarik karena merupakan ujung tombak dari sebuah promosi penawaran. Bukan sekedar membuat kata-kata saja, tetapi juga harus efektif dan menarik perhatian calon pembeli. Kata-kata promosi tersebut harus mampu mengubah orang yang membacanya langsung tertarik membeli tanpa berpikir panjang.

Namun membuat kata-kata promosi tidak semudah yang dibayangkan. Pembuatan kata-kata promosi tidak boleh sesuka hati Anda, tetapi juga harus menyesuaikan dengan konsumen. Ada beberapa elemen penting seperti informasi yang terdapat dalam kalimat promosi bersifat singkat, padat, dan jelas. Untuk mengetahui lebih dalam tentang kata-kata apa saja yang digunakan untuk promosi, simaklah pembahasan berikut ini.

 

 

Pengertian Promosi

Contoh Kata-Kata Promosi Bisnis Online Paling Efektif dan Sering Digunakan
 

Promosi adalah mengiklankan suatu produk atau merek, menghasilkan penjualan, dan menciptakan loyalitas merek atau brand. Pengertian lain dari promosi adalah adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan. Promosi mencakup metode komunikasi yang digunakan pemasar untuk memberikan informasi tentang produknya. Informasi bisa bersifat verbal dan visual.

Sebenarnya ada banyak sekali versi pengertian promosi yang dikemukakan oleh para ahli pemasaran di seluruh dunia, tetapi kesimpulannya kurang lebih sama, yaitu promosi adalah untuk memberitahukan, menginformasikan, menawarkan, membujuk, atau menyebarluaskan suatu produk atau jasa kepada calon konsumen dengan tujuan agar calon konsumen tersebut pada akhirnya dapat melakukan pembelian.

 

Baca Juga :   Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol bagi Pemula yang Ingin Berjualan Online

 

Manfaat Promosi

Membuat promosi pada bisnis atau usaha online memanglah penting untuk keberlanjutan suatu usaha. Promosi tersebut akan berdampak sangat besar terhadap bisnis Anda jika dilakukan dengan tepat. Selain itu kegiatan promosi juga memberikan kemudahan dalam merencanakan strategi pemasaran selanjutnya, karena biasanya kegiatan promosi dijadikan sebagai cara berkomunikasi langsung dengan calon konsumen. Terdapat beberapa lagi manfaat yang diperoleh jika melakukan promosi yaitu :

  1. Promosi bermanfaat untuk meningkatkan loyalitas konsumen agar nantinya tidak beralih ke produk kompetitor.
  2. Dapat membantu sebuah perusahaan untuk menyampaikan informasi-informasi yang ingin disampaikan kepada para konsumen dan calon konsumennya.
  3. Salah satu cara paling efektif untuk mempertahankan citra dari serangan-serangan agresif para kompetitor sebuah perusahaan.
  4. Meningkatkan kemungkinan sebuah perusahaan untuk terus mendapatkan pembeli baru dan juga pembeli berulang.
  5. Berfungsi untuk meningkatkan Brand Awareness, dan juga dengan semakin tingginya tingkat Brand Airing, akan membuat sebuah produk dapat menjadi Top of Mind di masyarakat.
  6. Sebagai brand awareness yaitu mampu menguatkan hubungan antara produk Anda dengan konsumen untuk jangka panjang.
  7. Membantu perusahaan untuk menciptakan kesadaran merek pada pelanggan. Dengan menyebarkan informasi tentang brand anda maka akan membantu banyak orang untuk mengetahui lebih banyak tentang produk anda dan cara melakukan pembelian.
  8. Mengidentifikasi segmen konsumen yang berbeda di pasar dan menawarkan solusi kepada mereka.
  9. Meningkatkan lalu lintas pelanggan dengan cara gencar mempromosikan brand anda, maka semakin banyak pula pelanggan yang mengetahui tentang brand dan perusahan anda sehingga mereka tertarik dengan produk anda.
  10. Menciptakan reputasi brand yang kuat dan menonjol dari pesaing mereka. Salah cara untuk meningkatkan reputasi brand ini adalah dengan cara melakukan promosi sehingga dapat meningkatkan citra positif merek.

 

Baca Juga :   Ide Bisnis Online Bagi Anda yang Ingin Memulai Tanpa Modal Banyak

 

Kata-Kata Promosi yang Efektif

Contoh Kata-Kata Promosi Bisnis Online Paling Efektif dan Sering Digunakan
 

Dengan menggunakan kata-kata promosi yang dapat menarik perhatian pelanggan maka semakin mudah Anda mencapai target tujuan promosi Anda. Sebaiknya gunakanlah kata-kata yang mudah dimengerti serta tidak asing ditelinga konsumen. Berikut ini beberapa contoh kata yang dapat digunakan untuk promosi agar efektif :

  • Gratis Ongkir/ Free Ongkir

    Bisnis online saat ini tidak bisa lepas dari layanan pengiriman. Ini berlaku untuk bisnis online yang bersifat lokal, nasional maupun internasional. Hal ini dikarenakan jarak antara pembeli dan penjual yang cukup jauh, sehingga dalam penyampaian barang membutuhkan jasa pihak ketiga, yaitu jasa ekspedisi, kurir atau layanan pengiriman.Biasanya untuk pengiriman ini biayanya ditanggung oleh pembeli. Sehingga ini mungkin memberatkan pembeli ketika bertransaksi.
     
