PlayStation 5 (PS5) : Keunggulan, Fitur, Daftar Game dan Cara Ordernya

News & Release, Serba Serbi / 1 | | 0

Kita baru saja memasuki pertengah tahun 2020 yang sangat kontroversial ini dan Sony membawa berita baru dengan mengungkap detail konsol generasi dekade ini yaitu PlayStation 5 / PS5. Sebelumnya kita sudah mendengar berita mengenai PlayStation 5 / PS5 yang digadang- gadang akan mengalahkan PS4 dalam banyak hal. Namun tidak semua orang dapat membayangkan bentuk dan kelebihan seperti apakah konsol yang dilabeli konsol generasi terbaik ini.

Pada acara The Future of Gaming 11 Juni 2020 kemarin, Sony akhirnya menguak bentuk fisik PlayStation 5 / PS5 yang berwarna putih dengan kesan sleek dan futuristik. Selain itu Sony juga menampilkan trailer dari game pertamanya seperti Horizon Forbidden West, Spider-Man: Miles Morales sebagai pemeran utamanya dan sebuah remake PlayStation 5 / PS5 dari Demon’s Souls. Sedangkan untuk perilisan PlayStation 5 / PS5 ini telah dikonfirmasi akan bisa didapatkan pada akhir tahun 2020.

Hari ini merupakan momen yang telah kami nantikan selama bertahun-tahun. Kami akan sajikan kepada Anda deretan game yang menunjukkan keyakinan kami bahwa PlayStation 5 menandakan transisi terbesar dalam generasi industri game,” kata CEO Sony Interactive Jim Ryan.

Pengungkapan desain PS5 yang berbeda dari pendahulunya PS4 mengejutkan penggemarnya terlebih lagi Sony membawa perubahan pada all- digital tanpa lagi menggunakan disk drive. Belum lagi bentuknya yang seperti tower jika dibandingkan dengan bentuk konvensional kotak hitam. Meskipun Sony belum mengungkapkan harga pasti PlayStation 5 / PS5, paling tidak gamer telah mengetahui apa yang bisa mereka dapatkan jika mereka tertarik untuk membeli PlayStation 5 / PS5 ini.

Apakah Anda salah satu yang menantikan kemunculan terobosan baru Sony PlayStation 5 / PS5? Berikut yang bisa Anda ketahui dari konsol permainan yang menawarkan pengalaman permainan masa depan dengan digitalisasi dan game yang lebih terlihat nyata.

 

Mengenal Sony PS5 Konsol Game Masa Depan

PlayStation 5 (PS5) : Keunggulan, Fitur, Daftar Game dan Cara Ordernya
 

Mengenai perangkat tentunya kita tidak asing dengan console stick yang digunakan pada PlayStation 5 / PS5. Berita mengenai stick dari PlayStation 5 / PS5 sudah beredar sejak beberapa bulan terakhir meskipun sebelumnya Sony sudah mengumumkan lebih lanjut mengenai kabar tersebut, pada saat itu Sony membatalkan untuk mengumumkan PlayStation 5 / PS5 dan akhirnya kembali mengumumkan secara resmi mengenai perangkat dari PlayStation 5 / PS5.

Meski masih dalam bentuk render saja, konsol terbaru ini ternyata menuai banyak opini dan pandangan berbeda dari para penggemar permainan konsol. Inilah yang bisa Anda ketahui dari PlayStation 5 / PS5 yang tidak hanya baru namun juga membawa inovasi baru dari segi desain dan permainan yang ditawarkannya.

 

 

Arsitek utama Sony, Mark Cerny mengungkapkan informasi tentang penerus PlayStation 4 pada majalah Wired beberapa waktu lalu. Konsol baru ini memiliki solid state drive khusus , sebuah AMD kustom yang mampu melacak sinar, kompatibilitas mundur dengan sebagian besar ada pada game PlayStation 4 dan PlayStation VR ,serta dukungan untuk game yang dapat diunduh dan berbasis disk.

 

Desain dan Fitur PlayStation 5 / PS5

PlayStation 5 (PS5) : Keunggulan, Fitur, Daftar Game dan Cara Ordernya

 

Selama acara penyingkapan tanggal 11 Juni, Sony akhirnya memamerkan seperti apa konsol baru itu nantinya. Mirip dengan pengontrol DualSense, PS5 datang dengan desain dua warna putih dan hitam sleek yang rapi dengan lampu bercahaya yang ditanam diantaranya.

Sony menjabarkan rincian tambahan tentang konsol yang akan datang dalam dua versi berbeda saat peluncuran. Versi di atas termasuk drive disk Blu-Ray HD, tetapi Anda juga akan dapat melihat versi konsol digital saja yang tidak lagi menggunakan drive Blu-Ray dan secara keseluruhan berdesain lebih ramping. Konsol dapat berdiri secara vertikal atau miring serta juga dapat menggunakan dudukannya.

