Apa itu WordPress : Fitur, Fungsi, Keunggulan, dan Cara Kerjanya untuk Website

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Bagi seorang blogger atau content writer tentunya tidak asing mendengar platform penulisan WordPress yang populer ini. WordPress adalah sebuah platform pembuat website yang paling banyak digunakan di dunia saat ini. Bahkan 30% blogger yang ada di dunia membuat sebuah blog menggunakan CMS sejuta umat ini. Fitur-fitur yang diberikan website sangatlah banyak dan dapat membantu mempermudah pekerjaan yang berhubungan dengan cara membuat sebuah website.

Bagi para pemula yang ingin membuat website baik itu website portofolio, toko online, blog, sangat direkomendasikan menggunakan WordPress. Platform ini juga memiliki keunggulan lain yaitu  bersifat open source dan layanan yang diberikan gratis. Karena keunggulan inilah WordPress banyak disukai oleh para pemula yang ingin memiliki website dengan cara yang mudah namun memiliki tampilan yang tidak kalah bagus dan bervariasi dengan berbagai macam niche dan tema.

Meskipun gratis namun bukan berarti website yang dihasilkan WordPress itu terbatas, justru banyak perusahaan-perusahaan besar yang mempercayakan websitenya menggunakan platform CMS ini seperti perusahaan besar CNN, The New York Times, BBC, Sony Music dan masih banyak lagi. Sebelum mencoba kemudahan yang diberikan WordPress. ada baiknya Anda  mengenal apa itu WordPress, fitur-fiturnya dan cara kerjanya. Maka dari itu, mari simak penjelasannya berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu WordPress

Apa itu WordPress : Fitur, Fungsi, Keunggulan, dan Cara Kerjanya untuk Website
 

WordPress adalah platform CMS yang paling populer dan banyak digunakan di dunia saat ini. Plarform ini merupakan salah satu Content Management System yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Dengan menggunakan WordPress dalam membuat website, maka pengguna  tidak lagi perlu untuk memahami teknis bahasa pemrograman.  Ini adalah poin penting dari WordPress  yangmembantu para pemula yang ingin membuat website dengan mudah dan cepat hanya dengan hitungan menit saja.

Sejarah WordPress sendiri pertama kali dikembangkan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada awal tahun 2003 silam. Keresahan mereka bermula ketika mereka resah untuk melakukan publishing secara online dan diperparah dengan dihentikannya fitur B2 dan Cafeblog. Matt dan Mike memutuskan untuk membuat sebuah layanan publikasi secara online buatan mereka sendiri. Pada mulanya WordPress pertama kali rilis pada tahun 2004 meskipun waktu itu tampilannya  masih sangat sederhana, namun begitu masih terdapat fitur-fitur yang tetap dipertahankan hingga sekarang.

Dari tahun ke tahun WordPress terus berbenah dan berkembang seiring perkembangan zaman. Bahkan, sekarang terdapat 2 jenis alamat WordPress yang berbeda yang bisa digunakan hari ini. Alamat tersebut adalah WordPress(dot)com dan WordPress(dot)org yang mana kedua alamat ini memiliki fungsi yang berbeda. Bagi para pengguna WordPress yang menginginkan membuat blog secara cepat dan mudah bisa menggunakan alamat WordPress(dot)com. Sedangkan bagi mereka yang memiliki kebutuhan dan keinginan untuk mengkostumisasi website dapat menggunakan alamat WordPress(dot)org.

