Aplikasi Bluestacks : Pengertian, Fungsi, Keunggulan, Fitur, dan Cara Downloadnya

Serba Serbi, Technology / 1 | | 0

Secara sederhana, Bluestacks adalah program dinamis yang memungkinkan pengguna menjalankan aplikasi Android di Komputer Windows atau Mac mereka. Dengan kata lain, Bluestack menjembatani kesenjangan antara desktop dan ponsel. Berkat fitur Cloud Connect, Anda dapat mentransfer aplikasi dari perangkat Android apa pun ke Bluestacks dan juga sebaliknya.

Aplikasi Bluestacks Windows diperkenalkan pada tahun 2011,dan sejak itu popularitasnya meningkat. Bluestacks memungkinkan Anda untuk memainkan game dan aplikasi Android favorit Anda di sistem komputer Anda. Anda harus menyadari fakta bahwa Smartphone kelas bawah seperti Vivo, Xiaomi, Huawei, dan lain- lain tidak mampu menangani game dan aplikasi kelas atas.

Untuk dapat mewadahi pengguna ponsel seperti itu, pengembang telah menyediakan Bluestacks Emulator. Bluestacks Emulator berfungsi dengan mensimulasikan bagian dari perangkat keras untuk dijalankan di Bluestacks. Selain untuk bermain game, aplikasi ini juga berguna untuk pengembang Android serbaguna yang dapat mengembangkan aplikasi berbasis Android dan mengujinya dengan penginstal offline Bluestacks.

 

Pengertian Aplikasi Bluestacks

BlueStacks adalah perangkat lunak yang menghadirkan Android N (7.1.2) ke sistem Windows Anda. Ini memberi Anda kemampuan untuk menggunakan mouse dan keyboard dari sistem Anda dengan aplikasi Android. Dan, tidak seperti smartphone dengan layar ukuran tetap, Anda dapat mengubah ukuran jendela BlueStacks untuk membuat aplikasi lebih besar atau layar penuh. Karena tidak semua aplikasi Android menawarkan Windows, macOS, atau berbasis web, BlueStacks adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan akses ke aplikasi Android di komputer Windows Anda.

Aplikasi BlueStacks memungkinkan Anda menjalankan beberapa aplikasi Android sekaligus, dan membuka setiap aplikasi dalam tab baru di dalam BlueStacks. Ini juga menawarkan mode multi-instance yang memungkinkan Anda menjalankan banyak instance dari aplikasi yang sama, yang mungkin menarik bagi penggemar produktivitas serta gamer. BlueStacks juga memungkinkan streaming gameplay Android secara langsung ke Twitch.

 

Fungsi dan Keunggulan Bluestacks

Aplikasi Bluestacks : Pengertian, Fungsi, Keunggulan, Fitur, dan Cara Downloadnya
 

 

Ada banyak Android Emulator di luar sana yang menawarkan fungsi dan keunggulan mereka masing- masing dan Bluestacks adalah salah satu yang terbaik diantaranya. Aplikasi Bluestacks memiliki beberapa keunggulan fantastis yang bahkan tidak dapat ditemukan di Smartphone. Berikut adalah beberapa keunggulan dan fungsi hebat dari aplikasi Bluestacks player :

 

  • Bluestacks bekerja sempurna dengan semua versi Windows
  • Dengan Bluestacks untuk PC, Anda dapat menginstal aplikasi seperti Snapchat, Instagram, WhatsApp, Tender, dan game seperti Airborne, Nova, Asphalt, Nova III, dan masih banyak lagi.
  • Anda memiliki hak istimewa untuk menguji semua game dan aplikasi yang telah Anda kembangkan di Emulator ini.
  • Emulator hadir dengan akses root, memungkinkan Anda menginstal file APK apa pun.
  • Anda dapat dengan mudah menginstal aplikasi dan game Anda seperti cara Anda menginstal di Smartphone Android Anda.
  • Aplikasi ini emungkinkan Anda untuk memainkan game berbasis Android dengan Keyboard dan Mouse Anda.
  • Juga berfungsi sempurna dengan Webcam, Keyboard, speaker, dan perangkat IO lainnya
  • Bluestacks mendukung game Fortnite.

 

Baca Juga :      PlayStation 5 (PS5) : Keunggulan, Fitur, Daftar Game dan Cara Ordernya

 

Fitur- Fitur Bluestacks

Disamping mengandalkan dan menawarkan fungsi serta keunggulan dibandingkan dengan emulator Android lainnya, Bluestacks tentunya juga hadir dengan fitur- fitur yang tak kalah menariknya :

 

  • Ramah integrasi

    Bluestacks mampu mengintegrasikan mouse, kamera, mikrofon, sensor, semuanya dan juga mempermudah penggunaan aplikasi Android di perangkat Windows. Integrasi ini sendiri sangat penting untuk tujuan permainan.

  • Ramah pengemban

    Jika Anda seorang pengembang Android, yang ingin memeriksa kinerja aplikasi Android yang dikembangkan, Anda dapat melakukannya menggunakan Bluestacks. Dengan dukungan Developers Test Support yang membantu menyelesaikan pengujian dengan lancar.

