Apa itu VPN : Cara Kerja, Fungsi, Manfaat dan Tips & Triknya [Free & Premium]

Development & Security, Web Security / 0 |

VPN atau Virtual Private Network merupakan teknologi komunikasi untuk membantu terkoneksi pada jaringan publik dan bisa membantu penggunanya bergabung dalam jaringan lokal. Dengan menggunakan VPN ini bisa membantu pengguna memperoleh hak sekaligus juga pengaturan sama seperti berada pada LAN, meskipun sesungguhnya masih memakai jaringan milik dari publik.

Menggunakan Virtual Private Network artinya Anda sudah membuat jaringan pada jaringan itu sendiri, tetapi sifatnya lebih virtual. Hal semacam ini sering disebut juga tunnel, tunneling itu sendiri merupakan cara atau proses membuat jalur private dengan menggunakan infrastruktur dari pihak yang ketiga. Teknologi tunneling yang dipakai pada VPN jumlahnya ada 3 yakni, L2TP, IPSec (Internet Protocol Security), PPTP dengan menggunakan kombinasi pada tunneling juga enkripsi maka akan terbentuk VPN.

Penggunaan VPN ini marak karena banyak jaringan yang ada tidak dapat atau memblokir akses ke situs- situs web tertentu. Sehingga tidak mengherankan kalau banyak para pengguna beralih menggunakan VPN karena mereka ingin mengakses situs web tertentu. Mari mengenal apa itu VPN, cara kerja serta tips dan triknya sebagai alternatif jaringan yang bisa Anda gunakan di samping jaringan utama Anda biasanya.

 

Cara Kerja VPN atau Virtual Private Network

Virtual Private Network bisa Anda gunakan melalui cara kerja yang cukup sederhana, ketika Anda tersambung dengan internet, umumnya Anda lebih dulu akan terhubung dengan Internet Service Provider atau ISP. Selanjutnya ISP menghubungkan Anda dengan website apapun maupun sumber daya lain pada internet yang akan di kunjungi. Seluruh lalu lintas pada internet melalui server ISP, sehingga bisa dilihat ISP.

Hal berbeda akan terjadi ketika anda memakai Virtual Private Network, teknologi ini bisa membuat tunnel atau terowongan dengan aman antar komputer Anda juga komputer server yang ingin diakses. VPN mampu menyembunyikan alamat IP address Anda yang asli pada salah satu IP Provider VPN. Hal lainnya, VPN bisa meng-enkripsi seluruh data, kemudian dikirimkan melalui tunnel yang aman, sehingga memungkinkan anda mampu menjelajah web dengan bebas dengan identitas anonim atau memakai identitas tidak dikenal.

Menggunakan Virtual Private Network ternyata banyak manfaatnya yang bisa pengguna rasakan, terutama bagi mereka yang ada di negara dengan ketatnya peraturan tidak dibolehkannya mengutarakan pendapat. Ini membuat pemilihan VPN lebih terasa aman karena jaringan ini bisa menjaga rahasia baik data dan informasi yang tidak dapat di bobol dengan mudah tidak seperti jaringan normal biasanya.

Baca Juga :    Tips & Trick Cara Menghindari Pencurian Data di Internet

 

Fungsi VPN atau Virtual Private Network

Apa itu VPN : Cara Kerja, Fungsi, Manfaat dan Tips & Triknya [Free & Premium]
 

VPN atau Virtual Private Network mempunyai fungsi utama menciptakan koneksi di internet dengan aman, seluruh data yang dikirim dan diterima sudah di lindungi enskripsi server VPN, seluruh akses pada web bisa lewat browser yang sebelumnya akan melewati server pada VPN lebih dulu. Dengan demikian IP komputer maupun smartphone Anda tidak akan di ketahui, sebab setiap kali Anda memakai koneksi VPN maka akan memakai DNS juga IP dari pada server VPN itu.

Baca Juga :    Tutorial Cara Penting Melindungi Website dari Serangan Hacker

 

Manfaat VPN atau Virtual Private Network

Menggunakan VPN atau Virtual Private Network Anda bisa merasakan manfaat dalam kegiatan menjelajah web, yaitu :

 

  1. Anda bisa melakukan akses jaringan kantor maupun computer kapan saja dan dari mana saja selama pengguna masih terhubung dengan internet memakai VPN.
  2. Lewat koneksi pada VPN, Anda bisa menjelajahi internet secara aman, meskipun Anda memakai akses internet secara publik misalkan, hotspot maupun wifi umum.
  3. VPN bisa dipakai sebagai teknologi alternatif menjadi penghubung jaringan lokal secara luas dengan patokan biaya yang cukup minim, sebab transmisi data pada teknologi VPN memakai media dengan jaringan publik yang telah ada tanpa butuh membangun jaringan secara pribadi. Hal tersebut tentunya semakin menghemat biaya setup pada jaringan.
  4. VPN mampu memberikan perlindungan IP asli milik pengguna caranya dengan menyembunyikan juga mengganti memakai IP server VPN. Lebih jelasnya, saat terhubung dengan VPN, IP asli Anda yang diberikan ISP akan diganti dengan salah satu IP pada server VPN.
  5. VPN adalah solusi yang baik supaya bisa menghindar dari Sensor dan Geo-Restriction. Andaikan anda ada di negara misalkan, Republik Kongo atau Uzbekistan, di mana pada daerah tersebut mengungkapkan pendapat begitu dilarang, makaAanda bisa memakai VPN serta menggunakan server pada negara lain misalkan Amerika maupun Inggris. Selanjutnya, Anda bisa lebih mudah melakukan akses pada website yang diblokir dan memperoleh hak Anda berbicara secara bebas.