 

Fitur-Fitur WordPress

Fitur yang dikembangkan oleh WordPress selalu berubah dan disesuaikan oleh penggunanya yang terus dirancang agar fitur-fitur yang dikembangkan tadi akan mampu memberikan kemudahan bagi pengguna. Semua fitur ang diberikan WordPress sejauh ini mendapat respon yang baik sehingga membawa WordPress sebagai CMS yang paling populer di dunia. Berikut ini adalah penjelasan mengenai fitur-fitur yang dimiliki oleh WordPress. yang banyak digemari oleh para penggunanya :

 

  1. Post

    Post adalah fitur utama apabila pengguna WordPress akan mempublikasikan artikel. Semua penggunaan fitur yang ada di WordPress ini sangatlah mudah dengan tinggal klik saja lalu akan muncul sub menu klik add new atau all post. Pada sub menu add new ini pengguna bisa menambahkan artikel yang akan dipublikasikan dan untuk sub menu all post yang bisa menampilkan jumlah artikel yang sudah dipublikasikan.

  2. Pages

    Fitur selanjutnya ini hampir sama dengan fitur Post cuman ada beberapa hal yang membedakannya. Di dalam fitur pages ini tidak terdapat kategori. Selain itu, fitur ini berfungsi untuk menampilkan sitemap, privacy policy, contact, dan masih banyak lagi. Disinilah tempat yang cocok bagi pengguna untuk membuat halaman baru selain itu pengguna juga bisa menambahkan deskripsi blog, kontak, dan lain-lainnya.

  3. Media

    Fitur media ini sesuai dengan namanya biasanya digunakan untuk menambahkan gambar, video, dan media lainnya pada sebuah postingan artikel. Cara untuk menggunakan media ini terdapat 2 cara, pertama bisa dilakukan dengan mengklik di kumpulan menu sebelah kiri atau juga bisa langsung mengeditkan di halaman utama. Melalui fitur ini pengguna bisa mengembangkan, mengelola, dan menambahkan gambar atau video tertentu.

  4. Comment

    Sesuai dengan namanya menu comment ini digunakan oleh pengguna WordPress untuk mengelola komentar yang masuk pada sebuah artikel yang sudah di posting misalnya. Dalam menu comment ini pengguna bebas untuk mengatur komentar yang dapat tampil secara publik atau harus melalui filter dulu, jadi pengelolaan semua komentar yang masuk dapat dikelola di fitur comment ini.

  5. Appearance

    Di menu inilah tampilan website pengguna bisa diatur serta dipilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan yang dimiliki pengguna. Di dalam menu ini terdapat banyak sekali themes atau template yang bisa digunakan oleh pengguna. Template yang disediakan oleh wordpress ini banyak sekali yang memiliki tampilan yang bagus. Bahkan, tampilan themes di wordpress ini tidak kalah dengan website yang dikembangkan sendiri. Biasanya untuk menggunakan themes yang sudah cocok terlebih dahulu pengguna harus mendownloadnya.

  6. Plugins

    Sebuah website yang bagus harus memiliki fitur-fitur yang bagus juga. Aplikasi ataupun website yang memiliki fitur yang berguna dan bermanfaat bagi penggunanya pasti akan mendapat respon positif. Nah, di wordpress terdapat menu plugins yang bisa digunakan untuk memilih fitur-fitur yang akan mendukung sebuah website. Di dalam wordpress tersedia banyak sekali plugins yang dapat mendukung berbagai jenis website, baik itu website toko online, blog, profil, dan lain-lain.

  7. Tools

    Fitur selanjutnya ini akan sangat berguna bagi pengguna di saat-saat tertentu. Fitur tools ini akan membantu seorang pengguna WordPress apabila pengguna ingin melakukan perpindahan website ke website lainnya. Cara kerjanya fitur ini akan melakukan import dan export seluruh isi website. Tentu fitur ini akan membantu pengguna sekali ketika proses perpindahan data website yang kompleks dan detail.

  8. Users

    Fitur ini juga memiliki fungsi yang tidak kalah penting dengan fitur lainnya di dalam dashboard wordpress. Fitur user digunakan atau memiliki fungsi untuk melihat pengguna sebuah website wordpress. Di dalam fitur user ini juga bisa diatur tingkatan hak akses pengguna untuk login dalam website dan  juga pengguna bisa mengatur password serta keamanan website/blog.

