Aplikasi PDF Reader Gratis Paling Ringan untuk Windows, Mac OS, dan Linux

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

PDF (Portable Document Format) merupakan salah satu format file dokumen yang banyak digunakan saat ini. Aplikasi yang praktis dan fleksibel ini dapat dibuka di semua Desktop PC dan sistem operasi mobile (smartphone), seperti Windows, Mac OS, Linux, iOS dan Android. Jadi tidak mengherankan aplikasi PDF yang bisa di buka dan diakses dalam berbagai macam operating system jauh lebih banyak mendapat sorotan.

Pada umumnya PDF hanya bisa dibaca dan tidak bisa diedit, oleh karena itu banyak orang mencari aplikasi atau software untuk bisa mengedit file PDF. Ada banyak aplikasi atau software editor PDF gratis dan berbayar yang dapat Anda gunakan untuk mengedit file PDF. Disini Anda bisa mengompres dokumen, buku maupun presentasi Anda hingga membuat rangkuman jurnal.

Aplikasi PDF telah menjadi format file paling populer ini menjadi alat PDF yang tepat untuk Mac OS X dan Windows PC dalam membantu mengedit, mengonversi, membuat, dan berbagi PDF tanpa kerumitan. Tetapi software PDF mana yang terbaik dan mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Untuk membantu Anda memilih alat PDF terbaik, berikut software PDF terbaik yang dapat Anda gunakan untuk mengedit PDF, mengkonversi PDF, dan membuat PDF dari format lain.

 

Mengenal Apa Itu PDF (Portable Document Format)

Aplikasi PDF Reader Gratis Paling Ringan untuk Windows, Mac OS, dan Linux
 

 

Portable Document Format (PDF) adalah format file yang dikembangkan oleh Adobe pada tahun 1993 untuk menyajikan dokumen, termasuk format teks dan gambar, dengan cara yang tidak tergantung pada perangkat lunak aplikasi, perangkat keras, dan sistem operasi. Berdasarkan bahasa PostScript, setiap file PDF merangkum deskripsi lengkap dari dokumen datar tata letak tetap, termasuk teks, font, grafik vektor, gambar raster, dan informasi lain yang diperlukan untuk menampilkannya.

PDF distandarisasi sebagai ISO 32000 pada tahun 2008, dan tidak lagi memerlukan royalti untuk implementasinya. File PDF dapat berisi berbagai konten selain teks datar dan grafik termasuk elemen penataan logis, elemen interaktif seperti anotasi dan bidang formulir, lapisan, multimedia (termasuk konten video) dan objek tiga dimensi menggunakan U3D atau PRC, dan berbagai data lainnya format. Spesifikasi PDF juga menyediakan enkripsi dan tanda tangan digital, lampiran file, dan metadata untuk mengaktifkan alur kerja yang memerlukan fitur ini.

 

Baca Juga :     Jira : Aplikasi Manajemen Team Terbaik dan Mudah selain Trello

 

Daftar Aplikasi PDF Reader Gratis

Aplikasi PDF Reader Gratis Paling Ringan untuk Windows, Mac OS, dan Linux
 

Ada banyak aplikasi atau software pembuat PDF di luar sana mulai dari versi gratis hingga berbayar. Diantaranya adalah berikut ini :

 

  1. PDFelement Pro

    PDFelement Pro adalah aplikasi PDF hebat yang memungkinkan Anda membuat pekerjaan membosankan menjadi mudah. Ini adalah alternatif ide untuk Adobe Acrobat, lebih murah dan fungsional yang dapat memberi Anda kendali penuh atas file atau halaman PDF. Selain itu, ini juga dapat mengisi formulir PDF yang ada atau membuat formulir PDF baru, dan mengonversi file PDF yang dipindai ke Word dan Excel serta PowerPoint, HTML, EPUB, gambar dan teks.

  2. Wondershare PDFelement 6 Standard

    Wondershare PDFelement 6 merupakan salah satu software editor PDF terbaik saat ini yang memiliki fitur yang sangat lengkap, dapat membantu dalam mengedit dan membuat file PDF sesuai keinginan pengguna. Wondershare PDFelement 6 memiliki beberapa versi yaitu standar dan profesional. Salah satu yang terbaik dari Wondershare PDFelement adalah GUI yang sederhana dan mudah dimengerti yang memudahkan kita menggunakan software ini untuk membuat dan mengedit file PDF.
     