 

Baca Juga :   Belanja Hosting dan VPS Murah di ASEAN Online Sale Day (AOSD) 2020

 

Tips dan Trik Cara Menggunakan VPN atau Virtual Private Network

Apa itu VPN : Cara Kerja, Fungsi, Manfaat dan Tips & Triknya [Free & Premium]
 

Supaya bisa merasakan manfaat pada VPN Anda sebaiknya mengetahui tips dan triks menggunakan VPN atau Virtual Private Network yang baik dan benar. Berikut ini tutorial bagi pemula :

 

  • Install VPN pada seluruh device

    Satu akun yang ada di VPN dapat dipakai dalam berbagai device, maka tipsnya supaya lebih optimal pemakaiannya Anda dapat install VPN di setiap device yang Anda punya. Jadi, ketika butuh Anda cukup login dengan memasukkan username juga password.

  • Cek lokasi pada server VPN

    Ada beberapa VPN yang menawarkan lokasi server dengan berbeda negara. Andaikan Anda memerlukan VPN dalam menyamarkan lokasi yang asli sekarang ini, pilih VPN memakai support di berbagai negara. Adanya Geolocation di VPN lebih bermanfaat dalam mengakses berbagai website yang telah diblokir oleh pemerintah setempat, sebab dinilai melanggar aturan pada negara.
    Banyaknya pilihan lokasi di VPN umumnya mempunyai harga yang semakin mahal. Terdapat beberapa VPN menyediakan charge supaya bisa mengaktifkan beberapa lokasi pada server yang baru.

  • Kecepatan internet semakin meningkat

    Menggunakan VPN ternyata bisa meningkatkan koneksi internet, sebab VPN memungkinkan menciptakan koneksi sendiri yang lebih aman dan cepat. Setiap IPS atau Internet Service Provider umumnya memberlakukan adanya limit kecepatan pada setiap pengguna, namun tergantung dengan paket yang dibelinya.

  • Mengecek enkripsi yang dipakai

    Mengecek enkripsi bisa dilakukan sebagai bentuk menentukan berapa budget yang dikeluarkan, misalkan, layanan pada Diego VPN memakai teknologi enkripsi dengan Peer to Peer Enkripsi Secure Hansing Algorithm memakai 128 bit AES juga Blowfish. Jadi, semakin bagus enkripsi yang digunakan budget yang dikeluarkan juga semakin mahal.

  • Menginstall pada Router

    Install Virtual Private Network di Router, dengan demikian setiap perangkat bisa terhubung secara otomatis bisa terenkripsi dan Anda tidak butuh atau harus melakukan akses masuk atau login sekali lagi. Ini tentunya lebih praktis dan aman terlebih lagi jika Anda sering mobile dalam penggunaannya.

  • Memilih VPN support yang handal

    Anda bisa mencari VPN yang menyediakan support 24/7, dengan memakai support yang bagus, kalau mengalami masalah Anda dapat langsung meminta bantuan tim support supaya bisa segera diperbaiki kembali.

  • Hindari memakai VPN gratisan

    Virtual Private Network yang disediakan secara gratis memang lebih menjadi pilihan, namun belum tentu aman digunakan. VPN gratis tidak mempunyai fitur yang layak seperti VPN yang berbayar. Meski demikian VPN gratis bisa mendukung di seluruh negara, namun lebih baik penggunaanya dihindari.

 

Baca Juga :    Mengenal Apa itu Cookie Browser : Fungsi, Tujuan, dan Cara Menghilangkannya

 

Kesimpulan dan Penutup

VPN gratis mempunyai limit kecepatan pada setiap pengguna yang mempunyai dukungan support kurang, enkripsinya lemah, terbatasnya pilihan pada lokasi server juga banyak iklan yang muncul, bahkan ada kasus penggunaan VPN gratis malah merekam seluruh aktivitas pengguna. Di sini pengguna mengalami kerugian yakni, rekening banknya bisa berkurang tiba-tiba sebab ulah dari peretas.

Maka dari itu jika Anda ingin menggunakan jaringan VPN, pilihlah penyedia VPN yang terpercaya serta mampu memberikan jaringan keamanan. Penjelasan tentang VPN atau Virtual Private Network di atas semoga bisa membantu Anda mengerti dan paham bagaimana menggunakan VPN yang bagus. Dengan demikian kegiatan berselancar anda di internet lebih terjaga keamanannya.

Related Post :

popup image