  9. Setting

    Mendengar nama menu setting pasti langsung tergambar bahwa menu ini digunakan sebagai pusat pengaturan. Bagi seorang pemula sangat disarankan sekali untuk menguasai menu ini, agar nantinya dalam mengembangkan sebuah website keseluruhan dan mempermudah dalam mengatur plugins atau menginstall plugins.

 

Baca Juga :      Kumpulan Template WordPress untuk SEO yang Responsive dan User Friendly

 

Mengenal Fungsi dari WordPress

Apa itu WordPress : Fitur, Fungsi, Keunggulan, dan Cara Kerjanya untuk Website
 

Fungsi sebuah WordPress sangatlah banyak terutama bagi para pengguna yang ingin mempunyai sebuah website atau blog. Pada umumnya WordPress  digunakan sebagai CMS untuk membuat berbagai macam website seperti website blog, website toko online, website pribadi, website perusahaan dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah fungsi-fungsi WordPress dalam membuat berbagai website/blog :

 

  1. Membuat Website Pribadi dan Blog

    Hampir semua website dapat dibuat di platform wordpress ini. Baik website untuk pribadi maupun entitas bisa dibuat melalui website. Website sangat cocok digunakan untuk membuat sebuah blog atau website pribadi. Terdapat banyak sekali themes dan plugins untuk mendukung pembuatan website beragam niche .Cara membuatnya pun mudahkarena pengguna tidak harus menguasai bahasa pemograman yang rumit.

  2. Membuat Website Perusahaan

    Banyak sekali perusahaan yang sudah mempercayakan website nya pada platform WordPress. Beberapa perusahaan-perusahaan tersebut seperti BBC, CNN, The New York Times, Sony Music dan masih banyak lagi menggunakan WordPress untuk website mereka.  Kelebihan jika membuat website menggunakan WordPress ini adalah pengelolaanya yang mudah dan tidak tampilan website yang sesuai dengan desain yang diinginkan.

  3. Membuat Website Toko Online

    Platform ini juga dapat membuat website dengan berbagai jenis seperti website e-commorce yang lebih detail dan komplekas dengan ragam fitur dukungan. Pengguna akan sangat terbantu dengan banyaknya themes dan plugins yang dapat mendukung website toko onlinenya. Themes yang dipilih juga bisa dikostumisasikan oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan.

 

Baca Juga :     Cara Membuat File .htaccess WordPress Default dengan Mudah dan Cepat

 

Keunggulan dari CMS WordPress

Sebagai CMS yang paling banyak digunakan dan paling populer di dunia saat ini, tentunya membuat WordPress lebih unggul dibanding platform sejenisnya. Dari sini  WordPress  datang dengan berbagai macam dukungan, kemudahan dan memberikan pengalaman yang user friendly serta praktis baik bagi pemula sekalipun. Simak beberapa keunggulan dari CMS WordPress yang membuat penggunanya tetap setia pada platform yang satu ini.

 

  1. Gratis

    Alasan para calon pengguna wordpress harus menggunakan platform WordPress ini adalah karena platform ini gratis untuk siapa saja. WordPress dapat diunduh dan digunakan oleh penggunanya tanpa harus membayar sebuah lisensi. Sebagai dukungan  yang lebih kuat lagi, terdapat ribuan themes dan plugin yang dapat digunakan secara gratis pula.

  2. Tersedia Ribuan Plugin

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa platform WordPress memiliki ribuan plugin yang dapat digunakan secara gratis. Sampai sekarang terdapat 50 ribu lebih plugin yang dapat digunakan di WordPress ini. Plugin sendiri adalah sebuah script yang digunakan pada wordpress yang membantu kinerja sebuah website agar semakin powerfull karena plugin akan membantu fungsionalitas dari sebuah website. Contoh plugin yang populer di WordPress adalah Woocommerce.