Baca Juga :  Perbedaan Antara Virtual Reality dan Augmanted Reality

 

Spesifikasi PS5 dan Drive Disk

 

Selain tampilan fisik dan grafis yang mengejutkan, Sony juga mengkonfirmasi bahwa PlayStation 5 / PS5 akan berisi chip AMD yang memiliki CPU berdasarkan generasi ketiga Ryzen. Ini bermakna PS5 akan memiliki delapan inti dari microchip tujuh-nanometer Zen 2. Konsol ini juga akan mendukung gameplay 8K, hanya saja ini juga akan tergantung pada TV yang digunakan oleh para pemain.

Grafis yang digunakan adalah versi kustom dari Nade Radeon. Chip grafis ini akan mendukung ray-tracing, trend yang mulai menjadi populer dalam dunia film dan video game. Meskipun secara tradisional dianggap sebagai teknik pencahayaan, Cerny mengatakan teknik ini juga dapat meningkatkan audio game lebih jernih. Bahkan PS5 juga sepenuhnya akan mendukung audio 3Dimensi.

Sony juga melakukan upgrade pada SSD menjadi lebih besar yang tentunya akan memuat lebih banyak game dan menampilkan objek gambar di layar dalam satu waktu sekaligus dibandingkan konsol yang rata- tara masih berbasis HDD. Karakter dan kamera akan bergerak lebih nyata dan cepat karena adanya SSD sehingga Anda tidak lagi menghadapi lagging selama bermain.

PS5 juga menawarkan dua opsi, yaitu versi dengan drive disk dan versi only digital. Terlepas dari perbedaan bentuk dan tipe, semua konsol PS5 berbentuk sama persis dalam hal kekuatan permainan dan fitur lainnya. Disk PS5 sendiri memiliki kapasitas yang cukup besar yakni 100 GB dengan konsol yang telah mendukung 4K Blu-Rays.

Pihak Sony juga telah mengkonfirmasi bahwa PS5 mampu mendukung visual 4K pada 120Hz bagi mereka yang memiliki TV yang dapat mendukung kemampuan yang sama. 120Hz sendiri adalah kecepatan refresh sekitar dua kali lipat kecepatan TV standar. Berikut spesifikasi terbaik yang ditawarkan oleh PlayStation 5 :

  • CPU 8x 8x Zen 2 Cores at 3.5GHz (variable frequency)
  • GPU 10.28 TFLOPs, 36 CUs at 2.23GHz (variable frequency)
  • GPU Architecture Custom RDNA 2
  • Memory/Interface 16GB GDDR6/256-bit
  • Memory Bandwidth 448GB/s
  • Internal Storage Custom 825GB SSD
  • IO Throughput 5.5GB/s (Raw), Typical 8-9GB/s (Compressed)
  • Expendable Storage NVMe SSD Slot
  • External Storage USB HDD Support
  • Optical Drive 4K UHD Blu-ray Drive

Baca Juga :  Mengenal Virtual Reality : Definisi, Cara Kerja, Contohnya

 

Aksesori Tambahan PlayStation 5 / PS5

PlayStation 5 (PS5) : Keunggulan, Fitur, Daftar Game dan Cara Ordernya
 

Seiring dengan terungkapnya tampilan konsol futuristik PS5, Sony merinci beberapa aksesori yang akan tersedia dan dapat dibeli di samping konsol utama :

  • PULSE 3D ™ headset nirkabel – menawarkan dukungan audio 3D dan mikrofon peredam bising ganda.
  • HD Camera – menampilkan lensa dual 1080p untuk gamer untuk menyiarkan diri mereka bersamaan dengan momen gameplay epik mereka.
  • Media Remote – remote control dengan mikrofon internal untuk menavigasi film dan layanan streaming dengan mudah.
  • DualSense ™ Charging Station – untuk pengisian yang nyaman dari dua DualSense ™ Wireless Controllers.

Baca Juga :  Daftar Situs Nonton Film Streaming Online Terbaik Gratis 2020 [Download & Legal]

 

Daftar Game yang Akan Dirilis PS5

Walau sedikit berbeda dalam hal menjadikan Miles Morales sebagai Spider-Man ketimbang Peter Parker yang biasa ketahui, PS5 tetap memberikan ragam macam permainan dengan tampilan yang dinamis seakan nyata dengan grafis terbaik dan halus. Berikut permainan- permainan yang bisa Anda nikmati jika membeli PS5 :

  1. Marvel’s Spider-Man: Miles Morales

    Sony membawa tokoh baru yang lebih mengikuti rentak kemajuan dengan menonjolkan pahlawan baru yaitu Miles Morales yang mengganti tokoh lama kesayangan banyak orang yakni Peter Parker, sebagai Spider-Man yang terkenal dengan tagline ‘“your friendly neighborhood Spider-Man”.