  • Ramah gamer

    Gamer sekarang dapat melakukan streaming langsung game mereka ke Twitch atau Facebook secara langsung menggunakan Bluestacks tanpa melalui proses yang berbelit- belit. Fitur ini tentunya sangat praktis dan efisien bagi gamer yang ingin melakukan streaming sepanjang permaianan.

  • Pembaruan yang cepat

    Segera setelah Bluestacks terbukti sukses, perusahaan merilis BlueStacks 2 dan baru-baru ini, Bluestacks 3. Ini adalah versi yang ditingkatkan dan di perbarui untuk Bluestacks, dengan adanya fitur- fitur tambahan.

  • Menyerupai Perangkat Android

    Layar beranda Bluestacks App Player menyerupai layar beranda perangkat Android bahkan hingga memiliki menu dan ikon yang serupa. Setiap kali aplikasi dipasang, ikonnya muncul di layar beranda Bluestacks.

  • Instalasi Aplikasi yang Mudah

    Ada dua metode berbeda untuk menginstal aplikasi di Bluestacks. Pertama, langsung unduh dengan menggunakan Google Play Store. Kedua, unduh APK aplikasi dan instal menggunakan Bluestacks

 

Baca Juga :    Daftar Game PC Terbaik dan Terbaru di 2020 untuk Semua Genre

 

Cara Download Bluestacks

Aplikasi Bluestacks : Pengertian, Fungsi, Keunggulan, Fitur, dan Cara Downloadnya
 

Pada dasarnya ada 2 metode berbeda untuk mengunduh Bluestacks yakni melalui Google Play Store dan melalui APK aplikasi install secara langsung, berikut beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk menginstall Bluestacks Anda sendiri.

Sebelum Anda dapat memulai aplikasi Android di komputer Windows atau macOS, Anda harus menginstal aplikasi BlueStacks dengan cara penginstalan langsung :

 

  • Buka browser dan kunjungi www(dot)bluestacks(dot)com.
  • Pilih Unduh BlueStacks.
  • Simpan, lalu jalankan file yang diunduh. Proses pengunduhan dan penginstalan mungkin membutuhkan waktu, terutama jika Anda memiliki koneksi internet yang lebih lambat atau sistem yang lebih lambat.
  • BlueStacks akan mulai secara otomatis setelah diinstal. Sekali lagi, ini mungkin membutuhkan waktu, tergantung pada kemampuan koneksi dan sistem Anda.
  • Setelah dimulai, BlueStacks memberi Anda kesempatan untuk masuk ke akun Google Play Anda. Anda harus melalui proses masuk Google Play untuk mengakses, memasang, dan menggunakan aplikasi Android dari Play Store di sistem Anda.
  • Setelah Anda menyelesaikan masuk Google Play, Anda siap untuk memasang aplikasi Android.

 

Baca Juga :   Cara Main Game Mobile Legends (MOBA) di PC (Komputer & Laptop)

 

Setelah Anda menginstal BlueStacks di PC, Anda dapat mulai mengunduh dan menginstal aplikasi Android untuk digunakan dari komputer :

 

  • Jika BlueStacks belum terbuka dan berjalan, pilih BlueStacks untuk memulainya.
  • Pilih Google Play untuk membuka Play Store.
  • Jelajahi atau cari aplikasi Android yang ingin Anda instal. Pilih aplikasi untuk melihat detailnya.
  • Pilih Install untuk mengunduh aplikasi ke sistem Anda. Sistem menampilkan ikon untuk setiap aplikasi Android yang diinstal dalam aplikasi BlueStacks.
  • Pilih ikon aplikasi untuk menjalankan aplikasi Android yang diinstal.
  • Di BlueStacks, setiap aplikasi terbuka dalam tab terpisah. Anda dapat beralih antar tab untuk beralih antara menjalankan aplikasi Android.
  • Secara default, BlueStacks juga menampilkan sidebar dengan beberapa kontrol di sebelah kanan aplikasi Android. Anda dapat menggunakan kontrol ini untuk menyesuaikan volume aplikasi, mengubah kontrol keyboard, menangkap tangkapan layar atau rekaman, mengatur lokasi Anda, secara virtual “menggoyangkan” perangkat, atau memutar layar BlueStacks.
  • Secara opsional, Anda dapat membayar (mis., $ 3,33 per bulan) untuk meningkatkan akun BlueStacks untuk menghapus iklan.

 

Baca Juga :      Kumpulan Emulator Android Terbaik untuk PC & Laptop di 2020

 

Kesimpulan dan Penutup

Bluestacks memiliki fitur yang tidak dapat diberikan oleh banyak emulator Android lain kepada penggunanya karena Bluestacks juga memiliki komunitas kuat yang saling mendukung yang hebat. Orang-orang yang mencari bantuan pasti dapat menemukan jawaban atas masalah mereka di forum pengguna Bluestacks.

Pengembang Bluestack sendiri juga terus-menerus mencoba memperbarui App Player sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang selalu berubah. Ini tentu tidak terlepas dari keinginan pengguna setia Bluestacks. Dengan demikian, mereka terus meluncurkan pembaruan sesekali untuk membuat beberapa perubahan kecil atau untuk menghapus bug dari pembaruan sebelumnya.

 

 

Related Post :