  3. Memiliki Banyak Tema

    Selain memiliki ribuan plugin yang dapat digunakan terdapat juga ribuan theme atau tema yang bisa dipakai. Theme  atau tema adalah tampilan dari sebuah website yang bisa digunakan untuk membangun sebuah website. Theme di dalam WordPress mempunyai beragam desain dan niche, mulai dari tema tentang pendidikan, ekonomi, sosial dan masih banyak lagi. Tema ini juga bisa dikostumisasikan sesuai dengan kebutuhan pengguna

  4. Keamanan yang Baik

    WordPress juga dipercaya sebagai CMS paling populer yang ada di dunia alasannya mengenai kinerja keamanannya. Keamanan sangat penting bagi sebuah website apalagi website tersebut digunakan layaknya sebuah e-commerce yang terdapat aktivitas pembayaran di dalamnya. Bagi pengguna yang mengkhawatirkan keamanan websitenya tidak perlu merasa cemas lagi, sebab WordPress sudah menyiapkan plugin keamanan seperti Wordfence dan Sucuri Security.

  5. Komunitas yang Besar

    Mungkin inilah keunggulan WordPress yang paling banyak disorot saat ini. Sebagai CMS yang memiliki banyak pengguna tentunya hal ini dimanfaatkan oleh pengguna WordPress untuk membuat sebuah komunitas yang merasakan banyak manfaat dan bantuan. Seperti tersedianya banyak tutorial dan pemecahan masalah oleh sesama pengguna-pengguna WordPress yang sudah expert dan komunitas ini tersebar di berbagai sosial media.

 

Baca Juga :      Mengatasi Warning: Cannot Modify Header Information Pada WordPress

 

Cara Kerja WordPress Untuk Website

Apa itu WordPress : Fitur, Fungsi, Keunggulan, dan Cara Kerjanya untuk Website
 

Cara kerja WordPress pada sebuah website/blog pada umumnya membantu website tersebut terbuat  dan bisa dipublikasikan atau launching ditengah arus banyaknya website dan blog dari seluruh dunia.  Membawa banyak  kemudahan dukungan, para pengguna  pemula tidak perlu khawatir ketika membuat WordPress untuk pertama kalinya karena platform ini menekankan pengalaman user friendly dan pemahaman yang mudah tanpa menuntut bahasa pemograman.

Salah satu cara membuat akun di WordPress adalah dengan mendaftarkan diri Anda dan mendapatkan akun untuk domain Anda nantinya. Pengguna WordPress juga dapat membeli domai dan web hosting mereka langsung dari WordPress yang menyediakan banyak variasi kebutuhan yang bisa Anda pilih. Lalu Anda dapat melakukan instalasi baik di desktop maupun  membukanya melalui perangkat pintar Anda.

 

Kesimpulan dan Penutup

Jadi bisa disimpulkan bahwa WordPress adalah sebuah platform yang dapat digunakan untuk membangun sebuah website secara mudah. WordPress juga menyediakan alamat yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan seseorang membuat sebuah website yaitu WordPress(dot)org dan WordPress(dot)com, kedua alamat ini bisa digunakan oleh pengguna untuk membuat website sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Kerena kemudahan yang diberikan inilah yang membuat WordPress banyak digemari dan menjadi platform yang paling banyak digunakan untuk membangun website di dunia.

Semua dukungan dan kemudahan yang diberikan oleh WordPress juga terintegrasi pada fitur-fiturnya yang bisa langsung di install dan diluncurkan.  Begitu juga di dalam fitur-fitur tersebut terdapat banyak sekali plugin dan theme yang bisa digunakan, serta dengan antuan ribuan theme dan plugin tersebut membuat website bisa rancang dan diluncurkan dengan hitungan menit saja. Demikianlah artikel mengenai apa itu wordpress : fitur, fungsi, keunggulan, dan cara kerjanya untuk sebuah website.

 

Related Post :

popup image