    Katakanlah harga barangnya hanya Rp150.000 tetapi karena biaya ongkir ini, terkadang pembeli harus mengeluarkan biaya sekitar Rp25.000 sampai Rp50.000 lagi untuk ongkos kirimnya. Dengan mencantumkan “gratis ongkir/ free ongkir” pada kata-kata promosi bisnis online Anda, maka itu bisa menghilangkan keberatan calon pembeli Anda. Sehingga dia menjadi tertarik dengan promosi Anda dan peluang terjadinya deal pada transaksi tersebut sangatlah tinggi.Ini sudah terbukti dengan kampanye yang dilakukan oleh marketplace. Hampir semua marketplace memberikan promo gratis ongkir.
     
    Namun begitu, hanya marketplace yang lebih banyak memberikan promo gratis ongkir saja yang terbukti lebih banyak diminati oleh masyarakat. Berikut ini ada beberapa contoh kata-kata promosi bisnis online yang menggunakan kata free ongkir :“Udah pada tau kan hari ini terakhir relaunch Closing Bertubi-Tubi? Udah keep free ongkir dan bonusnya belum nih? Besok free ongkir dan bonusnya bakalan hangus. Jadi buruan order sekarang juga, untuk menghemat uang Anda.”

  • Garansi

    Garansi ini adalah jaminan. Jadi Anda memberikan jaminan kepada calon pembeli ketika nanti terjadi sesuatu dengan produk yang Anda jual. Pembeli akan merasakan untung karena tidak mengeluarkan biaya lagi ketika ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada produk yang dia beli.

    Dengan menggunakan kata garansi pada kata-kata promosi Anda, maka akan membuat orang merasa aman dan tidak akan pikir panjang lagi untuk membeli.

  • Diskon/Potongan Harga

    Kata-kata seperti ini selalu muncul di setiap postingan produk atau jasa sebagai daya tarik, agar orang-orang segera membeli. Kata diskon memang menjadi semacam magnet dalam bisnis online maupun berbisnis. Membuat kata-kata ini harus selalu ada dalam setiap promosi. Orang-orang akan dengan mudah tertarik dengan kata-kata diskon. Di Indonesia, momen promo ini biasanya diselenggarakan secara massal pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

  • Cashback

    Cashback adalah pengembalian sejumlah uang setelah konsumen melakukan pembelian. Cashback berlaku jika pembelian yang dilakukan mengikuti syarat yang ditentukan oleh penjual. Biasanya berupa pembelian sejumlah nominal tertentu. Ini dapat Anda sisipkan pada materi promosi yang Anda buat adalah cashback. Hampir semua orang akan tertarik ketika mereka mendengar kata cashback. Cashback merupakan pengembalian uang tunai atau uang virtual. Saat ini, sangat jarang ditemukan ada penjual yang memberikan cashback uang tunai. Rata-rata mereka memberikan saldo deposit. Saldo tersebut bisa digunakan lagi oleh para pembeli untuk melakukan pembelian selanjutnya.

  • Beli 1 Gratis 1

    Bagi konsumen, mereka akan senang karena mendapatkan value tambahan. Sedangkan, bagi pemilik bisnis, Beli 1 Gratis 1 sering digunakan terutama untuk mengenalkan produk baru sambil tetap mendapatkan profit yang baik. Alasannya, ketika melakukan kampanye Beli 1 Gratis 1, produsen justru mampu menjual produk lebih banyak karena konsumen sebenarnya membeli dua produk sekaligus.

  • Best Seller

    Kata best seller akan menunjukan bahwa produk yang Anda jual merupakan produk yang paling laku. Layaknya buku di bagian depan toko buku, jika buku tersebut best seller, buku tersebut akan dipajang di bagian depan dan mendapatkan tulisan yang besar. Begitupun dengan produk laris yang Anda jual. Anda bisa menuliskan produk tersebut best seller. Tapi jangan berbohong yah, tampilkan kata-kata promosi best seller jika memang produk yang Anda tawarkan merupakan produk yang paling laku dibandingkan produk lainnya.

 

 

Kesimpulan dan Penutup

Membangun kepercayaan konsumen itu merupakan kunci utama dari kesuksesan usaha. Jika konsumen sudah terbangun kepercayaan di toko Anda maka akan usaha Anda akan mudah berkembang. Gunakanlah cara-cara yang dapat menarik perhatian pelanggan agar mereka mudah percaya dengan usaha Anda. Jangan sampai sekali-kali mengecewakan pelanggan karena itu dapat berakibat fatal untuk usaha Anda.

Dari kata-kata diatas Anda dapat memilih mana yang cocok digunakan untuk promosi usaha Anda. Seringlah melakukan promosi agar konsumen dapat merasa puas melakukan jual beli dengan toko Anda. Manfaat yang diberikan karena promosi juga banyak jadi kemungkinan mendapatkan kerugian juga kecil. Pengadaan promosi juga semata-mata salah satu strategi untuk meningkatkan penjualan produk.

Related Post :

popup image