  2. Horizon Forbidden West

    Sequel dari Horizon Zero Dawn yang dirilis tahun 2017 silam, Horizon Forbidden West ingin mengajak Anda bergabung dengan Aloy sanga tokoh utama dalam pengembaraannya menghadapi Forbidden West, sebuah perbatasan yang megah namun berbahaya dan mempunyai banyak ancaman misterius.

  3. Ratchet & Clank: Rift Apart

    Juga merupakan sequel dari Ratchet & Clank, ini adalah merupakan game pertama dari franchise Ratchet & Clank yang dikembangkang khusus untuk menjadi salah satu game andalan untuk PlayStation 5.

  4. Gran Turismo 7

    Dengan 22 tahun pengalaman dalam menghadirkan game balapan yang terkenal ini, Gran Turismo 7 adalah permainan terbaik dari waralaba yang besar ini. Dikembangkan oleh Polyphony Digital dan dikeluarkan secara resmi oleh Sony Interactive Entertainment, game ini akan merupakan installment kedelapan dari semua seri Gran Turismo keseluruhan.

  5. Sackboy A Big Adventure

    Game berikut yang masuk dalam feature laman resmi Sony adalah Sackboy A bIg Adventure yang dikembangkan oleh Sumo Digital dan dikeluarkan oleh Sony. Juga masih mengikuti installment pertama dari seri LittelBigPlanet, pemain akan dibawa dalam petualangan Sackboy dengan fitur platforming 3D yang lebih baik dari tampilan 2.5 D sebelumnya.

Selain 5 game diatas, Anda juga dapat menikmati banyak permainan baru dan lama yang telah mengalami upgrade yang lebih baik dalam alur permainan maupun tampilan grafisnya. Anda dapat menikmati permainan Resident Evil 8 yang mempunyai pasaran pemainnya tersendiri, Grand Theft Auto V anda Grand Theft Auto Online, DEATHLOOP, Astro’s Playroom, GhostWire: Tokyo, Returnal, NBA 2k21 hingga Project Athia yang masih dalam tahap pengembangan. Berikut beberapa Game akan segera launching :

 

  • Horizon Forbidden West
  • Marvel’s Spider-Man: Miles Morales
  • Gran Turismo 7
  • Ratchet & Clank: Rift Apart
  • ReturnalSackboy A Big Adventure
  • Astro’s Playroom
  • Bugsnax
  • DEATHLOOP
  • Demon’s Souls
  • Destruction AllStars
  • GhostWire: Tokyo
  • Godfall™
  • Goodbye Volcano High
  • Gran Turismo 7
  • Grand Theft Auto V and Grand Theft Auto Online
  • HITMAN 3
  • Horizon Forbidden West
  • JETT : The Far Shore®
  • Kena: Bridge of the Spirits
  • Little Devil Inside
  • Marvel’s Spider-Man: Miles Morales
  • NBA 2K21
  • Oddworld Soulstorm™
  • Pragmata
    Project Athia *(working title)
  • Ratchet & Clank: Rift Apart
  • Resident Evil 8
  • Returnal
  • Sackboy A Big Adventure
  • Solar Ash
  • Stray
  • The Pathless
  • Tribes of Midgard

 

Harga dan Cara Order PlayStation 5

Sayangnya harga PS5 tidak turut diungkapkan selama acara 11 Juni kemarin dan kemungkinan akan tetap belum diberitakan hingga saat peluncuran resminya nanti. Sebelumnya kita mengetahui kalau PlayStation dan PS2 asli diluncurkan dengan harga £ 299 / $ 299, PS3 mulai dari £ 425 / $ 499 dan PS4 yang lebih baru dibanderol dengan harga £ 350 / $ 399.

Banyak gamers yang berspekulasi bahwa PS5 akan dibanderol dengan kisaran harga £ 400 / $ 400 per unit. Ini tentu saja harga di luar aksesori tambahan diatas yang mempunyai harga tersendiri. Namun sekali lagi harga ini belum pasti tetapi jika dilihat dari spesifikasi dan desain serta grafisnya yang lebih tinggi, tidak mengherankan jika Sony meletakkan harga yang diluar rata- rata nantinya.

Hingga saat ini pihak Sony sendiri belum mengumumkan mengenai bagaimana melakukan cara Order PlayStation 5 / PS5 baik itu Pre-Order PlayStation 5 / PS5 ini didunia termasuk di Indonesia. Nah untuk itu hal ini sangat menarik untuk kita tunggu terutama disaat Semua #DiRumahAja menghadapi pendemi Virus Corona ini akan meningkatkan niat beli pengguna mereka. Menurut kamu berapa ya harga yang pantas untuk membeli PlayStation 5 / PS5 ini ?

Related Post :

popup image