    Baca Juga :   Mengenal Aplikasi Trello Untuk Kolaborasi Kerja dan Cara Menggunakannya

  3. Foxit PhantomPDF

    Foxit PhantomPDF adalah software editor PDF yang dikenal sebagai Foxit Reader untuk versi gratisnya. Foxit PhantomPDF menyediakan beberapa fungsi yang dibutuhkan pengguna untuk mengedit file PDF atau mengkonversi PDF seperti Wondershare PDFelemen meski versi berbayarnya untuk urusan harga terbilang lebih mahal. Selain itu, Foxit PhantomPDF menawarkan fitur layanan cloud dan fitur kolaborasi yang disebut ConnectedPDF. PhantomPDF tersedia untuk pengguna Windows OS dan Mac OS.

  4. Adobe Acrobat Pro DC

    Adobe adalah perusahaan aplikasi atau software yang pertama kali menemukan dan membuat format .PDF untuk dokumen, jika Anda sering menggunakan aplikasi Adobe ini yang sudah terinstal di PC biasanya hanya bisa membaca saja tapi tidak bisa mengedit filenya. Jadi solusinya adalah Anda harus membeli versi Pro jika ingin menggunakan aplikasi Adobe ini dengan berbagai fitur seperti edit atau convert format file PDF.
    &nbso;

    Jika Anda tidak benar-benar membutuhkan banyak fitur pengeditan, Anda dapat menggunakan perangkat lunak Adobe Acrobat Pro DC. Namun sayangnya harga lisensi hanya bisa berlangganan setiap bulan atau tahun. Jadi Anda harus selalu mengeluarkan uang setiap bulan / tahun untuk bisa menggunakan software ini. Adobe Acrobat Pro tersedia untuk pengguna Windows OS dan Mac OS.

  5. Nitro Pro PDF

    Seperti aplikasi editor PDF lainnya, Nitro Pro PDF memiliki fitur yang tidak jauh dari WonderShare PDFelement, Foxit Reader atau Adobe Acrobat Pro, yaitu dapat membuat, mengedit, mengonversi file PDF dan juga memiliki fitur OCR, tetapi hanya 9 dukungan untuk bahasa saja.

  6. Online PDF Editor

    Sejda adalah aplikasi editor PDF yang berbasis online, walaupun berbasis web tetapi juga memiliki kemampuan untuk mengedit teks seperti menghapus atau menambahkan teks, gambar, link, form dan tanda tangan. PDF Online Editor ini juga tidak membutuhkan instalasi di komputer sehingga cukup praktis untuk digunakan dan membuka akses melalui aplikasi browser favorit Anda.
     

    Walaupun Sejda masih memiliki banyak kekurangan dibandingkan dengan software yang berbasis software seperti Wondershare PDFelement, Adobe Acrobat dan Foxit, namun setidaknya aplikasi Sejda dapat membantu kita saat kita membutuhkan aplikasi PDF editor saat sedang tidak di depan laptop / PC. Untuk versi gratisnya akses Anda akan dibatasi, seperti mengupload beberapa dokumen, ukuran dokumen, dan cara mengakses situs Sejda

  7. Smallpdf Online PDF Editor

    Smallpdf merupakan aplikasi editor PDF yang berbasis online seperti Sejda namun sayangnya aplikasi ini tidak dapat mengedit teks seperti menambah atau menghapus konten teks pada dokumen PDF. Aplikasi ini hanya dapat menambahkan teks, gambar dan tanda tangan, jika Anda hanya ingin menambahkan tanda tangan atau menambahkan beberapa teks Anda dapat mencoba aplikasi berbasis web ini. Smallpdf Online juga tidak membutuhkan instalasi di komputer dan dapat diakses melalui aplikasi browser favorit Anda.

 

Baca Juga :     Cara Submit / Mendaftarkan Aplikasi Android di Google Play Store untuk Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

Biasanya dalam aplikasi PDF versi gratis banyak aplikasi yang tidak memiliki sejumlah fitur profesional yang mendukung kebutuhan Anda dan banyak batasan untuk versi gratis dari aplikasi editor PDF. Seperti tidak bisa menambahkan watermark, background, menambahkan header dan footer, mengunci PDF, mengkonversi PDF, mengecilkan ukuran PDF, menggabungkan PDF dan lain sebagainya.

Jadi bagi anda yang bekerja selalu memegang atau berurusan dengan file PDF sangat disarankan untuk membeli aplikasi PDF agar hasilnya lebih maksimal. Sebelum memutuskan untuk membeli software PDF editor, Anda wajib membaca review para pengguna aplikasi itu sebelumnya. Ini akan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk mendapatkan fitur-fitur lengkap sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan.

Related Post :

popup image